Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Pendidik Guru Melalui Program PPG Dalam Jabatan..

Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Pendidik Guru Melalui Program PPG Dalam Jabatan
Cara Mudah Mendapatkan Sertifikat Pendidik Guru Melalui Program PPG Dalam Jabatan

Layarmaya.id - Kepemilikan sertifikat pendidik jadi salah satu fakta resmi guru diakui selaku tenaga Profesional cocok atau sesuai dibidangnya.

Buat memperoleh sertifikat pendidik serta berstatus selaku guru sertifikasi, guru dalam jabatan butuh menjajaki program Pembelajaran /pendididk Profesi Guru ataupun PPG dari Kemdikbud ialah PPG Dalam Jabatan.

Bertepatan pada 28 September 2022, Kemdikbud menyatakan ketentuan baru terpaut informasi data PPG Dalam Jabatan yang ditandatangi oleh Mendikbudristek "Nadiem Anwar Makarim".

Peraturan Mendikbudristek No 54 Tahun 2022 tersebut merinci metode atau cara mendapatkan sertifikat pendidik untuk guru dalam jabatan.

Lewat pasal 6 disebutkan terdapat 4 tahapan program PPG Dalam Jabatan yang diawali dengan penetapan jumlah mahasiswa, sosialisasi program PPG Dalam Jabatan, penerimaan calon mahasiwa serta penerapan PPG Dalam Jabatan.

Berikutnya, calon mahasiswa PPG Dalam Jabatan hendak lewat tahapan Registrasi/Pendaftaran, Seleksi serta pengumuman kelulusan selaku partisipan atau peserta PPG Dalam Jabatan.

Proses registrasi atau pendaftaran dicoba lewat laman Resmi Kemdikbud kala pendaftaran PPG Dalam Jabatan dibuka.

Berikutnya, calon mahasiswa wajib menjajaki pilih/seleksi administrasi serta seleksi akademik oleh regu seleksi nasional bersumber pada ketetapan Direktur Jenderal.

Pengumuman hasil pilih/seleksi hendak dicoba secara bertahap diawali dari pengumuman hasil seleksi administrasi kemudian pengumuman hasil seleksi akademik.

Dalam pasal 14 disebutkan untuk calon mahasiswa yang lulus pilih/seleksi, hendak jadi peserta program PPG Dalam Jabatan.

Ada pula pendidikan atau pembelajaran program PPG Dalam Jabatan dilaksanakan oleh LPTK dengan beban belajar 36 SKS.

Pemenuhan beban belajar dibagi jadi 2 ialah dicoba lewat rekognisi pendidikan dulu/lampau serta pendidikan Program Studi PPG.

Rekognisi pendidikan/pembelajaran lampau dicoba untuk guru yang sudah mempunyai sertifikat pendidik PGP ataupun sudah menjajaki pembelajaran/pendidikan serta latihan profesi guru.

Sedangkan itu, buat pendidikan program Studi PPG Dalam Jabatan dilaksanakan secara luring serta ataupun daring.

Para mahasiswa PPG Dalam Jabatan hendak menekuni pendalaman modul lewat analisis modul/materi pendidikan berbasis permasalahan, literasi, numerasi serta keahlian berpikir tingkatan tinggi.

Mahasiswa yang melaksanakan pendidikan/pembelajaran di PPG pula hendak menjajaki pengembangan fitur pendidikan inovatif berbentuk pendidikan berbasis permasalahan serta pendidikan berbasis proyek.

Sehabis itu, mahasiswa wajib menjajaki uji komprehensif yang dilaksanakan oleh LPTK.

Dengan hasil uji komprehensif jadi prasyarat buat menjajaki praktik pengalaman lapangan lewat pendidikan inovatif minimun yang berbentuk pendidikan berbasis permasalahan serta berbasis proyek.

Untuk Praktik lapangan dilaksanakan di sekolah mitra yang diresmikan oleh tiap- tiap LPTK serta mahasiswa hendak dinilai oleh guru pamong serta dosen.

Hasil dari evaluasi Praktik pengalaman lapangan hendak jadi ketentuan menjajaki uji kompetensi mahasiswa.

Ada pula uji kompetensi terdiri dari uji kinerja serta uji pengetahuan. Uji kompetensi diselenggarakan oleh Kemdikbud lewat panitia nasional.

Bila segala tahapan sudah dilalui serta dinyatakan lulus uji kompetensi, guru hendak mendapatkan sertifikat pendidik yang diterbitkan oleh LPTK penyelenggara PPG Dalam Jabatan.

Buat data sepenuhnya tentang ketentuan baru ini, silakan download dokumennya lewat tautan berikut: Peraturan Mendikbudristek No 54 Tahun 2022.

Info lengkapnya telusuri GoogleNews, mudah- mudahan data ini berguna untuk anda.()


Baca artikel penting lainnya:

Apa itu sertifikat pendidik bagi guru?

Apa saja syarat sertifikasi guru?

Apakah guru wajib memiliki sertifikat pendidik?

Sertifikasi guru untuk Siapa?

sertifikat pendidik dosen

syarat sertifikasi guru 2022

syarat sertifikasi guru swasta 2022

gaji guru sertifikasi

cara mendapatkan sertifikat pendidik dosen

sertifikat pendidik dosen adalah

tunjangan sertifikasi guru

sertifikasi guru dihapus