Seleksi PPPK Guru, P2G Menuntut Kemendikbudristek Seringkali Menjanjikan Angin Surga, Simak Selengkapnya!

pppk guru 2022 pendaftaran pppk non guru 2022 pengumuman pppk 2022 gaji pppk guru sscasn asn p3k guru pppk guru tahap 2 formasi pppk 2022
Seleksi PPPK Guru, P2G Menuntut Kemendikbudristek Seringkali Menjanjikan Angin Surga, Simak Selengkapnya

Layarmaya.id - P2G (Perhimpunan Pendidikan serta Guru) mengkritik penyelenggaraan seleksi PPPK Guru 2022 yang ngaret dari jadwal yang diumumkan oleh Kemendikbudristek. 

Registrasi atau Pendaftaran PPPK Guru lebih dahulu dikabarkan hendak dibuka mulai 25 Oktober 2022 tetapi belum kunjung dibuka sampai hari ini.

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim berkata, Kemendikbudristek kerapkali menjanjikan angin surga untuk guru- guru honorer supaya tidak menimbulkan kisruh di dunia pembelajaran. 

Ia menyinggung Plt Dirjen Guru serta Tenaga Kependidikan( GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani yang kerapkali menjanjikan pendaftaran seleksi PPPK Guru

Kata Satriwan, Plt Dirjen GTK menjanjkan angin surga terus. Guru-guru kan sudah sangat berharap, karena (seleksi PPPK Guru) kan sudah molor setahun, sementara itu mendikbud terus menjanjikan pengangkatan guru honorer .


1. Pendaftaran ngaret, koordinasi kementerian disebut buruk

Satriwan menilai jajaran Kemendikbud serta Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) tak belajar dari pengalaman terkait pendaftaran dan seleksi PPPK Guru 2022.

Sebabnya, pada seleksi PPPK Guru tahap I dan II di 2021, terjadi keterlambatan pembukaan pendaftaran hingga berujung pada terlambatnya pengumuman hasil seleksi.

“Kami dari P2G sangat menyayangkan karena pola seperti ini sudah sering berulang pada seleksi tahapan pertama PPPK 2021,” ucap Satriwan.

Keterlambatan dalam rangkaian seleksi itu juga yang membuat pendaftaran PPPK Guru tahap III dilakukan pada 2022. 

Padahal sebelumnya, Kemendikbud menjanjikan akan membuka tiga kali tahapan pendaftaran PPPK guru pada 2021 dengan mengangkat 1 juta guru honorer menjadi PPPK.

Satriwan menyatakan, kenyataannya tahapan seleksi ketiga yang mestinya tuntas di 2021, tapi di 2022 sudah akhir tahun ini belum juga dimulai. Ini menandakan bahwa Panselnas, Mendikbud, BKN, Menpan RB termasuk Pemda ini sangat buruk koordinasinya .


2. Dorong perbaiki koordinasi Kemendikbud-BKN

Satriwan kemudian menyinggung buruknya koordinasi antara Kemendikbud dan BKN selaku penyelenggara dan panitia seleksi PPPK Guru

Keduanya dinilai seringkali berbeda paham terkait seleksi PPPK Guru.

Dia mencontohkan beda pernyataan antara Kemendikbud dan BKN terkait pendaftaran PPPK Guru. Hal itu dibuktikan dengan masih belum tersedianya layanan pendaftaran PPPK Guru di BKN

Padahal menurut jadwal Kemendikbud, pendaftaran telah dibuka.

"Kami melihatnya kekeliruan itu belajar dari pengalaman dan kalau memang tidak siap sampaikan saja ke guru-guru kita. Kami meminta mereka ini menuntaskan dulu koordinasinya secara internal baru menyampaikan pernyataan kepada guru-guru" ujar Satriwan.


3. Pendaftaran PPPK Guru ngaret

Pendaftaran PPPK Guru 2022 terancam mundur dari jadwal karena masih dalam tahap persiapan.

Menurut pantauan,  pukul 13.40 WIB, portal sscasn.bkn.go.id belum bisa menyediakan laman pendaftaran akun untuk calon peserta PPPK guru.

“Menunggu pengumuman dari Panselnas,” kata Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani kepada IDN Times.

Dalam SSCASN saat mengmilih Buat Akun atau Login, laman menunjukkan tulisan ‘COMING SOON’. 

Sementara laman gurupppk.kemdikbud.go.id pada hari ini masih menampilkan pengumuman bertuliskan ‘Mohon Menunggu. Panselnas yang akan mengumumkan jadwal seleksi’.

Padahal menurut Surat Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nomor 7303/B/GT.01.03/2022 tertanggal 20 Oktober 2022, pendaftaran seleksi dibuka mulai 25 Oktober-7 November.


Baca berita PENTING lainnya: