Afirmasi PPPK Tenaga Kesehatan, Pelamar Wajib Hati-Hati jika Tanpa melalui..

pengumuman pppk 2022, Afirmasi PPPK Tenaga Kesehatan, pppk guru, pppk indonesia, pppk kesehatan, pppk atlas, pppk kemenkeu, pppk login, sscasn pppk, sscasn,
Afirmasi PPPK Tenaga Kesehatan

Layarmaya.id - Kebijakan afirmasi PPPK tenaga kesehatan, pelamar diwajibkan hati-hati jika tanpa melalui preses afirmasi.

Untuk lebih jelasnya, simak terus postingan ini sampai tuntas..!

Diketahui bahwa pelaksanaan seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK tenaga kesehatan (nakes) 2022 telah berakhir pada tanggal 15 Desember 2022.

Walaupun ada yang belum selesai seleksi, mengenai afirmasi atau tambahan nilai bagi pelamar PPPK tenaga kesehatan 2022 di lingkungan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah diumumkan.

Terdapat atau ada (1) satu kategori nakes honorer, yang mendapat dobel afirmasi atau tambahan nilai PPPK tenaga kesehatan 2022.

Seperti sebelumnya, pemerintah telah menetapkan passing grade atau nilai ambang batas dalam seleksi kompetensi PPPK tenaga kesehatan 2022 sesuai Kepmenpanrb Nomor 968 Tahun 2022.

Untuk passing grade seleksi kompetensi teknis bagi jabatan yang mensyaratkan STR adalah 0 dari nilai tertinggi 450, sementara bagi jabatan yang tidak mensyaratkan STR adalah 158 dari nilai tertinggi 450.

Batasan atau passing grade seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural adalah 130 dari nilai tertinggi 200 dan Passing grade wawancara adalah 24 dari nilai tertinggi 40.

Berdasarkan pengumuman Kemenkes Nomor KP.01.04/3/23228/2022, pemerintah memberikan dobel afirmasi bagi satu (1) kategori nakes honorer yang memenuhi syarat PPPK tenaga kesehatan 2022.

1. Pelamar non ASN yang melamar di instansi tempat ia bekerja saat ini mendapat afirmasi tambahan nilai 15% atau 68 dari nilai paling tinggi kompetensi teknis.

Afirmasi diperoleh pelamar setelah diverikasi hasil scan berwarna asli surat keterangan melamar di tempat bekerja saat ini.

2. Pelamar yang berusia 35 tahun ke atas dan memiliki masa kerja paling singkat tiga tahun secara terus menerus serta melamar di instansi tempat ia bekerja saat ini mendapat tambahan nilai 25% atau 113 dari nilai paling tinggi kompetensi teknis ditambah lagi 15% atau 68.

Afirmasi diperoleh pelamar setelah diverikasi hasil scan berwarna asli surat keterangan telah bekerja secara terus menerus paling singkat 3 tahun.

3. Pelamar PPPK tenaga kesehatan 2022 yang sedang dan/atau telah melaksanakan lima pengabdian dari Kemenkes mendapat tambahan nilai 5% atau 23 dari nilai paling tinggi kompetensi teknis.

Adapun lima pengabdian dari Kemenkes tersebut berupa: 

(a) Penugasan Khusus di DTPK.

(b) Pegawai Tidak Tetap (PTT pusat).

(c) Nusantara Sehat Individu.

(d) Nusantara Sehat berbasis Tim.

(e) Wajib Kerja Dokter Spesialis/Pendayagunaan Dokter Spesialis.

Adapun afirmasi akan diperoleh pelamar setelah diverikasi hasil scan berwarna asli surat keterangan masing-masing yang sedang melakukan penugasan/pengabdian atau selesai penugasan/pengabdian.

4. Pelamar penyandang disabilitas PPPK tenaga kesehatan 2022 mendapat afirmasi tambahan nilai sebesar 10% atau 45 dari nilai paling tinggi kompetensi teknis.

Afirmasi diperoleh pelamar setelah diverikasi jenis dan derajat kedisabilitasannya sesuai jabatan yang dilamar.

5. Pelamar PPPK tenaga kesehatan yang melamar di fasyankes dengan kriteria terpencil dan sangat terpencil mendapat tambahan nilai 35% atau 158 dari nilai paling tinggi kompetensi teknis.

Jika pelamar mendapat afirmasi kumulatif dari syarat di atas, diberikan nilai kompetensi teknis tidak lebih dari nilai paling tinggi sebesar 100%.

Pengumuman hasil penambahan nilai kompetensi teknis dalam penerimaan PPPK tenaga kesehatan 2022 di lingkungan Kemenkes dapat diunduh di website https://casn.kemkes.go.id/.

Untuk pelamar yang tidak setuju dengan hasil pengumuman afirmasi atau tambahan nilai PPPK tenaga kesehatan 2022 dapat mengajukan sanggah hingga 15 Desember 2022 pukul 15.00 WIB.

Bagi pelamar dapat mengakses https://casn.kemkes.go.id/ dan https://sscasn.bkn.go.id/. Kemudian login akun masing-masing.

Catatan: Apabila ada pihak/oknum yang mengatasnamakan Kemenkes atau panitia seleksi dengan menawarkan jasa dan menjanjikan dapat diterima menjadi PPPK tenaga kesehatan 2022 tanpa melalui proses afirmasi, dapat dipastikan hal tersebut adalah penipuan.

Nakes honorer pelamar PPPK tenaga kesehatan 2022 bisa segera melapor kepada Inspektorat Jenderal Kemenkes melalui website https://itjen.kemkes.go.id/.

Demikian sikit info mengenai Afirmasi PPPK Tenaga Kesehatan. Untuk informasi lengkap lainnya telusuri GOOGLENEWS, semoga bermanfaat.


BACA JUGA BERITA PENTING LAINNYA: