Bocoran Penerimaan CPNS 2023, Berikut Formasi Prioritas & Profesi yang Dibuka!

formasi cpns 2023,formasi cpns 2023 pdf,cpns 2023 kejaksaan,link pendaftaran cpns 2023,penerimaan cpns kemenkumham 2023,syarat cpns 2023,sscasn,pppk 2023 teknis,
Bocoran Penerimaan CPNS 2023 Berikut Formasi Prioritas dan Profesi yang Dibuka

Layarmaya.id - Bocoran penerimaan CPNS 2023 akan dilakukan sangat selektif, berikut Formasi Prioritas dan Formasi yang akan Dibatasi oleh pemerintah.

Pada tahun 2023, penerimaan ASN diperuntukan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) segera dibuka.

Penerimaan CPNS 2023 dapat dilakukan secara selektif, seperti apa makna selektif yang disebut disini bulum diketahui secara pasti. 

Apa mungkin proses seleksinya lebih ketat dari sistem CAT sebelumnya, ataupun makna selektif tersebut ditujukan pada formasi tertentu yang dibuka pada CPNS dan PPPK 2023.

Mengenai proses penerimaannya, rekrutmen CPNS dan PPPK tahun akan dilakukan dengan empat arah kebijakan yang berguna mendukung transformasi sumber daya manusia.

Dari keempat arah kebijakan tersebut, salah satunya rekrutmen CPNS 2023 tersebut menyatakan bahwa dalam proses seleksinya dan rekrutmen akan dilakukan dengan sangat selektif.

Perihal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau PANRB yaitu Abdullah Azwar Anas.

Selanjutnya, arah kebijakannya yang lain yaitu CPNS dan PPPK 2023 akan diprioritaskan pada formasi yang berfokus bagi pelayanan dasar seperti guru, tenaga kesehatan.

Bukan cuman berfokus pada pelayanan dasar saja, harapannya permasalahan mengenai tenaga non-ASN bisa terselesaikan dengan optimal.

Kemudian, arah kebijakannya yang lain yaitu pemerintah akan membuka kesempatan rekrutmen bagi talenta digital dan data scientist dengan terukur.

Yang terakhir arah kebijakannnya yaitu mengurangi rekrutmen bagi jabatan yang terdampak dengan adanya teknologi, yang artinya ada beberapa jabatan formasi yang fungsinya bisa diganti oleh transformasi digital.

Abdullah Azwar Anas menyebutkan bahwa untuk jabatan formasi tersebut, pemerintah masih menganalisis jabatan-jabatan masa saja yang bisa terdampak oleh kemajuan teknologi.

Didalam penjelasan tersebut memberikan arti bahwa akan ada formasi yang dikurangi jumlahnya karena dampak dari kemajuan dari teknologi.

Mengenai prioritas formasi, Abdullah Azwar Anas menyebutkan bahwa dalam rekrutmen CPNS 2023 pemerintah membuka pengadaan dengan profesi seperti hakim,jaksa, dosen dan tenaga teknis tertentu yang termasuk dalam talenta digital.

Lainnya pula, pemmerintah segera membuka seleksi CPNS 2023 untuk jabatan pelaksanan prioritas sesuai Menteri PAN-RB No. 45/2022.

Untuk formasi prioritas dalam rekrutmen PPPK 2023 adalah, dibuka bagi pengadaan tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Abdullah Azwar Anas meminta supaya instansi pemerintah segera mendata dan mengusulkan jumlah usulan formasi yang dibutuhkan untuk pengadaan ASN 2023 agar segera terisi.

Abdullah Azwar Anas juga menambahkan, dalam proses rekrutmen CPNS 2023 dan PPPK 2023 pemerintah akan mempertimbangkan sejumlah variabel. 

Seperti indikator jumlah PNS yang pesiun dengan dan pemenuhan SDM guna mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Itulah info yang dapat disampaikan terkait bocoran rekrutmen CPNS 2023 yang akan dilakukan sangat selektif, beserta formasi prioritas dan formasi yang akan dibatasi. 

Untuk tahu informasi lebih lengkap lainnya telusuri GoogleNews, semoga dengan postingan ini bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih.()


tag: formasi cpns 2023,formasi cpns 2023 pdf,cpns 2023 kejaksaan,link pendaftaran cpns 2023,penerimaan cpns kemenkumham 2023,syarat cpns 2023,sscasn,pppk 2023 teknis,