Cara Melihat Jumlah Pelamar PPPK Teknis dan PPPK Kemenag di Tiap Instansi

cara melihat jumlah pelamar pppk,passing grade pppk kemenag 2022,masa sanggah pppk,masa sanggah,cek formasi pppk 2022,formasi pppk tenaga teknis 2022,
Cara Melihat Jumlah Pelamar PPPK Teknis dan PPPK Kemenag di Tiap Instansi

Layarmaya.id - Halo sahabat PPPK, dalam kesempatan ini admin akan berbagi informasi seputar bagaimana Cara melihat jumlah pelamar PPPK Teknis dan PPPK Kemenag di Tiap Instansi?

Adapun maksud dan tujuannya supaya kalian tahu seberapa saingan di PPPK kali ini. jadi, semakin minim peserta maka peluang menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) di tahun 2023 ini jelas lebih besar.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara melihat jumlah pelamar PPPK Teknis dan PPPK Kemenag di tiap Instansi, simak terus postingan ini sampai tuntas..!

Tentu sudah kalian ketahui bahwa pada Jumat 06 Januari 2023 merupakan hari terakhir pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjajian Kerja (PPPK) tenaga teknis maupun Kementerian Agama (Kemenag) tahun 2022-2023.

Jadi, untuk kalian yang sudah mendafftar maupun baru akan mendaftar, inilah salah satu cara melihat jumlah pelamar di setiap formasi. 

Tentu dengan kalian melihat jumlah pelamar, maka kalian akan mengetahui saingan pada formasi yang kalian lamar, dengan Harapan semakin sedikit peserta, supaya berpeluang lolos lebih besar.

Akan tetapi perlu kalian ingat juga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kesalahan saat melakukan pendaftaran supaya tak dinyatakan gagal sebelum pengumuman.

Adapun cara melihat jumlah pelamar PPPK 2022 setiap instansi diantaranya sebagai berikut:

Silahkan kalian buka portal Badan Kepegawaian Daerah (BKD) atau Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) daerah masing-masing.

Selanjutnya, setelah kalian membuka website tersebut langsung saja kalian klik link pengumuman pengadaan PPPK 2022.

Nantinya, dalam pengumuman tersebut akan tertera kebutuhan, lokasi penempatan dan jumlah pelamar, selain itu pula para peserta juga bisa mengeceknya melalui portal SSCASN.

Cara Cek Jumlah PPPK 2022 Lewat Portal SSCASN BKN:

  • Buka portal SSCASN BKN atau klik sscasn.bkn.go.id
  • Klik Info Lowongan.
  • Pilih Jenis Pengadaan.
  • Pilih Instansi "tuliskan nama instansi atau daerah".
  • Pilih Tingkat Pendidikan.
  • Pilih Pendidikan.
  • Klik tombol Cari.

Simak Pula Contoh Cara Cek Jumlah Pelamar PPPK 2022 dibawah ini:

  • Buka portal SSCASN BKN
  • Klik Info Lowongan.
  • Pilih Jenis Pengadaan, PPPK Teknis.
  • Pilih Instansi, Kementerian Agama.
  • Pilih Tingkat Pendidikan.
  • Pilih Pendidikan.
  • Klik tombol Cari.

Kalian nantinya, pada bagian dibawah akan muncul nama instansi, jabatan, lokasi pendidikan, jenis formasi, kebutuhan dan pelamar.

Lalu, kalian perhatikan jumlah kebutuhan dan jumlah pelamar, seandainya jumlah kebutuhan lebih besar dibandingkan jumlah dengan pelamar, maka peluang untuk lulus PPPK jelas sangat besar.

Begitu juga sebaliknya, seandainya jumlah pelamar lebih banyak dibandingkan jumlah kebutuhan, maka potensi untuk lulus jelas lebih kecil.


Ada beberapa hal yang wajib dihindari saat pendaftaran di SSCASN diantarnya:

Pertama Lupa Resume Saat Pendaftaran, jelas sebelum ditutup, peserta diimbau untuk mengecek kembali akunnya masing-masing di portal sscasn.bkn.go.id.

Bagi para pelamar PPPK Teknis harus melakukan resume pendaftaran dan para pelamar yang lupa melakukan resume pendaftaran dipastikan tidak akan lulus seleksi administrasi

Begitu pula bagi para pelamar yang belum resume, dianggap belum mendaftar karena tidak mengakhiri proses pendaftaran.

Kedua Ijazah dan Formasi Tidak Linier, Para pelamar tidak lulus seleksi administrasi apabila melamar formasi yang sama sekali tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Misalnya, calon PPPK Kemenag 2022 lulusan perguruan tinggi jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) melamar formasi bahasa Inggris.

Penting bagi para pelamar, harus memilih formasi yang linier dengan ijazah atau latar belakang pendidikan sesuai.

Ketiga Hasil Scan Dokumen Buram, seandainya hasil scan dokumen yang dilampirkan tidak terbaca jelas atau buram maka dapat dipastikan pelamar PPPK tidak akan bisa lulus seleksi administrasi.

Wajib bagi para pelamar juga dianjurkan untuk tidak melakukan scan dokumen seperti KTP, iajzah, transkrip nilai dengan menggunakan Hand Phone. 

Para pelamar juga telah diimbau untuk menggunakan mesin scaner supaya tulisan pada dokumen terlhat serta terbaca dengan begitu jelas.

Keempat Salah Memilih Kamar, Salah mengunggah berkas, seperti ijazah dan transkrip nilai dapat menyebabkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.

Misalnya, para pelamar mengunggah ijazah pada kolom transkrip nilai atau sebaliknya, pelamar mengunggah transkrip nilai pada kolom ijazah.

Disini para pelamar diimbau untuk lebih teliti dalam mengunggah berkas supaya tidak ada yang salah masuk atau salah memilih kamar.

Kelima Salah isi Data Pribadi, bagi pelamar yang salah mengisi data pribadi, contohnya nomor induk kependudukan (NIK), nomor kartu keluarga (KK) dan data pendidikan dapat menyebabkan tidak lulus seleksi administrasi.

Untuk pelamar disarankan agar mencocokkan NIK di KTP dengan NIK yang terdaftar di Dukcapil sebelum melakukan pendaftaran di SSCASN BKN.

Selanjutnya, aterdapat data-data pribadi yang harus diisi secara manual di SSCASN BKN, wajib bagi para Pelamar harus memastikan mengisi seluruhnya dengan benar dengan menagcu pada KK/KTP .

Keenam Foto Tidak Sesuai Ketentuan, disini pelamar mengunggah pas foto tidak sesuai ketentuan juga dapat menyebabkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.

Demikian beberapa info yang dapat admin bagikan, untuk tahu informasi yang lebih lengkap lainnya telusuri GoogleNews, semoga bermanfaat. SALAM SUKSES.()

tag: cara melihat jumlah pelamar pppk,passing grade pppk kemenag 2022,masa sanggah pppk,masa sanggah,cek formasi pppk 2022,formasi pppk tenaga teknis 2022,formasi pppk 2022 kesehatan,download formasi pppk 2022,formasi pppk 2022 lulusan sma,formasi pppk 2022 pdf,formasi pppk guru 2022,kapan pppk 2022 dibuka,Bagaimana cara melihat formasi PPPK 2022?,PPPK Teknis 2022 kapan dibuka?,Kapan penutupan PPPK 2022?,Apa yang dimaksud dengan formasi PPPK?,