Soal KSN Matematika Lengkap SD, SMP dan SMA beserta Kunci Jawaban.

Soal KSN Matematika Lengkap SD SMP dan SMA beserta Kunci Jawaban,soal ksn smp,soal ksn sd,soal ksn matematika smp,soal ksn sma,soal ksn matematika sd,
Soal KSN Matematika Lengkap SD SMP dan SMA beserta Kunci Jawaban

Layarmaya.id - halo sahabat berprestasi! berikut kami bagikan beberapa contoh Soal KSN Matematika Lengkap SD, SMP dan SMA beserta Kunci Jawaban.

Apa yang harus dipelajari untuk KSN? KSN itu dibagi menjadi beberapa bidang, mulai dari pelajaran umum, contohnya Matematika, Kimia, Fisika, Ekonomi, Geografi dan Biologi hingga yang lebih sulit seperti Informatika, Kebumian dan Astronomi.

KSN (Kompetisi Sains Nasional) atau selama ini lebih dikenal dengan istilah Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA.

Yang mana adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi dan matematika di tingkat pendidikan.

Mulai dari Sekolah Dasar atau SD, Sekolah Menengah Pertama atau SMP dan Sekolah Menengah Atas atau SMA di Indonesia.

Bagi siswa yang mengikuti OSN (Olimpiade Sains Nasional) adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.


Lalu, seperti apa contoh soal KSN atau OSN Matematika mulai dari SD SMP dan SMA? 

Inilah beberapa contoh seperti dikutip dari tahun-tahun sebelumnya:

Contoh Soal KSN Matematika SD

Kumpulan soal-soal OSN Matematika dikutip dari tahun sebelumnya tingkat SD.

1. (560 - (-145) - n = -85. Maka nilai n adalah ...

a. 790

b. -790

c. 705

d. -705

Jawaban A.

2. Nilai minimum fungsi f(x) = 3x2 + 6x - 24 adalah ...

a. -21

b. -23

c. -27

d. -29

Jawaban C.


CONTOH SOAL KSN MATEMATIKA SMP

Soal-soal OSN Matematika SMP dikutip dari tahun sebelumnya:

1. Diketahui A = {0,1,2,3,4}; a,b,c adalah tiga anggota yang berbeda dari A, dan (ab)c = n. Nilai maksimum dari n adalah....

A. 4096

B. 6561

C. 9561

D. 9651

Jawaban B.

2. Diketahui xy + 2x+y=10 dengan x dan y bilangan bulat positif. Nilai minimum dari x + y adalah ..

A. 4

B. 5

C. 8

D. 10

Jawaban A.


CONTOH SOAL KSN MATEMATIKA SMA

Berikut contoh soal KSN Matematika SMA dikutip dari tahun sebelumnya:

1. Terdapat 2 celana yang berwarna hitam dan biru, 4 baju berwarna kuning, merah, putih, dan ungu, serta 3 macam sepatu. Ada berapa banyak cara memilih pasangan warna celana, baju, dan sepatu tersebut?

Jawaban:

Proses memilih ini dapat dipecah menjadi tiga langkah, yaitu langkah pertama memilih jenis celana yang dapat dilakukan dengan 2 cara, langkah kedua memilih jenis baju yang dapat dilakukan dengan 4 cara, dan langkah ketiga memilih jenis sepatu yang dapat dilakukan dengan 3 cara. Jadi, terdapat sebanyak 2 x 4 x 3 = 24 cara memilih pasangan warna celana, baju dan sepatu tersebut.

2. Suatu perusahaan menerima 350 berkas lamaran kerja. Misalkan 220 pelamar merupakan lulusan Teknik Informatika, 147 pelamar merupakan lulusan Ekonomi, dan 51 pelamar merupakan lulusan Teknik Informatika sekaligus Ekonomi. Berapa banyak pelamar yang bukan berasal dari Teknik Informatika maupun Ekonomi?

Jawaban:

Kita hitung dulu banyaknya pelamar yang merupakan lulusan Teknik Informatika atau Ekonomi atau keduanya, yaitu 220+14751 = 316. Dengan demikian ada sebanyak 350-316-34 pelamar yang bukan lulusan Teknik Informatika maupun Ekonomi.

3. Misalkan Un adalah suku ke-n dari suatu barisan aritmatika. Jika Uk = t dan Ut = k, maka nilai dari suku ke-(k + t) adalah . . .

a. 0

b. k

c. 2k

d. k + t

e. 2(k + t)

Jawaban A.


Itulah beberapa soal yang bisa kami bagikan selamat belajar Soal KSN Matematika SMP, SD dan SMA. Semoga sukses selalu menyertaimu.()

BACA JUGA: Soal OSN IPA SMP/MTS Lengkap Kunci Jawaban 2023


Tag :  Soal KSN Matematika Lengkap SD SMP dan SMA beserta Kunci Jawaban,soal ksn smp,soal ksn sd,soal ksn matematika smp,soal ksn sma,soal ksn matematika sd,soal ksn matematika smp dan pembahasannya,soal osn matematika sma,ksn matematika adalah,