100 Soal OSN Matematika SD Lengkap Jawaban

soal osn matematika sd dan pembahasannya,  soal osn matematika sd dan pembahasannya pdf,  soal olimpiade matematika sd,  soal osn matematika sd tingkat kecamatan pdf,  soal olimpiade matematika sd kelas 5 dan pembahasannya pdf,  soal osn matematika sd tingkat kabupaten,  soal olimpiade matematika sd tingkat kabupaten pdf,  download soal olimpiade matematika sd pilihan ganda
100 Soal OSN Matematika SD Lengkap Jawaban

Layarmaya.id - Apa kabar teman-teman berprestasi? Tetap semangat dan sehat selalu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan Link Download Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SD Terbaru untuk teman-teman sekalian.

KSN (Kompetensi Sains Nasional) awalnya bernama Olimpiade Sains Nasional disingkat (OSN). Namun sejak tahun 2020 yang lalu bersamaan dengan didirikannya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, maka OSN berubah nama menjadi KSN.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Supaya meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Nantinya! disini terdapat beberapa Link Download 100 Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika SD yang merupakan persiapan menjelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SD Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Kami anjurkan, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Penting sekali bagi teman-teman untuk perbanyak berlatih butiran Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD untuk persiapan jelang OSN Tingkat Kabupaten Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.


SOAL OSN (OLIMPIADE SAINS NASIONAL) MATEMATIKA TINGKAT SD

1. Nilai ulangan matematika Rani adalah 60, 70, 75, 80, 80, 90, dan 70. Rata-ratanya adalah...

a. 74

b. 74,5

c. 75

d. 75,5

Jawaban: C


2. Siswa kelas VI SD Banjaran terdiri dari 20 perempuan dan 25 laki-laki. Saat penimbangan berat badan, berat rata-rata siswa perempuan 40 kg dan berat rata-rata siswa laki-laki 45 kg. Berat rata-rata seluruh siswa kelas tersebut adalah...

a. 43,8

b. 43,7

c. 43

d. 42,8

Jawaban: D


3. Jika jumlah dua bilangan adalah 3 dan selisih kuadrat bilangan itu adalah 6, maka hasil kali kedua bilangan itu adalah... .

A. 5/16

B. 512

C. 58

D. 5/4

Jawaban: D


4. Tujuh orang tukang kayu dalam waktu 5 jam menghasilkan 6 papan tulis. Dalam waktu 1 jam, papan tulis yang dihasilkan oleh seorang tukang kayu adalah... .

A. 1/35

B. 1/7

C. 6/35

D. 2/7

Jawaban: C


5. Jika rata-rata 51 bilangan bulat berurutan adalah 10, maka bilangan terkecil dari semua bilangan tersebut adalah... .

A. 5

B. –5

C. –13

D. –15

Jawaban: D


6. Anto mempunyai 20 lembar seribuan, 4 lembar lima ribuan, dan 2 lembar sepuluh ribuan. Jika x, y dan z adalah banyaknya seribuan, lima ribuan dan sepuluh ribuan, maka banyak cara berbeda sehingga jumlahnya dua puluh ribu adalah... .

A. 7

B. 8

C. 9

D. 10

Jawaban: C


7. Titik-titik (1, – 1), (3,4), (m,n) dan (11, – 1) adalah titik-titik sudut suatu jajar genjang, m dan n bilangan bulat. Panjang diagonal terpendeknya adalah...

A. 10

B.√89

C. √29

D. 5

Jawaban: B


8. Tujuh orang tukang kayu dalam waktu 5 jam menghasilkan 6 papan tulis. Dalam waktu 1 jam, papan tulis yang dihasilkan oleh seorang tukang kayu adalah...

a. 1/35

b. 1/7

c. 6/35

d. 2/7

Jawaban: C


9. Jika 5 ≤ x ≤ 10 dan 2 ≤ y ≤ 6, maka nilai minimum untuk (x – y) (x + y) adalah...

a. –21

b. –12

c. –11

d. 11

Jawaban: C


10. Dalam perjalanan wisata, sebuah kendaraan menempuh jarak 50 km pada jam pertama. Pada jam kedua, jarak yang ditempuh hanya 35 km karena banyak belokan. Pada jam ketiga, jarak yang ditempuh mencapai 90 km karena melalui jalan bebas hambatan. Kecepatan rata-rata kendaraan tersebut adalah...

a. 175 km/jam

b. 105 km/jam

c. 85 km/jam

d. 58,3 km/jam

Jawaban: D


Untuk Lebih lengkapnya, dapatkan 100 contoh soal OSN Matematika SD yang lain melalui Link Download yang kami bagikan di bawah ini: 

KLIK > DISINI

Demikianlah teman-teman, terkait beberapa kumpulan serta Link Download Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

Kesimpulan: Semua jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar dan siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman.()


Tag: 

soal osn matematika sd dan pembahasannya,

soal osn matematika sd dan pembahasannya pdf,

soal olimpiade matematika sd,

soal osn matematika sd tingkat kecamatan pdf,

soal olimpiade matematika sd kelas 5 dan pembahasannya pdf,

soal osn matematika sd tingkat kabupaten,

soal olimpiade matematika sd tingkat kabupaten pdf,

download soal olimpiade matematika sd pilihan ganda