Download Format Penyusunan Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka.

cara membuat kisi kisi soal kurikulum merdeka,  kisi-kisi soal kurikulum merdeka sd kelas 1,  download kisi-kisi soal kelas 4 kurikulum merdeka,  kisi-kisi soal kurikulum merdeka kelas 4 semester 1,  format kisi-kisi soal kurikulum merdeka belajar,  contoh format kisi-kisi soal kurikulum merdeka sd,  kisi-kisi soal kurikulum merdeka sma,  format kisi-kisi soal kurikulum merdeka smp,  kisi-kisi kurikulum merdeka belajar,
Download Format Penyusunan Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka

Layarmaya.id - Apa kabar sahabat Guru! Bagi para guru yang mencari terkait cara menyusun kisi-kisi soal Kurikulum Merdeka, simak terus artikel ini sampai tuntas!

Adapun penyusunan Penyusunan Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka harus tepat karena menjadi pedoman alat penilaian, mulai dari keseuaian dengan kurikulum, kriteria, indikator dan lainnya. 

Dalam perihal tersebut, para guru bisa menjadikan silabus sebagai referensinya. 

Seperti perangkat pembelajaran lainnya, kisi-kisi soal pun memiliki kriteria serta komponen, yang akan menjadi patokan guru dalam menyusun kisi soal tersebut. 

Lalu, apa saja kriteria dan komponennya? Bagaimana langkah penyusunannya? mari simak penjelasan berikut! dan nantinya di akhir postingan ini terdapat Link Download Format Penyusunan Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka.


Kriteria dan Komponen Kisi-kisi Soal

Kisi-kisi soal merupakan suatu matriks atau format yang disusun sebagai pedoman pembuatan soal, yang di dalamnya terdapat beberapa informasi penting yang akan membantu guru membuat soal dengan baik dan benar. 

Tentunya dalam penyusunan kisi-kisi harus berdasarkan tujuan tes, baik itu dari segi materi, level pemahaman siswa dan lainnya.

Kisi-kisi soal tujuannya adalah mengarahkan guru untuk merakit soal yang sistematis dan sesuai dengan tujuan, dengan begitu, cakupan materi dan tingkat kedalaman soal akan seimbang. 


Sebagaimana kisi-kisi soal yang baik harus memiliki beberapa syarat diantaranya:

A. Sesuai dengan kurikulum

Adapun syarat yang utama adalah soal dan kurikulum harus sesuai, apa yang tertulis dalam soal juga tertulis dalam kurikulum. 

Yang artinya, materinya tidak menyimpang ketentuan yang ada di kurikulum, tepatnya kompetensi dasar (tujuan pembelajaran dalam kurikulum merdeka), hingga, siswa bisa mencapai target pembelajaran dengan baik.


B. Indikator jelas dan tepat

Adapun Indikator jelas dan tepat, merupakan penanda atau patokan apakah siswa sudah lulus standar penilaian, baik dari nilai kognitif, psikomotorik, dan afektif. 

Untuk menentukannya, guru harus mempertimbangkan kondisi siswa dan tingkat kesulitan fase atau kompetensi dasar, yang tujuannya adalah agar capaian indikator tidak terlalu tinggi atau rendah.


C. Komponennya lengkap

Adapun Kisi-kisi soal harus memuat semua komponen wajib, komponen inilah yang menjadi kerangka kisi-kisi soal. Pastinya, semua susunannya harus jelas, rinci, serta mudah dipahami. Masing-masing komponen tersebut masih memiliki beberapa bagian diantaranya:

  • Komponen identitas
  • Komponen matriks


D. Cara Menyusun Kisi-kisi Soal dengan Baik

Adapun Kisi soal bukan sekadar memasukkan semua komponen secara lengkap, seandainya secara fisik baik, itu tidak menjamin apakah isinya juga baik. 

Oleh sebab itu, guru harus menopangnya dengan susunan yang benar, Lalu bagaimana cara menyusun kisi-kisi soal agar isntrumen tersebut tepat sasaran?

Berikut panduan menulis kisi-kisi soal yang baik:

  • Menentukan fase dan tujuan pembelajaran (kompetensi inti dan dasar) 
  • Memilih materi
  • Merumuskan indikator

Demikianlah beberapa syarat dan cara menyusun kisi-kisi soal dengan baik dan benar, yang harus diingat adalah soal dan kemampuan siswa adalah sesuatu yang lekat, jangan sampai keduanya tak seimbang.


Berikut Link Download Format Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka, silahkan klik dibawah ini:

Download Panduan Penyusunan Kisi Kisi Kurikulum Merdeka [DOWNLOAD]

Download Contoh Format Kisi-kisi Soal [DOWNLOAD]


Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka bisa dimanfaatkan untuk mengoreksi atau pembanding apakah benar atau tidak, diharapkan melalui Kisi Kisi Soal Kurikulum Merdeka bisa menjadi sebuah referensi atau bahan evaluasi dalam proses belajar mengajar.


Tag: 

cara membuat kisi kisi soal kurikulum merdeka,

kisi-kisi soal kurikulum merdeka sd kelas 1,

download kisi-kisi soal kelas 4 kurikulum merdeka,

kisi-kisi soal kurikulum merdeka kelas 4 semester 1,

format kisi-kisi soal kurikulum merdeka belajar,

contoh format kisi-kisi soal kurikulum merdeka sd,

kisi-kisi soal kurikulum merdeka sma,

format kisi-kisi soal kurikulum merdeka smp,

kisi-kisi kurikulum merdeka belajar,