Kumpulan Soal OSN IPA SD Pilihan Ganda dan Jawabannya

soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban pdf,download soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban,download soal olimpiade ipa sd 2022,soal olimpiade ipa sd d
Kumpulan Soal OSN IPA SD Pilihan Ganda dan Jawabannya

Layarmaya.id - Apa kabar teman-teman berprestasi? Tetap semangat dan sehat selalu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Lengkap Kunci Jawaban Terbaru untuk teman-teman sekalian.

KSN (Kompetensi Sains Nasional) awalnya bernama Olimpiade Sains Nasional disingkat (OSN). Namun sejak tahun 2020 yang lalu bersamaan dengan didirikannya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, maka OSN berubah nama menjadi KSN.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Supaya meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Nantinya! disini terdapat beberapa Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPA SD Lengkap Kunci Jawaban yang merupakan persiapan menjelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SD Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Kami anjurkan, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Penting bagi teman-teman untuk perbanyak berlatih butir Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) IPA SD Lengkap Kunci Jawaban untuk persiapan jelang OSN Tingkat Kabupaten Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.


SOAL OSN (OLIMPIADE SAINS NASIONAL) IPA SD

1. Di daerah pegunungan, masyarakat sering menanami lereng-lereng bukit dengan sayuran tanpa membuat sempadan (terasering). Perilaku ini termasuk merugikan karena sebenarnya …. 

A) kesuburan tanah akan terus berkurang

B) memungkinkan terjadinya longsor

C) memicu kebakaran pada musim kemarau 

D) tumbuhan liar menjadi lebih subur 

E) fotosintesis akan menurun 

JAWABAN: A/B


2. Insektisida buatan yang digunakan secara berlebihan dapat berpengaruh buruk terhadap lingkungan, di antaranya adalah…. 

A) hanya hama serangga yang mati 

B) serangga hama menjadi tahan

C) serangga tidak dapat bermetamorfosis 

D) serangga yang bukan hama ikut mati

E) jumlah serangga hama akan bertambah

JAWABAN: B/D


3. Berikut ini adalah jenis-jenis bahan yang dapat dijumpai dalam kehidupan seharihari. Di antara bahan-bahan tersebut manakah yang dapat dihancurkan oleh jasad renik di alam tanpa bantuan manusia? 

A) kaca 

B) kertas

C) kulit pisang

D) plastik 

E) kaleng 

F) besi 

G) bambu

H) seng 

I) ban mobil 

J) kayu

JAWABAN: B/C/G/J


4. Berikut ini adalah aktivitas pertanian yang hanya memberikan sedikit pengaruh buruk terhadap lingkungan! 

A) Penggunaan insektisida 

B) Penggunaan herbisida 

C) Penggunaan kompos

D) Pengubahan pola tanam

E) Penggunaan musuh alami hama 

JAWABAN: C/D/E


5. Elang Jawa merupakan jenis burung yang dilindungi pemerintah. Tindakan pemerintah melindungi jenis burung ini terutama disebabkan oleh…. 

A) jumlah elang semakin terbatas di alam

B) bulunya indah 

C) termasuk makhluk purbakala 

D) banyak diburu

E) termasuk herbivor yang penting

JAWABAN: A/D


6. Berikut ini adalah ciri morfologi tumbuhan yang hidup di daerah gurun pasir: 

A) Kutikula (lapisan lilin) tipis 

B) Akar di bawah tanah panjang-panjang

C) Stomata terletak di permukaan bawah daun

D) Daun lebar 

E) Daun kecil-kecil 

JAWABAN: B/E


7. Kita dapat memberi gaya pada suatu benda, gaya tersebut berupa gaya tarik atau gaya dorong. Yang manakah yang merupakan gaya tarik pada peristiwa-peristiwa yang ditunjukkan oleh kegiatan berikut? 

A) Memancing ikan.

B) Menendang bola. 

C) Mencangkul sawah.

D) Sapi pada pedati ketika berjalan maju.

E) Benda jatuh.

JAWABAN: A/C/D/E


Untuk soal dibawah ini, kamu diminta untuk menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas.


8. Perhatikan gambar berikut:







Jawab:

Mula-mula A berisis penuh air. Antara A dan B ada kran seperti terlihat pada gambar. Jika kedua kran dibuka secara bersamaan, berapa ketinggian air di A, B dan C (gunakan gambar untuk mempermudah!).







9. Ucok memiliki pegas yang panjangnya 10 cm dan beberapa beban masing-masing bermassa 10 g. Dengan pegas dan beban tersebut ia ingin mengetahui tetapan pegas. Tetapan pegas didefinisikan sebagai perbandingan berat beban terhadap pertambahan panjang pegas. Diketahui percepatan gravitasi bumi sebesar 10 m/s2. 

Hasil percobaan menunjukkan tabel berikut.  




A) Buatlah grafik antara pertambahan panjang pegas pada sumbu tegak terhadap massa beban pada sumbu datar! 

B) Tentukan tetapan pegas dalam satuan kg/s2!

Jawab: 

Kurva pertambahan panjang pegas terhadap massa beban dapat digambarkan sebagai berikut. 




Dari titik koordinat (20 g, 4 cm) dan (60 g, 12 cm) diperoleh tetapan pegas = (40) (103) / (12-4) = 5 x 103 g/s2 = 5 kg/s2.




10. Adi ingin menembak dua benda dengan gelombang ultrasonik. Lokasi kedua benda dan lokasi Adi berada pada sudut segi tiga siku-siku seperti pada Gambar. Jarak Adi ke Benda 1 adalah 300 m dan jarak benda 1 ke benda 2 adalah 400 m. Adi menginginkan gelombang ultrasonik tersebut mencapai benda 1 dan benda 2 pada saat bersamaan. Jika kedua benda harus ditembak pada saat yang berbeda, benda manakah yang harus ditembak lebih dahulu dan berapa selisih waktu penembakan? Diketahui laju bunyi di udara 340 m/s. 








Jawab:

Jarak adi ke benda 1: s1 = 300 m 

Jarak adi ke benda 2 : s2 = (300^2 + 400^2)^(1/2) = 500 m 

Waktu yang diperlukan gelombang mencapai benda 1: t1 = 300/340 s 

Waktu yang diperlukan gelombang mencapai benda 2: t2 = 500/340 s 

Selisih kedua waktu tersebut = 500/340 – 300/340 = 200/340 s 

Agar kedua benda dikenai gelombang pada saat bersamaan maka benda dua harus ditembak lebih awal 200/340 s = 0,6 s.


11. Manusia memerlukan energi. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Di antara sumbersumber energi yang ada, terdapat sumber energi yang dapat diperbaharui dan tidak dapat diperbaharui. Dari tabel berikut, pilihlah sumber energi yang dapat diperbaharui! 






Jawaban : A, E, F, H, I, J. 


12. Laut adalah sumber energi panas maupun energi listrik. Untuk mendapatkan energi listrik dari laut biasanya dengan memanfaatkan energi pasang-surut air laut. Sebutkan dua kelebihan dan dua kekurangan pemanfaatan energi pasang-surut air laut!


13. Perhatikanlah pernyataan-pernyataan berikut ini!


Pilihlah pernyataan yang benar dan urutkan (dengan menuliskan urutan nomor pernyataan tersebut) penyebab pakaian yang disetrika menjadi licin, wangi, halus dan hangat! 

Jawaban: 3,1,4, dan 6 


14. Perhatikan tabel pengamatan berikut!

Dari tabel diatas dapat disimpulkan bahwa…. 
A) jumlah kalor yang diperlukan untuk perubahan suhu bergantung pada jenis zat 
B) urutan nama zat yang memerlukan kalor dari yang paling banyak ke paling sedikit untuk menaikkan suhu zat tersebut sebanyak 1 kg sebesar 1 oC adalah: 
aluminium, besi, tembaga, dan perak.


15. 











Seseorang memutar batu yang diikatkan pada ujung tali. Jika putaran lambat kalian hampir tidak mendengar bunyi. Jika putaran dipercepat, maka bunyi akan terdengar. Jalaskan mengapa hal tersebut terjadi? 


Jawaban: 

Telinga manusia hanya bisa mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20 Hz sampai 20000 Hz.

Jika putaran benda masih lambat, maka frekuensi putaran masih dibawah 20 Hz sehingga frekuensi bunyi yang dihasilkan kurang dari 20 Hz sehingga tidak dapat diengar. 

Dengan mempercepat putaran di atas 20 putaran per detik maka frenusian bunti 

yang dihasilkan lebih dari 20 Hz sehingga dapat didengar.


16. Panjang gelombang didefinisikan sebagai jarak antar dua puncak berdekatan pada gelombang, seperti pada ilustrasi berikut ini! 


Seutas dawai yang panjangnya 1 m dipetik sehingga membentuk pola-pola berikut ini.   

A) Berdasarkan definisi panjang gelombang yang diberikan di atas, tentukan panjang gelombang yang dibentuk dawai gitar pada gambar (a), (b), (c), dan (d) di atas! 

Jawaban: 

a) 2 m 

b) 1 m 

c) 2/3 m 

d) 1/2 m 


B) Jika kecepatan rambat gelombang dalam dawai 1000 m/s, tentukan frekuensi gelombang dawai yang dihasilkan masing-masing pola (a), (b), (c), dan (d) 

Jawaban: 

a) 1/2 gelombang = 1 meter → panjang gelombang = 2 m 

Frekuensi f : 10000/2 = 5000 Hz 

b) 1 gelombang = 1 meter panjang gelombang = 1 m 

Frekuensi f : 10000/1 = 10000 Hz 

c) 1,5 gelombang = 1 meter panjang gelombang = 2/3 m 

Frekuensi f : 10000/(2/3) = 15000 Hz 

6) 2 gelombang = 1 meter panjang gelombang = 1/2 m 

Frekuensi f : 10000/(1/2) = 20000 Hz


17. Berapa lama waktu yang dibutuhkan sebuah wahana antariksa untuk mencapai planet 2003UB313 yang baru ditemukan dalam tatasurya kita yang berjarak 97 Satuan Astronomi (1 Satuan Astronomi = 150 juta km) dari Bumi jika kecepatan wahana tersebut 10000 km per jam?


Jawaban: 

Jarak planet ke bumi 

S = 97 × 150.000.000 = 14.550.000.000 km 

Waktu tempuh psawat antariksa 

T = s/v = 14.550.000.000/10.000 = 1.455.000 jam


18. Sifat gaya gesek adalah selalu menghambat gerak. Berikut ini adalah keadaankeadaan di mana terdapat gaya gesek. Tuliskanlah nama benda-benda yang bergesekan pada setiap keadaan tersebut!



19. Gerak pesawat terbang yang sedang terbang mendatar seperti pada gambar berikut ini dipengaruhi oleh empat buah gaya yaitu: gaya berat, gaya angkat pesawat, gaya dorong dari mesin dan gaya hambat dari udara. Tuliskanlah gaya yang sesuai pada gambar! 



Jawaban: 

A: gaya dorong mesin 

B: gaya berat / gaya gravitasi 

C: gaya angkat pesawat 

D: gaya hambat udara  


20. Di daerah sekitar pantai dikenal dua macam angin yaitu angin darat dan angin laut. Angin darat adalah angin yang berasal dari darat menuju laut sedangkan angin laut adalah angin yang berasal dari laut menuju darat. 

A) Kapan terjadinya angin darat dan angin laut tersebut? Jelaskan mengapa demikian! 

B) Apa manfaat angin darat dan angin laut tersebut bagi nelayan?  


Jawab: 

A)  

i) Angin laut terjadi pada siang hari. Pada siang hari di daratan lebih panas dibandingkan di lautan sehingga tekanan udara di daratan lebih kecil dibandingkan di lautan (udarnya memuai/merenggang) yang mengakibatkan udara dari lautan bergerak menuju daratan. 

ii) Angin laut terjadi pada malam hari. Pada malam hari di lautan lebih panas dibandingkan di daratan sehingga tekanan udara di lautan lebih kecil dibandingkan di daratan (udarnya memuai/merenggang) yang mengakibatkan udara dari daratan bergerak menuju lautan. 

B) 

i) Angin laut digunakan nelayan untuk pulang dari laut ke pantai (siang hari) 

ii) Angin darat digunakan untuk nelayan pergi berlayar menuju lautan (malam hari) 


Demikianlah teman-teman, terkait beberapa kumpulan Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) IPA SD/MI Lengkap Kunci Jawaban untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

Penting: Semua jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar dan siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman.()


Tag: soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban pdf,download soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban,download soal olimpiade ipa sd 2022,soal olimpiade ipa sd dan pembahasannya,soal olimpiade ipa sd 2022 pdf,soal olimpiade ipa sd dan kunci jawabannya pdf,soal osn ipa sd pdf,soal osn ipa sd dan kunci jawaban,