KUMPULAN Soal OSN Matematika SMP Lengkap Kunci Jawaban

soal osn matematika smp dan pembahasannya pdf,soal osn matematika smp pdf,soal olimpiade matematika smp dan pembahasannya 2022,download soal osn matem
KUMPULAN Soal OSN Matematika SMP Lengkap Kunci Jawaban

Layarmaya.id - Halo sahabat berprestasi? Tetap semangat dan sehat selalu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa Kumpulan Contoh Soal Persiapan OSN Matematika SMP/MTs Lengkap Kunci Jawaban untuk teman-teman tercinta.

KSN (Kompetensi Sains Nasional) awalnya bernama Olimpiade Sains Nasional disingkat (OSN). Namun sejak tahun 2020 yang lalu bersamaan dengan didirikannya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, maka OSN berubah nama menjadi KSN.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Serta meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas dan menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Nantinya! disini terdapat beberapa Kumpulan Contoh Soal Persiapan OSN Matematika SMP/MTs Lengkap Kunci Jawaban yang merupakan persiapan contoh Latihan soal persiapan jelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SMP/MTs Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Sangat kami anjurkan bahwa, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Disarankan teman-teman untuk perbanyak berlatih butir Soal Persiapan OSN Matematika SMP/MTs untuk persiapan jelang OSN Tingkat Kabupaten Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.


Berikut Contoh Kumpulan Soal Persiapan OSN Matematika SMP/MTs Lengkap Kunci Jawaban:

1. Harga sepotong kue turun dari Rp250,00 menjadi Rp200,00. Dengan uang Rp4.000,00, berapa potong kue lebih banyak yang dapat dibeli?

A. 2

B. 4

C. 8

D. 20

Jawaban B


2. Di dalam suatu lingkaran yang berjari-jari 4 cm dibuat persegi ABCD, sehingga titik sudut persegi tersebut berada pada lingkaran. Luas persegi ABCD adalah...cm2 (centimeter persegi)

A. 64

B. 32

C. 16

D. 8

Jawaban B


3. Rata-rata sembilan bilangan adalah 6. Satu diantara kesembilan bilangan dibuang. Rata-rata delapan bilangan yang tinggal adalah 6½. Bilangan yang dibuang adalah... .

A. 3

B. 4

C. 5

D. 6

Jawaban A


4. Sepuluh pasang suami istri mengikuti suatu pesta. Mereka kemudian berjabat tangan satu sama lain. Namun demikian setiap pasang suami istri tidak pernah berjabatan tangan, maka banyaknya jabatan tangan yang terjadi adalah... .

A. 171

B. 153

C. 136

D. 120

Jawaban A


5. Raihan memiliki dua bilangan. Apabila selisih kedua bilangan tersebut sama dengan 1 dan jumlah dua bilangan tersebut sama dengan dengan 2, maka hasil kali kedua kedua bilangan yang dimiliki Raihan adalah... .

A. 3/4

B. 2/3

C. 1/2

D. 4/5

Jawaban A


6. Dua belas pekerja dalam waktu 6 hari menghasilkan 360 boneka. Dalam waktu 4 hari boneka yang dihasilkan oleh seorang pekerja adalah....

A. 20 boneka

B. 30 boneka

C. 60 boneka

D. 90 boneka

Jawaban A


7. 









Jawaban C


8. The average (arithmetic mean) of three numbers is 18. If one of numbers is replaced by the number 38 then the average of the three numbers is 23. The original number that was replaced is... .

A. 38

B. 23

C. 15

D. 18

Jawaban B


9. Suatu fungsi dari himpunan bilangan asli ke himpunan bilangan asli yang memenuhi :





Jawaban C


10. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar!









Jawaban B


Demikian teman-teman beberapa Kumpulan Contoh Soal OSN Matematika SMP/MTs Lengkap Kunci Jawaban untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

PENTING: Semua jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar, Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman!()


Tag: soal osn, soal osn smp, contoh soal osn smp, kumpulan soal osn matematika smp,soal osn matematika smp dan pembahasannya pdf,soal osn matematika smp pdf,soal olimpiade matematika smp dan pembahasannya 2022,download soal osn matematika smp,olimpiade matematika smp 2022,soal olimpiade matematika smp doc,soal olimpiade matematika smp online,soal olimpiade matematika smp materi bilangan,