Materi PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka Lengkap!

materi pkn kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka,rangkuman materi pkn kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka,rangkuman materi pkn kelas 4 semester 2,materi pkn kelas 4 semester 2 tematik,materi pkn kelas 4 semester 2 kurikulum 2013,soal pkn kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka,buku siswa ppkn kelas 4 kurikulum merdeka,materi pkn kelas 4 kurikulum merdeka,rangkuman materi pendidikan pancasila kelas 4 kurikulum,
Materi PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Layarmaya.id - Apa kabar sahabat belajar! tentunya dalam memasuki semester 2, sebelum mulai belajar dengan giat, para siswa serta orang tuanya dan pasti saja para pendidik atau guru ingin tahu materi PKN Kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka untuk panduan belajar.

Adapun Materi PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka tersebut, memang dipakai sebagai panduan bahan pembelajaran untuk siswa dan panduan mengajar bagi para pendidik atau guru.

Diketahui bahwa, Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud Ristek sudah menerbitkan buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 4 untuk SD/MI dalam rangka implementasi Kurikulum Merdeka.

Mengenai fokus yang paling utama dalam mata pelajaran PKN atau PPKn adalah mempersiapkan murid atau peserta didik supaya bisa berperan sebagai warga negara yang baik dan bermartabat.

Terkait dengan daftar materi PKN atau PPKn Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka tersebut adalah bahan atau panduan pembelajaran bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa SD atau MI dipersekolah.

Diketahui pula dalam kurikulum Merdeka, Materi PKN pada semester 1 dan semester 2 dibagi menjadi lima unit pembelajaran. Pembelajaran PKN atau PPKn tersebut menekankan pada penguasaan kompetensi spiritual, sosial, pengetahuan dan keterampilan.


Berikut Materi PKN Kelas 4 Semester 2 Kurikulum Merdeka dilansir dari buku guru PPKn kelas 4 yang disusun oleh Dwi Nanta Priharto dan Yusnawan Lubis.

SEMESTER 1

1) Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan.

Dalam kegiatan pembelajaran pada unit materi ini adalah operasionalisasi elemen pembelajaran PPKn yang pertama yaitu Pancasila.

Untuk materi ini teramat penting terkait dengan Pancasila sebagai ideologi dan asas yang menjadi pemersatu bangsa Republik Indonesia.


2) Konstitusi dan Norma di Masyarakat.

Untuk kegiatan pembelajaran pada unit materi ini merupakan operasionalisasi elemen pembelajaran PPKn yang kedua yakni Undang-Undang Dasar NKRI 1945.

Dan materi ini teramat penting pula, terkait dengan kedudukan mata pelajaran PPKn sebagai wahana pendidikan kesadaran berkonstitusi. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran guru membantu peserta didik untuk menjadi warga negara yang memiliki kesadaran berkonstitusi yang tinggi.


SEMESTER 2

3) Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan.

Dalam unit pembelajaran untuk Semester 2 ini merupakan pembelajaran PPKn yang ketiga tentang jati diri dan kebhinnekaan. 

Materi ini teramat erat kaitannya dengan kondisi seseorang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai individu maupun warga masyarakat di lingkungannya.


4) Negaraku Indonesia.

Pada unit materi ini merupakan operasionalisasi elemen penting dalam pembelajaran PPKn yang keempat yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Dan materi ini teramat penting, terkait dengan kedudukan mata pelajaran PPKn sebagai wahana pendidikan, pendidikan politik dan demokrasi.


5) Pola Hidup Bergotong Royong.

Pada unit kelima pembelajaran materi ini merupakan pengembangan dari elemen pembelajaran PPKn terkait Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Materi ini amat erat kaitannya dengan kondisi seseorang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai individu maupun warga masyarakat di lingkungannya.


Itulah daftar materi PKN atau PPKn Kelas 4 semester 2 Kurikulum Merdeka sebagai acuan pembelajaran bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada murid SD/MI di persekolah.


Tag: materi pkn kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka,rangkuman materi pkn kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka,rangkuman materi pkn kelas 4 semester 2,materi pkn kelas 4 semester 2 tematik,materi pkn kelas 4 semester 2 kurikulum 2013,soal pkn kelas 4 semester 2 kurikulum merdeka,buku siswa ppkn kelas 4 kurikulum merdeka,materi pkn kelas 4 kurikulum merdeka,rangkuman materi pendidikan pancasila kelas 4 kurikulum,