Kumpulan Soal MOOC PPPK 2023 dan Kunci Jawaban

soal mooc pppk 2023,  download soal mooc pppk 2023 pdf,  contoh soal mooc pppk 2023,  download soal dan jawaban mooc pppk,  soal dan jawaban mooc pppk 2022 pdf,  soal mooc pppk 2023 dan kunci jawaban,  kumpulan soal mooc pppk 2023,  soal mooc pppk 2023 terbaru,  contoh jurnal mooc pppk 2023,
Kumpulan Soal MOOC PPPK 2023 dan Kunci Jawaban

Kumpulan Soal MOOC PPPK 2023 - Mooc (massive open online course) merupakan sebuah patform resmi yang dikelolah oleh lembaga administrasi negara.

Adapun metode mooc sebagai bentuk pelatihan dasar online untuk para pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (pppk).

Dibawah ini kumpulan soal mooc pppk 2023 terbaru dan jawaban dikutip berbagai sumber sebagai bahan evaluasi latihan online.


SOAL MOOC PPPK

1. Kegiatan perbaikan berkelanjutan yang melibatkan setiap orang dalam organisasi melalui usaha yang terintegrasi disebut 

a. Total product management

b. Total improvement management

c. Total quality management

d. Total resources management

Jawaban: C


2. Mengembangkan rencana aksi dalam metode PDCA merupakan langkah :

a. Plan (Perencanaan)

b. Do (Melaksanakan)

c. Check (Pemeriksaan)

d. Act (Melakukan tindakan)

Jawaban: A


3. Berdasarkan undang-undang ASN, kode etik, dan kode perilaku ASN yaitu sebagai berikut kecuali

a. Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang meskipun bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan 

b. Melaksanakan tugasnya dengan jujur, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi 

c. Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

d. Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin

Jawaban: A


4. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan karakteristik nilai dasar orientasi mutu :

a. Mengedepankan komitmen terhadap kepuasan customer/klien

b. Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi baik berkaitan dengan pergeseran tuntutan kebutuhan customer/klien maupun perkembangan teknologi

c. Menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dalam pengambilan keputusan

d. Melakukan peningkatan jumlah produksi layanan secara terus-menerus 

Jawaban: A


5. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk terus memperbaiki mutu layanan dari aparatur penyelenggara pemerintah (Pegawai ASN) kepada publik, antara lain kecuali

a. Memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya 

b. Merencanakan target mutu layanan yang akan ditampilkan

c. Memahami karakter pelanggan yang akan dilayani

d. Mengutamakan produktivitas kinerja 

Jawaban: D


6. Hal yang diharapkan dari akuntabilitas adalah perilaku aparat sebagai berikut, kecuali :

a. Bertanggung jawab

b. Oportunis

c. Andil

d. Inovatif

Jawaban: B


7. Tujuan utama dari akuntabilitas adalah :

a. Untuk meningkatkan citra positif pimpinan

b. untuk memperbaiki kinerja dalam memberikan pelayanan

c. Untuk memenuhi yang dimandatkan peraturan perundang-undang

d. Untuk meminimalisir tuntutan dari masyarakat

Jawaban: B


8. PNS perlu meningkatkan citranya menjadi pelayan masyarakat dengan mengamalkan nilai-nilai akuntabilitas untuk membentuk sikap dan perilaku PNS sebagai berikut, kecuali :

a. Mengedepankan kepentingan publik

b. Integritas

c. Prinsip imparsial

d. Intoleransi keberagaman

Jawaban: D


9. Alat akuntabilitas birokrasi di Indonesia antara lain sebagai berikut, kecuali:

a. Perencanaan Strategis

b. Alokasi anggaran

c. Kontrak kinerja

d. Laporan kinerja

Jawaban: B


10. Responsibilitas terbagi menjadi dua aspek, yaitu :

a. Responsibilitas perseorangan dan stakeholder

b. Responsibilitas dan stakeholder

c. Responsibilitas perseorangan dan institusi

d. Responsibilitas stake holder dan publik.

Jawaban: C


11. Contoh laporan sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dalam lingkup birokrasi yaitu :

a. Laporan perencanaan instansi

b. Laporan desain tata kelola dan kelembagaan instansi pemerintah

c. Laporan roadmap reformasi birokrasi instansi pemerintah

d. Laporan kinerja instansi pemerintah

Jawaban: D


12. Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka melaksanakan dengan taktik kooperasi, artinya :

a. Menolak kerjasama dengan pemerintah Belanda

b. Melakukan kerjasama dengan pemerintah Belanda

c. Melakukan aksi gerakan politikdi bawah tanah

d. Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi Indonesia

Jawaban: B


13. Nasionalisme dapat dipandang sebagai suatu paham kebangsaan yang diwujudkan dalam :

a. Kesetiaan kepada suku sendiri

b. Kesetiaan kepada orang lain

c. Kesetiaan rakyat kepada negara

d. Kesetiaan kepada diri sendiri

Jawaban: C


14. Salah satu faktor dalam negeri yang mempercepat munculnya nasionalisme Indonesia adalah :

a. Pengaruh pendidikan Barat

b. Gerakan nasionalisme India

c. Kemenangan Jepang atas Rusia

d. Penderitaan akibat penjajah

Jawaban: D


15. Penderitaan yang dialami rakyat akibat penjajahan Belanda menyebabkan :

a. Melahirkan politik balas budi penjajah

b. Menyulitkan persatuan bangsa

c. Memengaruhi timbulnya pergerakan nasional

d. Menggugah semangat penjajah

Jawaban: C


16. ASN sebagai profesi berlandaskan prinsip sebagai berikut, kecuali..

a. nilai dasar

b. komitmen, integritas, moral dan tanggungjawab pada pelayanan publik

c. sistem komando

d. profesionalitas jabatan

Jawaban: C


17. Amanah seorang PNS adalah menjamin terwujudnya nilai-nilai publik, nilai publik tersebut adalah, kecuali…

a. memiliki pemahaman dan kesadaran untuk menghindari dan mencegah keterlibatan PNS dalam politik praktis

b. mengikuti seluruh arahan pimpinan dalam menjalankan tugas tanpa memperhatikan ketentuan dan nilai-nilai yang berlaku dalam organisasi

c. mampu mengambil pilihan yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentingan antara kepentingan publik dan kepentingan sektor kelompok dan pribadi

d. memperlakukan warga negara secara sama dan adil dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan

Jawaban: B


18. Akuntabilitas memiliki 3 fungsi utama sebagai berikut, kecuali..

a. untuk menyediakan kontrol demokratis

b. untuk mencegah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan

c. untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas

d. untuk memenuhi kewajiban instansi

Jawaban: D


19. Tingkatan akuntabilitas yang mengacu pada hasil pelaporan kinerja individu terhadap organisasi/institusi maupun kinerja organisasi kepada stakeholder lainnya merupakan tingkatan pada…

a. akuntabilitas personal

b. akuntabilitas  kelompok

c. akuntabilitas stakeholder

d. akuntabilitas organisasi

Jawaban: D


20. Akuntabilitas sebagai pertanggujawaban kepada masyarakat luas merupakan jenis akuntabilitas..

a. akuntabilitas diagonal

b. akuntabilitas horizontal

c. akuntabilitas vertikal

d. akuntabilitas majemuk

Jawaban: B


21. Pemerintah sudah memulai program pengadaan barang dan jasa dengan mekanisme secara elektronik (e-procuerement) dengan tujuan memudahkan prosedur dan meminimalisir kasus KKN hal ini merupakan contoh dimensi akuntabilitas..

a. akuntabilitas  kejujuran dan hukum

b. akuntabilitas proses

c. akuntabilitas kepercayaan

d. akuntabilitas program

Jawaban: B


22. Pelopor pergerakan kaum wanita pertama di Indonesia adalah..

a. Dewi Sartika

b. Kristina Marthatiyahahu

c. Cut Nyak Dien

d. R.A Kartini

Jawaban: D


23. Salah satu faktor yang dapat menyatukan dan mengikat organisasi-organisasi pergerakan nasional adalah..

a. waktu berdirinya yang hampir bersamaan

b. adanya kesadaran tentang arti pentingnya berpolitik

c. adanya tujuan yang sama yaitu ingin mencapai kemerdekaan

d. adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Belanda

Jawaban: C


24. Sejarah awal kebangkita nasionalisme di Indonesia ditandai dengan berdirinya..

a. Serikat Islam

b. Budi Utomo

c. Taman siswa

d. Indische partij

Jawaban: B


25. Pertama kali diperdengarkan/dinyanyikan lagu Indonesia Raya didepan umum waktu peristiwa…

a. proklamasi kemerdekaan

b. peristiwa rengasdengklok

c. sumpah pemuda

d. peresmian BPUPKI

Jawaban: A


26. Berikut merupakan contoh pelanggaran integritas dan etika publik dalam lingkungan kerja :

a. Menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat hari raya

b. Menitip tanda tangan kehadiran kepada rekan kerja

c. Menerima hadiah atau cedera mata saat melaksanakan tugas

d. Semua jawaban benar

Jawaban: D


27. Sisi dimensi reflektif dari  etika publik berfungsi sebagai :

a. Bantuan dalam menimbang pilihan sarana kebijakan publik dan alat evaluasi

b. Jembatan atas norma moral dan tindakan faktual

c. Layanan publik yang berkualitas dan relevan

d. Membentuk integritas pelayanan publik

Jawaban: A


28. Salah satu asas kode etik administrasi publik adalah hari nurani memegang peranan penting dalam memilih arah tindakan hal ini memiliki makna sebagai berikut kecuali :

a. Memerlukan kesadaran akan makna ganda moral dalam kehidupan 

b. Pengkajian tentang prioritas nilai

c. Tujuan yang baik tidak pernah membenarkan cara tak bermoral 

d. Fokus pada capaian hasil bukan pada proses

Jawaban: D


29. Selama ini instansi pemerintah mengusulkan formasi perekrutan PNS bukan semata-mata berdasarkan kebutuhan. Misalnya guru honorer itu orang dekat yang dimasukkan, hal ini berdampak kepada :

a. Kita kekurangan orang yang tidak dibutuhkan dan kelebihan orang yang dibutuhkan 

b. Kita kekurangan orang yang dibutuhkan dan kelebihan orang yang tidak dibutuhkan

c. Kita kelebihan orang yang dibutuhkan dan kekurangan orang yang tidak dibutuhkan

d. Kita kelebihan orang yang tidak dibutuhkan dan kekurangan orang yang tidak dibutuhkan 

Jawaban: B


30. Hal yang mencerminkan nilai keunggulan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya merupakan konsep dari :

a. Mutu

b. Kreativitas

c. Efisien

d. Inovatif

Jawaban: A 


Demikianlah artikel terkait kumpulan Soal MOOC PPPK 2023 Terbaru dan Jawaban, mudah-mudahan bermanfaat.


Tag: 

soal mooc pppk 2023,

download soal mooc pppk 2023 pdf,

contoh soal mooc pppk 2023,

download soal dan jawaban mooc pppk,

soal dan jawaban mooc pppk 2022 pdf,

soal mooc pppk 2023 dan kunci jawaban,

kumpulan soal mooc pppk 2023,

soal mooc pppk 2023 terbaru,

contoh jurnal mooc pppk 2023,