Pengumuman PPPK Guru 2023 dan Cek Tata Cara Mengisi DRH

pengumuman pppk guru 2023,  pengumuman pppk guru 2023 pdf,  pengumuman pppk tahap 2,  pengumuman pppk guru 2023 kemenag,  pengumuman pppk guru 2023 jam berapa,  pengumuman pppk teknis 2023,  pppk 2023,  login asn p3k guru,  gurupppk. kemdikbud go id hasil tahap 2,
Pengumuman PPPK Guru 2023

Pengumuman PPPK Guru 2023 - Informasi terkini seputar seleksi PPPK Guru 2022 dan informasi seputar jadwal PPPK Guru 2022 terbaru serta Inilah tahapan seleksi rampung 31 Mei 2023. Selanjutnya Cek tata cara mengisi DRH tes PPPK Guru 2022 dalam postingan ini.

Kapan pengumuman hasil tes PPPK guru 2023?

Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 baru dapat diakses pada 9-10 April 2023.

Apakah akan ada PPPK 2023?

Menindaklanjuti instruksi Presiden tersebut Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang memastikan seluruh tenaga honorer di Indonesia akan diangkat menjadi PPPK 2023. Pengangkatan PPPK 2023 tersebut dilakukan pemerintah melalui Kemenpan-RB paling lambat tanggal 28 November 2023.

Apakah 2023 ada PPPK guru?

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani mengungkapkan lebih dari 600 ribu kuota tersedia untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK Guru tahun 2023.

Kapan pengumuman kelulusan PPPK Teknis 2023?

Atas hal tersebut, maka pengumuman ini belum bersifat final dan Pengumuman Hasil Akhir (Pasca Sanggah) pengadaan PPPK Tenaga Teknis Kemen PPPA Tahun Anggaran 2022 yang bersifat final (pasca sanggah) akan diumumkan pada tanggal 11 s.d. 13 Mei 2023.

BKN menetapkan tahapan seleksi PPPK Guru 2022 akan rampung pada 31 Mei 2023 mendatang. Perihal tersebut beradasarkan penyesuaian jadwal terbaru mengenai tahapan akhir PPPK Guru 2022 yang ditetapkan oleh BKN.

Yang dimana saat ini rangkaian seleksi PPPK Guru 2022 telah memasuki tahapan pengisian Daftar Riwayat Hidup (DRH). Simak selengkapnya ada dalam artikel ini.

Kemudian baru memasuki tahapan akhir dari rangkaian seleksi yaitu pengusulan penetapan Nomor Induk atau NI PPPK Guru 2022.

Menurut surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi perihal Permohonan Penyesuaian Jadwal Pengumuman Hasil Seleksi, yang mana tahapan seleksi PPPK Guru 2022 ditargetkan akan rampung pada mei 2023.

Sedangkan dalam surat terbaru Panselnas melalui BKN menetapkan kembali jadwal lanjutan yang meliputi pengisian DRH NI PPPK yang sebelumnya berlangsung mulai tanggal 15 April s.d 04 Mei 2023, diperpanjang sampai dengan tanggal 13 Mei 2023.

Selanjutnya, dilanjutkan dengan usul Penetapan NI PPPK yang semula disampaikan mulai tanggal 28 April s.d. 22 Mei 2023 diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Mei 2023, dengan begitu tahapan seleksi PPPK Guru 2022 akan rampung pada Akhir Mei 2023 mendatang.

Iswinarto Setiaji selaku Plt. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama menyampaikan bahwa penetapan jadwal terbaru dilakukan mengingat masih ada beberapa Instansi yang belum selesai mengisi DRH.

Dengan adanya BKN resmi melakukan penyesuaian jadwal dengan memperpanjang masa atau tenggat waktu untuk pengisian DRH dan juga usul penetapan NI PPPK Guru 2022.

BKN mengeluarkan surat resmi yang  tentang penyesuaian tanggal usul penetapan NI PPPK Guru Tahun 2022 secara elektroni yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Aris Windiyanto.


Ada beberapa penyesuaian terkait jadwal pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2022, saat ini tersisa dua tahapan lagi yang akan dilalui oleh para peserta PPPK Guru 2022, yaitu mengisi DRH dan juga usul penetapan Nomor Induk (NI) PPPK.

Berikut jadwal terbaru tahapan seleksi PPPK Guru 2022 adalah:

  • Pengisian DRH NI PPPK yang semula disampaikan mulai tanggal 15 April s.d 4 Mei 2023 diperpanjang sampai dengan tanggal 13 Mei 2023.
  • Usul Penetapan NI PPPK yang semula disampaikan mulai tanggal 28 April s.d. 22 Mei 2023 diperpanjang sampai dengan tanggal 31 Mei 2023.

Dengan jadwal tersebut Anda masih memiliki waktu untuk mengisi DRH hingga Sabtu (13/5/2023) mendatang. Dalam masa pengisian DRH PPPK Guru 2022 tersebut juga mengunggah beberapa dokumen penting untuk pemberkasan ASN.

Pengurusan administrasi ini dilakukan jika ingin lanjut sebagai ASN dan melakukan pengunduran diri jika tidak berminat menjadi ASN. Oleh dari itu, bagi peserta yang dinyatakan Lulus (L) mulai dapat menyiapkan dokumen pemberkasan baik fisik dan digital.

Dalam menyampaikan atau mengunggah kelengkapan persyaratan dokumen secara elektronik PPPK Guru 2022 tersebut melalui https://sscasn.bkn.go.id. Dan bagi peserta yang dinyatakan Lulus (L) mulai bisa menyiapkan dokumen pemberkasan baik fisik dan digital.


TATA CARA MENGISI DRH

Berikut cara mengisi DRH untuk pemberkasan PPPK 2022.

1. Log in ke akun SSCASN

  1. Login ke akun SSCASN di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login
  1. Masukkan username berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan kata sandi yang telah dibuat.

2. Lanjutkan pemberkasan

  • Jika Anda dinyatakan lulus, maka akan muncul pertanyaan, apakah ingin melanjutkan proses pengisian DRH, pilih jawaban "Ya". Opsi lain "Tidak, Saya ingin mengundurkan diri".

3. Mengisi data perorangan

  • Isilah data perorangan sesuai dengan data yang ada pada dokumen yang Anda miliki, baik itu KTP, ijazah, atau dokumen resmi lainnya yang disyaratkan.
  • Pastikan semua kolom bertanda bintang untuk diisi, dan nomor telepon yang dimasukkan tersambung ke WhatsApp.

4. Mengisi riwayat pendidikan

  • Isi riwayat pendidikan formal/nonformal atau kursus yang pernah diikuti.
  • Namun, tidak bisa mengisi informasi riwayat pendidikan untuk jenjang lebih tinggi dari jenjang yang digunakan saat mendaftar.
  • Jika menjalani pendidikan ganda di satu jenjang pendidikan yang sama, hanya 1 riwayat yang dapat dimasukkan.

5. Mengisi riwayat pekerjaan

  • Isi riwayat pekerjaan sesuai pengalaman bekerja sebelumnya.
  • Jika belum, cantumkan daftar prestasi dan penghargaan yang pernah didapat.

6. Mengisi riwayat keluarga

  • Isi riwayat keluarga, baik pasangan (suami/istri), anak, orangtua kandung (bapak dan ibu) saudara kandung (kakak/adik), dan mertua (bapak dan ibu).
  • Jika anggota keluarga merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS), maka cukup isikan nama lengkap beserta NIP keluarga yang bersangkutan.
  • Klik "Cari NIP" maka seluruh data yang diperlukan otomatis akan muncul.

7. Mengisi riwayat organisasi

  • Jika memiliki riwayat organisasi sebelumnya, maka wajib diisikan di bagian ini.
  • Anda bisa juga mengisikan daftar prestasi dan penghargaan yang pernah diterima, jika ada.

8. Cetak DRH

  • Di halaman ini, peserta diwajibkan melakukan dua kali klik cetak DRH yang telah diisi dengan klik tombol "Cetak DRH Perorangan" dan "Cetak DRH Riwayat"
  • Selanjutnya, menulis data-data yang diharuskan untuk ditulis tangan di DRH yang telah dicetak tersebut dan menandatangani DRH.
  • Terakhir, DRH yang telah ditandatangani wajib diunggah kembali ke SSCASN di halaman "Unggah Dokumen".
  • Dan diimbau untuk membaca dahulu ketentuan unggah dokumen di bawah pada box berwarna kuning.


9. Unggah Dokumen

  • Setelah cetakan DRH diisi dan ditandatangani, scan keduanya (DRH Perorangan dan DRH Riwayat) dalam format pdf dan gabungkan menjadi satu file yang sama.
  • Jika sudah, unggahlah ke bagian terakhir dari pengisian DRH yang ditampilkan dalam sistem.
  • Di luar DRH yang telah ditandatangani, unggahlah daftar dokumen yang telah anda persiapkan.


JADWAL TERBARU PPPK GURU 2022

Setelah mengalami penyesuaian jadwal oleh BKN terdapat beberapa jadwal yang diundur mulai dari pengumuman pasca sanggah PPPK Guru 2022 hingga tahapan usul penetapan NI PPPK, diantaranya:

  • Pengisian DRH NI PPPK: 15 April- 13 Mei 2023.
  • Usul Penetapan NI PPPK: 28 April- 31 Mei 2023.

Demikian artikel mengenai Pengumuman PPPK Guru 2023 dan Cek Tata Cara Mengisi DRH. Semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih sudah berkunjung.()


Tag:

pengumuman pppk guru 2023,

pengumuman pppk guru 2023 pdf,

pengumuman pppk tahap 2,

pengumuman pppk guru 2023 kemenag,

pengumuman pppk guru 2023 jam berapa,

pengumuman pppk teknis 2023,

pppk 2023,

login asn p3k guru,

gurupppk. kemdikbud go id hasil tahap 2,