Latihan 100 Soal MOOC PPPK 2023 Terbaru!

soal mooc pppk,  contoh soal mooc pppk,  contoh soal mooc pppk pdf,  download soal mooc pppk 2023 pdf,  jurnal mooc pppk,  sertifikat mooc pppk,  latihan soal mooc pppk,   soal mooc pppk 2023,  soal mooc pppk 2023 dan kunci jawaban,  soal dan kunci jawaban mooc pppk 2023 pdf,  download soal evaluasi akademik mooc pppk 2023,
Latihan 100 Soal MOOC PPPK 2023

SOAL MOOC PPPK 2023 - Berikut ini adalah Latihan Contoh 100 Soal MOOC PPPK Terbaru sudah dilengkapi beserta dengan kunci jawaban, sebagai bahan belajar online.

Seperti diketahui, MOOC (Massive Open Online Course) PPPK telah menjadi sumber belajar yang penting bagi para calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja/PPPK diseluruh Indonesia.

Massive Open Online Course (MOOC) ini juga menawarkan berbagai materi yang relevan dengan tes seleksi PPPK. Akan tetapi supaya Anda bisa memahami dengan baik materi tersebut, penting untuk menjalani proses evaluasi dan memiliki akses ke kunci jawaban.

Pada postingan kali ini, kami akan membahas mengenai 100 Contoh Soal MOOC PPPK dilengkapi dengan kunci jawabannya serta para peserta bisa mencari informasi lebih lanjut tentang berbagai Contoh Soal MOOC PPPK lainnya melalui sumber-sumber terkait.


LATIHAN 100 SOAL MOOC PPPK MOOC PPPK TERBARU

1. Tujuan utama dari akuntabilitas adalah 

a. Untuk meningkatkan citra positif pimpinan untuk memperbaiki kinerja dalam memberikan pelayanan

b. Untuk memperbaiki kinerja dalam memberikan pelayanan

c. Untuk memenuhi kewajiban yang dimandatkan peraturan perundang-undangan

d. Untuk meminimalisir tuntutan dari masyarakat

Jawaban : b


2. Suatu panduan atau pegangan yang harus dipatuhi oleh para pelayan publik atau birokrat untuk menyelenggarakan pelayanan yang baik untuk publik, merupakan pengertian dari :

a. Etika pelayanan publik

b. Etika pemerintahan

c. Norma dasar PNS

d. Hak dan kewajiban PNS

Jawaban : a


3. Contoh alat akuntabilitas individu PNS pada birokrasi yaitu 

a. Perencanaan strategis

b. Dokumen struktur organisasi dan tata kerja instansi

c. Rencana kebutuhan pengembangan kompetensi

d. Sasaran kinerja pegawai

Jawaban : a


4. Rencana pembangunan jangka panjang (RPJP-D), menengah (rencana pembangunan jangka menengah/rpjm-d) dan tahunan (rencana kerja pemerintah/rkp-d) merupakan contoh alat akuntabilitas birokrasi di Indonesia pada aspek :

a. Perencanaan strategis

b. Alokasi anggaran

c. Kontrak kinerja

d. Laporan kinerja

Jawaban : a


5. Akuntabilitas dimaknai sebagai sebuah hubungan dan proses yang direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sejak awal, penempatan sumber daya yang tepat, dan evaluasi kinerja. Hal ini merupakan pendekatan akuntabilitas yang bersifat :

a. Proaktif

b. Konstruktif

c. Partisipatif

d. Inklusif

Jawaban : a


6. Akuntabilitas sebagai pertanggungjawaban atas pengelolaan dana kepada otoritas yang lebih tinggi merupakan jenis akuntabilitas apa :

a. Akuntabilitas diagonal

b. Akuntabilitas horizontal

c. Akuntabilitas vertikal

d. Akuntabilitas majemuk

Jawaban : c


7. Nasionalisme dapat dipandang sebagai suatu paham kebangsaan yang diwujudkan dalam :

a. Kesetiaan kepada suku sendiri

b. Kesetiaan kepada orang lain

c. Kesetiaan rakyat kepada negara

d. Kesetiaan kepada diri sendiri

Jawaban : c


8. Sejarah awal kebangkitan nasionalisme di Indonesia ditandai dengan berdirinya :

a. Sarekat Islam

b. Budi Utomo

c. Taman siswa

d. Indische Partai

Jawaban : b


9. Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka melaksanakan dengan taktik  kooperasi artinya :

a. Menolak kerjasama dengan dengan pemerintah Belanda

b. Melakukan kerjasama dengan pemerintah Belanda

c. Melakukan aksi gerakan politik dibawah tanah

d. Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi Indonesia

Jawaban : b


10. Dalam pemerintahan Indonesia dikenal adanya tiga lembaga yang mempunyai tugas berbeda-beda tidak dibedakan dengan nama Trias politika, titik ini dari politik Trias politika bersultan Van defender adalah :

a. Pendidikan, pengairan, transmigrasi

b. Mencerdaskan rakyat Indonesia

c. Mengembangkan perdagangan

d. Politik pintu terbuka

Jawaban : a


11. ASN sebagai pelaksana kebijakan publik artinya

a. Implementasi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik 

b. Implementasi ASN profesional dan melayani yang berintegritas tinggi

c. ASN profesional

d. ASN yang melayani publik

Jawaban : a


12. Berdasarkan modal inkremental pada negara-negara berkembang, landasan bagi para pembuat kebijakan publik dalam menciptakan kebijakan adalah :

a. Hasil kesepakatan antar elit politik menyerupai yang terjadi di Thailand

b. Hasil penelitian dan pengkajian yang valid dan reliabel para akademisi akan kebijakan

c. Hasil dari pengamatan detail dan menyeluruh menyerupai yang dilakukan pemerintah RI dalam menyusun jadwal rekonstruksi provinsi NAD pasca tsunami

d. Hasil penilaian dan analisis empiris terhadap jadwal dan kebijakan publik yang telah dilaksanakan

Jawaban : d


13. Contoh prinsip yang memenuhi integritas publik adalah :

a. The right man on the right job

b. The right man on the wrong place

c. The wrong man on the wrong place

d. The wrong man on the right place

Jawaban : a


14. "Public servants muat be both moral philosophers and moral activists, which would require : first, an understanding of, and believe in, regime values, and second, a sens of extensive benevolence for the people of the nation". Pernyataan tersebut merupakan terkait ASN sebagai pelayan publik dari :

a. Fredickson and Hart

b. Ricocur

c. Immanuel Khant

d. Collins Cobuild

Jawaban : a


15. Paham idealisme etik mengatakan bahwa :

a. Pada dasarnya setiap manusia adalah baik namun suka hal-hal yang tidak baik

b. Pada dasarnya semua manusia adalah tidak baik namun juga hal-hal yang baik

c. Pada dasarnya semua manusia adalah tidak baik suka hal-hal yang tidak baik

d. Pada dasarnya semua manusia adalah baik dan suka hal-hal yang baik

Jawaban : d


16. "The dicipline dialing with what is good and bad and  with moral duty an obligation", merupakan definisi etika yang dikembangkan oleh 

a. Ricocur

b. Imanuel Kantz

c. Collins Cobuild

d. Weihrich dan koontz  

Jawaban : d


17. Salah satu asas kode etik  administrasi publik adalah hari nurani memegang peran penting dalam memilih arah tindakan, hal ini memiliki makna sebagai berikut, kecuali :

a. Memerlukan kesadaran akan makna ganda moral dalam kehidupan 

b. Pengkajian tentang prioritas

c. Tujuan yang baik tidak pernah membenarkan cara yang tak moral (good ends never justify immortal means)

d. Fokus pada capaian hasil bukan pada proses

Jawaban : d


18. Kekuasaan yang bersumber dari legitimasi etis memiliki landasan yang paling kuat berdasarkan alasan berikut :

(1) Memiliki basis yang sangat kuat bagi perilaku manusia, maka keabsahan penggunaan kekuasaan akan pasti terjamin jika sudah memenuhi kaidah-kaidah etis

(2) Norma etika menjadi penopang dari berbagai ideologi dan aturan hukum yang terdapat didalam masyarakat

(3) Etika tidak mendasarkan diri pada pandangan-pandangan moral de facto yang berlaku dalam masyarakat saja

a. Hanya 1 dan 2 yang benar 

b. Hanya 1 dan 3 yang benar 

c. Hanya 2 dan 3 yang benar 

d. 1,2, dan 3 benar

Jawaban : d


19. Jika dalam pelaksanaan tugas tidak memperhatikan efektivitas dan efisiensi maka akan berdampak pada hal-hal berikut ini, kecuali

a. Ketidaktercapaian target kerja

b. Pemborosan sumber daya

c. Menurunkan kredibilitas organisasi

d. Menimbulkan kerugian pada organisasi

Jawaban : b


20. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh PBB, terdapat sejumlah prinsip kunci dan strategi untuk inovasi dalam pemerintahan sebagai berikut, kecuali

a. Mengintegrasikan layanan

b. Desentralisasi pelayanan

c. Memanfaatkan kemitraan

d. Mengoptimalkan sumber daya

Jawaban : d


21. Hal yang diukur dari ketepatan realisasi penggunaan sumber daya adalah :

a. Efektivitas

b. Kinerja

c. Efisiensi

d. Produktivitas

Jawaban : c


22. Inovasi penting dalam membangun mutu layanan publik, karena inovasi dapat :

a. Memberikan layanan yang cepat, murah dan lebih baik

b. Meningkatkan kesejahteraan

c. Meningkatkan kompetensi

d. Meningkatkan citra instansi

Jawaban : a


23. Karakteristik utama yang dapat dijadikan dasar untuk mengukur tingkat efektivitas adalah :

a. Ketercapaian target yang telah direncanakan

b. Penghematan biaya dan waktu yang digunakan

c. Perubahan terhadap produk yang dihasilkan 

d. Perubahan terhadap mindset pelanggan dalam mendapatkan pelayanan

Jawaban : a


24. Motivasi internal yang muncul dari dalam diri pegawai saat bekerja sama bersumber dari :

a. Kompetensi, sifat pekerjaan yang menantang, pengalaman, dan kebutuhan

b. Kesadaran diri akan tanggung, kompetensi, pengalaman dan kebutuhan

c. Kesadaran diri akan tanggung jawab, sifat pekerjaan yang menantang dan kebutuhan

d. Kesadaran diri akan tanggung jawab, sifat pekerjaan yang menantang, pengalaman dan kebutuhan

Jawaban : d


25. Salah satu upaya untuk mengenali modality seseorang adalah melalui pergerakan bola mata. Gerakan bola mata ada yang ke atas, ke bawah dan rata kiri dan kanan. Pergerakan bola mata ke atas menunjukkan modality :

a. Visual (penglihatan)

b. Kinestetik (mengalami)

c. Auditory (pendengaran)

d. Multimodality

Jawaban : a


26. Peran tunas integritas untuk membangun sistem integritas atau lingkungan yang dapat membuat semakin banyak orang yang berintegritas antara lain melalui cara-cara berikut, kecuali :

a. Melalui pelemahan terhadap Wow Effect korupsi

b. Melalui penguatan Wow Effect Integritas 

c. Melalui peningkatan besaran gaji dan tunjangan 

d. Mengupayakan Wow Effect Integritas lebih besar daripada Wow Effect korupsi

Jawaban : c


27. Terdapat 3 (tiga) aspek penting yang perlu disadari terkait pertempuran antara integritas dan korupsi aspek-aspek tersebut sebagaimana tercantum di bawah ini kecuali :

a. Koruptor menggoda biasanya pada saat seseorang sedang diluar sistem

b. Koruptor menggoda biasanya pada saat keadaan sepi dan rahasia

c. Koruptor menggoda saat melakukan pekerjaan pada jam kerja di kantor

d. Koruptor menggoda dengan beragam cara dan menggunakan pengaruh yang sebelumnya diluar perkiraan (Wow Effect)

Jawaban : c


28. Dengan menyadari sepenuh hati dampak korupsi, seseorang diharapkan :

a. Memahami arti pentingnya korupsi bagi kelanjutan sebuah bangsa

b. Menghindarkan diri dari perilaku dan tindak pidana korupsi karena akan berakibat kehancuran

c. Mengurangi tingkat korupsi pada suatu organisasi

d. Membangun sistem anti korupsi

Jawaban : b


29. Seseorang berintegritas sesuai dengan harapan kelompok dan peranan dalam hubungan sosial dengan kelompok tersebut, contohnya seorang pegawai akan berintegritas sebagaimana layaknya Integritas pegawai lainnya yang ada di organisasi tersebut, model perubahan tersebut termasuk model :

a. Internalisasi

b. Identifikasi

c. Kesediaan 

d. Pencitraan

Jawaban : b


30. Harga-harga infrastruktur akan jauh lebih tinggi. Inilah salah satu dampak dari korupsi. Hal ini dikemukakan oleh :

a. Depken and Lafountain

b. Golden and Picci 

c. Gupta, Davoodi, and Alonso-Terme

d. Paolo Mauro

Jawaban : b


31. Dalam proses pengadaan PPPK terdapat beberapa ketentuan sebagai berikut, kecuali :

a. Pengangkatan calon PPPK ditetapkan dengan keputusan pejabat pembina kepegawaian

b. PPPK dapat diangkat secara otomatis menjadi calon PNS

c. Masa perjanjian kerja paling singkat 1 (satu) tahun

d. Masa perjanjian kerja dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan berdasarkan penilaian kinerja

Jawaban : b


32. Rangkaian informasi dan data mengenai pegawai ASN  yang disusun secara sistematis, menyeluruh, dan terintegrasi dengan berbasis teknologi disebut dengan :

a. Sistem informasi ASN

b. Sistem penilaian kinerja

c. Sistem pengembangan kompetensi

d. Sistem database

Jawaban : a


33. Yang bukan termasuk jabatan pimpinan tinggi dalam PNS yaitu :

a. Jabatan pimpinan tinggi utama

b. Jabatan pimpinan tinggi madya

c. Jabatan pimpinan tinggi muda

d. Jabatan pimpinan tinggi Pratama

Jawaban : c


34. Penyelenggaraan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada asas non diskriminatif, yaitu :

a. Pegawai ASN sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia

b. Penyelenggaraan ASN diarahkan untuk mewujudkan peningkatan kualitas hidup pegawai ASN

c. Penyelenggaraan manajemen ASN, KASN tidak membedakan perlakuan  berdasarkan gender, suku, agama, ras, dan golongan

d. Pengaturan penyelenggaraan ASN harus mencerminkan rasa keadilan dan persamaan untuk memperoleh kesempatan akan fungsi dan peran sebagai pegawai ASN

Jawaban : c


35. Berikut ini merupakan aturan terkait dengan jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS, kecuali :

a. Tetap dapat diberikan kepada PNS yang diberhentikan secara tidak hormat

b. Dapat diberikan kepada PNS yang mengajukan pensiun dini dengan usia dan masa kerja tertentu

c. Sumber pembiayaan jaminan pensiun dan jaminan hari tua PNS berasal dari pemerintah selalu pemberi kerja dan iuran PNS yang bersangkutan 

d. Diberikan sebagai perlindungan kesinambungan penghasilan hari tua dan sebagai hak dan sebagai penghargaan atas pengabdian PNS

Jawaban : a


36. Pemutusan hubungan perjanjian kerja PPPK dilakukan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri antara lain karena :

a. Dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara paling singkat 2 (dua) tahun dan tindak pidana tersebut dilakukan dengan tidak berencana

b. Tidak cakap jasmani dan/atau rohani sehingga tidak dapat menjalankan tugas dan kewajiban sesuai perjanjian yang disepakati

c. Melakukan penyelewengan terhadap Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945

d. Dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan dan/atau pidana umum

Jawaban : b


37.  Pengisian jabatan pimpinan tinggi  pada instansi pemerintahan  mengikuti beberapa aturan seperti berikut antara lain :

a. Jabatan pimpinan tinggi dapat diisi oleh prajurit  Tentara Nasional Indonesia dan anggota Kepolisian  Negara Republik Indonesia setelah mengundurkan diri dari dinas aktif  apabila dibutuhkan  dan sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan melalui proses secara terbuka dan kompetitif

b. Jabatan pimpinan tinggi di kelingkungan instansi pemerintah tertentu tidak dapat diisi oleh prajurit Tentara Nasional Indonesia dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia walaupun memiliki kompetensi yang sesuai berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan

c. Pengisian jabatan pimpinan tinggi dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian tanpa terlebih dahulu membentuk panitia seleksi instansi pemerintah

d. Panitia seleksi menjalankan tugasnya untuk sebagian proses seleksi pengisian jabatan terbuka untuk masa tugas yang ditetapkan oleh pejabat pembina kepegawaian

Jawaban : a


38. Pendekatan WoG ini sudah dikenal dan lama berkembang terutama di negara-negara :

a. Kontinental

b. Persemakmuran

c. Anglo Saxon

d. Federasi

Jawaban : c


39. Ide WoG dalam mengintegrasikan sektor-sektor ke dalam satu cara pandang dan sistem diperkenalkan pertama kali oleh tokoh politik :

a. Barack Obama

b. Toni Blair

c. Angella Merkel

d. Kevin Rudd

Jawaban : b


40. Pendekatan Whole of government di beberapa negara dipandang sebagai bagian dari respon terhadap ilusi paradigma :

a. Old Public administration

b. Good Public management

c. New Public management

d. New Public services

Jawaban : c


41. Di Australia, WoG dimotori oleh Australia publik service (APS) dalam laporannya berjudul :

a. Connecting government

b. Joint up government

c. Integrated government

d. Good Government

Jawaban : a


42. Kolaborasi, kebersamaan, kesatuan, tujuan bersama, dan mencakup keseluruhan aktor dari seluruh sektor dalam pemerintahan, adalah :

a. Bentuk-bentuk WoG

b. Tujuan WoG

c. Prinsip-prinsip WoG

d. Langkah-langkah WoG

Jawaban : c


43. Pendekatan WoG dapat dilihat dan dibedakan berdasarkan perbedaan kategori hubungan antara kelembagaan yang terlibat, secara kontinu mulai dari yang partai (soft) sampai dengan penuh (full) adalah sebagai berikut :

a. Koordinasi, integrasi, kedekatan dan pelibatan 

b. Koordinasi, kedekatan dan pelibatan, integrasi

c. Integrasi, kedekatan dan pelibatan, koordinasi

d. Kedekatan dan pelibatan, koordinasi, integrasi

Jawaban : a


44. Kategori tingkat adaptasi negara-negara dalam mendukung WoG melalui penerapan teknologi informasi dapat dilihat dari ketersediaan hal-hal berikut ini, kecuali :

a. Chief information officer (CIO)

b. Interoperabilitas sektor publik

c. Integrasi pelayanan online

d. Portal masing-masing daerah

Jawaban : d


45. Manakah yang tidak termasuk barang publik?

a. Jalan tol

b. Fasilitas bandara

c. Jalan raya

d. Udara bersih

Jawaban : d


46. Berikut adalah karakteristik dari barang/jasa publik yang murni, kecuali :

a. Free rider problem

b. Non-rivalry

c. Cara konsumsi yang non kolektif

d. Non excludable

Jawaban : c


47. Pada paradigma apakah yang sudah mulai memunculkan peran swasta dalam menyediakan pelayanan Public?

a. Old Public administration

b. New Public administration

c. New Public management

d. Governance

Jawaban : c


48. Apakah yang dimaksud dengan barang/jasa publik :

a. Barang/jasa yang memiliki rivalitas yang rendah

b. Barang/jasa yang memiliki rivalitas yang tinggi

c. Barang/jasa yang memiliki ekskludabilitas yang tinggi

d. Barang/jasa yang memiliki rivalitas dan ekskludabilitas yang tinggi

Jawaban : a


49. Manakah yang merupakan ciri-ciri dari pelayanan privat :

a. Sifatnya barang publik atau semua publik dan memiliki eksternalitas

b. Merupakan tanggung jawab

c. Lembaga penyelenggaranya adalah instansi pemerintah dan non-pemerintah

d. Sumber pembiayaannya adalah kekayaan negara yang dipisahkan, hasil penjualan dan user free

Jawaban : d


50. Berikut adalah ciri-ciri sektor  nonprofit, kecuali :

a. Bertanggungjawab kepada elektorat dan proses politik

b. Tradisi kontrol manajemennya ketat

c. Ada batasan yang lebih besar dalam tujuan dan strategi yang mereka susun

d. Sektor ini lebih tergantung  kepada client untuk mendapatkan sumber daya finansial ya

Jawaban : d


51. ASN sebagai profesi berlandaskan prinsip sebagai berikut, kecuali

a. Nilai Dasar

b. Komitmen, integritas, moral dan tanggung jawab pada pelayanan publik

c. Sistem Komando

d. Profesionalitas Jabatan

Jawaban : c


52. Amanah seorang PNS adalah menjamin terwujudnya nilai-nilai publik , Nilai publik tersebut adalah kecuali

a. Memiliki pemahaman dan kesadaran untuk menghindari dan mencegah keterlibatan PNS dalam politik praktis

b. Mengikuti seluruh arahan pimpinan dalam menjalankan tugas tanpa memperhatikan ketentuan dan nilai-nilai yang berlaku dalam organisasi

c. Mampu mengambil pilihan yang tepat dan benar ketika terjadi konflik kepentingan antara kepentingan publik dan kepentingan sektor kelompok dan pribadi

d. Memperlakukan warga negara secara sama dan adil dalam penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan publik

Jawaban : b


53. Akuntabilitas memiliki 3 fungsi utama sebagai berikut, kecuali

a. Untuk menyediakan kontrol demokratis

b. Untuk mencegah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan

c. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas

d. Untuk memenuhi kewajiban instansi

Jawaban : d


54. Tingkatan akuntabilitas yang mengacu pada pelaporan kinerja individu terhadap organisasi atau institusi maupun kinerja organisasi kepada stakeholder lainnya merupakan tingkatan pada :

a. Akuntabilitas personal

b. Akuntabilitas kelompok

c. Akuntabilitas stakeholder

d. Akuntabilitas organisasi

Jawaban : d


55. Akuntabilitas sebagai pertanggungjawaban kepada masyarakat luas merupakan jenis akuntabilitas:

a. Akuntabilitas diagonal

b. Akuntabilitas horizontal

c. Akuntabilitas vertikal

d. Akuntabilitas majemuk

Jawaban : b


56. Pemerintah sudah memulai program pengadaan barang dan jasa dengan mekanisme secara elektronik dengan tujuan memudahkan prosedur dan meminimalisir kasus KKN, hal ini merupakan contoh dimensi akuntabilitas :

a. Akuntabilitas kejujuran dan hukum

b. Akuntabilitas proses

c. Akuntabilitas kepercayaan

d. Akuntabilitas program

Jawaban : b


57. Pelopor pergerakan kaum pertama wanita di Indonesia adalah

a. Dewi Sartika

b. Kristina Marthatiahahu

c. Cut Nyak Dien

d. R.A Kartini

Jawaban : d


58. Salah satu faktor yang dapat menyatukan dan mengikat organisasi-organisasi pergerakan nasional adalah

a. Waktu berdirinya yang hampir bersamaan

b. Adanya kesadaran tentang arti pentingnya berpolitik

c. Adanya tujuan yang sama yaitu ingin mencapai kemerdekaan

d. Adanya diskriminasi yang dilakukan oleh Belanda

Jawaban : c


59. Sejarah awal kebangkitan nasionalisme di Indonesia ditandai dengan berdirinya :

a. Serikat Islam

b. Budi Utomo

c. Taman Siswa

d. Indische Partai

Jawaban : b


60. Pertamakali diperdengarkan atau dinyanyikan lagu Indonesia Raya didepan umum waktu peristiwa:

a. Proklamasi Kemerdekaan

b. Peristiwa Rengasdengklok

c. Sumpah Pemuda

d. Peresmian BPUPKI

Jawaban : a


61. Paham liberalisme dikawasan Eropa menimbulkan paham kapitalisme, imperialisme, dan kolonialisme, akan tetapi dipihak lain menimbulkan :

a. Sosialisme

b. Idealisme

c. Nasionalisme

d. Komunisme

Jawaban : a


62. Nasionalisme merupakan hasil perpaduan beberapa faktor antara lain adalah faktor politik, ekonomi, sosial dan faktor intelektual dalam suatu taraf sejarah. Hal tersebut merupakan pendapat dari

a. Sun Yat Sen

b. Louis Sneyder

c. Hans Khon

d. Otto Bauer

Jawaban : b


63. Yang tidak termasuk nilai-nilai dasar anti korupsi adalah

a. Jujur

b. Peduli

c. Simpati

d. Mandiri

Jawaban : c


64. Ada banyak faktor penyebab terjadinya korupsi antara lain, kecuali :

a. Administrasi/sistem

b. Perilaku SDM

c. Pribadi PNS yang berintegritas

d. Kultur Masyarakat

Jawaban : c


65. Dalam UU No. 31 Tahun 1999 Jo UU No. 21 Tahun 2001 djelaskan bentuk-bentuk/jenis korupsi, seseorang yang menerima hadiah karena jabatannya dikategorikan sebagai :

a. Kerugian keuangan negara

b. Penyuapan

c. Gratifikasi

d. Perbuatan curang

Jawaban : c


66. Dengan menyadari sepenuh hati dampak korupsi, seseorang diharapkan :

a. Memahami arti pentingnya korupsi bagi kelanjutan semua bangsa

b. Menghindarkan diri dari perilaku dan tindak pidana korupsi karena akan berakibat kehancuran

c. Mengurangi tingkat korupsi pada suatu organisasi

d. Membantu sistem korupsi

Jawaban : b


67. Harga-harga infrastruktur akan jauh lebih tinggi. Inilah salah satu dampak dari korupsi. Hal ini dikemukakan oleh 

a. Depken and Lafountain

b. Golden and Picci

c. Gupta, Davvoddi, and Alonso-Terme

d. Paulo Mauro

Jawaban : b


68. Terkait dengan identifikasi dan penyelarasan nilai-nilai anti korupsi, manakah yang tidak tepat :

a. Menentukan skala prioritas atau mendapatkan nilai-nilai anti korupsi yang paling inti akan memudahkan untuk implementasinya

b. Jika nilai-nilai inti telah dilaksanakan maka nilai-nilai anti korupsi akan sekaligus telah dilaksanakan pula 

c. Nilai-nilai dasar anti korupsi tidak dapat digabung-gabungkan karena akan menghilangkan kesempurnaan pelaksanaannya 

d. Memutuskan 3 nilai dasar anti korupsi yang paling signifikan akan membuat proses internalisasinya lebih terfokus 

Jawaban : c


69. "Public servants muat be both moral philosophers and moral activists, which would require : first, an understanding of, and believe in, regime values, and second, a sens of extensive benevolence for the people of the nation". Pernyataan tersebut merupakan terkait ASN sebagai pelayan publik dari :

a. Fredickson and Hart

b. Ricocur

c. Immanuel Khant

d. Collins Cobuild

Jawaban : a


70. Paham idealisme etik mengatakan bahwa :

a. Pada dasarnya setiap manusia adalah baik namun suka hal-hal yang tidak baik

b. Pada dasarnya setiap manusia adalah tidak baik namun suka hal-hal yang baik

c. Pada dasarnya setiap manusia adalah tidak baik suka hal-hal yang tidak baik

d. Pada dasarnya setiap manusia adalah baik dan dan suka hal-hal yang baik.

Jawaban : d


71. Berikut merupakan contoh pelanggaran integritas dan etika publik dalam lingkungan kerja :

a. Menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat hari raya

b. Menitip tanda tangan kehadiran kepada rekan kerja

c. Menerima hadiah atau cedera mata saat melaksanakan tugas

d. Semua jawaban benar

Jawaban : d


72. Sisi dimensi reflektif dari  etika publik berfungsi sebagai :

a. Bantuan dalam menimbang pilihan sarana kebijakan publik dan alat evaluasi

b. Jembatan atas norma moral dan tindakan faktual

c. Layanan publik yang berkualitas dan relevan

d. Membentuk integritas pelayanan publik

Jawaban : a


73. Salah satu asas kode etik administrasi publik adalah hari nurani memegang peranan penting dalam memilih arah tindakan hal ini memiliki makna sebagai berikut kecuali :

a. Memerlukan kesadaran akan makna ganda moral dalam kehidupan 

b. Pengkajian tentang prioritas nilai

c. Tujuan yang baik tidak pernah membenarkan cara tak bermoral 

d. Fokus pada capaian hasil bukan pada proses

Jawaban : d


74. Selama ini instansi pemerintah mengusulkan formasi perekrutan PNS bukan semata-mata berdasarkan kebutuhan. Misalnya guru honorer itu orang dekat yang dimasukkan, hal ini berdampak kepada :

a. Kita kekurangan orang yang tidak dibutuhkan dan kelebihan orang yang dibutuhkan 

b. Kita kekurangan orang yang dibutuhkan dan kelebihan orang yang tidak dibutuhkan

c. Kita kelebihan orang yang dibutuhkan dan kekurangan orang yang tidak dibutuhkan

d. Kita kelebihan orang yang tidak dibutuhkan dan kekurangan orang yang tidak dibutuhkan 

Jawaban : b


75. Hal yang mencerminkan nilai keunggulan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya merupakan konsep dari :

a. Mutu

b. Kreativitas

c. Efisien

d. Inovatif

Jawaban : a


76. Kegiatan perbaikan berkelanjutan yang melibatkan setiap orang dalam organisasi melalui usaha yang terintegrasi disebut 

a. Total product management

b. Total improvement management

c. Total quality management

d. Total resources management

Jawaban : c


77. Mengembangkan rencana aksi dalam metode PDCA merupakan langkah :

a. Plan (Perencanaan)

b. Do (Melaksanakan)

c. Check (Pemeriksaan)

d. Act (Melakukan tindakan)

Jawaban : a


78. Berdasarkan undang-undang ASN, kode etik, dan kode perilaku ASN yaitu sebagai berikut kecuali

a. Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang meskipun bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan 

b. Melaksanakan tugasnya dengan jujur, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi 

c. Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

d. Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin

Jawaban : a


79. Manakah dari pernyataan berikut yang bukan merupakan karakteristik nilai dasar orientasi mutu :

a. Mengedepankan komitmen terhadap kepuasan customer/klien

b. Beradaptasi dengan perubahan yang terjadi baik berkaitan dengan pergeseran tuntutan kebutuhan customer/klien maupun perkembangan teknologi

c. Menggunakan pendekatan ilmiah dan inovatif dalam pemecahan masalah dalam pengambilan keputusan

d. Melakukan peningkatan jumlah produksi layanan secara terus-menerus 

Jawaban : d


80. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk terus memperbaiki mutu layanan dari aparatur penyelenggara pemerintah (Pegawai ASN) kepada publik, antara lain kecuali

a. Memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang pekerjaannya 

b. Merencanakan target mutu layanan yang akan ditampilkan

c. Memahami karakter pelanggan yang akan dilayani

d. Mengutamakan produktivitas kinerja 

Jawaban : d


81. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah...

A. Masyarakat sebagai wajib pajak

B. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

C. Masyarakat sebagai elemen adanya negara

D. Masyarakat sebagai penerima layanan

Jawaban: D


82. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat ... Dan berakhir pada saat ...

A. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen pulang

B. Dimulai saat konsumen menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani

C. Dimulai saat konsumen memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan

D. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan

Jawaban: D


83. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan dicontohkan dengan?

A. Mampu, akan, dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan

B. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya

C. Siap sedia 24 jam kapanpun dan dimanapun dibutuhkan oleh masyarakat

D. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore

Jawaban: A


84. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Layanan Publik menyebutkan 12 Asas Pelayanan Publi kecuali..

A. Kompetitif

B. Kesamaan hak

C. Keseimbangan hak dan kewajiban

D. Kepastian hukum

Jawaban: A


85. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah ...

A. Akuntabilitas adalah kewajiban mutlak

B. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel

C. Akuntabilitas adalah reaksi pertukaran sosial dua arah antara yang menuntut dan yang bertanggung jawab.

D. Akuntabilitas adalah akumulasi

Jawaban: C


86. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah :

A. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder

B. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder

C. Personal, individu, kelompok, organisasi, negara, stakeholder

D. Personal, individu, kelompok, pimpinan kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder

Jawaban: B


87. Pilihlah pernyataan yang paling tepat

A. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran integritas dan etika

B. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya

C. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal

D. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok

Jawaban: A


88. Sesuai Permenpan RB Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu :

A. Teknis, kepemimpinan dan sosial kultural

B. Tugas, manajerial dan sosial kultural

C. Di teknis, manajerial dan sosial kultural

D. Teknis, leadership dan sosial kultural

Jawaban: C


89. Pernyataan dibawah ini yang menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk meningkatkan kompetensi diri yang relevan/tepat

A. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan untuk jabatan strategis di lingkungan ASN

B. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN

C. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah dipertemukan jika disyaratkan dalam tugas jabatannya

D. Semua salah

Jawaban: B


90. Upaya untuk melakukan kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai dibawah ini

A. Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan

B. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan

C. Melakukan adaptasi terhadap orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

D. Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan

Jawaban: C


91. Berikut ini termasuk Kode Etik dan nilai dasar Ber-AKHLAK, kecuali..

A. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

B. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi

C. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan

D. Loyal kepada atasan

Jawaban: D


92. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN Berakhlak?

A. kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien

B. kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cekatan, disiplin dan integritas tinggi

C. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi

D. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam

Jawaban: A


93. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan ?

A. Menjaga nama baik sesama ASN, Pimpinan,Instansi dan Negara

B. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

C. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

D. Melakukan perubahan tiada henti

Jawaban: D


94. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?

A. Pelaksana kebijakan publik

B. Pelayan Publik

C. Pengawas kegiatan publik

D. Perekat dan pemersatu bangsa

Jawaban: C


95. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip...

A. Akuntabel

B. Berkeadilan

C. Aksesibel

D. Efektif

Jawaban: A


96. Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas system dynamic governance berikut, kecuali:

a. Thingking across

b. Thinking ahead

c. Thinking along

d. Thinking again

Jawaban: A


97. Mana di antara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik nilai berorientasi pelayanan?

a. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi dan Negara

b. Melakukan perubahan tiada henti

c. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

d. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

Jawaban: B


98. Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai:

a. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

b. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk Negara

c. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

d. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk Negara

Jawaban: D


99. Kriteria pengukuran implementasi dari Total Quality Management adalah berikut ini, kecuali:

a. Penerapan secara menyeluruh

b. Desentralisasi yang memberikan wewenang di semua tingkat

c. Kualitas produk barang dan jasa

d. Kesadaran dan orientasi mutu

Jawaban: C


100. Menurut kriteria yang ditetapkan PBB, terdapat sejumlah prinsip kunci dan strategi untuk inovasi dalam tubuh pemerintahan, kecuali:

a. Memanfaatkan kemitraan

b. Mengitegrasikan layanan

c. Desentralisasi pelayanan

d. Mengoptimalkan sumberdaya

Jawaban: D


Demikianlah artikel mengenai latihan 100 Contoh Soal MOOC PPPK dan Kunci Jawaban, semoga berguna dan bermanfaat dan sukses terus menyertai pembaca.(***)


Tag:

soal mooc pppk,

contoh soal mooc pppk,

contoh soal mooc pppk pdf,

download soal mooc pppk 2023 pdf,

jurnal mooc pppk,

sertifikat mooc pppk,

latihan soal mooc pppk, 

soal mooc pppk 2023,

soal mooc pppk 2023 dan kunci jawaban,

soal dan kunci jawaban mooc pppk 2023 pdf,

download soal evaluasi akademik mooc pppk 2023,