TERBARU! Contoh Soal Tes PPPK 2023 dan Kunci Jawaban

soal pppk,  soal tes pppk,  contoh soal tes pppk 2023,  soal pppk 2023 pdf,  download soal pppk 2023,  bocoran soal pppk teknis 2023,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  soal pppk guru 2023,  soal tes pppk 2023 tenaga teknis,  soal pppk kesehatan 2023,  soal pppk teknis pdf,  soal tes pppk 2023 guru,  soal pppk kesehatan 2023,  soal pppk guru sd 2023,
Contoh Soal Tes PPPK 2023 dan Kunci Jawaban

SOAL TES PPPK - Halo sahabat PPPK, mungkin tinggal menghitung hari pembukaan pendaftaran PPPK 2023 segera dibuka, mari berlatih berbagai Contoh Soal Tes PPPK sebagai persiapan nanti?

Adapun sejumlah instansi-instansi yang membuka lowongan PPPK 2023, sudah menyiapkan berbagai tahapan seleksi dalam pengadaan CASN ini. 

Nah, bagi yang berminat mengikuti seleksi PPPK 2023 tahun ini, supaya hasilnya sesuai yang diharapkan, maka bisa mengerjakan/belajar berbagai macam soal-soal tes kompetensi.

Sejumlah Contoh Soal-Soal PPPK 2023 ini merupakan salah satu persiapan menuju keberhasilan dalam mengikuti pppk nantinya. Berikut Contoh Soal Tes Seleksi PPPK 2023 dan kunci jawaban dibawah ini.


SOAL TES PPPK 2023

1. Guru profesional dituntut memahami karakteristik peserta didiknya agar dapat mencapai hasil yang optimal. Hal ini merupakan implementasi dari:

a. Kompetensi Kepribadian

b. Kompetensi Profesinal

c. Kompetensi Pardagogik

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Akademik

Jawaban: C 


2. Perhatikan pernyataan berikut :

(1) Faktor –faktor situasi yang tidak kondusif yang dialami siswa

(2) Kapasitas belajar (tingkat kecerdasan ) umum terbatas/rendah

(3) Kapasitas belajar (bakat) khusus tak sesuai dalam bidang tertentu.

(4) Populasi siswa di dalam kelas terlalu besar.

Pernyataan di atas yang merupakan faktor penyebab kesulitan belajar yang bersumber dari dalam diri siswa adalah pernyataan....

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 4 dan 2

Jawaban: C


3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1. Hindari saran dan pernyataan negatif yang dapat melemahkan semangat belajar siswa.

2. Ciptakan situasi kompetitif antar sesama siswa secara sehat.

3. Jatuhkan hukuman dan sanksi yang berat atas kelalaian dan ketidaktaatan siswa yang melanggar.

4. Berikan penghargaan yang tulus terhadap peringkat kelas.

Dari pernyataan tersebut di atas yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yang memiliki motivasi dan minat belajar rendah, adalah pernyataan :

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

e. 1 dan 4

Jawaban: A


4. Manakah diantara pernyataan berikut yang TIDAK SESUAI dengan model konstruktivis dalam mengajar?

a. Menyiapkan benda-benda nyata untuk dimanfaatkan siswa belajar.

b. Mengajarkan siswa untuk saling berinteraksi.

c. Membiasakan siswa berpikir dengan cara mereka sendiri.

d. Memberi tugas siswa untuk menghafal konsep tertentu.

e. Menjelaskan suatu konsep secara detail.

Jawaban: D


5. Pada setiap awal tahun pelajaran setiap guru membuat peta Kompetensi Dasar untuk menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran.Dalam menentukan ketuntasan minimal setiap KD harus memperhatikan Intake Siswa.

Pernyataan berikut yang BUKAN faktor utama untuk menentukan Intake siswa adalah .......

a. Data hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru.

b. Nilai rapor kelas sebelumnya.

c. Tes seleksi masuk atau hasil tes psikologis.

d. Nilai ujian Nasional bagi jenjang SMP.

e. Data pengelompokan sosial ekonomi orang tua

Jawaban: E


6. Besaran-besaran berikut yang termasuk besaran pokok yaitu ....

a. Panjang, kuat penerangan, suhu

b. Panjang, energi, waktu

c. Massa, jumlah zat, kuat arus listrik

d. Massa, luas, jumlah zat

e. Berat, waktu, suhu

Jawaban: C


7. Proses berfikir untuk memecahkan masalah secara sistematis, empiris, dan terkontrol disebut....

a. metode berfikir

b. metode ilmiah

c. ilmu sains

d. metode empiris

e. konsep fisika

Jawaban: B


8. Kecepatan sebuah benda yang bergerak selaras sederhana adalah ....

a. terbesar pada saat simpangan terbesar

b. tetap besarnya

c. terbesar pada saat simpangan terkecil

d. tidak tergantung pada frekuensi getaran

e. tidak tergantung pada periode getaran

Jawaban: C


9. Sebuah benda yang diikat dengan seutas benang hanya dapat berayun dengan simpangan kecil. Supaya periode ayunanya bertambah besar, maka ....

(1) ayunannya diberi simpangan awal yang lebih besar

(2) massa bendanya ditambah

(3) ayunan diberi kecepatan awal

(4) benang penggantungnya di perpanjang

Pilihan yang benar adalah ....

a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (1), (2) dan (3)

e. (1), (2), (3) dan (4)

Jawaban: C


10. Pada tumbukan lenting sempurna berlaku hukum kekekalan ....

a. Momentum dan energi kinetik

b. Momentum dan energi potensial

c. Energi kinetik

d. Energi potensial

e. Momentum

Jawaban: A


11. Jika sebuah benda di permukaan bumi dipindahkan ke planet Mars, maka yang tidak mengalami perubahan adalah ....

a. Berat benda

b. Massa benda

c. Massa dan berat benda

d. Potensi grafitasi pada benda

e. Energi potensial

Jawaban: B


12. Bila resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol, maka pernyataan berikut yang benar adalah ....

a. Kecepatan selalu tetap meski waktunya berubah-ubah

b. Percepatannya selalu tetap meski waktunya berubah-ubah

c. Kecepatannya selalu berubah-ubah meski waktunya tetap

d. Percepatannya selalu berubah-ubah meski waktunya tetap

e. Percepatannya selalu tetap meski kecepatannya berubah-ubah

Jawaban: A


13. Perhatikan fungsi hutan berikut.

(1) Menyerap air

(2) Menghasilkan oksigen

(3) Menangkap polutan udara

(4) Menyerap karbondioksida

Fungsi hutan yang dapat mengurangi dampak pemanasan global ditunjukkan oleh nomor ....

a. 1, 2 dan 3

b. 1 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 4

Jawaban: C


14. Gas rumah kaca yang dihasilkan dari kegiatan pembusukan sampah organik adalah ....

a. Uap air

b. Metana

c. Karbondioksida

d. Sulfur oksida

e. Nitrogen oksida

Jawaban : C


15. Dalam pendingin AC dan kulkas terdapat senyawa yang merupakan polutan di udara. Jika senyawa itu terlepas di udara maka dapat mengakibatkan ....

a. Emisi karbon

b. Hujan asam

c. Pemanasan global

d. Efek rumah kaca

e. Menipisnya ozon

Jawaban: E


16. Sebuah gelombang tranversal mempunyai periode 4 sekon. Jika jarak antara dua buah titik berurutan yang sama fasenya 8 cm, besarnya cepat rambat gelombang adalah ....

a. 1 cm/s

b. 2 cm/s

c. 3 cm/s

d. 4 cm/s

e. 5 cm/s

Jawaban: B


17. Pak Dedi menemukan kasus kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya ternyata disebabkan cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah....

a. Berikan kesempatan kepada siswa bersangkutan untuk mendikusikan aspirasinya secara rasional.

b. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar

c. Ciptakan iklim sosial yang sehat antar guru dengan siswa di dalam kelas.

d. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.

e. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.

Jawaban: B


18. Agar peserta didik dapat mengembangkan potensi sesuai bakat dan minat, maka sekolah dalam memfasilitasi pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut harus memiliki fungsi ....

a. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif dan religius.

b. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi

c. Penyaluran, pengembangan, edukatif, rekreatif-kreatif, prestasi dan ekonomis.

d. Prestasi, rekreatif –kreatif, edukatif, dan produktif.

e. Prestasi, pengembangan, edukatif, dan ekonomis.

Jawaban: B


19. Agar potensi peserta didik dapat berkembang secara optimal, maka dalam kegiatan pengembangan diri dapat difasilitasi melalui Bimbingan Konseling dan Kegiatan Ekstrakurikuler.

Dalam KTSP kegiatan pengembangan diri yang diampu melalui Bimbingan Konseling meliputi 4 hal ialah :

a. Layanan pribadi, sosial, belajar dan intelegensi.

b. Layanan pribadi, sosial, karir dan intelegensi.

c. Layanan pribadi, sosial, karir dan belajar

d. Layanan pribadi, sosial, intelegensi dan belajar.

e. Layanan sosial, karir,intelegensi dan belajar.

Jawaban: C



20. Salah satu kegiatan guru untuk mengetahui tingkatan penguasaan kompetensi prasyarat peserta didik adalah .....

a. Melatih siswa mengerjakan soal ujian nasional.

b. Mengidentifikasi siswa yang mampu berbahasa Inggris.

c. Melakukan kegiatan pre test

d. Melakukan post test.

e. Melakukan ulangan harian dadakan atau spontanitas.

Jawaban: C


21. Pembelajaran bermakna memerlukan usaha yang sungguh-sungguh dari siswa untuk menghubungkan konsep baru dengan konsep relevan yang telah dimiliki sebelumnya. Usaha guru untuk mengetahui konsep awal yang dimiliki siswa adalah dengan . . .

a. siklus belajar

b. peta konsep

c. pembelajaran konsep

d. struktur kognitif

e. pemrosesan informasI

Jawaban: B


22. Dalam mengembangkan indikator hendaknya :

a. Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi

b. Adanya keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

c. Adanya keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

d. Sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi

e. Memperhatikan rujukan, objek, dan/atau alat/bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Jawaban : D


23. Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja.

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban: B


24. Dalam menentukan materi pokok (lesson content) hendaknya mencakup sebagai berikut :

a. Berisikan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap atau fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang harus dipelajari siswa dalam rangka menguasi standar kompetensi dan kompetensi dasar.

b. Berisi garis besar model, pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang digunakan yang memungkinkan siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran, termotivasi, menaruh minat, tertantang untuk menemukan sendiri pengetahuan, pengalaman, dan ketrampilan yang harus dikuasai.

c. Berisi bagaimana proses dan hasil belajar akan dievaluasi atau dinilai.

d. Berisi alokasi waktu yang diperlukan untuk mempelajari setiap standar kompetensi.

e. Berisi bahan rujukan (literature) dan sumber belajar lainnya.

Jawaban: A


25. Dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar hendaknya mempertimbangkan berikut ini, KECUALI

a. Potensi peserta didik;

b. Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik ;

c. Kebermanfaatan bagi pendidik/guru;

d. Aktualitas, kedalaman dan keluasan materi pembelajaran;

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, khususnya dunia kerja;

Jawaban: C


26. Dalam mengembangkan penilaian hendaknya memperhatikan prinsip berikut ini, KECUALI ..

a. Memandang penilaian dan kegiatan pembelajaran secara terpadu, sehingga penilaian berjalan bersama dengan proses pembelajaran

b. Mengembangkan tugas penilaian yang bermakna, terkait langsung dengan kehidpan nyata

c. Mengembangkan berbagai strategi yg mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri

d. melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pembelelajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar

e. Melakukan penilaian kelas secara acak terhadap SK dan KD

Jawaban: E


27. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle), membuat model (model building), mengevaluasi (evaluating) , merencanakan (planning), memperhitungkan / meramalkan kemungkinan (extrapolating), meramalkan (predicting), menduga / mengemukan pendapat / mengambil kesimpulan (inferring) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi 

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban: C


28. Merumuskan tujuan pembelajaran dilakukan

a. Setelah menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun

b. Setelah mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus.

c. Setelah menentukan metode pembela-jaran yang akan digunakan

d. Setelah merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.

e. Setelah menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan

Jawaban: A


29. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung-jawab.

Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni 

b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

c. Menyeluruh dan berkesinambungan 

d. Beragam dan terpadu

e. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya

Jawaban: E


30.. Dalam menentukan tujuan khusus pembelajaran hendaknya memperhatikan berikut ini, KECUALI:

a. Tujuan khusus pembelajaran (objective) yang relevan dengan standar kompetensi/kompetensi dasar.

b. Tujuan khusus pembelajaran berisikan perumusan tentang pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran( learner oriented).

c. Tujuan khusus pembelajaran bisa menyangkut aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

d. Dalam merumuskan tujuan khusus pembelajaran perlu digunakan kata-kata yang operasional yaitu kata-kata yang teramati dan terukur (observable and measurable).

e. Menentukan rincian materi (fakta, konsep, prinsip, prosedur) yang relevan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran.

Jawaban: D


31. Mengsintesisikan (synthesize), mengelompokkan (group), menjelaskan (explain), mengorganisasikan (organize), meneliti /melakukan eksperimen (experiment), membuat analog (make analogies), mengurutkan (sequence) temasuk Klasifikasi Kata Kerja Operasional Sesuai dengan Tingkat Berpikir

a. Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)

b. Memproses (processing):

c. Menerapkan dan Mengevaluasi 

d. Perilaku yang Kreatif

e. Perilaku-perilaku Kompleks, Masuk Akal, dan bisa mengambil /pertimbangan /keputusan (complex, logical, judgmental behaviors)

Jawaban: B


32. Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ....

a. mengumpulkan hasil karya siswa

b. meningkatkan rasa saling percaya

c. mengetahui peningkatan kemampuan siswa

d. menilai hasil belajar siswa

e. semua jawaban benar

Jawaban: C


33. Dalam suatu laporan atau artikel hasil penelitian, kontribusi penelitian dapat dilihat dibagian ....

a. pendahuluan

b. metode

c. hasil

d. diskusi

e. semua jawaban benar

Jawaban: D


34. Lima belas menit merupakan .... bagian dari satu jam.

a. 1/2

b. 1/15

c. 1/4

d. 1/60

Jawaban: C


35. Perhatikan hubungan antara makhluk hidup di bawah ini!

(1) Interaksi antara kupu-kupu dengan bunga

(2) Ikan remora dengan ikan hiu

(3) Burung jalak dengan kerbau

(4) Benalu pada tumbuhan inangnya

Hubungan yang menunjukkan simbiosis mutualisme adalah ....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 2 dan 4

d. 3 dan 4

e. 1 dan 3

Jawaban: E


Demikian postingan mengenai kumpulan Contoh Soal Tes PPPK 2023 dan kunci jawaban semoga berguna dan bermanfaat. Salam Sukses***


Tag:

soal pppk,

soal tes pppk,

contoh soal tes pppk 2023,

soal pppk 2023 pdf,

download soal pppk 2023,

bocoran soal pppk teknis 2023,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

soal pppk guru 2023,

soal tes pppk 2023 tenaga teknis,

soal pppk kesehatan 2023,

soal pppk teknis pdf,

soal tes pppk 2023 guru,

soal pppk kesehatan 2023,

soal pppk guru sd 2023,