Contoh Soal Uji Kompetensi Teknis PPPK 2023

soal pppk,  latihan soal tes pppk,  soal kompetensi teknis pdf,  materi kompetensi teknis pppk,  bocoran soal pppk teknis 2023,  soal pppk kompetensi teknis non guru,  soal pppk teknis 2023 pdf,  kumpulan soal p3k dan jawabannya,  contoh soal kompetensi teknis,  contoh soal pppk guru,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  soal kompetensi teknis pppk,  soal kompetensi teknis non guru pdf,  soal kompetensi manajerial pdf,  download soal kompetensi teknis guru sd,  materi kompetensi teknis guru pdf,
soal pppk kompetensi teknis pdf

Soal PPPK Teknis 2023 pdf - Para pelamar Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis 2023 perlu mengikuti serangkaian tes kompetensi dalam proses rekrutmen. Yang mana salah satunya tes kompetensi teknis.

Berikut dalam postingan kali ini, terdapat beberapa kumpulan contoh soal PPPK Teknis 2023 pdf, sebagai gambaran sebelum mengikuti tes tersebut, guna untuk menambah pengetahuan serta wawasan kalian nantinya.


Apa Itu PPPK Teknis?

PPPK Teknis adalah pegawai pemerintah atau Aparatur Sipil Negara/ASN untuk jabatan di lingkup fungsional tenaga teknis, mulai dari jabatan pemula, terampil sampai ahli pertama.

Tes kompetensi teknis PPPK ini digunakan menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan, dalam hal ini untuk jabatan fungsional guru.

Dengan demikian, bagi calon pelamar PPPK Teknis perlu memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar.

Kemudian calon pelamar, perlu juga memenuhi syarat khusus lain sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh masing-masing instansi. Tak ketinggalan pula, harus memenuhi sejumlah syarat umum terkait administrasi.

Calon pelamar juga perlu mengikuti tes kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural, dengan keseluruhan rangkaian tes tersebut, dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test/CAT ber-durasi 120 menit.

Kalian perlu tahu untuk tes kompetensi teknis ini, berisi soal-soal yang menguji penguasaan pelamar terhadap pengetahuan, keterampilan dan sikap atau perilaku yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan yang dilamar.

Soal PPPK teknis terdiri dari apa saja?

  • Seleksi Kompetensi Teknis: 90 soal.
  • Seleksi Kompetensi Manajerial: 25 soal.
  • Seleksi Kompetensi Sosial Kultural: 20 soal.
  • Wawancara: 10 butir soal.

Seperti tertera diatas, jumlah tes kompetensi teknis mencapai 90 butir soal atau yang paling banyak dari dua tes lainnya dengan bobot nilai untuk jawaban benar paling rendah satu, paling tinggi lima dan soal tidak terjawab bernilai nol untuk PPPK Teknis kebutuhan khusus.

Sedangkan bagi PPPK Teknis kebutuhan umum, bobot nilai jawaban benar adalah lima dan jawaban salah atau tidak terjawab bernilai nol. Total nilai kumulatif paling tinggi untuk tes kompetensi teknis adalah 450. Namun, ambang batas nilainya beragam sesuai jabatan masing-masing.


Contoh Soal PPPK Tenaga Teknis 2023

1. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendididikan di era globalisasi saat ini, dengan maksud agar.....

A. Terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia

B. Tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa luar

C. Adaptif dengan arus globalisasi saat ini

D. Nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa kita

Kunci Jawaban D


2. Pak Tino akan menjelaskan konsep perkalian sesuai dengan prisnsip -prinsip pembelajran yang mendidik kepada siswa dengan peragaan sebagai berikut:

(i) pak tino mengajak siswa mengamati lima ekor kucing yang ada dihalaman sekolah

(ii) banyak kepala seekor kucing ada 1 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 1

(iii) banyak kepala seekor kucing ada 2 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 2

(iv) banyak kepala seekor kucing ada 4 sehingga banyak kepala 5 ekor kucing adalah 5 x 4

peragaaan yang dilakukan oleh pak tino didalam pembelajaran matematika termaksud model pembelajaran...

A. Inquiry and discovery learning

B. Cotextual teaching and learning

C. Probleme based learning

D. Cooperative learning

Kunci Jawaban B


3. Menurut model pembelajaran kontekstual, komponen utama yang lengkap terdiri dari....

A. Inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi

B. Konstuktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik

C. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, penilaian autentik dan refleksi

D. Konstruktivisme, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan dan refleksi.

Kunci Jawaban B


4. Bu windi akan menjelaskan konsep operasi penjumlahan, pengurangan perkalian, dan pembagian tanpa sisa, pada bilangan cacah melibatkan bilangan ribuan, maka guru harus memilih alat peraga yang sesuai yaitu....

A. Block dienes

B. Kartu-kartu bilangan

C. Neraca bilangan

D. Batang cauisenaire

Kunci Jawaban A


5. Ibu putu merancang pembelajaran matematika tentang nilai tempat dengan langkah-langkah sebagai berikut ini.

(1) menyiapkan berbagai benda yang dapat diikat, misal: kacang panjang, lidi, karet, sedotan.

(2) menulis suatu bilangan “belasan”, misal: 13, di papan tulis;

(3) meminta siswa untuk mengambil suatu benda yang disediakan sebanyak 13;

(4) meminta siswa membilang banyak benda yang telah diambilnya, untuk mengetahui apakah sudah benar benda tersebut sebanyak 13;

(5) meminta siswa mengambil benda sebanyak 13, tetapi secara bertahap sesuai dengan angka yang dilingkari guru (guru melingkari satuan atau puluhan dulu kemudian melingkari puluhan atau satuan);

(6) meminta siswa untuk membilang banyak benda yang diambilnya, untuk mengetahui apakah benar benda tersebut sebanyak 13;

(7) jika banyak benda yang diambil tidak sama dengan 13, maka guru mengulang langkah

(5) dan (6).

(8) jika banyak benda yang diambil sama dengan 13, maka guru menanyakan ketika guru melingkari angka 1 berapa banyak benda yang diambil (jawaban yang diharapkan dari siswa adalah 10);

(9) menyimpulkan bahwa 1 pada 13 bernilai 10 dan dia menempati tempat puluhan. Pembelajaran yang dilakukan ibu putu di atas adalah pembelajaran dengan pendekatan ....

A. Rasionalisme

B. Behavioristik

C. Konstruktivisme

D. Naturalistik

E. Dualisme

Kunci Jawaban C


6. Berikut susunan RPP yang benar terdiri atas komponen....

A. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

B. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, metode/model, media, langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar

C. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi, tujuan,metode/model,media, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

D. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metod e/model, langkah langkah pembelajaran, evaluasi, sumber belajar

E. Identitas, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan, materi, media, metode/model, sumber belajar,langkah langkah pembelajaran, evaluasi

Kunci Jawaban A


7. Salah satu indicator pembelajaran adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indicator tersebut, Bu Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah....

a. Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan

b. Siswa mengumpulkan laporan percobaan

c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan

d. Siswa mengumpulkan laporan pengamatan

Kunci jawaban C


8. Dalam membuat silabus perlu memperhatikan berbagai hal salah satunya adalah dalam menyusun silabus di utamakan dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat. Hal ini sesuai dengan prinsip....

A. Relevan

B. Sistematis

C. Menyeluruh

D. Fleksibel

E. Aktual kontekstual

Kunci Jawaban D


9. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian yang di tuangkan dalam silabus harus cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar hal ini sejalan dengan prinsip...

A. Ilmiah

B. Relevan

C. Sistematis

D. Memadahi

E. Konsisten

Kunci Jawaban D


10. Dasar acuan penentuan sebaran alokasi waktu perminggu pada program semester adalah....

A. Rincian minggu efektif

B. Silabus pembelajaran

C. Program tahunan

D. KI dan KD

E. Rpp

Kunci Jawaban C


11. Berdasarkan hasil penilaian harian diperoleh data dari 32 siswa setelah di tes dengan 10 soal ternyata yang mampu menjawab 10 soal dengan benar ada 15 siswa. 7 siswa menjawab salah 3 soal. Dan 5 siswa berhasil mengerjakan dengan benar 6 soal. Sisanya menjawab benar 2 soal. Tentukan tindakan remidial seperti apa yang harus dilakukan pak burhan jika KKM 70 dan skor masing masing soal 10 ...

A. Memberi tugas kelompok untuk mengerjakan LKS

B. Tugas individu dan mengumpulkannya

C. Meminta siswa yang tuntas untuk menjadi tutor sebaya

D. Melakukan pembelajaran remidial berupa mengulang materi pada peserta remidi

E. Melanjutkan materi pelajaran

Kunci Jawaban A


12. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...

A. Beracuan kriteria dan menyeluruh

B. Beracuan kriteria dan sistematis

C. Akuntabel dan menyeluruh

D. Objektif dan menyeluruh

Kunci Jawaban A


13. Program remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan secara perorangan bila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda sehingga memerlukan bimbingan secara individual. Bimbingan yang diberikan disesuaikan dengan tingkat...

a. Kelemahan yang dialami oleh peserta didik

b. keberhasilan yang dialami oleh peserta didik

c. Keterbatasan yang dialami oleh peserta didik

d. Kesulitan yang dialami oleh peserta didik

e. Kesalahan

Kunci Jawaban D


14. Sekelompok peserta didik yang mempunyai minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah. Pemecahan masalah yang diberikan kepada peserta didik dapat diminta untuk menyelesaikan sebuah proyek atau penelitian ilmiah. Pernyataan diatas adalah pengertian pembelajaran pengayaan...

a. Belajar kelompok, belajar mandiri, belajar berbasis tema

b. Belajar kelompok, belajar berbasis tema

c. Belajar Kelompok

d. Belajar mandiri, pemadatan kurikulum

e. Belajar mandiri

Kunci Jawaban C


15. Dari hasil evaluasi tes formatif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen, Ibu Mery mendapat data ada siswa yang sudah mencapai/ melampaui KKM dan ada yang belum mencapai KKM, dari informasi/ data yang diperoleh derdasarkan tes hasil belajar tersebut kemudian di cari kelemahan dan kelebihannya. Ibu Mery kemudian meninjaklanjuti dalam bentuk program remedi dan pengayaan kepada para siswa. Ilustrasi tersebut menunjukan sebagai..

a. Prinsip evaluasi

b. Acuan evaluasi

c. Fungsi evaluasi

d. Syarat evaluasi

e. pendekatan evaluasi

Kunci Jawaban C


16. Setelah dilakukan tes praktek menulis doa, selanjutnya pak Thomas berencana melaksanakan tes tertulis sebagai program remedial, tes tertulis tersebut diberlakukan bagi para peserta didik yang belum mencapai KKM. Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan pak Thomas akan melakukan tes tertulis untuk mengukur obyek evaluasi pada ranah...

a. Afektif

b. Kognitif

c. Psikomotorik

d. Konasi

e. Behavior

Kunci Jawaban B


17. Pak Andri adalah guru mata pelajaran X. Keren adalah keponakan dari Pak Andri. Dari tes formatif yang diberikan kepada Keren didapat bahwa Keren tidak menjawab satu soalpun dengan benar. Dalam hal ini pak Andri harus bersikap obyektif dalam menilai. Ilustrasi tersebut merupakan gambaran dari...

a. Acuan penilaian

b. Prinsip evaluasi

c. Pendekatan penilaian

d. Fungsi evaluasi

e. Tujuan evaluasi

Kunci Jawaban B


18. Sebagai guru mata pelajaranX melakukan penilaian tidak hanya melakukan penilaian kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik yang berusaha mengungkap kondisi nyata atau keadaan sesungguhnya yang berkaitan dengan kemampuan peserta didik. Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa guru tersebut telah melakukan penilaian...

a. Autentik

b. Sumatif

c. Diagnostik

d. Formatif

e. Evaluatif

Kunci Jawaban A


19. Penilaian sikap pada pembelajaran yang berbasis HOTS tidaklah merupakan konsep penilaian sikap pada kurikulum 2013 , dalam penilaian sikap dikenal ada instrument dalam bentuk jurnal dan penilaian diri. Penilaian diri ialah penilaian terhadap kelebihan dan kekurangan diri peserta didik dalam kontes pencapaian kompetensi. Sedangkan jurnal ialah catatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan prilaku. Perbedaan penilaian diri dan jurnal dilihat dari fungsinya ialah....

a. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian antar teman, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh peserta didik tentang sikap dan prilakunya

b. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan prilaku peserta didik

c. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh pendidik tentang sikap dan prilaku peserta didik.

d. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap jurnal, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh temannya tentang sikap dan prilaku peserta didik.

e. Penilaian diri adalah penilaian yang berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap hasil wawancara, sedangkan jurnal adalah hasil pengamatan yang dilakukan oleh dirinya tentang sikap dan prilaku peserta didik.

Kunci Jawaban C


20. Pada saat menyususn tes hasil belajar langkah-langkah yang benar dalam penyusunan tes akhir belajar dapat diurutkan...

a. Tabel spesifikasi tes, mentelaah soal tes, menulis soal, analisis butir soal, uji coba, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes

b. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, analisis butir soal, mentelaah soal tes, uji coba, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes

c. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, mentelaah soal tes, analisis butir soal, perbaiki tes, merak it tes, uji coba, menafsirkan tes

d. Tabel spesifikasi tes merakit tes, menulis soal, mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes, menafsirkan tes

e. Tabel spesifikasi tes, menulis soal, mentelaah soal tes, uji coba, analisis butir soal, perbaiki tes, merakit tes, menafsirkan tes

Kunci Jawaban E


21. Berdasarkan dari langkah-langkah pelaksanaan program remedial terdapat langkah-langkah dalam bentuk menetapkan nilai yang diperoleh peserta didik setelah program remedial dilaksanakan, ada tiga penetapan yang dapat dipilih untuk digunakan yaitu...

a. Menggunakan nilai capaian tertinggi, nilai rerata, dan nilai capaian akhir

b. Menggunakan nilai rerata, nilai modus ( yang sering muncul) , nilai batas KKM

c. Menggunakan nilai tertinggi, batas KKM, nilai median

d. Menggunakan nilai batas KKM, nilai capaian tertinggi, nilai capaian akhir

e. Menggunakan nilai batas KKM, nilai rerata dan nilai capaian akhir151

Kunci Jawaban E


22. Treatment ( perlakuan ) dalam pelaksanaan pembelajaran pengayaan dapat dilakukan melalui beberapa metode antara lain yaitu dalam bentuk belajar mandiri dan belajar kelompok. Salah satu bentuk belajar mandiri merupakan kolaborasi dari program remedial dan pengayaan adalah...

a. Tugas proyek dan pemadatan kurikulum

b. Tugas proyek dan penelitian ilmiah

c. Tugas sebaya dan penelitian ilmiah

d. Tugas sebaya dan pemadatan kurikulum

e. Tutor sebaya dan pengembangan latihan

Kunci Jawaban A


23. Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok adalah ....

a. Penilaian proyek

b. Penilaian portofolio

c. Penilaian jurnal

d. Penilaian kinerja

e. Penilaian diri

Kunci Jawaban A


24. Suatu acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu proses belajar peserta didik secara optimal ....

a. Deskripsi mata pelajaran

b. Pengalaman belajar

c. Silabus mata pelajaran

d. Struktur pembelajaran

e. Kompetensi Dasar

Kunci jawaban C


25. Perhatikan berikut!

(1) Membuat soal

(2) Menyusun kisi-kisi

(3) Analisis silabus

(4) Membuat kunci jawaban

(5) Menyusun pedoman penskoran

(6) Menyusun lembar jawaban

Urutan langkah-langkah menyusun soal tes yang benar adalah....

a. 3, 2, 1, 6, 5, 4

b. 3, 2, 1, 6, 4, 5

c. 3, 2, 1, 5, 6, 4

d. 1, 2, 3, 4, 5, 6

e. 6, 5, 4, 3, 2, 1

Kunci Jawaban B


26. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ....

a. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan pendidikan

b. Menentukan aspek keterampilan atau nilai-nilai yang diintegrasikan

c. Menyusun rubrik pengamatan

d. Merumuskan indikator pencapaian aspek keterampilan

e. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan

Kunci Jawaban A


27. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut siswa diberikan kesempatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh melalui berbagai aktifitas. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem, maka hasil pengolahan data yang akan disajikan oleh siswa adalah ...

a. Tabel hubungan kelompok tumbuhan dan hewan

b. Tabel kelompok makhluk hidup sesuai dengan perannya di dalam ekosistem

c. Skema rantai makanan dan jaring makanan dalam suatu ekosistem

d. Gambar hubungan timbal balik antar makhluk hidup dalam ekosistem

Kunci Jawaban C


28. Bapak Roni adalah guru Mata pelajaran X. Hari itu ia mengajar bahasa Indonesia dengan fokus “Membaca”. Setelah melaksanakan kegiatan awal dengan baik, Pak Roni masuk ke inti pelajaran. Pak Roni mengingatkan agar siswa memperhatikan contoh cara memb aca teks “Bergotong royong” dengan suara jelas selama 2 menit. Siswa menyimak dengan seksama, tidak ada satu pun yang rebut. Setelah selesai Pak Roni menyuruh siswa satu persatu ke depan kelas untuk membaca.

Jenis membaca yang diajarkan Pak Roni adalah ....

a. Membaca pemahaman

b. membaca dalam hati

c. Membaca nyaring

d. membaca permulaan

Kunci Jawaban C


29. Untuk melaksanakan penilaian terhadap peserta didik dalam keterampilan proses IPA, nilainya bisa didapatkan dengan cara ...

a. Memperlihatkan gambar-gambar hewan yang ada di Indonesia

b. Menjelaskan materi IPA yang akan dipraktekan

c. Menunjukkan habitat laut dan habitat darat

d. Menugasi peserta didik melakukan praktikum IPA

Kunci Jawaban D


30. Pembelajaran kontektual dalam IPA pada siswa kelas I SD, khususnya pemodelan harus mengakomodasi karakteristik perkembangan peserta didik. Pemodelan yang sesuai untuk kegiatan mengidentifikasi bagian-bagian anggota tubuh adalah ...

a. Mengamati gambar tubuh manusia

b. Memperagakan tubuh diri sendiri

c. Memasangkan kartu kata dengan anggota tubuh

d. Tanya jawab nama bagian-bagian anggota tubuh

Kunci Jawaban B


31. Budi seorang anak berusia 7 tahun dan sedang belajar bahasa Indonesia. Ketika guru mengajarkan membaca permulaan, Budi mengikuti dan berusaha menguasai huruf-huruf yang dibacanya. Kegiatan yang dilakukan oleh Budi adalah ...

a. Mendengar

b. Melihat

c. Imitasi

d. Menghafal

Kunci Jawaban C


32. Pelaksanaan pendidikan nilai selain dapat melalui taksonomi Bloom dkk, dapat juga menggunakan jenjang afektif berupa ....

a. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), individualissai nilai (characterization).

b. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (transfering), karaterisasi nilai (characterization).

c. Penerimaan nilai (receiving), penaggapan nilai (responding), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).

d. Penerimaan nilai (receiving), penerapan nilai (emphaty), penghargaan nilai (valuing), pengorganisasi nilai (organization), karaterisasi nilai (characterization).

Kunci Jawaban C


33. Cerita atau kasus dapat dijadikan contoh dalam pembelajaran PKn. Media yang efektif dalam menyajikan cerita atau kasus adalah ....

a. Media audio

b. Media visual

c. Media gambar

d. media audiovisual

Kunci Jawaban D


34. Hasil penilaian dan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dapat dimanfaatkan sebagai....

a. Bahan penyusunan rancangan pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya

b. Penentuan ranking kelas

c. Bahan mengisi rapor siswa

d. Penentuan ranking sekolah

Kunci Jawaban A


35. Untuk memfasilitasi siswa menemukan pengetahuan tentang makanan sehat secara konkrit dan bermakna. Sesuai tahap perkembangan siswa

a. Mengamati power poin

b. Gambar makanan sehat

c. Kartu makanan

d. Mengamati berbagai makanan sehat

Kunci Jawaban D


36. Ali ketika diadakan ulangan akhir semestersecara diam-diam dia menyontek. Guru mengalami kesulitan mengatasi hal ini. Tindakan yang tepat dilakukan guru, kecuali

a. Membiasakan siswa berperilaku jujur

b. Guru menjelaskan pada siswa untuk bekerja sendiri

c. Menyontek merupakan perbuatan tidak baik dan harus dihindari

d. Memberikan peluang siswa menjelaskan mengapa dia menyontek

Kunci Jawaban D


37. Jika rumusan indicator “terampil mengkomunikasikan hasil kerja dalam bentuk laporan kegiatan,” maka aspek-aspek penilaian untuk menilai indicator tersebut adalah....

a. Sistematika laporan, isi laporan , data obyektif

b. Sistematis, komunikatif lancar, intonasi, dan ekspresif

c. Sistematika laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi

d. Sistematika, isi laporan, keberanian, intonasi, dan ekspresi serta onyektif

Kunci Jawaban C


38. Untuk membelajarkan kompetensi dasar “mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampua awal/prasarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan....

a. Membuat karangan diskriptif

b. Membaca kalimat sederhana

c. Melengkapi kalimat belum selesai

d. Menyusun kalimat sederhana

Kunci Jawaban D


39. Berdasarkan pendekatan saintifik, siswa melakukan eksperimen untuk menemukan hubungan volume tabung dengan volume kerucut dengan cara.....

a. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pada tabung sebanyak tiga kali.

b. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian kerucut diisi pasir dan diisikan pad a tabung sebanyak tiga kali

c. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang mempunyai alas dan tinggi sama, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

d. Memilih alat peraga tabungdan kerucut, kemudian tabung diisi pasir dan diisikan pada kerucut sebanyak tiga kali

Kunci Jawaban A


40. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah discovery learning. Salah satu langkah model tersebut adalah identifikasi masalah. Pada tahap tersebut, siswa diberikan kesempatan mengidentifikasikan sebanyak-banyaknya masalah yang relevan dengan bahan pelajaran. Untuk pembelajaran hubungan antar makhluk hidup dalam suatu ekosistem khususnya rantai makanan dan jaring-jaring makanan, maka kegiatan identifikasi masalah yang paling benar adalah.....

a. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah158

b. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis

c. Siswa berdiskusi tentang jawaban masalah

d. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan

Kunci Jawaban A


Demikian beberapa kumpulan contoh soal kompetensi teknis pdf yang bisa kalian jadikan pedoman dan bahan belajar, guna penambah wawasan serta pengetahuan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi GoogleNews.


Tag:

soal pppk,

latihan soal tes pppk,

soal kompetensi teknis pdf,

materi kompetensi teknis pppk,

bocoran soal pppk teknis 2023,

soal pppk kompetensi teknis non guru,

soal pppk teknis 2023 pdf,

kumpulan soal p3k dan jawabannya,

contoh soal kompetensi teknis,

contoh soal pppk guru,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

soal kompetensi teknis pppk,

soal kompetensi teknis non guru pdf,

soal kompetensi manajerial pdf,

download soal kompetensi teknis guru sd,

materi kompetensi teknis guru pdf,