Contoh Soal Uji Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023

soal pppk,   soal tes seleksi pppk,  soal pppk teknis pdf,  latihan soal pppk,  soal pppk teknis 2023 pdf,  download soal kompetensi teknis guru pdf,  contoh soal kompetensi teknis pppk guru pdf,  latihan soal kompetensi teknis pppk guru pdf,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  soal kompetensi manajerial pdf,  materi kompetensi teknis pppk,  materi kompetensi teknis guru,  soal kompetensi teknis non guru pdf,
soal pppk teknis 2023 pdf

Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru PDF - Apa kabar sahabat PPPK guru! Sudahkah kaalian melatih diri dengan latihan soal? Sudah sejauh mana persiapan kalian dalam mengikuti seleksi PPPK guru? 

Perlu diingat bahwa PPPK guru tidak hanya akan diikuti oleh guru honorer, namu pula calon guru yang sudah lulus Pendidikan Profesi Guru/PPG, barang tentu akan membuat persaingan semakin menjadi ketat. 

Dalam seleksi nanti akan ada soal tes kompetensi teknis guru, yang mana salah satu tes yang akan kalian hadapi. Pertanyaanya, apa sudah pernah tahu bentuk soalnya atau seperti apa? 

Jadi, simak postingan ini sampai tutas ! karena akan membahas beberapa contoh soal PPPK kompentensi teknis Guru sebagai bahan belajar, guna untuk menambah wawasan dan pengetahuan kalian saat tes seleksi.


Apa Itu Soal PPPK Kompetensi Teknis?

Perlu diketahui, Soal Soal PPPK kompetensi teknis guru yakni salah satu tes yang akan kalian lewati dalam seleksi PPPK guru nanti. Sebelum kita membahas latihan soal, sudahkah kalian tahu apa itu soal PPPK kompetensi teknis? 

Kompetensi teknis guru ialah ujian bagi guru untuk mengukur kompentensinya yang berkaitan dengan bidang studi dasar dan pedogogik yang menjadi ruang lingkup guru. Kompetensi pedogogik yang diujikan merupakan bentuk implementasi antara kompentensi pedogogik serta bidang studi guru di-dalam kelas.

Pada seleksi PPPK guru nanti, kalian akan mengerjakan soal kompetensi teknis sebanyak 100 soal dan diberikan waktu hanya 120 menit.


Contoh Soal Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023

Kabarnya pada seleksi tahun ini, soal PPPK kompetensi teknis akan mendominasi komposisi tes, dengan bobot kompetensi teknis sebanyak 60 persen dari nilai soal. 

Untuk pertanyaan dalam kompetensi teknis mencakup sejumlah soal mengenai pengetahuan guru tentang sistem ajar kepada siswa dan bagaimana penilaian yang harus kamu berikan sebagai guru terhadap kinerja dari para siswa.  

Mari simak beberapa Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru 2023 yang kami sajikan dibawah ini yang bisa kalian pelajari, supaya menambah wawasan dan pengetahuan dalam tes seleksi.


1. Salah satu indicator pembelajaran adalah menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indicator tersebut, Bu Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan megkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah....

a. Siswa melaporkan proses dan hasil pengamatan

b. Siswa mengumpulkan laporan percobaan

c. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan

d. Siswa mengumpulkan laporan pengamatan

Kunci jawaban C


2. Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang ...

a. Kewajiban guru sebatas dalam pemberian pengetahuan dan keterampilan pada peserta didik

b. Pendidikan yang cukup diberikan untuk mencerdaskan peserta didik

c. Pendidikan moralsebaiknya diberikan di keluarga masing-masing

d. Pentingnya pendidikan karakter ditanamkan dalam diri peserta didik sedini mungkin

Kunci Jawaban D


3. Dalam pengembangan pembelajaran, sebaiknya guru dapat memahami karakteristik anak Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD, yaitu....

a. Pengetahuan yang diperoleh diberikan secara abstrak.

b. Kemampuan berpikir secara kompleks.

c. Kemampuan berpikir secara parsial.

d. Cenderung bermain sambil belajar.

Kunci Jawaban D


4. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah ...

a. Relevansi bidang ilmu

b. Perintah kerja

c. Pemberian skor hasil belajar

d. Penilaian diri

Kunci Jawaban A


5. Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh hal-halsebagai berikut...

a. Tergantung pada sikap kritis siswa

b. Terlibatnya siswa secara langsung dalam proses pembelajaran

c. Terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakurikuler

d. Terlibat secara individual

Kunci Jawaban B


6. Modal pembalajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam pelajaran untuk mencapai pembelajaranyang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sebagai fasilitator. Salah satu tujuan tugas fasilitator adalah...

a. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan ketrampilan dalam berpikir taingkat tinggi dalam memecahkan masalah

b. Memfasilitasi peserta didik untuk aktif merumuskan dan memecahkan masalah secara mandiri baik pada kegiatan individu maupun kelompok sebagai proses membangun pengetahuan dan ketrampilan berfikir

c. Memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang hal-hal yang harus dilakukan serta memotivasi untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang mandiri

d. Menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah

Kunci Jawaban B


7. Dalam menggunakan media pembelajaran , maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan adalah ...

a. Jenjang Satuan pendidikan

b. Karakteristik siswa

c. Pembelajaran lebih menekankan pada pengalaman dan pembiasaan

d. Pengetahuan dan pengertian yang komplek darisiswa

Kunci Jawaban D


8. Guru menggunakan metode kontektual sebagai salah satu syarat agar pelajaran tertentu memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningfull berarti...

a. Bersifat logis dan berguna

b. Menampilkan kasus

c. Menampilkan fakta

d. Memenuhi aspek kognitif

Kunci Jawaban A


9. Pada saat peserta didik melakukan ekperimen atau ekplorasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak- banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan. Kegiatan diatas merupakan langkah pembelajaran ..

a. Projek Based Learning

b. Problem Based Learning

c. Cooperative learning

d. Group Investigation

Kunci Jawaban B


10. Anda memeriksa hasil laporan praktik siswa dan menemukan cukup banyak kesalahan yang ada pada tulisan siswa. Kalimat santun yang layak disampaikan terkait dengan penyempurnaan laporan tersebut adalah ...

a. Laporan tidak layak untuk disampaikan karena masih banyak yang peru diperbaiki

b. Laporan memerlukan telaah yang cukup panjang karena masih terdapat kesalahan

c. Laporan yang dibuat sudah baik, namun untuk kesempurnaan laporan ini hal yang bersifat teknis perlu diperbaiki

d. Laporan yang dibuat perlu diperbaiki karena masih terdapat kekurangan pada halamannya

Kunci Jawaban C


11. Kemampuan untuk mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah...

a. Problem based learning

b. Contextual teaching learning

c. Project based learning

d. Open inquiry

e. Cooperative learning

Kunci Jawaban B


12. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?

a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa

b. Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas

c. Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar

d. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi

e. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya

Kunci Jawaban A


13. Anda ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut

a. Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara- cara baru memajukan sekolah

b. Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolah

c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah

d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah

e. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan tugas mengajar sebagaimana besarnya

Kunci Jawaban A


14. Pak Parjo adalah guru olah raga, pagi ini dia mengajarkan kepada peserta didiknya dengan memberikan contoh teknik melempar bola basket ke ring. Setelah itu Guru pjok menutup pembelajaran dengan meminta siswa untuk melempar bola basket ke arah ring dari jarak tertentu. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ... Pilihannya

A. Presisi

B. Naturalisasi

C. Imitasi

D. Artikulasi

E. Manipulasi

Kunci Jawaban C


15. Bu Dina adalah guru prakarya. Hari ini dia mengajar bagaimana cara menjahit saku baju agar pekerjaannya rapih. Dia menjelaskan dipapan tulis teknik pemotongan kain sesuai pola sampai prosedur penjahitan saku. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ... Pilihannya

A. Presisi

B. Naturalisasi

C. Imitasi

D. Artikulasi

E. Manipulasi

Kunci Jawaban E


16. Berikut ini yang termasuk dari prota adalah....

A. Nama lembaga, muatan pelajaran , kelas, tahun pelajaran

B. Muatan pelajaran, nama kepala sekolah, nama guru

C. Nama lembaga, muatan mata pelajaran, kelas , semester

D. Muatan mata pelajaran, kelas,semester, tahun

E. Nama lembaga, muatan mata pelajaran, kelas , semester, Tema

Kunci Jawaban A


17. Kegunaan kaldik adalah...

A. Menghitung hari minggu setiap bulan

B. Mendistribusikan kompetensi dasar dalam setahun

C. Mendistribusikan alokasi waktu setiap bulan

D. Menentukan hari belajar efektif.

Kunci Jawaban D


18. Di kelas V terdapat 28 siswa yang sedang mengikuti penilaian harian Matematika. Banyak soal 30 nomor dengan standar ketuntasan 60. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh 20 siswa menjawab 10 soal benar. 4 siswa menjawab 10 soal lainnya benar. Dan 4 menjawab 10 soal salah. Tindakanmu sebagai guru.

A. Melakukan pembelajaran ulang

B. 4 anak diremidi

C. 8 anak mengikuti remidial

D. 20 anak merangkum materisebagai pengayaan

Kunci Jawaban A


19. Siswa mengalami tingkat kepercayaan diri rendah. Umpan balik yg dilakukan guru adalah..

A. Teacher feedback

B. Ekstrinsic feedback

C. Intrinsic feedback

D. Parent feedback

Kunci Jawaban C


20. Yang bukan untuk mengukur keterampilan nyata peserta didik adalah...

a. Tes tertulis

b praktik

c. Portofolio

d unjuk kerja

e. Produk

Kunci Jawaban A


21. Dalam prosedur penilaian pengetahuan, penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan. Pandangan anda sebagai guru terhadap pernyataan ini adalah :

A. Prosedur penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa perencanaan dikarenakan siswa telah memiliki pengetahuan nya

B. Prosedur penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan karena prosedur penilaian dilaporkan dalam bentuk angka, predikat, dan deskripsi

C. Prosedur penilaian pengetahuan tidak dapat dilakukan tanpa direncanakan karena hasil penilaiannya akan bias

D. Prosedur penilaian pengetahuan dimulai dari pengembangan instrumen, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan serta pemanfaatan hasil penilaian

Kunci Jawaban D


22. Deskripsi tetang ranah sikap, pengetahuan, keterampilan yg harus dipelajari untuk dikuasai peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, mata pelajaran tertentu terdapat pada komponen silabus..

a. KD

b. KI

c. penilaian

d. Pembelajaran

e. Materi

Kunci Jawaban A


23. Guru mengamati kerucut edgar dale menurud anda apa yang seharusnya guru lakukan untuk memperbaiki pembelajaran setelah mengamati kerucut tersebut

A. Lebih selektif memilih media pembelajaran

B. Lebih selektif Memilih media konkrit dari pada abstrak

C. lebih banyak sifatnya mengingat

D. Lebih menekankan aspek psiomotorik anak

E. Drilling

Kunci Jawaban D


24. Berikut ini yang bukan kriteria penilaian essay adalah .... Kecuali

a. Pemilihan topik esai dan Ketajaman analisa

b. Rasionalitas ide, inovasi, dan, orisinalitas

c. Kelengkapan dan relevansi data, dasar teori, dan kemampuan argumentasi

d. Sistematika penulisan dan pemikiran

e. Keluasan daftar pustaka

Kunci Jawaban E


25. Penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum. Hal inisejalan dengan prinsip penilaian....

a. Keeping track

b. Checking up

c. Finding out

d. Summing up

Kunci Jawaban D


26. Ketidakmampuan seseorang peserta didik yang mengacu kepada gejala dimana peserta didik tidak mampu belajar sehingga hasil belajarnya di bawah potensi intelektualnya dinamakan kesulitan belajar ...

A. Learning Disabilities

B. Learning Disorder

C. Under Achiever

D. Slow Learner

E. Learning Disfungtion

Kunci Jawaban A


27. Pak Rudi ingin menilai siswanya untuk melihat hasil kerja siswa maka siswa diminta membuat jus buah dari buah-buahan sekitar. Pilihan model penilaian yang cocok adalah....

A. penilaian proyek

B. produk

C. unjuk kerja

D. Portofolio

E. Sikap

Kunci Jawaban B


28. Bu andri adalah guru kelas 5, memberikan penilaian sikap B pada budi, bu dini guru pai kelas 5 memberikan nilai A pada budi, dan bu retno guru b.inggris memberikan nilai C pada budi. Dari penilaian diatas manakah pernyataan dibawah ini yang paling tepat?

A. Budi mendapat nilai B

B. Budi mendapat nilai A

C. Budi mendapat nilai rata rata dari guru kelas , guru agama dan guru bahasa inggris

D. Budi mendapat nilai C

E. Budi mendapat nilai kesepakatan dari Guru kelas, guru agama dan guru bahasa inggris.

Kunci Jawaban E


29. Pak doni adalah guru PPKn. Dalam memberikan penilaian pada siswa dia tidak sesuai dengan prinsip prinsip penilaian. Anton yang ponakan sendiri tidak pintar diberi nilai 90, sedangkan yg pintar diberi nilai 80 itu melanggar prinsip penilaian yaitu ....

A. Objektif

B. Adil

C. terpadu

D. Terbuka

E. Sistematis

Kunci Jawaban A


30. Pak Reno sedang melaksanakan proses pembelajaran dimana Siswa disuruh mengolah buah segar untuk dijadikan minuman itu model pembelajaran yang tepat adalah...

a. Problem based learning

b. projek based learning

c. Contextual teaching and learning

d. Inquiri learning

e. Cooperatif learning

Kunci Jawaban C


31. Dari hasil pengolahan nilai bahasa inggris oleh bu Ani di peroleh data 4 Kompetensi dasar pada semester itu, dari 28 Siswa ada 4 siswa yang lulus KD1, dan 4 Tidak lulus di KD 2, tindakan yang harus kita lakukan adalah...

A. Pada KD 1 diberikan remidial penugasan individu

B. Tidak ada pembelajaran remidial karena bobot KD 1 dan KD 2 berbeda

C. Pada KD 1 di adakan pengayaan untuk 4 siswa

D. Siswa yang tak tuntas KD 2 diberikan remidial pembimbingan dan penugasan individu

E. Sebanyak 24 siswa mengikuti remidial KD1 dan KD 2

Kunci Jawaban D


32. Salah satu persyaratan menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik S1/D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persyaratan wajib yang diharuskan undang-undang tapi sudah aktif mengajar, maka yang anda lakukan adalah..

a. Melakukan pendekatan secara persuasive kepada guru tersebut dan memberikan informasi berkaitan dengan persyaratan tersebut serta membantunya dalam mencapai persyaratan

b. Memberikan usulan kepada kepala sekolah agar mengidentifikasi setiap guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru, kemudian memberikan dukungan agar mencapai persyaratan tersebut

c. Mencarikan informasi untuk guru berkaitan dengan program-program pemerintah yang dapat membantu guru yang belum memenuhi persyaratan wajib sebagai guru

d. Melaporkan guru yang bersangkutan kepada kepala sekolah atau dinas pendidikan terkait agar guru tersebut mendapatkan sanksi

e. Diam saja karena hal tersebut merupakan tanggung jawab kepala sekolah.

Kunci Jawaban B


33. Tidakan mana yang anda pilih ketika ada seorang peserta didik mengalami kesulitan?

a. Menemuinya dan berusaha mengetahui bagaimana perasaanya, dan member dukungan atas kebutuhan atau keinginannya saat itu

b. Memberikannya bantuan dana

c. Berbagi cerita denganya tentang perasaanya saat itu

d. Menyampaikan ucapan turut prihatin kepadanya secara langsung

e. Meminta teman-temanya saja untuk menggantikan anda datang menemuinya.

Kunci Jawaban A


34. Anda diterima sebagai guru SMA swasta yang ada di Surabaya, sedangkan tempat tinggal anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu, anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan tugas administrasi di luar jam

kerja, yang akan anda lakukan adalah....

a. Sementara akan bertahan sambil mencari lowongan kerja di dekat rumah

b. Tetap menjalankan tugas saya sebagai guru dengan sebaik-baiknya meskipun tempat mengajar jauh dan banyak tugas tambahan yang harus diselesaikan

c. Kelelahan dengan jarak tempuh yang terlalu jauh dengan sekolah

d. Terpaksa bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, hal ini dikarenakan factor ekonomi saja

e. Bertahan menjadi guru disekolah tersebut dengan meminta dispensasi tidak diberi tugas tambahan diluar jam mengajar karena terlalu jauh.

Kunci Jawaban B


35. Ketika bekerja bersama dengan rekan guru, anda akan...

a. Mengemukakan dirisecara terbuka

b. Menyediakan waktu membantu kelancaran tugas bersama dengan sesama guru.

c. Mengharapkan pengertian darisesame rekan guru

d. Menyampaikan ide atau gagasan, secara jelas dan sistematis

e. Mampu menanggapi kritik dan berusaha memahaminya

Kunci Jawaban B


36. Seorang guru yang Pembina marching band melakukakan seleksi mayoret. Dimasa seleksi itu, guru mendapatkan pesan dari salah satu wali murid kaya bahwa jika putrinya dipilih menjadi mayoret maka sang wali murid akan mensponsori kegiatan marching band saat mengikuti kejuaraan. Tanggapan guru...

a. Menurut permintaan wali murid tersebut mengingat sumber pendanaan marching band yang terbatas

b. Menolak dengan santun permintaan wali murid tersebut karena semua peserta didik memiliki hak yang sama untuk menjadi mayoret

c. Menuruti permintaan wali murid tersebut agar mendapatkan dana untuk membantu kegiatan marching bnad

d. Menolak dengan santun permintaab wali murid tersebut untuk mencegah protes dari peserta didik dan wali murid yang lain

e. Menolak dengan santun permintaan wali murid tersebut karena sebagai Pembina harus memilih mayoret terbaik untuk mendukung prestasi dalam perlombaan

Kunci Jawaban E


37. Pada akhir pembelajaran guru memberikan soal berikut. Perhatikan barisan bilangan 3,7,11,15,19,23 dst Apakah bilangan 97 ada pada barisan bilangan tersebut? Soal diatas tepat untuk mengukur kemampuan....

A. Kreatif

B. Represntasi matematis

C. Penalaran matematis

D. Reflektif

E. Enaktif

Kunci jawaban C


38. Kondisi kelas ibu tiur selalu tenang, anak-anak tidak gaduh tetapi juga tidak ada yang mau bertanya ataupun menyampaikan pendapat. Ibu Tiur merasa kurang berhasil dalam mengajar. Pertemuan berikutnya, Ibu Tiur menerapkan satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk bertanya atau berpendapat. Model tutor sebaya dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melakukan PTK. Cara mengukur peningkatan kemampuan bertanya pada PTK Ibu Tiur adalah.......

A. Menghitung perubahan jumlah siswa yang berani mengajukan pertanyaan disetiap siklus PTK.

B. Mengukur kemampuan mengajukan pertanyaan sebelum dan sesudah perlakuan

C. Memberikan pretes mengemukakan pendapat

D. PTK dapat diselesaikan sebanyak dua siklus

E. Langkah PTK yang dilakukan terdiri dari empat tahap.

Kunci Jawaban B


39. Ibu dewi akan mengajar materi “mengenal lingkungan sekolah”. Beliau mengajar siswanya keluar ruangan kemudian berkeliling keruang-ruang kelas, UKS, Laboratorium, dan mengamati kebun dibelakang sekolah. Setelah kira-kira 45 menit, anak-anak diajak masuk kembali ke dalam kelas. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan siswa adalah

A. Mendengarkan penjelasan guru tentang apa yang dilihat dilingkungan sekolah

B. Melakukan Tanya jawab tentang apa saja yang dilihat

C. Menyebutkan nama ruangan disekolah dan nama tumbuhan dikebun sekolah

D. Diskusi kelompok untuk membuat kesimpulan tentang pengamatannya

E. Menggambar salah satu objek yang diamati dilingkungan sekolah.

Kunci jawaban A


40. Perhatikan wacara berikut. Pada suatu kegiatan pembelajaran, guru menggunakan table perkalian 0x0 s.d

10x10. Kemudian siswa diminta mengamati semua hasil perkalian dengan 0 dan 1 sehingga siswa dapat menyimpulakan bahwa perkalian suatu bilangan dengan 0 hasilnya selalu 0, dan perkalian suatu bilangan dengan 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Dengan menggunakan kalkulator untuk menghitung perkalian bilangan besar dan dengan disertai bimbingan guru siswa terus menggali sifat-sifat perkalian lainnya sehingga ditemukan sifat komutatif dan asosiatif. Bahan ajar yang dilibatkan dalam pembelajaran diatas, tepat untuk pembelajaran yang bersifat.....

A. Konfiguratif

B. Eksploitatif

C. Generative

D. Individual

E. Klasikal

Kunci Jawaban A


Demikian artikel mengenai Contoh Soal Uji Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023, semoga bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya telusuri Googlenews.


Tag:

soal pppk, 

soal tes seleksi pppk,

soal pppk teknis pdf,

latihan soal pppk,

soal pppk teknis 2023 pdf,

download soal kompetensi teknis guru pdf,

contoh soal kompetensi teknis pppk guru pdf,

latihan soal kompetensi teknis pppk guru pdf,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

soal kompetensi manajerial pdf,

materi kompetensi teknis pppk,

materi kompetensi teknis guru,

soal kompetensi teknis non guru pdf,