Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis Guru & Kunci Jawaban

soal pppk,  soal tes seleksi pppk,  latihan soal pppk,  soal kompetensi teknis pdf,  soal pppk kompetensi teknis pdf,  materi kompetensi teknis pppk,  contoh soal kompetensi teknis,  kumpulan soal p3k guru dan jawabannya,  materi kompetensi teknis guru pdf,  soal pppk teknis 2023 pdf,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  contoh soal kompetensi teknis guru,  soal pppk guru 2023,
kumpulan contoh soal kompetensi teknis guru

SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS GURU PDF - Apa kabar sahabat PPPK ! Berikut contoh soal PPPK Teknis Guru 2023, soal-soal pppk yang ada dalam postingan ini sebagai gambaran sebelum mengikuti tes tersebut. Mari disimak selengkapnya!

Diketahui bahwa, para pelamar Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis 2023 perlu mengikuti serangkaian tes kompetensi dalam proses rekrutmen, yang mana salah satunya adalah tes seleksi kompetensi teknis.


Apa itu PPPK Teknis? 

PPPK Teknis ialah pegawai pemerintah atau Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk jabatan di lingkup fungsional tenaga teknis, mulai dari jabatan pemula, terampil, sampai ahli pertama. Dengan demikian, pelamar PPPK Teknis perlu memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar.

Selanjutnya, perlu juga memenuhi syarat khusus lain sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh masing-masing instansi. Tak ketinggalan, juga harus memenuhi sejumlah syarat umum terkait administrasi. Kemudian, pelamar perlu mengikuti tes kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural. Seluruh rangkaian tes ini dilaksanakan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dengan durasi 120 menit.


Berapa jumlah soal Tes Kompetensi Teknis?

Untuk tes kompetensi teknis, tes ini berisi soal-soal yang menguji penguasaan pelamar terhadap pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku yang berkaitan dengan bidang teknis jabatan yang dilamar.

Adapun jumlah soal tes kompetensi teknis mencapai 90 butir atau yang paling banyak dari dua tes lainnya dengan bobot nilai untuk jawaban benar paling rendah satu, paling tinggi lima, dan soal tidak terjawab bernilai nol untuk PPPK Teknis kebutuhan khusus.

Dengan total nilai kumulatif paling tinggi untuk tes kompetensi teknis adalah 450. Namun untuk ambang batas nilainya beragam sesuai jabatan masing-masing.


Contoh Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis Guru

1. Aspek yang berkaitan dengan perasaan, emosi, sikap, dan derajat penerimaan maupun penolakan terhadap suatu obyek peserta didik ....

a. Afektif

b. Kognitif

c. Psikomotorik

d. Emotif

e. Sensitif


2. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut ....

a. Kompetensi Dasar

b. Standar Kompetensi

c. Indikator

d. Kompetensi Lulusan

e. Kecakapan Hidup


3. Dalam proses pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif maka guru perlu mempunyai sikap sebagai berikut, kecuali....

a. Mendorong speserta didik untuk membuat keputusan sendiri

b. Memberi balikan dan pengayaan sebagaimana diperlukan

c. Mengusahakan suasana belajar yang menyenangkan

d. Memasukan unsur yang tidak diperkirakan sebelumnya

e. Menjadi Fasilitator dalam proses pembelajaran


4. Kriteria atau acuan dan pedoman dasar dalam menentukan pencapaian minimal hasil belajar peserta didik dinamakan ....

a. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

b. Standar Batasan Minimum Kelulusan

c. Ambang Batas Minimum Lulus

d. Nilai Ketuntasan Minimal

e. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


5. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kecuali ....

a. Memperhatikan perbedaan individu

b. Mendorong partisipasi aktif peserta didik

c. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut

d. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

e. Keterkaitan dan keterpaduan isi dan silabus


6. Yang tidak termasuk dalam beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh guru professional adalah ....

a. Kompetensi Pedagogik

b. Kompetensi Kepribadian

c. Kompetensi Profesional

d. Kompetensi Sosial

e. Kompetensi Keahlian


7. Peraturan Menteri Pendidikan nomor 20 Tahun 2007 mengatur tentang ....

a. Standar Penilaian Pendidikan

b. Standar proses belajar mengajar

c. Penilaian berbasis kelas

d. Sertifikasi Guru

e. Guru dan Dosen


8. Komponen Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdiri atas beberapa hal berikut ini, kecuali ....

a. Identitas mata pelajaran

b. Standar Kompetensi

c. Kompetensi Dasar

d. Kompetensi Peserta Didik

e. Kegiatan Pembelajaran


9. Berikut ini adalah beberapa inovasi pendidikan yang pernah dicetuskan oleh pemerintah, kecuali ....

a. Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA)

b. Guru Pamong

c. Sistem Belajar Jarak Jauh

d. Sekolah Mandiri

e. Sekolah Kecil


10.Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional adalah....

a. Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003

b. Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003

c. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003

d. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003

e. Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2003


11.Kedudukan dosen sebagai tenaga profesional ditetapkan dalam ....

a. Bab II pasal 3 UU Guru dan dosen No. 14 Tahun 2005

b. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 4 Tahun 2005

c. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 20 Tahun 2005

d. Bab II pasal 2 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005

e. Bab II pasal 3 UU Guru dan Dosen No. 14 Tahun 2005


12.Prinsip profesionalitas yang harus dimiliki dosen maupun guru sesuai UU Guru dan Dosen adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism

b. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu Pendidikan, keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia.

c. Mampu mengenal karakteristik setiap peserta didik di sekolah maupun setiap mahasiswa pada perguruan tinggi.

d. Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang Pendidikan sesuai dengan bidang tugas

e. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas


13.Yang tidak termasuk aspek evaluasi kurikulum adalah ....

a. Evaluasi hasil implementasi kurikulum

b. Evaluasi implementasi kurikulum

c. Evaluasi dokumen kurikulum

d. Evaluasi reflektif

e. Evaluasi komprehensif


14.Berikut ini merupakan permasalahan dalam Pendidikan yang mendasar,kecuali ....

a. Mahalnya biaya Pendidikan

b. Korupsi dana Pendidikan

c. Kurangnya minat masyarakat akan Pendidikan

d. Kurangnya fasilitas Pendidikan

e. Diskriminasi Status Guru


15.Yang termasuk kewajiban seorang guru dan dosen adalah ....

a. Melaksanakan pendidikan, penelitian, dan mengabdi kepada masyarakat.

b. Memperoleh penghasilan diatas kebutuhan minimum dan jaminan kesejahteraan sosial.

c. Mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi.

d. Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas dan hak atas kekayaan intelektual

e. Memiliki kebebasan dalam memberikan penilaian dan penentuan kelulusan peserta didiknya.


16.Agar peserta didik bereaksi terhadap materi yang kita berikan, maka gambar yang akan digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar S – R haruslah ...

a. Berwarna gelap

b. Seminimal mungkin

c. Berwarna warni

d. Semaksimal mungkin

e. Berwarna cerah


17.Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegensi, ada langkah-langkah yang dapat digunakan antara lain ....

a. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran

b. Mengkaji Kembali apa yang telah dipelajari oleh peserta didik

c. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki peserta didik.

d. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan

e. Memberikan fasilitas sederhana sebagai penunjang kecerdasan peserta didik.


18.Kegiatan berikut ini yang merupakan salah satu cara untuk mengaktifkan indra peserta didik agar dapat berkembang secara maksimal, yaitu ....

a. Peserta didik berolahraga di lapangan terbuka.

b. Guru memberi hadiah kepada peserta didik berprestasi

c. Peserta didik diajak berkarya wisata

d. Peserta didik belajar diruang laboratorium Bahasa

e. Peserta didik berwisata di alam terbuka


19.Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada tahapan pengembangan ?

a. Kurikulum

b. Kerangka pembelajaran

c. Sistem Pembelajaran

d. Rencana Pembelajaran

e. Evaluasi Pembelajaran


20.Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam perihal ini guru menerapkan teori belajar

a. Clasical Conditioning

b. Connectionesm

c. Behaviorism

d. Operant Conditioning

e. Problem Solving


21.Alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan efektif peserta didik adalah ....

a. Tes obyektif

b. Tes berupa angket

c. Tes kemampuan gerak

d. Tes kemampuan fungsional otot tubuh

e. Tes Psikomotorik anak


22.Yang tidak termasuk dalam karakteristik kecerdasan interpersonal adalah....

a. Mampu beradaptasi dengan lingkungan belajar

b. Mampu bermain dalam kelompok

c. Mudah berkonsentrasi

d. Mampu menjadi pemimpin

e. Peka terhadap teman


23.Langkah pertama untuk mencari nilai rata-rata untuk data yang tidak dikelompokan dapat dilakukan dengan....

a. Menjumlahkan data nilai yang diperoleh

b. Menentukan jumlah keseluruhan pada data yang diperoleh

c. Menentukan nilai rata-rata dengan pendekatan rumus

d. Mencari nilai tertinggi dan terendah data yang diperoleh

e. Menentukan rentangskor nilai tertinggi dikurangi skor nilai terendah


24.Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah. Ini merupakan tujuan dari teori belajar ....

a. Insight

b. Behaviorisme

c. Kogniitif

d. Conditioning

e. Connectionism


25.Dibawah ini merupakan contoh akan adanya dampak dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik, yaitu....

a Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.

b Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.

c Carlos merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru

d Dendi menangis setelah berantem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas.

e Erni malu bertanya Ketika mendapatkan kesulitan memecahkan permasalahan soal yang diberikan guru


KUNCI JAWABAN :

1. a     11. a 21. b

2. b     12. c 22. c

3. b     13. e 23. a

4. e     14. c 24. c

5. e     15. a 25. b

6. e     16. d

7. a     17. c

8. d     18. d

9. d     19. a

10. c     20. b


Demikian pembahasan mengenai Prediksi Soal Tes PPPK Kompetensi Teknis Guru & Kunci Jawaban, guna sebagai bahan belajar, supaya menambah wawasan dan pengetahuan calon pelamar pppk tahun ini.


Tag:

soal pppk,

soal tes seleksi pppk,

latihan soal pppk,

soal kompetensi teknis pdf,

soal pppk kompetensi teknis pdf,

materi kompetensi teknis pppk,

contoh soal kompetensi teknis,

kumpulan soal p3k guru dan jawabannya,

materi kompetensi teknis guru pdf,

soal pppk teknis 2023 pdf,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

contoh soal kompetensi teknis guru,

soal pppk guru 2023,