Aturan Seragam Sekolah 2022 Terbaru dari Kemendikbud, Siswa di Haruskan Pakai Atribut ini?

Aturan Seragam Sekolah 2022 Terbaru dari Kemendikbud, Siswa di Haruskan Pakai Atribut ini
Aturan Seragam Sekolah 2022 Terbaru dari Kemendikbud, Siswa di Haruskan Pakai Atribut ini

Layarmaya.id - Lewat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset serta Teknologi (Kemendikbud) baru saja menghasilkan atau menyatakan ketentuan baru seragam sekolah untuk Peserta didik SD sampai dengan SMA.

Dengan Aturan Seragam Sekolah 2022 ini, dituangkan dalam Permendikbud Ristek No.50 Tahun 2022, Tentang Baju Seragam Sekolah Untuk Peserta Didik pada Jenjang Pendidikan Dasar Serta Pendidikan Menengah.

Dari ketentuan seragam sekolah negeri 2022 ini, Peserta didik mempunyai opsi seragam baru yang berbeda dari pada umumnya.

Lewat Permendikbud Ristek No.50 Tahun 2022, Kemendikbud membagikan ketentuan aturan baru kalau Siswa atau Peserta Didik dapat memakai baju adat ke sekolah. Ketentuan ini mulai berlaku pada bertepatan pada 7 September 2022.

Untuk tujuan dari diberlakukannya ketentuan peraturan seragam sekolah 2022 ini, merupakan buat tingkatkan rasa nasionalisme pada peserta didik serta tingkatkan citra satuan pendidikan.

Pemakaian baju adat selaku seragam sekolah diatur dalam pasal 4 Permendikbud Ristek No.50 Tahun 2022. Dengan terdapatnya ketentuan baru dari Kemendikbud ini, semua sekolah wajib untuk memenuhi aturan yang berlaku. 


Berikut ini merupakan peraturan seragam sekolah, atribut yang harus digunakan siswa/peserta didik:

A. Seragam Nasional

Untuk Seragam nasional terdiri dari kemeja serta pula bawahan celana ataupun rok. Pada tiap tingkatan pendidikan mempunyai corak warna bawahan yang berbeda- beda.

Buat tingkatan SD memakai warna merah hati. Tingkatan SMP memakai bawahan bercorak biru tua. Sebaliknya buat tingkatan SMA memakai bawahan bercorak abu- abu.

Dalam padal 11 ayat 1 dipaparkan kalau ada atribut bonus yang harus digunakan bersama seragam nasional dikala melaksanakan upacara berdera yaitu selaku berikut:

  • Untuk Topi pet dengan logo Tut Wuri Handayani yang rupanya disesuaikan dengan warna seragam nasional tiap- tiap tingkatan Pendidikan.
  • Serta dasinya dengan warna cocok dengan seragam nasional pada tiap- tiap tingkatan pemndidikan.


Sebutkan apa saja ketentuan berpakaian sekolah?

Berikut tata tertib dalam berpakaian di sekolahmu!

-Baju dimasukkan ke dalam celana bagi laki-laki dan rok bagi perempuan.

-Memakai dasi saat upacara.

-Memakai ikat pinggang berwarna hitam.

-Memakai kaus kaki berwarna putih.

-Memakai sepatu berwarna hitam.


B. Seragam Khas Sekolah

Selanjutnya merupakan seragam khas dari sekolah, ketentan menimpa mengenai pemilihan warna serta model buat tipe seragam ini didetetapkan oleh sekolah.

Akan tetapi, dalam pemilihannya wajib senantiasa mencermati hak tiap- tiap siswa atau peserta didik dalam melaksanakan agamanya.


Mengapa kita harus memakai seragam sekolah sesuai aturan?

Bagaimana memakai seragam yang benar?

-siapkan seragam yg akan dipakai.

-buka kancing yg ada pada seragam.

-pakaikan seragam pada tubuh/badan.

-usahakan memakai seragam dengan hati hati agar seragam tidak kusut.

-kancing lagi baju seragam.


C. Seragam Pramuka

Untuk Seragam Pramuka yang digunakan, merupakan bercorak coklat dengan model yang cocok syarat dari kwartir nasional gerakan pramuka.


Mengapa kita harus memakai seragam sesuai aturan?

Melatih Kedisiplinan

Kita juga dilatih untuk terbiasa taat perturan dengan memakai pelengkap seragam, seperti dasi, topi, label nama dan sekolah, sepatu, dan kaus kaki. Semakin lengkap kita menggunakan seragam sesuai dengan aturan sekolah, itu berarti kita sedang melakukan sikap taat dan disiplin.


D. Baju atau Pakaian Adat

Untuk Model Baju adat yang digunakan oleh psiswa atau peserta didik hendak diresmikan oleh Pemerintah Daerahnya masing-masing. Agenda atau jadwal bagi pemakaian baju adat ini, merupakan pada hari serta kegiatan adat tertentu.


Apa fungsi dari seragam?

Sebagai Identitas Diri Atau Tempat Kerja

Keunggulan pertama sekali mendesain seragam kemeja kerja adalah sebagai identitas diri. Keberadaan seragam kerja akan membantu seseorang pekerja agar mudah dikenal ketika berada di tempat ramai.

Demikian tadi merupakan ketentuan aturan baru seragam sekolah yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Untuk info lainnya telusuri GoogleNews.()


Baca artikel penting lainnya:

aturan seragam sekolah 2022

seragam sekolah negeri 2022

permendikbud seragam sekolah

peraturan seragam sekolah 2021

permendikbud no 45 tahun 2014 tentang seragam sekolah

skb 3 menteri seragam sekolah pdf

lampiran permendikbud no 45 tahun 2014 pdf

Bagaimana etika yang baik dalam berpakaian disekolah?

Mengapa kita harus menghargai cara berpakaian orang lain?

Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam etika berpakaian?

Bagaimana cara berperilaku tata krama dan sopan santun dalam menggunakan seragam sekolah?