gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022 Cek Penilaian PPPK Guru 2022

 

https //gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaian pppk 2022/#login,  sscn bkn go id,  sscasn.bkn.go.id login,  formasi pppk 2022,  pengumuman pppk 2022,  pendaftaran pppk 2022,  sscasn pppk,  asn p3k guru,
gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022 Cek Penilaian PPPK Guru 2022

Layarmaya.id - gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022 Cek Penilaian PPPK Guru 2022, berikut ini sikit informasi penilaiaan pppk 2022, yang akan admin ulas.

Jadi, simak terus sampai tuntas..!

Perlu diketahui, proses seleksi guru PPPK 2022 berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, tes tersebut murni tes berbantuan komputer (Computer Based).

Sekarang siapa yang ingin segera cek penilaian PPPK Guru 2022? Penilaian yang akan berlangsung hingga 3 Desember 2022 ini bisa dipantau lewat gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022.

Lalu, apa saja yang dinilai? Apa poin-poin yang diobserbasi sebelum melakukan cek penilaian PPPK Guru 2022?

Informasi tentang semua hal tersebut bisa dipantau di laman gurupppk.kemdikbud.go.id.

Terdapat tim penilaian kesesuaian yang terdiri dari kepala sekolah hingga dinas pendidikan kabupaten atau kota yang dilibatkan. 

Memahami serta semuanya bakal fokus memantau komponen penilaian kesesuaian dalam seleksi kompetensi dilakukan.

Dan itu semua untuk menilai kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural yang dimiliki pelamar prioritas 2 dan prioritas 3.

Yang perlu diperhatikan, semua langkah tadi sesuai Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 349/P/2022 yang memuat soal petunjuk teknis (juknis) seleksi PPPK Guru 2022.

Adapun, Seleksi kompetensi bagi pelamar prioritas 2 dan pelamar prioritas 3 dilakukan dengan menilai kesesuaian kualifikasi akademik, kompetensi, kinerja, dan pemeriksaan latar belakang (background check).

Penilaian kesesuaian atau observasi PPPK guru 2022 pun dimulai. Berbeda dengan tes lainnya, peserta tak datang dalam tes kesesuaian ini.

Selanjutnya, Peserta Seleksi Pengadaan Pegawal Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Jabatan Fungsional Guru yang dinyatakan LULUS Seleksi Administrasi berhak mengikuti Penilaian Kesesuaian.

Pada Penilaian Kesesualan, peserta akan dinilai Kompetensi dan Kinerjanya oleh Kepala Sekolah, Guru Senior, Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah dan BKPSDM.


Peserta Seleksi Pengadaan PPPK Guru tidak perlu hadir pada saat pelaksanaan Penilalan Kesesuaian.

Setidaknya ada empat unsur yang dinilai dalam seleksi kesesuaian PPPK Guru 2022.

Keempatnya termasuk kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian.

Penilaiannya pun dibagi berdasarkan komponen-komponen berikut:

1. Kompetensi

Penilaian kesesuaian kompetensi dimaksudkan untuk melihat kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis (kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian) dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki pelamar prioritas dengan pelaksanaan tugas sebagai guru.

2. Kualifikasi akademik

Penilaian kesesuaian kualifikasi akademik dilakukan untuk melihat kesesuaian kualifikasi akademik Sl atau D4 peserta dengan bidang tugas atau mata pelajaran pada jabatan yang dilamar.

3. Pemeriksaan latar belakang

Pemeriksaan latar belakang dilaksanakan untuk memastikan tidak adanya keterlibatan dalam kegiatan perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), serta intoleransi.

4. Kinerja

Penilaian kesesuaian kinerja dilakukan untuk mengetahui kesesuaian hasil kerja yang telah dilakukan pelamar, meliputi orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja, dan kerja sama dengan pelaksanaan tugas sebagai guru.


Perlu diketahui, setidaknya Ada 27 soal yang diajukan tim penilai saat tes penilaian kesesuaian.

Pertama: pembelajaran

Untuk jumlah soal tentang pembelajaran guru honor pelamar P2 dan P3 sebanyak 3 soal, dimana pertanyaan tentang seputar proses pembelajaran membuat siswa aktif belajar, serta tolak ukur penentuan keberhasilan belajar mengajar secara umum.

Kedua: Kebiasaan refleksi guru honor pelamar P2 dan P3.

Jumlah soal tentang kebiasaan refleksi yang akan ditanyakan tim penilai kepada guru honor pelamar P2 dan P3 saat tes penilaian kesesuaian kinerja dan kompetensi PPPK 2022 sebanyak 3 soal.

Di sini guru honor pelamar P2 dan P3 akan ditanyakan tentang penerapan kebiasaan refleksi terhadap proses pembelajaran dan pendidikan di kelas.

Ketiga: efektivitas pembelajaran dan asesmen.

Jumlah soal sebanyak 3 butir soal, disini guru honor pelamar P2 dan P3 harus paham tentang mengapa pentingnya melakukan asesmen kinerja dan afektif dalam proses pembelajaran.

Keempat: kenyamanan dan keamanan belajar

Jumlah soal sebanyak 3 butir, guru honor akan menjawab pertanyaan bagaimana menciptakan kenyaman dan keamanan belajar siswa didik selama di dalam kelas maupun lingkungan sekolah.

Kelima: pengembangan diri jumlah soal sebanyak 3 butir soal

Di sini guru honorer akan dihadapi pertanyaan tentang seberapa penting mengenal dan menetapkan indikator untuk menilai pengembangan diri guru dan siswa tersebut.

Keenam: struktur pengetahuan jumlah soal sebanyak 3 butir soal.

Pertanyaan yang diberikan di instrument ini saat tes penilaian kesesuaian kinerja dan kompetensi PPPK 2022 tentang susunan langkah dalam ilmu pengetahuan.

Ketujuh : aktif komunikasi jumlah soal sebanyak 3 butir soal

Di soal ini guru honorer harus paham tentang indikator komunikasi serta keterampilan apa saja yang harus dimiliki guru honorer dalam berkomunikasi.

Kedelapan : Bekerja sama jumlah soal sebanyak 3 butir soal.

Di soal ini pertanyaan yang diberikan tim penilai seputar bagaimana peningkatan keterampilan kerjasama antar siswa, siswa dan guru, siswa dan wali murid.

Kesembilan: Perekat kebangsaan jumlah soal sebanyak 3 butir soal.

Adapun Guru honor pelamar P2 dan P3 akan dihadapi dengan pertanyaan perekat kebangsaan berbasis sosiokultural.


Sekian tadi info mengenai cek penilaian PPPK Guru 2022. Penilaian yang akan berlangsung hingga 3 Desember 2022 ini bisa dipantau lewat gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022/#login.

Untuk informasi lengkap lainnya telusuri GoogleNews, mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.


Baca juga berita penting lainnya:

https //gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaian pppk 2022/#login,

sscn bkn go id,

sscasn.bkn.go.id login,

formasi pppk 2022,

pengumuman pppk 2022,

pendaftaran pppk 2022,

sscasn pppk,

asn p3k guru,