Contoh Narasi Raport TK Kurikulum Merdeka lengkap Cara Membuat serta Penyusunannya.

raport tk kurikulum, merdeka mengajar, belajar id, rapor pendidikan, info gtk, contoh kurikulum merdeka tk, kurikulum merdeka tk 2022 pdf, kurikulum m
Contoh Narasi Raport TK Kurikulum Merdeka lengkap Cara Membuat serta Penyusunannya

Layarmaya.id - Contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka merupakan penjabaran atau deskripsi dari pencapaian siswa dalam pembelajaran yang diberikan.

Meskipun di tingkat Taman Kanak-Kanak para siswa masih belajar sambil bermain, namun tetap ada standar pencapaian yang harus bisa dipenuhi.

Terkait penilaian, dibuat dengan memperhatikan kondisi fisik, mental, kemampuan beradaptasi, menyerap pelajaran, sosialisasi dan lainnya, semuanya berkaitan dengan perkembangan siswa.

Mengenai terobosan atau perubahan yang terdapat pada Kurikulum Merdeka adalah cara penilaian atau pengisian nilai rapor yang lebih mudah dan sederhana. 

Jadi guru tidak terbebani karena harus memberikan nilai akhir saja.

Penilaian didasarkan pada kumpulan asesmen harian (dokumentasi dan portofolio) yang mengacu pada perilaku yang diharapkan akan muncul atau terjadi pada suatu periode tertentu. 

Biasanya waktunya sesuai dengan masa tahun ajaran sekolah.

Dalam rapor harus berisi enam komponen yang harus terdapat di dalamnya yaitu:

  1. Data diri anak.
  2. Deskripsi kemajuan anak dalam setiap elemen capaian pembelajaran. Elemen tersebut adalah nilai agama, budi pekerti, jati diri, dasar literasi, dan STEAM (sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika).
  3. Refleksi orang tua.
  4. Informasi ketidakhadiran anak.
  5. Data tinggi dan berat badan anak.
  6. Portofolio atau lampiran.

Contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka adalah deskripsi yang dibuat oleh guru untuk memberikan informasi kepada orang tua siswa. 

Berkaitan dengan kemajuan yang dicapai siswa selama masa pembelajaran. Berikut ini adalah contohnya:

Aspek Fisik Motorik

Haris memiliki kemampuan fisik motorik yang berkembang baik. Haris mampu beraktivitas secara fisik dengan koordinasi yang baik, dalam hal kelenturan, keseimbangan dan juga kelincahannya.

Aspek Bahasa

Perkembangan bahasa haris berkembang baik. Haris sudah mampu mendengarkan, melakukan komunikasi lisan, memiliki kosa kata yang cukup dan memahami simbol-simbol yang dilambangkannya. Haris juga mampu menceritakan gambar (pramembaca).

Aspek Kognitif

Perkembangan kemampuan kognitif Haris cukup baik. Dina mampu menceritakan kembali secara urut, kemudian mampu mengenali berbagai konsep sederhana sehari-hari. Misalnya konsep bilangan 1-10. 

Juga memahami konsep berat/ringan, besar/kecil, panjang/pendek, dan banyak/sedikit. Haris juga sudah mengenali 10 warna dan mengenal tiga bentuk geometris.

Sikap Spiritual

Haris sudah menunjukkan sikap percaya pada Tuhan, mampu menyebutkan benda-benda ciptaan Tuhan, seperti nama binatang dan tanaman. Juga sudah bisa membaca doa sebelum dan sesudah makan.

Sikap Sosial

Haris sudah memperlihatkan sikap bertanggung jawab, berperilaku baik, suka menolong teman, toleransi, dan sopan. Namun masih perlu diingatkan untuk lebih menjaga kerapian peralatan yang digunakannya.

Pertumbuhan

Saat ini Haris memiliki berat badan 23 kg dan tinggi badan 115 cm. Hal ini memperlihatkan pertumbuhan yang normal. Demikian juga dengan kondisi gigi, mata dan pendengarannya normal.

Adapun contoh narasi raport TK Kurikulum Merdeka seperti yang diberikan di atas hanyalah sebagai gambaran deskripsi yang akan ditulis guru sebagai penilaian terhadap pencapaian siswa. 

Jadi tidak hanya berbentuk nilai, tapi lebih rinci dari berbagai aspek penilaian.

Demikian sikit info, untuk informasi lengkap lainnya telusuri GOOGLENEWS, semoga bermanfaat.()


BACA JUGA BERITA PENTING LAINNYA: