Materi PJOK Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Materi PJOK Kelas 1 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Layarmaya.id - Halo sahabat guru! dalam postingan kali ini admin begikan informasi terkait materi PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2 Lengkap dengan Tujuan Pembelajarannya.

Jadi, simak terus artikel berikut ini sampai tuntas..! 

Tujuan dari mempelajari PJOK pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan sudah tercakup dalam pemaparan di atas yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk mempelajari berbagai kegiatan yang membina sekaligus mengembangkan potensi anak, baik dalam aspek fisik, mental, sosial, emosional dan moral.

Adapun materi pembelajaran Pendidikan Olahraga, Jasmani dan Kesehatan (PJOK) kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka ini dapat digunakan oleh guru sebagai sumber utama menyampaikan materi pembelajaran.

Pada daftar materi PJOK kelas 1 Kurikulum Merdeka ini termuat dalam buku paket atau buku teks PJOK kelas 1 yang diterbitkan oleh Kemendikbud Ristek tahun 2022.


Ada 8 (delapan) materi pembelajaran PJOK kelas 1 untuk semester 1 dan 2 yang dapat disampaikan oleh guru. Berikut daftar materi PJOK kelas 1 semester 1 dan 2 dalam Kurikulum Merdeka lengkap dengan tujuan pembelajarannya.

1. UNIT 1 AKTIVITAS POLA GERAK DASAR LOKOMOTOR.

Untuk unit pembelajaran 1 ini yakni para peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor. 

Yang dimana, gerak dasar lokomotor merupakan salah satu domain dari gerak dasar fundamental (fundamental basic movement), di samping gerak dasar nonlokomotor dan gerak dasar manipulatif.

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor seperti menirukan gerakan berjalan, berlari, dan melompat dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

Selanjutnya pula, bisa mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


2. UNIT 2 AKTIVITAS POLA GERAK DASAR NONLOKOMOTOR

Untuk materi pembelajaran 2 PJOK kelas 1 SD/MI ini, para peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor. 

Kemudian, gerakan nonlokomotor ini merupakan gerakan yang tidak menyebabkan berpindah tempat.

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar nonlokomotor seperti: gerakan memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, dan meliuk dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki.

Selanjutnya pula, bisa mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


3. UNIT 3 AkKTIVITAS POLA GERAK DASAR MANIPULATIF

Untuk unit pembelajaran 3 ini,  para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif. 

Mengenai pola gerak manipulatif merupakan bagian dari keterampilan dasar yang harus dipelajari anak bersama-sama dengan keterampilan lokomotor dan nonlokomotor.

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif.

Misalnya seperti gerakan melempar dan menangkap bola dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki serta mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


4. UNIT 4 AKTIVITAS SENAM

Untuk unit pembelajaran 4 ini, para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan, berputar, dan berguling. 

Serta pula, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori dan praktik.

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dominan senam seperti gerakan keseimbangan dan berguling dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki 

Serta bisa pula mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


5. UNIT 5 AKTIVITAS GERAK BERIRAMA

Pada unit pembelajaran 5 ini peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama. 

Dalam Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori dan praktik.

Para peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

Serta juga bisa mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


6. UNIT 6 AKTIVITAS PENGENALAN AIR

Untuk unit pembelajaran 6 ini, para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan aktivitas pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air dan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori dan praktik.

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan aktivitas pengenalan air dan menjaga keselamatan diri/orang lain dalam aktivitas air dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

Dan juga bisa mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai

sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


7. UNIT 7 AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI YANG BERKAITAN DENGAN KESEHATAN

Dalam unit pembelajaran 7 ini, para peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktikkan aktivitas latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori dan praktik

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mencontohkan dan mampu mempraktikkan aktivitas latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan dengan benar sesuai potensi dan kreativitas yang dimiliki. 

Dan selanjutnya, dapat mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


8. UNIT 8 MENGENAL BAGIAN TUBUH

Didalam unit pembelajaran 8 ini, para peserta didik dapat memahami dan mampu menerapkan fakta, konsep, dan prosedur menerapkan konsep bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain.

Semacam cara menjaga kebersihannya dan kebersihan pakaian sesuai dengan pola perilaku hidup sehat dan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori dan praktik.

Para peserta didik bisa menunjukkan kemampuan dalam mengkategorikan dan mampu menerapkan konsep bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya dan kebersihan pakaian. 

Sesuai dengan pola perilaku hidup sehat dengan mengembangkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dengan menanamkan nilai-nilai sikap seperti: mandiri dan gotong royong, serta dapat menerapkan pola perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.


Demikian informasi mengenai daftar materi PJOK kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka semester 1 dan semester 2 lengkap dengan penjelasan materi serta tujuan pembelajarannya.

Untuk tahu informasi yang lebih lengkap lainnya telusuri GoogleNews, semoga bermanfaat.()


tag: rangkuman materi pjok kelas 1 semester 1,materi pjok kelas 1 sd,materi pjok kelas 1 semester 1,buku pjok kelas 1 pdf kurikulum merdeka,soal pjok kelas 1,materi pjok kelas 1 sd semester 2,materi pjok kelas 1 semester 1 pdf,materi pjok kelas 1 kurikulum merdeka semester 1,