Contoh Soal OSN Matematika SD beserta Kunci Jawaban

soal osn matematika sd dan pembahasannya pdf,download soal osn matematika sd dan pembahasannya,download soal olimpiade matematika sd dan kunci jawabannya pdf 2022,download soal olimpiade matematika sd 2022 pdf,download soal olimpiade matematika sd pilihan ganda,soal osn matematika sd pdf,soal osn matematika sd 2022,soal osn matematika sd tingkat kecamatan pdf,
Contoh Soal OSN Matematika SD beserta Kunci Jawaban

Layarmaya.id - Apa kabar teman-teman berprestasi? Tetap semangat dan sehat selalu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa contoh Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) matematika SD beserta Kunci Jawaban Terbaru untuk teman-teman sekalian.

KSN (Kompetensi Sains Nasional) awalnya bernama Olimpiade Sains Nasional disingkat (OSN). Namun sejak tahun 2020 yang lalu bersamaan dengan didirikannya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, maka OSN berubah nama menjadi KSN.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Supaya meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Nantinya! disini terdapat beberapa contoh Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD beserta Kunci Jawaban yang merupakan persiapan menjelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SD Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Sangat kami anjurkan, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Penting bagi teman-teman untuk perbanyak berlatih butir Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD beserta Kunci Jawaban untuk persiapan jelang OSN Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.


SOAL OSN MATEMATIKA SD

1. Kakek Nana mempunyai beberapa buah apel dan beberapa orang cucu. Apel tersebut dibagikan kepada cucu-cucunya. Jika setiap cucu mendapat masing-masing 2 buah apel, maka bersisa 2 buah apel. Sedangkan jika setiap cucu mendapat masing-masing 4 buah apel, maka ada seseorang yang tidak kebagian. Banyaknya apel dan cucu masing-masing adalah …

a) 15 apel dan 7 cucu

b) 12 apel dan 5 cucu

c) 15 apel dan 4 cucu

d) 12 apel dan 6 cucu

Jawaban: B


2. Soleh berjalan dari tempat A ke tempat B dengan kecepatan 6 km/jam selama 2 jam dan ia kembali ke tempat A dengan naik motor. Kecepatan rata-rata seluruh perjalanan Soleh bila perjalanan dari tempat B ke tempat A membutuhkan waktu 30 menit adalah …

a) 8,5 km/jam

b) 8,6 km/jam

c) 9,5 km/jam

d) 9,6 km/jam

Jawaban: D


3. ABC adalah sebuah bilangan. Jika ABC dibagi oleh 15, maka hasilnya adalah 8. Jika A adalah suatu bilangan yang 20 kurangnya dari ABC, maka nilai A adalah …

a) 78

b) 98

c) 100

d) 120

Jawaban: C


4. Jika 467 dikalikan dengan 3, maka digit terakhir dari hasil perkalian tersebut adalah …

(a) 1

(b) 5

(c) 6

(d) 7

Jawaban: A


5. Suhu udara pada hari Selasa 5°C lebih panas dari suhu udara pada hari Senin. Suhu udara pada hari Rabu 7°C lebih dingin dari suhu udara pada hari Senin. Jika suhu udara pada hari Selasa adalah 23°C, maka suhu udara pada hari Rabu adalah …

a) 19°C

b) 23°C

c) 11°C

d) 31°C

Jawaban: C


6. Pedagang Es Dawet setiap harinya menghabiskan 70 gelas. Untuk membuat 2 gelas es dawet membutuhkan biaya Rp. 1.500. Ia menjual tiap gelas es dawet seharga Rp. 1.500. Pada suatu hari pedagang itu hanya menghabiskan 40 gelas. Jika sisanya dijual dengan harga setengahnya dari harga semula, ternyata masih ada sisa 10 gelas. Pernyataan yang tepat untuk kasus di atas adalah …

a) Pedagang untung sebesar Rp. 37.500.

b) Pedagang rugi sebesar Rp. 37.500.

c) Pedagang tidak untung dan tidak rugi

d) Jawaban a, b, dan c salah semua

Jawaban: A


7. Nilai rata-rata ulangan IPA dari 6 orang anak adalah 6,8. Jika ditambah Aisyah, maka nilai rata-ratanya menjadi 7. Berapakah nilai Aisyah?

a) 6,5

b) 7,2

c) 8,2

d) 8,8

Jawaban: C


8. Sebuah perusahaan peternakan ayam menyeleksi 5.000 ayam. Ternyata terdapat 904 ayam yang kurang produktif. Banyaknya ayam yang masih cukup produktif adalah …

(a) 15³

(b) 16³

(c) 17³

(d) 18³

Jawaban: B


9. Sebuah bak mandi berbentuk balok yang berukuran panjang 50 cm, lebar 3 dm, dan tinggi 0,5 m. Diketahui bahwa Dinda mempunyai air sebanyak 525 liter. Berapakah banyaknya bak yang diperlukan Dinda untuk menampung semua air tersebut?

Penyelesaian:

Diketahui:

P = 50 cm = 5 dm

L = 3 dm

T = 0,5 m = 5 dm

Sehingga, V = P x L x T = (5 x 3 x 5) dm = 75 liter

Jika Dinda mempunyai 525 liter air, maka banyaknya bak yang diperlukan untuk menampung air tersebut adalah:

525 liter / 75 liter = 7 bak.


10. Seekor ayam berbunyi setiap 30 menit sekali dan bunyi pertama adalah tepat tengah malam. Pada malam yang sama, berapa menit lagikah ayam akan berbunyi setelah pukul 04:25?

Penyelesaian:

Bunyi pertama adalah tepat tengah malam, yaitu pukul 00.00. Bunyi berikutnya adalah setiap kelipatan 30 menit. Lamanya waktu dari pukul 00:00 sampai pukul 04:25 adalah:

4 jam 25 menit = (4 x 60 menit) + 25 menit = 240 menit + 25 menit = 265 menit

Selanjutnya, kita mencari kelipatan 30 terbesar yang lebih kecil dari 265 menit = 265 / 30 = 8 5⁄6

Kelipatan 30 terbesar yang lebih kecil dari 265 adalah 8 x 30 = 240.

Karena dari menit ke-240 untuk menuju menit ke-265 (pukul 04:25) membutuhkan 25 menit, maka kita tinggal membutuhkan 5 menit lagi agar sampai pada kelipatan 30 menit pertama setelah pukul 04:25.

Perhatian: waktu 5 menit berasal dari 30 – 25 menit.


11. Jika 2a + b = 13 dan a + 2b = 11, berapa nilai dari (a + b)?

Penyelesaian:

Dengan menambahkan dua persamaan tersebut akan memberikan

2a + b = 13

a + 2b = 11 +

3a + 3b = 24

Nilai tersebut semuanya dibagi 3, sehingga nilai dari a + b = 8.


12. Tentukan banyaknya bilangan bulat yang habis dibagi 12 dari 2000 – 2003!

Penyelesaian:

Kata kunci dari soal itu adalah yang habis dibagi. Jika ada bilangan yang habis dibagi itu berarti bilangan itu bisa dicari dengan menggunakan konsep kelipatan yang selalu didapat di SD mulai dari kelas 4. 

Nah, dalam untuk menemukan jawabannya carilah bilangan diantara 2000 s.d 2003 itu dengan konsep kelipatan. 

Contoh simpel: 36 itu adalah kelipatan 12 sebab 36 adalah habis dibagi 12 yang hasilnya adalah 3. Bisa juga 3 x 12 = 36.


13. Pak Gatot memberikan uang kepada istrinya sebesar Rp 240.000. Dua pertiga dari uang yang masih dimiliki Pak Udin diberikan kepada anaknya. Jika sisa uang Pak Gatot sekarang Rp. 195.000 berapa rupiahkah uang yang dimiliki Pak Gatot pada mulanya?

Penyelesaian:

Soal ini bermain pada perkalian pecahan yang sedikit dimodif untuk bisa berpikir lebih kritis lagi. 2/3 diberikan pada anak itu artinya 1/3 lagi adalah sisanya yang Rp. 195.000. Jadi dari 1/3 itulah kita dapat mencari jawabannya.


14. Ade dan Tomi sedang membicarakan uang mereka. Kata Ade, “kalau kamu memberi aku Rp 1000, uang kita akan sama banyak”. Tomi membalas, “kalau kamu memberi aku Rp 1000, uangku akan menjadi dua kali uang kamu”. Berapa banyakkah uang meraka keseluruhannya?

Penyelesaian:

Disini perlu pemikiran yang lebih dalam menganalisa soal. Pakaialah logika berpikir untuk memecahkannya. Misalkan kita andaikan uang Ade adalah Rp. 2000 tentunya uang Tomi harus Rp. 4.000. Ada selisih 2 x kenapa? Karena ang Tomi jika diberikan ke Ade harus sama.

Tetapi harus juga ada timbal baliknya ketika Ade yang memberikan uang, Uang Tomi besarnya 2 kali lipat dari uang Ade. Dengan penerapan seperti itu sampai ditemukan yang benar-benar pas sesuai soal dan itulah jawabannya.


15. Pada Pesta kemenangan olimpiade matematika SD semua anak mendapatkan permen. Kalau setiap anak mendapat 5 permen, akan ada sisa 10 permen. Kalau setiap anak mendapat 6 permen, akan ada kurang 2 permen. Ada berapa banyak permen yang tersedia di pesta olimpiade matematika tersebut?

Penyelesaian:

Soal ini sebenarnya hampir mirip dengan soal no 4 hanya saja lebih dituntut untuk berpikir yang kreatif saja.

Misalkan : banyak anak yang ada adalah 8 orang maka akan menjadi

8 x 5 = 40, maka 40 + 10 = 50

8 x 6 = 48, maka 48 – 2 = 46

Jika banyak anak adalah 9 orang

9 x 5 = 45, maka 45 + 10 = 55

9 x 6 = 54, maka 54 - 2 = 52

Jika banyak anak adalah 10 orang

10 x 5 = 50, maka 50 + 10 = 60

10 x 6 = 60, maka 60 – 2 = 58

Sekarang lihatlah pola selisihnya antara pernyataan 1 dengan yang ke-2 di setiap orang yang sama.

Untuk orang yang jumlahnya 8 selisih hasil 4, orang yang jumlahnya 9 selisih hasil 3, dan orang yang jumlahnya 10 selisih hasil adalah 2.

Dengan memperhatikan hal itu maka jawabannya nanti adalah apabila selisih hasil adalah 0 (nol)


16. Tentukan nilai dari 10² – 9² + 8² – 7² + 6² – 5² + 4² – 3² + 2² – 1².

Penyelesaian:

10² – 9² + 8² – 7² + 6² – 5² + 4² – 3² + 2² – 1²

= (10-9)(10+9) + (8-7)(8+7) + (6-5)(6+5) + (4-3)(4+3) + (2-1)(2+1)

= 1(10+9) + 1(8+7) + 1(6+5) + 1(4+3) + 1(2+1)

= 10+9+8+7+6+5+4+3+2+1

= 55


17. Jeff, Gareth and Ina mempunyai hari ulang tahun yang sama. Gareth satu tahun lebih tua dari Jeff, dan Ina dua tahun lebih tua dari Gareth. Pada tahun ini, jumlah umur ketiganya adalah 118. Berapa umur Gareth sekarang?

Penyelesaian:

Misalkan umur Gareth sekarang G tahun. Kemudian umur Jeff adalah (G – 1) tahun dan umur Ina adalah (G + 2) tahun.

Diketahui jumlah umur mereka adalah 118 sehingga (G – 1) + G + (G + 2) = 118

G = 39

Jadi, umur Gareth sekarang adalah 39 tahun.


18. Berat sebuah kotak kecil, dua kotak sedang, dan sebuah kotak besar bersama-sama adalah 10 kg. Berat satu kotak kecil, dua kotak sedang, dan dua kotak besar bersama-sama adalah 15 kg. berapa berat dua kotak kecil dan empat kotak sedang bersama-sama?

Penyelesaian:

Untuk soal ini buatlah ilustrasi dengan menggunakan kalimat matematika. Misalkan : 1 KK + 2KS + 1 KB = 10 kg dan pembandingnya adalah 1 KK + 2KS + 2 KB = 15 kg. Dengan membuat seperti itu maka jawaban sudah didepan mata.


19. Urutan bilangan 9, 18, 27, 36, 45, 54, … memiliki faktor perkalian 9. Urutan ini kemudian dikalikan dengan –1 dengan urutan tertentu sehingga menghasilkan urutan bilangan yang baru yaitu –9, 18, –27, 36, –45, 54, ...

Jika penjumlahan n pertama menghasilkan nilai 180, tentukan nilai n!

Penyelesaian:

Bagian dari deret tersebut dipasangkan dengan mengkombinasikan setiap bilangan ganjil sebagai contoh, kita mengkombinasikan 1 dan 2, 3 dan 4, 5 dan 6, dan seterusnya.

Penjumlahan setiap pasangan bilangan tersebut adalah 9.

Jadi, kita memerlukan 20 pasangan bilangan ini untuk menghasilkan nilai 180 dimana 2x 20 atau n = 40.


20. Tentukan semua bilangan nyata b pada (b + 3) (b – 6) = -14 !

Penyelesaian:

Karena (b + 3) (b – 6) = -14, maka b² – 3b – 18 = -14 atau b² – 3b – 4 = 0.

Dengan memfaktorkan, kita mendapatkan (b-4)(b+1) = 0, 

sehingga b = 4 atau b = 1.


Demikianlah teman-teman, terkait beberapa contoh Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) matematika SD beserta Kunci Jawaban untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

Kesimpulan: Semua soal dan jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar dan siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman.()


Tag: soal osn matematika sd dan pembahasannya pdf,download soal osn matematika sd dan pembahasannya,download soal olimpiade matematika sd dan kunci jawabannya pdf 2022,download soal olimpiade matematika sd 2022 pdf,download soal olimpiade matematika sd pilihan ganda,soal osn matematika sd pdf,soal osn matematika sd 2022,soal osn matematika sd tingkat kecamatan pdf,