Contoh Soal OSN Matematika SD/MI Beserta Kunci Jawaban

soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban pdf,download soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban,download soal olimpiade ipa sd 2022,soal olimpiade ipa sd dan pembahasannya,soal olimpiade ipa sd 2022 pdf,soal osn ipa sd pdf,soal osn ipa sd tingkat nasional,soal osn ipa sd tingkat provinsi,Soal OSN IPA SD MI,Soal OSN IPA SD MI Lengkap Kunci Jawaban, soal osn sd matematika,soal osn sd ipa,soal osn sd pdf,download soal osn sd,download soal osn matematika sd,soal olimpiade matematika sd dan pembahasannya pdf,soal osn matematika sd tingkat kecamatan dan kunci jawaban,soal osn matematika sd tingkat nasional,
Contoh Soal OSN Matematika SD/MI Beserta Kunci Jawaban

Layarmaya.id - Halo teman-teman? Tetap semangat dan sehat selalu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa Kumpulan Contoh Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD/MI beserta Kunci Jawaban untuk teman-teman tercinta.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. Meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Adapun Kumpulan Contoh Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD/MI beserta kunci jawaban, merupakan persiapan contoh Latihan soal persiapan jelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SD/MI Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Penting terlebih dahulu bahwa, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Disarankan teman-teman untuk perbanyak berlatih butir soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD/MI untuk persiapan jelang OSN Tingkat Kabupaten Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.


Oke langsung saja! inilah Contoh Kumpulan Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD/MI:

1. 27^2 + 27^2 + 27^2 =.....( tanda ^ dibaca pangkat)

KUNCI JAWABAN : 37 atau 2187.

PEMBAHASANNYA:









2. Harga sepotong kue turun dari Rp300,00 menjadi Rp250,00. Dengan uang Rp15.000,00. Berapa potong kue lebih banyak yang dapat dibeli? 

KUNCI JAWABAN : 10 buah.

PEMBAHASANNYA:

Banyak kue saat harga Rp300,00 yaitu 15.000 : 300 = 50

Banyak kue saat harga Rp250,00 yaitu 15.000 : 250 = 60

Jadi selisih kue yaitu 60 – 50 = 10

Jadi 10 potong kue lebih banyak yang dapat dibeli


3. Di dalam suatu lingkaran yang berjari-jari 12 cm dibuat persegi ABCD, segingga titik sudut persegi tersebut berada pada lingkaran. Luas persegi ABCD adalah?

KUNCI JAWABAN : 72 cm2.

PEMBAHASANNYA:

Diagonal persegi ABCD sama dengan diameter lingkaran yaitu 12 cm.

Sehingga luas persegi yaitu

½ x diagonal x diagonal

½ x 12 x 12

6 x 12

72 cm2 ( dibaca centimeter persegi)


4. Rata-rata sebelas bilangan adalah 8. Satu diantara sebelas bilangan tersebut dibuang. Rata-rata sepuluh bilangan yang tinggal adalah 8½. Bilangan yang dibuang adalah?

KUNCI JAWABAN : 3.

PEMBAHASANNYA:

Jumlah 11 bilangan dengan rata-rata 8 yaitu 11 x 88 = 88

Jumlah 10 bilangan dengan rata-rata 8,5 yaitu 10 x 8,5 = 85

Sehingga bilangan yang dibuang yaitu 88 – 85 = 3

Jadi bilangan yang dibuang adalah 3


5. Dua puluh pasang suami istri mengikuti suatu pesta. Mereka kemudian berjabat tangan satu sama lain. Namun demikian setiap pasang suami istri tidak pernah berjabat tangan, maka banyaknya jabatan tangan yang terjadi adalah?

KUNCI JAWABAN : 760 jabatan tangan.

PEMBAHASANNYA:

Dua puluh pasangan suami istri sama dengan 2 x 20 atau 40 orang

Banyak jabatan tangan dari 40 orang yaitu

½ x 40 x (40 – 1)

20 x 39

780

Jika setiap pasang suami istri tidak berjabattangan maka jabatan tangan yang terjadi yaitu 780 – 20 = 760 jabatan tangan.


Jadi, itulah teman-teman beberapa Kumpulan Contoh Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika SD/MI Lengkap Kunci Jawaban untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

KESIMPULAN: Semua jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar, Siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman.()


Tag: soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban pdf,download soal osn ipa sd 2022 dan kunci jawaban,download soal olimpiade ipa sd 2022,soal olimpiade ipa sd dan pembahasannya,soal olimpiade ipa sd 2022 pdf,soal osn ipa sd pdf,soal osn ipa sd tingkat nasional,soal osn ipa sd tingkat provinsi,Soal OSN IPA SD MI,Soal OSN IPA SD MI Lengkap Kunci Jawaban, soal osn sd matematika,soal osn sd ipa,soal osn sd pdf,download soal osn sd,download soal osn matematika sd,soal olimpiade matematika sd dan pembahasannya pdf,soal osn matematika sd tingkat kecamatan dan kunci jawaban,soal osn matematika sd tingkat nasional,