KUMPULAN Soal OSN Matematika SD dan Kunci Jawaban

soal osn matematika sd dan pembahasannya pdf,download soal osn matematika sd dan pembahasannya,soal olimpiade matematika sd pdf,kumpulan soal osn matematika sd,download soal olimpiade matematika sd 2022 pdf,soal osn matematika sd tingkat kabupaten,soal osn matematika sd tingkat kecamatan dan kunci jawaban,download soal olimpiade matematika sd pilihan ganda,
Contoh Soal OSN Matematika Tingkat SD Lengkap Pembahasannya

Layarmaya.id - Apa kabar teman-teman berprestasi? Tetap semangat dan sehat selalu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Tingkat SD dan kunci jawaban untuk teman-teman sekalian.

KSN (Kompetensi Sains Nasional) awalnya bernama Olimpiade Sains Nasional disingkat (OSN). Namun sejak tahun 2020 yang lalu bersamaan dengan didirikannya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, maka OSN berubah nama menjadi KSN.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Supaya meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Nantinya! disini terdapat beberapa Contoh Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Tingkat SD dan kunci jawaban yang merupakan persiapan menjelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SD Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Kami anjurkan, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Penting bagi teman-teman untuk perbanyak berlatih butir Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika Tingkat SD dan kunci jawaban untuk persiapan jelang OSN Tingkat Kabupaten Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.

Matematika adalah salah satu mata pelajaran atau cabang ilmu yang kerap dilombakan termasuk dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) dari tingkat SD, SMP, SMA hingga Universitas. 

Adapun dari sejumlah contoh soal OSN Matematika SD dan kunci jawaban untuk Olimpiade bisa membuat teman-teman bisa paham akan rumus dan pertanyaan dari soal-soal.

Supaya teman-teman akan lebih memahami alasan pemakaian rumus dari soal OSN Matematika yang diprediksi muncul tiap tahunnya dan diharapkan tidak hanya menghafal soal.

Jadi, Disini Kami sediakan Link Download Contoh Soal OSN Matematika Tingkat SD Lengkap Pembahasannya, Silahkan teman-teman klik Link yang ada di bawah ini:

Soal OSN Matematika SD 

1. Rata-rata dari umur pekerja operasional adalah 29 tahun dan tidak ada yang melebihi 33 tahun. Jika total orangnya adalah 4 orang, berapa minimum umur pekerja termuda yang mungkin?

A. 15

B. 16

C. 17

D. 18

Jawaban: C


2. Anik, Dara, dan Ayu belanja ke pasar 12 hari sekali, 18 hari sekali, dan 14 hari sekali. Apabila ketiganya bertemu di pasar tanggal 16 Januari 2022, tanggal berapa lagi mereka akan bertem di pasar?

a. 27 September 2022

b. 24 September 2022

c. 23 September 2022

d. 25 September 2022

Jawaban: D


3. Rata - rata usia pegawai tata usaha adalah 29 tahun, tidak ada yang melebihi 33 tahun. Pada suatu kantor terdapat 4 orang pegawai, maka berapa nilai umur pekerja yang paling muda?

a. 15

b. 16

c. 17

d. 18

Jawaban: C 


4. Perangkat Desa Wonokembang akan membagikan beras kepada warganya.

Saat ini tersedia 560 karung dengan berat 60 kg.

Nantinya setiap orang akan diberikan masing - masing 35 kg dan diletakkan di dalam plastik.

Setiap satu kantung memiliki 50 buah plastik dengan harga Rp3.350 dan tidak bisa beli satuan.

Berapa minimum uang yang harus disiapkan?

a. Rp33.600

b. Rp63.650

c. Rp64.320

d. Rp67.200

Jawaban: D


5. Sebuah balok memiliki luas sisi 42 𝑐𝑚2, 32𝑐𝑚2, 84 𝑐𝑚2. Maka berapakah volumenya?

A. 56.448 𝑐𝑚2

B. 336 𝑐𝑚3

C. 18.816 𝑐𝑚3

D. 37.632 𝑐𝑚3

Jawaban: B


6. Pada gambar berikut, KLMO adalah sebuah trapezium dan 𝐾𝑀//𝐿𝑁 . Jika luas jajar genjang adalah 126 𝑐𝑚2. 

𝐾𝐿 = 14 𝑐𝑚, 𝑀𝑂 = 22 𝑐𝑚, berapakah luas segitiga LNO?

A. 99 𝑐𝑚2

B. 56 𝑐𝑚2

C. 36 𝑐𝑚2

D. 42 𝑐𝑚2

Jawaban: C


Bagi yang mau belajar lebih lagi terkait Soal OSN Matematika Tingkat SD, silahkan klik Link Download dibawah ini:

KLIK > DOWNLOAD


Demikianlah teman-teman, terkait beberapa kumpulan Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Matematika Tingkat SD dan kunci jawaban untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

Catatan: Semua jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar dan siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman.()


Tag:  soal osn matematika sd dan pembahasannya pdf,download soal osn matematika sd dan pembahasannya,soal olimpiade matematika sd pdf,kumpulan soal osn matematika sd,download soal olimpiade matematika sd 2022 pdf,soal osn matematika sd tingkat kabupaten,soal osn matematika sd tingkat kecamatan dan kunci jawaban,download soal olimpiade matematika sd pilihan ganda,