KUMPULAN Soal OSN Fisika SMA Lengkap Kunci Jawabannya

KUMPULAN Soal OSN Fisika SMA Lengkap Kunci Jawabannya

Layarmaya.id - Apa kabar teman-teman berprestasi? Tetap semangat dan sehat selalu, dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa KUMPULAN Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Fisika SMA Lengkap Kunci Jawaban Terbaru untuk teman-teman sekalian.

KSN (Kompetensi Sains Nasional) awalnya bernama Olimpiade Sains Nasional disingkat (OSN). Namun sejak tahun 2020 yang lalu bersamaan dengan didirikannya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) oleh Nadiem Makarim sebagai Mendikbud Ristek, maka OSN berubah nama menjadi KSN.

Apa manfaat ikut OSN? yaitu tujuan dari pada OSN beberapa diantaranya: Menumbuhkembangkan suasana kompetitif yang sehat di kalangan siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA. 

Supaya meningkatkan wawasan pengetahuan, kemampuan, kreatifitas serta menanamkan sikap disiplin serta kerja keras untuk menguasai ilmu pengetahuaan dan teknologi.

Nantinya! disini terdapat Kumpulan Soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) Fisika SMA Lengkap Kunci Jawabannya yang merupakan persiapan menjelang lomba OSN (Olimpiade Sains Nasional) SMA Tahun ini supaya lebih memudahkan teman-teman.

Kami anjurkan, alangkah baiknya teman-teman mencoba mengerjakan sendiri terlebih dahulu soal-soal yang ada dalam postingan ini. 

Penting bagi teman-teman untuk perbanyak berlatih butir Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Fisika SMA Lengkap Kunci Jawaban untuk persiapan jelang OSN Tahun ini supaya bisa mendapat pengalaman belajar.


SOAL OSN FISIKA SMA LENGKAP KUNCI JAWABAN

1. Seberkas cahaya jatuh tegak lurus pada kisi yang memiliki 5000 garis/cm dan sudut deviasi 30o. Panjang gelombang untuk orde terang kedua adalah ...

A. 2 x 10-5 cm

B. 2 x 10-6 cm

C. 5 x 10-5 cm

D. 5 x 10-6 cm

E. 5 x 10-4 cm

Jawaban: C


2. Seorang pelajar dengan massa 50 kg bergantung pada ujung sebuah pegas, yang membuat pegas bertambah 10 cm. Berapa tetapan pegas bernilai...

A. 500 N/m

B. 5 N/m

C. 50 N/m

D. 20 N/M

E. 5.000 N/m

Jawaban: E


3. Sebuah roket dengan berat w diluncurkan vertikal dari permukaan bumi. Jika R adalah jari-jari bumi, berat roket saat tepat berada pada ketinggian R dari permukaan bumi adalah ... N.

A. 4w

B. 2w

C. 0,5w

D. 0,25w

E. 0w

Jawaban: D


4. Taraf intensitas sebuah mesin adalah 60 dB (dengan acuan intensitas ambang pendengaran 10-12 Wm-2). Jika taraf intensitas di dalam ruang pabrik yang menggunakan sejumlah mesin itu adalah 80 dB, maka jumah mesin adalah...

A. 200

B. 140

C. 100

D. 20

E. 10

Jawaban: C


5. Sebuah bola bermassa 200 gram dipukul dari keadaan diam hingga meluncur dengan kecepatan 50 m/s. Jika waktu kontak antara pemukul dengan bola adalah 0,02 s, maka besarnya gaya yang dikerjakan pemukul tersebut adalah ... N.

A. 200

B. 250

C. 300

D. 400

E. 500

Jawaban: E


6. Jika suatu zat mempunyai kalor jenis tinggi, maka zat itu...

A. lambat mendidih

B. cepat mendidih

C. lambat melebur

D. lambat naik suhunya jika dipanaskan

E. cepat naik suhunya jika dipanaskan

Jawaban: D


7. Sebuah pegas dengan konstanta pegas sebesar 200 N/m disimpangkan dengan energi potensial sebesar 4,0 J. Besarnya pertambahan panjang pegas adalah...

A. 2 cm

B. 20 cm

C. 100 cm

D. 200 cm

E. 400 cm

Jawaban: B


8. Indeks bias udara besarnya 1, indeks bias air 4/3, dan indeks bias bahan suatu lensa tipis 3/2. Suatu lensa tipis yang kekuatan di udara 4 dioptri di dalam air menjadi...

A. 1 dioptri

B. 5/2 dioptri

C. 5/4 dioptri

D. 5/3 dioptri

E. 3/5 dioptri

Jawaban: A


9. Jika energi elektron atom hidrogen pada tingkat dasar - 13,6 eV, maka energi yang diserap atom hidrogen agar elektronnya tereksitasi dari tingkat dalam ke lintasan kulit M adalah...

A. 6,82 eV

B. 8,53 eV

C. 9,07 eV

D. 10,20 eV

E. 12,09 eV

Jawaban: E


Bagi teman-teman yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang SOAL OSN FISIKA SMA supaya bisa mengasah kemampuan untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini, Kami disini juga membagikan soal-soal yang bisa kalian download dan belajar sendiri dirumah.

Silahkan Klik Link Download yang kami sediakan di bawah ini:

Soal OSN Fisika I KLIK > DOWNLOAD 

Soal OSN Fisika II KLIK > DOWNLOAD

Soal OSN Fisika III KLIK > DOWNLOAD


Demikianlah teman-teman, terkait beberapa kumpulan Soal OSN (Olimpiade Sains Nasional) Fisika SMA Lengkap Kunci Jawaban untuk persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini.

Catatan: Semua jawaban diatas hanyalah contoh dan tidak mutlak, Hanya buat latihan persiapan Olimpiade Sains Nasional tahun ini dan merupakan panduan bagi orang tua dalam membantu proses belajar dan siswa bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Semoga Sukses ya teman-teman.()


Tag: soal olimpiade fisika sma pdf,100 soal olimpiade fisika sma,modul pembinaan olimpiade fisika sma,kumpulan soal osn fisika sma,pembahasan soal olimpiade fisika sma tingkat kabupaten,materi osn fisika sma,soal olimpiade fisika sma tentang kinematika,soal olimpiade fisika sma pilihan ganda,