Kumpulan 100 Soal Pretest PPG Kemenag 2023 dan Kunci Jawaban |
Layarmaya.id - Berikut kami bagikan kumpulan 100 soal pretest ppg kemenag 2023 terbaru dan kunci jawabannya.
Kumpulan 100 soal pretest ppg kemenag ini, bisa dipelajari oleh peserta yang mengikuti uska-ppg atau ujian seleksi kompetensi akademik pendidikan profesi guru daljab/madrasah dalam jabatan.
Kemenag menggelar program ppg yang salah satu tahap awalnya yaitu pre test. Pre test ini perlu dilakukan supaya bisa mengukur penguasaan tiap materi belajar bagi para calon peserta yang mengikutin program ini.
Adapun pengumuman terkait jadwal seleksi akademik ppg dalam jabatan sudah dirilis oleh direktorat ppg kemdikbut lewat laman resmi dan media sosial.
Ujian seleksi kompetensi ppg kemenag ini bisa menambah kualitas para guru.
Untuk para calon peserta yang akan mengikuti uska-ppg kemenag, perlu untuk mempersiapkan diri supaya bisa menjawab seluruh soal dengan mudah.
Disini kami akan membagikan kumpulan 100 soal pretest ppg kemenag 2023 terbaru disertai dengan kunci jawabannya.
KUMPULAN 100 SOAL PRETEST PPG KEMENAG
1. Komponen utama dalam pembelajaran adalah ...
a. Guru
b. Siswa
c. Kurikulum
d. Metode pembelajaran
Jawabannya: C
2. Pendidikan di Indonesia saat ini mengacu pada sistem ...
a. Sistem Pendidikan Nasional (SPN)
b. Sistem Pendidikan Negara (SPN)
c. Sistem Pendidikan Global (SPG)
d. Sistem Pendidikan Internasional (SPI)
Jawabannya: A
3. Di bawah ini yang tidak termasuk aspek pembelajaran yang penting adalah ...
a. Tujuan pembelajaran
b. Strategi pembelajaran
c. Media pembelajaran
d. Penilaian hasil belajar
Jawabannya: C
4. Sebuah metode pembelajaran yang mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan berpikir kritis adalah ...
a. Problem-based learning
b. Experiential learning
c. Collaborative learning
d. Mastery learning
Jawabannya: A
5. Kurikulum merupakan rencana ...
a. Pembelajaran di sekolah
b. Pembelajaran di luar sekolah
c. Pendidikan karakter di sekolah
d. Pendidikan karakter di luar sekolah
6. Sebuah strategi pembelajaran yang melibatkan berbagai macam teknik dan metode adalah ...
a. Cooperative learning
b. Direct instruction
c. Differentiated instruction
d. Problem-based learning
Jawabannya: C
7. Tujuan dari penilaian pembelajaran adalah untuk ...
a. Memberikan nilai pada siswa
b. Mengukur kemampuan siswa
c. Memberikan umpan balik pada siswa
d. Memberikan penilaian pada guru
Jawabannya: C
8. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk ...
a. Meningkatkan prestasi akademik siswa
b. Mengembangkan sikap dan nilai positif pada siswa
c. Menanamkan pengetahuan pada siswa
d. Meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa
Jawabannya: B
9. Dalam metode pembelajaran Experiential Learning, siswa diajak untuk ...
a. Membaca materi pelajaran dengan cermat
b. Mengerjakan tugas kelompok
c. Melakukan pengalaman langsung dalam belajar
d. Menyimak penjelasan dari guru
Jawabannya: C
10. Sebuah metode pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk saling bekerja sama dan belajar dari pengalaman adalah ...
a. Problem-based learning
b. Direct instruction
c. Cooperative learning
d. Differentiated instruction
11. Manfaat dari penggunaan media pembelajaran adalah ...
a. Meningkatkan motivasi belajar siswa
b. Meningkatkan konsentrasi siswa
c. Meningkatkan kreativitas siswa
d. Semua jawaban di atas benar
Jawabannya: D
12. Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup keterampilan berbahasa yang meliputi ...
a. Mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis
b. Membaca, menulis, mengeja, dan berbicara
c. Membaca, menulis, menghafal, dan mengeja
d. Berbicara, menulis, menghafal, dan mengeja
Jawabannya: A
13. Dalam pembelajaran, model pembelajaran problem-based learning (PBL) menekankan pada ...
a. Pembelajaran berdasarkan masalah atau permasalahan
b. Pembelajaran melalui pengalaman langsung
c. Pembelajaran yang dilakukan secara mandiri oleh siswa
d. Pembelajaran yang dilakukan melalui kolaborasi antara guru dan siswa
Jawabannya: A
14. Di bawah ini yang bukan termasuk jenis media pembelajaran adalah ...
a. Buku teks
b. Komputer
c. Video
d. Whiteboard
Jawabannya: D
15. Tujuan dari kurikulum adalah ...
a. Memberikan arah dalam pengembangan program pembelajaran
b. Menentukan kriteria penilaian hasil belajar
c. Mengembangkan keterampilan berkomunikasi siswa
d. Mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis
16. Dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang mengutamakan peran aktif siswa dalam pembelajaran adalah ...
a. Direct instruction
b. Cooperative learning
c. Problem-based learning
d. Experiential learning
Jawabannya: B
17. Salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa adalah dengan ...
a. Memberikan tugas yang sifatnya repetitif
b. Memberikan tugas yang sifatnya mengevaluasi
c. Memberikan tugas yang sifatnya kreatif
d. Memberikan tugas yang sifatnya memotivasi
Jawabannya: A
18. Di bawah ini yang termasuk dalam komponen penilaian hasil belajar adalah ...
a. Membaca
b. Menulis
c. Menghafal
d. Memahami
Jawabannya: A
19. Sebuah metode pembelajaran yang mengajarkan siswa untuk memahami konsep dasar sebelum mempelajari konsep yang lebih kompleks adalah ...
a. Direct instruction
b. Mastery learning
c. Cooperative learning
d. Experiential learning
Jawabannya: B
20. Di bawah ini yang bukan termasuk dalam aspek pembelajaran adalah ...
a. Metode pembelajaran
b. Strategi pembelajaran
c. Tujuan pembelajaran
d. Pendidikan karakter
21. Dalam kurikulum 2013, pembelajaran Bahasa Inggris juga meliputi keterampilan berbahasa yang meliputi ...
a. Mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis
b. Membaca, menulis, mengeja, dan berbicara
c. Membaca, menulis, menghafal, dan mengeja
d. Berbicara, menulis, menghafal, dan mengeja
Jawabannya: A
22. Dalam metode pembelajaran cooperative learning, siswa diajak untuk ...
a. Mengerjakan tugas secara mandiri
b. Berkomunikasi dan bekerja sama dalam kelompok
c. Menghafal informasi yang kurang relevan
d. Mencari informasi secara individual
Jawabannya: B
23. Di bawah ini yang termasuk dalam aspek-aspek pembelajaran adalah ...
a. Strategi pembelajaran dan pendidikan karakter
b. Tujuan pembelajaran dan pengembangan kurikulum
c. Pendidikan karakter dan pengembangan kurikulum
d. Tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran
Jawabannya: A
24. Salah satu tujuan dari pembelajaran adalah untuk mengembangkan keterampilan abad 21, yaitu ...
a. Keterampilan kognitif
b. Keterampilan sosial dan emosional
c. Keterampilan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
d. Keterampilan berbahasa
Jawabannya: C
25. Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (output) dan sasaran (target) yang harus di capai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman danLogan(Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah...
a. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.
b. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
c. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
d. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
26. Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah...
a. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
b. diskusi dan sharing diantara peserta didik
c. pembelajaran didominasi arahan dari guru
d. proses penyampaian materi secara verbal
Jawaban: B
27. Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKLberdasarkankesiapan siswa, tujuan pendidikannasional, dankebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain……
a.Tantangan internal dan Eksternal
b. Responsibility
c. Reinforced
d. Enriched
Jawaban: A
28. Kurikulum2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu……..
a. kurikulum harus mengandung hal-hal baru sehingga dapat membantu siswa untuk ,dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
b. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
c. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
d. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-matapelajaran
Jawaban: C
29. Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkanpemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum:
a. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
b. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
c. Menyeluruh dan berkesinambungan
d. Beragam dan terpadu
Jawaban: C
30. Dalam pembelajaran, metode pembelajaran yang memperkenalkan konsep secara umum dan kemudian diterapkan pada kasus-kasus yang konkret adalah ...
a. Direct instruction
b. Mastery learning
c. Cooperative learning
d. Experiential learning
31. Dalam kurikulum 2013, mata pelajaran Matematika mencakup keterampilan berpikir matematis yang meliputi ...
a. Kemampuan memecahkan masalah dan melakukan generalisasi
b. Kemampuan menghafal rumus dan definisi
c. Kemampuan menghitung dengan cepat
d. Kemampuan membuat grafik dan tabel
Jawabannya: A
32. Di bawah ini yang bukan termasuk dalam metode pembelajaran adalah ...
a. Problem-based learning
b. Cooperative learning
c. Pembelajaran langsung
d. Pengamatan
Jawabannya: D
33. Sebuah metode pembelajaran yang menekankan pada peran guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai pengambil inisiatif dalam pembelajaran disebut ...
a. Direct instruction
b. Mastery learning
c. Cooperative learning
d. Experiential learning
Jawabannya: D
34. Salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas siswa adalah dengan ...
a. Memberikan tugas yang sifatnya repetitif
b. Memberikan tugas yang sifatnya mengevaluasi
c. Memberikan tugas yang sifatnya kreatif
d. Memberikan tugas yang sifatnya memotivasi
Jawabannya: C
35. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia…
A. 0 - 2 tahun
B. 2 - 7 tahun
C. 7 - 11/12 tahun
D. 11/12/ - 14/15 tahun
36. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan....
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
Jawabannya: C
37. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
Jawabannya: A
38. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
A. kemampuan berkomunikasi
B. kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
Jawabannya: B
39. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian
Jawabannya: C
40. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
41. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
Jawabannya: A
42. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan…
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
Jawabannya: A
43. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ....
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
Jawabannya: C
44. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral…
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
Jawabannya: C
45. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan....
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
46. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
Jawabannya: A
47. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkahlangkah pembelajaran
Jawabannya: A
48. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
Jawabannya: C
49. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa.
Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
Jawabannya: A
50. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati.
Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
51. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut…
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan
Jawabannya: A
52. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
Jawabannya: B
53. Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
Jawabannya: A
54. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam…
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
Jawabannya: B
55. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut…
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, sÃntesis
56. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah…
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
Jawabannya: B
57. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
Jawabannya: C
58. Ciri-ciri kelas yang menggunakan pembelajaran CTL (Contectual Teaching Learning) adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
Jawabannya: D
59. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
Jawabannya: A
60. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah…
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
61. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Jawabannya: C
62. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut :
(1) Kompetensi dasar : Mengenal kegiatan bermusyawarah.
(2) Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah.
(3) Tujuan Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar.
Berdasarkan komponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan keterpaduan
Jawabannya: D
63. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam Pencapaian standar kompetensi…
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
Jawabannya: D
64. Berikut yang bukan termasuk karakteristik siswa abad 21…
A. Keterampilan belajar dan inovatif
B. Berfikir kritis
C. Keahlian literasi digital
D. Kemampuan berinteraksi
Jawabannya: D
65. Berikut merupakan pergeseran atau penyesuaian peran guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 kecuali…
A. Memiliki kebiasaan melakukan refleksi atau reflective practitioner
B. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri secara berkelanjutan
C. Mengubah paradigma dari professional teaching menjadi professional learning
D. Mengutamakan penilaian hasil belajar atau assessment for learning
66. Belajar mandiri berkelanjutan memiliki dimensi psikologis, pedagogis, dan dimensi sosial. Berikut ini secara berturut-turut merupakan indikator adanya ketiga dimensi tersebut dalam belajar mandiri adalah…
A. Memiliki kebebasan belajar, menghadiri forum ilmiah, dan tergantung kepada fasilitator
B. Mengisolasi diri secara fisik, melanjutkan sekolah, dan menentukan tujuan belajar sendiri
C. Memiliki kebebasan dalam belajar, aktif mengikuti diskusi ilmiah, dan menilai kemajuan belajarnya sendiri
D. Belajar berdasarkan tujuan yang ditetapkan, mengikuti kegiatan pembelajaran, dan meminta umpan balik dari fasilitator
Jawabannya: C
67. Seorang guru dapat mendefinisikan istilah dan pertimbangan definisi dalam tiga dimensi serta mengidentifikasi asumsi, hal tersebut tergolong kemampuan berfikir kritis dalam hal…
A. Membangun keterampilan dasar
B. Menyimpulkan
C. Memberikan penjelasan secara sederhana
D. Memberikan penjelasan lanjut
Jawabannya: A
68. Salah satu tujuan dari rancangan pembelajaran di abad 21, yang diharapkan dapat disusun oleh seorang guru adalah…
A. Mengembangkan potensi siswa melalui pemanfaatan teknologi berbasis komputer dan media online
B. Optimalisasi media berbasis online
C. Mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa
D. Mencapai hasil pembelajaran yang optimal
Jawabannya: A
69. Karakteristik siswa abad 21 harus memiliki keterampilan 4C, yaitu…
A. Communication, creativity, creation, critical thinking
B. Communication, collection, critical thinking, creativity
C. Collaboration, communication, creation, critical thinking
D. Communication, collaboration, critical thinking and problem solving, creativity and innovation
Jawabannya: D
70. Alasan utama mengapa pembelajaran abad 21 sebaiknya lebih berorientasi kepada pengembangan keterampilan belajar daripada mengajarkan pengetahuan adalah…
A. Pengetahuan faktual sudah usang dan tidak relevan dengan era abad 21
B. Perkembangan teknologi memungkinkan seluruh pengetahuan dipelajari
C. Tuntutan SDM masa depan yang memiliki kemampuan belajar mandiri
D. Abad 21 adalah era disrupsi dimana peran guru akan segera hilang
71. Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara....
A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran
B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuran saat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
Jawabannya: B
72. Berikut ini merupakan keterampilan global guru abad 21 kecuali…
A. Ahli menyusun perangkat pembelajaran
B. Keterampilan berfikir kritis dan kemampuan menyelesaikan masalah
C. Komunikasi dan kolaborasi, literasi media informasi, komunikasi, dan teknologi
D. Kreativitas dan inovasi
Jawabannya: A
73. Pernyataan yang tepat tentang RPP adalah ....
A. RPP merupakan rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih
B. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD)
C. Penyusunan RPP dilakukan oleh setiap pendidik pada satuan pendidikan setiap pergantian kurikulum
D. pernyataan A dan B benar
Jawabannya: D
74. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran
a. Behavioristik
b. Perenialisme
c. Humanisme
d. Esensialisme
e. Rekonstruksionisme
Jawaban: a
75. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah
a. Manusia merupakan makhluk otonom
b. Pribadi yang berkembang dan berakal
c. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
d. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
e. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan
76. Pengertian landasan dibagi dua, yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah
a. Kurikulum dan silabus
b. Pancasila dan UUD 1945
c. Kerangka berfikir
d. Desain bangunan
e. Tujuan pendidikan
Jawaban: b
77. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas perkembangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan
a. Psikologi pendidikan
b. Sosiologi pendidikan
c. Religi pendidikan
d. Ekonomi pendidikan
e. Ilmu pengetahuan dan Teknologi
Jawaban: a
78. Sila pertama Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan contoh
a. Landasan yuridis
b. Landasan psikologis
c. Landasan religius
d. Landasan sosiologis
e. Landasan historis
Jawaban: c
79. Suatu perbuatan oleh orang tertentu dengan syarat-syarat tertentu mempergunakan
peralatan yang tidak lazim. Untuk menimbulkan efek jahat dalam diri orang lain yang menjadi korbannya disebut...
a. Karomah
b. Mu’jizat
c. Sihir
d. Ma’unah
e. Istidroj
Jawabannya: C
80. Mukjizat Nabi Ibrahim yang tidak terbakar oleh api ketika dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud termaksud...
a. Mukjizat material indrawi (hissi)
b. Mukjizat ma’nawi (immaterial dan logis)
c. Mukjizat al-karomah
d. Mukjizat al-hikmah
81. Sesuatu kejadian dalam hidup seseorang yang tidak menyalahi tradisi, kejadiannya sesuai dengan kebiasaan yang umum atau bahkan lazim berlaku, hal tersebut merupakan ketidaksesuaian unsur utama mukjizat yang berbunyi...
a. Jabalul Ardi
b. Khariqun Lil ‘Adah
c. Khariqun Lil Adl
d. Khalidun Fil Amr
e. Kholifatul Lil Ard
Jawabannya: B
82. Di dalam kitab Al Hikam, jika seorang hamba bisa berjalan di atas air, maka bisa jadi dia telah mendapatkan...
a. Karomah hissyah
b. Karomah ma’nawiyah
c. Karomah Al hikmah
d. Karomah L insiyah
Jawabannya: A
83. Maryam binti Imran yang selalu tersaji di dalam mihrabnya makanan, yang bertentangan dengan musim tanamnya, maka dia sebenarnya telah mendapatkan yang disebut...
a. Mukjizat
b. Karomah
c. Hikmah
d. Ma’unah
Jawabannya: B
84. Naluri kebapakan dan keibuan akan tumbuh dan berkembang dalam menaungi anak masa kanak-kanak serta tumbuhnya rasa kasih sayang. Semua kelebihan itu tidak akan sempurna tanpa adanya tali pernikahan Pernyataan di atas jika dikaitkan dengan pernikahan dapat diposisikan sebagai…..
a. Rukun pernikahan
b. Syariat pernikahan
c. Hikmah pernikahan
d. Syarat pernikahan
Jawabannya: C
85. Kerja sama antara pemilik modal dengan pihak pelaksana dalam sistem bank islam disebut dengan.....
a. Mudharabah
b. Wadiah
c. Musyarakah/syirkah
d. Murabahah
86. Di antara usaha bank Syariah menggunakan akad sebagai berikut.....
a. Akad haukah
b. Akad istizhna’
c. Akad murabahah
d. Akad wadhi’ah
e. Akad mudharabah
Jawabannya: E
87. Mukjizat Nabi Ibrahim yang tidak terbakar oleh api ketika dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud termasuk...
a. Mukjizat material indrawi (hissi)
b. Mukjizat ma’nawi (immaterial dan logis)
c. Mukjizat al-karomah
d. Mukjizat al-hikmah
Jawabannya: A
88. Termasuk ciri-ciri sihir adalah sebagai berikut kecuali...
a. Sihir bersumber dari orang-orang munafik
b. Sihir bersumber dari orang yang fasik dan kafir
c. Sihir muncul dengan adanya usaha yang memang diusahakan
d. Sihir diwujudkan untuk menghancurkan orang lain
Jawabannya: A
89. Berikut ini undang-undang baru yang digunakan sebagai acuan hukum pengelolaan zakat adalah.....
a. UU No. 22 tahun 2011
b. UU No. 21 tahun 2011
c. UU No. 23 tahun 2011
d. UU No. 24 tahun 2011
Jawabannya: C
90. Di dalam kitab Al Hikam, jika seorang hamba bisa berjalan di atas air, maka bisa jadi dia telah mendapatkan...
a. Karomah hissyah
b. Karomah ma’nawiyah
c. Karomah Al hikmah
d. Karomah Al insiyah
91. Siapakah pihak yang paling berperan dalam zakat produktif?
a. Muzakki selaku yang memberi modal
b. Masyarakat lingkungan mustahiq
c. Kreatifitas mustahiq untuk menjadikan zakat sebagai modal yang terus dikembangkan
d. Jawaban a, b, dan c benar
Jawabannya: C
92. Titipan uang, barang dan surat-surat berharga dalam sistem bank islam disebut.....
a. Mudharabah
b. Wadiah
c. Musyarakah/syirkah
d. Murabahah
Jawabannya: B
92. Cara-cara yang ditempuh oleh bank islam dalam upaya pengganti sistem bunga kecuali.....
a. Mudharabah
b. Wadiah
c. Musyarakah/syirkah
d. Mukhbaroh
Jawabannya: D
93. Untuk menikah menurut ajaran islam calon suami harus memenuhi syarat-syarat tertentu diantaranya adalah.....
a. Kehendak calon istri
b. Tidak cacat jasmaninya
c. Bukan muhrimnya
d. Mempunyai harta yang banyak
e. Belum mempunyai istri
Jawabannya: C
94. Giro dan tabungan dalam bank syariah yang menggunakan prinsip bahwa penerima
titipan boleh memanfaatkan barang titipan tersebut dengan seizin pemiliknya dan menjamin untuk mengembalikan titipan tersebut secara utuh saat pemilik menghendakinya. Dalam prinsip ini nasabah memperoleh keuntungan dalam bentuk.....
a. Bonus tanpa akad yang perjanjian yang mengikat sebelumnya
b. Fee
c. Ujrah
d. Bagi hasil
e. Zakat
Jawabannya: B
95. Orang yang berhak mendapat harta zakat disebut.....
a. Amil
b. Muzakki
c. BAZNAS
d. Mustahiq
96. Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
a. Tahap sensori motorik
b. Tahap pra operasional
c. Tahap operasional konkrit
d. Tahap operasional konkrit
Jawaban: B
97. Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensipragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan...
a. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
b. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
c. Kecerdasan Ruang (spatial)
d. Kecerdasan Gerak Tubuh
Jawaban: A
98. Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan...
a. pengayaan materi pelajaran
b. refleksi
c. latar belakang peserta didik
d. tes awal(pre-test)
Jawaban: D
99. Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criteri on referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criteri on referenced adalah...
a. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.
b. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
c. Menganalisis kemampuan peserta didik
d. Menghimpun siswayang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya)
Jawaban: C
100. Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus...
a. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
b. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam matapelajaran yang diampu.
c. Menggunakan strategi pembelajaran
d. Hanya menggunakan teknik pembelajaran
Demikianlah terkait kumpulan 100 soal pretest ppg kemenag 2023 dan kunci jawaban yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar. Semoga bisa membantu.
Tag:
soal ppg kemenag 2023 pdf,
soal pretest ppg kemenag 2023,
download soal ppg kemenag 2023 dan kunci jawaban pdf,
soal ppg kemenag 2023 matematika,
soal ppg kemenag 2023 guru kelas mi,
contoh soal ppg kemenag 2023 matematika,
soal ppg kemenag 2023 bahasa indonesia,
soal ppg kemenag 2023 ips,