Kumpulan 50 Soal P3K Kompetensi Teknik Guru Lengkap Jawaban

soal kompetensi teknis pdf,  kumpulan soal p3k guru dan jawabannya,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  download soal p3k guru pjok sd,  100 soal p3k,  download soal p3k guru sd pdf,  kumpulan soal p3k guru sd dan jawabannya,  soal pppk pjok pdf,
Kumpulan 50 Soal P3K Kompetensi Teknik Guru Lengkap Jawaban

Layarmaya.id - Apa kabar sahabat pppk, Dalam postingan ini akan kami bagikan kumpulan 50 soal tes PPPK atau CPNS terbaru tahun ini.

Terkait kumpulan 50 soal yang dirangkum dalam artikel ini, merupakan soal dari kisi-kisi tes PPPK serta CPNS, dalam setiap pertanyaan telah disertai dengan kunci jawaban. 

Sehingga kalian dapat mengoreksi hasil belajar sendiri, perbanyak latihan soal untuk mempersiapkan diri menghadapi tes PPPK serta CPNS khususnya terkait Kompetensi Teknis seorang guru.

Penting pula, kalian Cermati setiap pertanyaan yang ada selanjutnya berikan jawaban terbaikmu. Selain belajar dari soal-soal yang ada disini, silakan cari referensi lainnya. 

Karena, semakin banyak referensi yang kalian baca atau kerjakan maka semakin siap menghadapi tes PPPK. Berikut Kumpulan 50 soal p3k teknis guru:


SOAL PPPK KOMPETENSI TEKNIS GURU 

1. Pernyataan berikut yang berkenaan dengan rasional pengembangan kurikulum 2013, kecuali....

A. Memadatkan kurikulum sebelumnya agar capaian kompetensi siswa lebih kaya dan luas

B. Capaian di TIMSS dan PISA tidak menggembirakan

C. Adanya perkembangan penduduk usia produktif Indonesia yang membutuhkan kompetensi dan keterampilan yang memadai

D. Tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 standar nasional pendidikan

JAWABAN: A


2. Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes adalah ....

A. Sejarah tokoh masyarakat Jawa

B. Sumber buku paket

C. Gambar peta dan globe

D. Video kisah Kenarok dan Kendedes

JAWABAN: D


3. Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:

A. Mengulang kembali bahan yang diajarkan

B. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami

C. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa

D. Membantu setiap siswa yang mengalami kesulitan

JAWABAN: D 


4. Insting : naluri = .......

A. Relative : hamper

B. Inspirasi : ilham

C. Instruksi : instruktur

D. Remang: gelap

JAWABAN: B


5. Sinonim dari kata MADAR adalah....

A. Tidak berperasaan

B. Nasihat dari ulama

C. Sejenis pantun

D. Tembok di atas menara-menara

JAWABAN: A


6. Berikut ini merupakan karakteristik soal HOTS, kecuali….

A. Non-algoritmik, kompleks, diperoleh berbagai solusi, melibatkan ketidakpastian

B. Soal non-rutin, kontekstual, melibatkan antar disiplin ilmu, kontekstual

C. Selalu soal cerita, bukan pilihan ganda, soal terbuka, dan bentuk komputasi

D. Melibatkan proses kognitif dasar untuk menggeneralisasi dan mengorganisasi informasi, keterampilan analisis dan sintesis, serta proses kreativitas dan evaluasi

JAWABAN: D


7. Dalam proses belajar mengajar, Bu Dini menyampaikan kepada siswa bahwa dalam pembelajaran tersebut Bu Dini akan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, Bu Dini juga menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan. Rancangan kegiatan pembelajaran di RPP-nya berada tahap….

A. Pendahuluan

B. Inti

C. Penutup

D. Pengayaan

JAWABAN: A


8. Sinonim dari kata PERESTROIKA adalah....

A. Penataan kembali

B. Pelabelan produk

C. Aturan main

D. Sentuhan tradisional

JAWABAN: A


9. Untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran, dapat mengacu pada rumusan….

A. kompetensi dasar

B. standar kompetensi

C. indikator

D. metode pembelajaran

JAWABAN: A


10. Pak Joko telah melaksanakan pembelajaran topik barisan dan deret, dan ia mendapatkan cukup banyak siswa yang belum dapat mengidentifikasi konsep tersebut pada situasi nyata dari refleksi proses pembelajaan dan hasil tes formatif. Bagaimana refleksi yang perlu dilakukan Pak Joko untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya?

A. Melakukan remidi tes formatif dengan soal berbeda

B. Mengulang pembelajaran barisan dan deret bagi yang kesulitan

C. Menerapkan strategi pembelajaran dikaitkan situasi nyata

D. Menggunakan alat peraga barisan dan deret

JAWABAN: C


11. Kebalikan dari FILANTROPI adalah….

A. Ringan tangan

B. Kikir

C. Cekatan

D. Kekuatan

JAWABAN: B


12. Etika Pancasila adalah …..

A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan

B. Keagamaan, social dan kerakyatan

C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan

D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan

JAWABAN: A


13. Dibawah ini merupakan contoh akan adanya dampak dari keyakinan pada kemampuan diri seorang peserta didik, yaitu....

A. Andi dapat menyelesaikan tugasnya dengan bantuan orang tua.

B. Budi merasakan sakit perut karena akan mengikuti tes.

C. Carlos merasakan pusing setelah mengerjakan tugas yang diberikan guru

D. Dendi menangis setelah berantem dengan agus untuk berebut mengerjakan tugas.

JAWABAN: B


14. Manakah di antara pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan kompetensi inti….

A. Kompetensi inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi kompetensi dasar

B. Semua kompetensi inti harus dicapai melalui pembelajaran langsung

C. Kompetensi inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan

D. Kompetensi inti dapat dicapai melalui proses pembelajaran intrakulikuler, kokulikuler, dan/ atau ekstrakurikuler

JAWABAN: B


15. Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/gangguan belajar dalam hal ....

A. kesulitan akademis

B. gangguan simbolik

C. gangguan nonsimbolik

D. gangguan sosial

JAWABAN: B


16. Upaya guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....

A. menentukan kriteria keberhasilan belajar

B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

D. merencanakan pengajaran remidi

JAWABAN: C


17. Merancang berbagai kegiatan menulis di kelas tinggi

Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....

A. Menulis tentang berbagai topik

B. Menulis pengumuman

C. Menulis pantun

D. Menulis memo

JAWABAN: C


18. Tolak ukur dari Kompetensi Dasar yang dipelajari siswa sehingga muatan kemampuan yang ada di dalamnya harus sejalan dengan muatan kemampuan pada Kompetensi Dasar. Komponen yang dimaksud adalah....

A. Kompetensi Inti

B. Kompetensi Dasar

C. Indikator Pencapaian Kompetensi

D. Tujuan Pembelajaran

JAWABAN: C


19. Penggunaan huruf kapital di bawah ini yang benar adalah....

A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman

B. Presiden jokowi berkunjung ke blora.

C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma

D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.

JAWABAN: C


20. Yang merupakan kalimat petunjuk adalah…

A. Minumlah obat ini setelah makan!

B. Aduh, aku lupa membawa obat maag!

C. Benarkah rumah Pak Ahmad bercat hijau?

D. Alangkah indahnya pemandangan di desa ini!

JAWABAN: A


21. Dalam menerapkan strategi pembelajaran berbasis multiple intelegensi, ada langkah-langkah yang dapat digunakan antara lain....

A. Membuat kebijakan baru mengenai strategi pembelajaran

B. Mengkaji Kembali apa yang telah dipelajari oleh peserta didik

C. Memberdayakan semua intelegensi yang dimiliki peserta didik.

D. Menyediakan fasilitas yang lengkap untuk semua jenis kecerdasan

JAWABAN: C


22. Kehangatan dan keantusiasan, kebermaknaan dan menghindari penggunaan respon negatif adalah bagian dari ….

A. Tujuan motivasi

B. Tujuan mengadakan penguatan

C. Komponen-komponen mengadakan penguatan

D. Prinsip penggunaan penguatan

JAWABAN: D


23. Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat…….

A. jujur dan adil

B. mengikat dan memaksa

C. sementara dan selamanya

D. sebenarnya dan sejujunya

JAWABAN: B


24. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

A. memberikan penilaian menyeluruh terhadaptugas-tugas peserta didik

B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik

C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

D. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalammemahami pokokbahasan tertentu dankemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi

JAWABAN: C


25. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

A. 0 - 2 tahun

B. 2 -- 7 tahun

C. 7 -- 11/12 tahun

D. 11/12/ -- 14/15 tahun

JAWABAN: C


26. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan

A. sosial-emosional

B. kognitif

C. moral

D. spritual

JAWABAN: A


27. Berikut ini adalah bentuk diferensiasi proses pembelajaran….

A. Menyediakan alat peraga sesuai kemampuan siswa

B. Menggunakan bahan ajar yang beragam

C. Menggunakan bahasa teknis sesuai kemampuan siswa

D. Membentuk kelompok kecil

JAWABAN: A


28. Kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk suatu mata pelajaran maupun kompetensi dalam mata pelajaran tertentu harus dimiliki oleh peserta didik disebut.....

A. Kompetensi Dasar

B. Standar Kompetensi

C. Indikator

D. Kompetensi Lulusan

JAWABAN: B


29. Tujuan utama pengembangan keprofesian lanjutan adalah untuk….

A. Menambah pengalaman penelitian dan publikasi

B. Meningkatkan mutu pengelolaan pembelajaran

C. Meningkatkan karir jabatan profesi guru

D. Meningkatkan profesionalitas guru

JAWABAN: D


30. Salah satu contoh kegiatan guru dalam kegiatan elaborasi dalam komunikasi pembelajaran dengan para siswa, yaitu....

A. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupunhadiah terhadap keberhasilan peserta didik.

B. Menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

C. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.

D. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

JAWABAN: B


31. Dalam mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, harus 

memperhatikan….

A. substansi, konstruksi, bahasa

B. substansi, konstruksi, validitas, skor

C. substansi, bahasa konstruksi, skor

D. substansi, validitas, bahasa, reliabilitas

JAWABAN: A


32. Ada beberapa tahap yang harus dilalui oleh seorang guru pada waktu mengembangkan strategi pembelajaran. Salah satunya adalah guru menetapkan ataupun merumuskan tujuan untuk mengukur keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Apakah yang dapat dilakukan oleh guru tersebut pada 

tahapan pengembangan ?

A. Kurikulum

B. Kerangka pembelajaran

C. Sistem Pembelajaran

D. Rencana Pembelajaran

JAWABAN: A


33. Pernyataan terkait komponen Tujuan Pembelajaran pada RPP berikut ini yang tidak tepat adalah ….

A. Dirumuskan berdasarkan KD

B. Menggunakan kata kerja operasional

C. Mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

D. Setara indikator pencapaian kompetensi

JAWABAN: D


34. MENCUNGAP sepadan dengan kata....

A. Menguap

B. Tertutup

C. Mengantuk

D. Ternganga

JAWABAN: D


35. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara:

A. pemberian penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

B. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa

C. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru 

dan rekan siswa dalam satu album sebagai bukti hasil belajar

D. mengumpulkan gambaran hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami 

pokok bahasan tertulis dan kemudian diberikan pengayaan dan remedial

JAWABAN: C


36. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan 

informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….

A. mengemukakan gagasan

B. mengaktualisasikan diri

C. penciptaan hubungan yang baik

D. menformulasikan tindakan

JAWABAN: C


37. Seorang guru mengelola proses pembelajaran Matematika SMP dengan fokus tujuan mata pelajaran yang hendak dicapai adalah “mengembangkan penalaran”. Pengalaman belajar siswa yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah....

A. Membuktikan teorema Pythagoras dan tripel Pythagoras

B. Menentukan luas permukaan bangun balok

C. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel dengan teorema kesetaraan

D. Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang koordinat Kartesius

JAWABAN: A


38. Pengamatan pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian?

A. Kinerja

B. Produk

C. Portofolio

D. proyek

JAWABAN: D


39. Undang-undang yang mengatur tentang system Pendidikan nasional adalah.....

A. Undang-undang RI Nomor 9 Tahun 2003

B. Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2003

C. Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003

D. Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2003

JAWABAN: C


40. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:

A. memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai.

D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya yang memiliki kesulitan tinggi

JAWABAN: D


41. Perhatikan petunjuk berikut!

(1) Pecahkan telur dan masukkan isinya ke dalam minyak yang telah panas dengan hati-hati!

(2) Siapkan telur secukupnya!

(3) Angkat dan tiriskan setelah matang atau sesuai selera!

(4) Panaskan minyak atau margarin di atas penggorengan!

Urutan pembuatan petunjuk membuat telur mata sapi yang tepat adalah…

A. (2), (3), (1), (4)

B. (2), (4), (1), (3)

C. (4), (2), (3), (4)

D. (4), (3), (2), (1)

JAWABAN: B


42. Pada waktu mengajar, guru memberikan hadiah ataupun pujian kepaada peserta didik yang berhasil menjawab atau menyelesaikan sebuah soal. Dalam perihal ini guru menerapkan teori belajar

A. Clasical Conditioning

B. Connectionesm

C. Behaviorism

D. Operant Conditioning

JAWABAN: B


43. Pemberian umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu jenis umpan balik jika siswa homogen adalah...

A. Representative feedback

B. Comulative feedback

C. Quantitative feedback

D. Institutionalized feedback

JAWABAN: B


44. Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:

A. memberi contoh penting toleransi

B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa

C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

D. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

JAWABAN: B


45. Berikut ini adalah implikasi perkembangan kepribadian siswa dalam pembelajaran, kecuali ….

A. Materi dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari

B. Guru menjadi model bagi siswa

C. Penanaman nilai-nilai religius dan moral

D. Metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa

JAWABAN: B


46. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

A. kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. kemampuan berinteraksi

D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

JAWABAN: B


47. Berikut ini merupakan permasalahan dalam Pendidikan yang mendasar, kecuali....

A. Mahalnya biaya Pendidikan

B. Korupsi dana Pendidikan

C. Kurangnya minat masyarakat akan Pendidikan

D. Kurangnya fasilitas Pendidikan

JAWABAN: C


48. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah….

A. Penentuan tujuan tes, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaahan soal, perakitan soal, analisis soal

B. Penyusunan kisi-kisi tes, penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes, skoring, pelaporan hasil tes

C. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai 

teknik dan instrument penilaian

D. Belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan kriteria, menggunakan 

berbagai teknik dan instrument penilaian

JAWABAN: D


49. Sinonim dari kata IMPERATIF adalah….

A. Bersifat memerintah

B. Bertindak menjajah

C. Berlaku seperti dinasti

D. Berlaku seperti kerajaan besar

JAWABAN: A


50. Sinonim dari kata KOMPILASI adalah....

A. Penghitungan dengan komputer

B. Kumpulan tulisan yang teratur

C. Ikhtisar karangan ilmiah lengkap

D. Kumpulan informasi yang rumit

JAWABAN: B


Itulah beberapa kumpulan 50 soal P3K untuk kompetensi teknis guru yang bisa kalian gunakan untuk bahan belajar di rumah. 

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG!!!


Tag: 

soal kompetensi teknis pdf,

kumpulan soal p3k guru dan jawabannya,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

download soal p3k guru pjok sd,

100 soal p3k,

download soal p3k guru sd pdf,

kumpulan soal p3k guru sd dan jawabannya,

soal pppk pjok pdf,