Petisi PPPK Teknis 2023 Berpotensi Gugur Massal Terbentur Soal Passing Grade

pppk 2023 guru,  petisi pppk teknis 2022,  petisi pppk teknis 2023,  pengumuman pppk teknis 2022,  passing grade pppk 2022 teknis,  hasil seleksi pppk teknis 2023,  pengumuman pppk teknis 2023 kemenag,  pengumuman hasil cat pppk teknis 2023,  jika tidak ada yang lulus passing grade pppk teknis,  pengumuman hasil seleksi kompetensi pppk teknis 2023,
Petisi PPPK Teknis 2023

Petisi PPPK Teknis 2023 - Koordinator Umum Pergerakan Peserta PPPK Teknis M. Ginanjar Riana meminta pemerintah memundurkan pengumuman hasil olah nilai seleksi kompetensi pppk teknis yang dilaksanakan 18 April 2023.

Pihak M. Ginanjar Riana menyatakan bahkan sudah membuat petisi terkait hal ini, perihal mempersoalkan adanya passing grade yang dinilai begitu tinggi di semua formasi. Kompetensi teknis tersebut dinilai mempunyai jenjang kesulitan amat tinggi dan tidak relevan dengan tugas, pekerjaan dan kompetensi dilapangan.

Dalam seleksi pppk teknis 2022, peserta banyak yang tidak lulus passing grade karena soal-soal kompetensi teknis tidak relevan dengan jabatannya dan dinilai standar passing grade tinggi, sehingga banyak formasi yang kosong.

Banyak pihak yang resah dengan adanya fenomena gugur massal pada seleksi kompetensi pppk tenaga teknis 2022 karena terhalang dengan passing grade yang tinggi tersebut. Bahlan hampir rata-rata peserta dari di seluruh formasi dan jenjang tidak dapat mencapai passing grade yang diminta. 

Semenjak diselenggarakannya alternatif cpns 2017 hingga pppk 2022 oleh BKN, prioritas negara sering ditujukan bagi para guru dan tenaga kesehatan. Perihal serupa juga terjadi dalam pemograman pppk 2023, guru serta tenaga kesehatan dikasih bagian yang besar setiap tahunnya.

Seandainya tidak tercapai dalam pilihan cpns/pppk maka bagian formasi hangus dan masih ada kesempatan untuk tahun berikutnya. Di lain sisi bagi lulusan yang tidak tergolong dalam rumpun ilmu kesehatan dan keguruan atau yang dikategorikan menjadi tenaga teknis, selalu dijadikan anak tiri oleh pemerintah.

Perihal yang sama halnya seperti guru dan nakes bahwa peserta pppk teknis adalah honorer dan dari kalangan umum yang sudah berpengalaman di bidangnya dan sudah kompeten dengan pengalaman praktis di bidang masing-masing minimal 2 sampai 3 tahun.

M. Ginanjar Riana meyakini hal tersebut dapat menyebabkan calon asn sebagian besar tidak terserap dan akan terjadi gugur masal dikarenakan oleh passing grade yang dipersyaratkan sangat tinggi serta masalah soal kompetensi teknis yang sangat sulit pada seleksi kompetensi pppk teknis.

Tampaknya kontradiktif dengan usaha negara dan tujuan pemerintah dalam rangka penuntasan non asn di akhir tahun 2023 yang harus segera tuntas. Maka, kami ajukan harapan-harapan yang ada pada petisi, keinginan serta harapan kami yakni melakukan kebijakan perangkingan pada formasi di mana peserta test kompetensi teknis sama sekali tidak ada yang mencapai passing grade untuk memenuhi formasi yang tersedia.

Demi menghindari kekosongan formasi yang sangat dibutuhkan atau sangat urgent sifatnya, melakukan penyesuaian penurunan passing grade formasi secara nasional khusus untuk nilai kompetensi teknis sebanyak 30 persen penurunan passing grade secara nasional.

Diharapkan tetap mempertimbangkan kelayakan penurunan passing grade secara nasional dan tetap memperhatikan kualitas asn atau dengan tetap memperhatikan skor total kumulatif minimal tertentu dan skor kompetensi teknis minimal tertentu.

Tetap menjaga dan mempertimbangkan kualitas asn. Hal tersebut perlu segera diaspirasikan untuk diatur kebijakan sedemikian rupa seadil mungkin kepada Kementerian Pan RB untuk menyesuaikan kebijakan passing grade saat ini.

Petisi ini muncul dan perlu ditegaskan bahwa setelah ada rasa kekecewaan karena sampai saat ini belum ada respon atau kebijakan lebih lanjut terkait penanganan peserta yang belum mencapai passing grade.

Melalui forum peserta pppk teknis 2022, memberikan pernyataan antara lain, mendesak pemerintah memundurkan dan menyesuaikan pengumuman hasil olah nilai seleksi kompetensi pppk teknis yang akan dilaksanakan mulai tanggal 18 April.

Ginanjar dan rekan-rekan juga mendesak pemerintah kembali mengkaji dan mempertimbangkan petisi yang kami ajukan yang sudah di tanda tangan lebih dari 11.000 orang lebih peserta pppk teknis yang berasal dari seluruh indonesia.

Jika point 1, 2 dan 3 tidak direspon dan tidak ada kebijakan lebih lanjut yang dikeluarkan, maka pergerakan dan aksi selanjutnya kami akan turun ke lapangan dalam rangka mengutarakan aspirasi kami ke DPR Republik Indonesia. 


Tag:

pppk 2023 guru,

petisi pppk teknis 2022,

petisi pppk teknis 2023,

pengumuman pppk teknis 2022,

passing grade pppk 2022 teknis,

hasil seleksi pppk teknis 2023,

pengumuman pppk teknis 2023 kemenag,

pengumuman hasil cat pppk teknis 2023,

jika tidak ada yang lulus passing grade pppk teknis,

pengumuman hasil seleksi kompetensi pppk teknis 2023,