Contoh 100 Soal Evaluasi MOOC PPPK Terbaru!

soal mooc pppk pdf,  download soal mooc,  soal mooc paket 1,  soal mooc pppk part 2,  materi mooc pppk 2023,  jurnal mooc pppk 2023 pdf,  soal mooc pppk 2023 paket 1,  contoh soal mooc pppk 2023 pdf,  kunci jawaban evaluasi mooc pppk,  Contoh Soal Evaluasi MOOC PPPK,  soal evaluasi mooc pppk 2023 pdf,  soal dan kunci jawaban mooc pppk 2023 pdf,
Contoh Soal Evaluasi MOOC PPPK

Soal Evaluasi MOOC PPPK Terbaru - Berikut Contoh 100 Soal evaluasi MOOC PPPK Terbaru, bisa digunakan untuk peserta yang dinyatakan lulus ujian menjadi PPPK. Karena, bagi peserta yang lulus wajib mengakses laman Swajar MOOC PPPK. Tujuannya, untuk melakukan pelatihan sebelum resmi diangkat dan menjadi salah satu syarat menjadi PPPK. 

Jadi, untuk melakukan pelatihan atau latsar di Swajar MOOC PPPK bisa diakses melalui laman https://swajar-pppkpintar.lan.go.id/.

MOOC (singkatan Massive Open Online Course) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja berupa Pelatihan Dasar (Latsar). MOOC itu sendiri dibuat sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh sebelum seorang PPPK resmi diangkat menjadi ASN.

Adapun tujuan diadakannya MOOC PPPK agar membentuk kompetensi calon ASN supaya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang maksimal untuk membangun pegawai yang profesional dan berkarakter.

Dalam postingan kali ini, kami bagikan Contoh 100 Soal Evaluasi MOOC terbaru. Harapan, dengan adanya Contoh 100 Soal MOOC PPPK dan kunci jawaban ini semoga bisa membantu memperoleh nilai memuaskan saat mengikuti Latsar ataupun evaluasi akademik.


CONTOH 100 SOAL EVALUASI MOOC PPPK

1. Dalam rangka mencapai tujuan nasional, diperlukan Aparatur Sipil Negara yang mampu?

A. Menjalankan roda pemerintahan

B. Melaksanakan kewenangannya

C. Menunaikan hak dan kewajibannya

D. Mengimplementasikan nilai-nilai berakhlak

JAWABAN: D


2. Dalam sumpah/janjinya PNS berkomitmen untuk?

A. Melaksakan fungsi ASN dengan baik

B. Menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan martabat pegawai negeri sipil, serta akan senantiasa mengutamakan kepentingan negara dari kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan

C. Menjadi PNS yang profesional dan berkompeten

D. Taat kepada Tuhan Yang Maha Esa

JAWABAN: B


3. Panduan perilaku loyal “Menjaga Rahasia Jabatan dan Negara” yang terkait dengan kewajiban ASN adalah....

A. Menjaga kerahasiaan yang menyangkut kebijakan negara

B. Memberikan informasi secara benar dan tidak menyesatkan kepada pihak lain yang memerlukan informasi terkait kepentingan kedinasan

C. Menyimpan rahasia jabatan dan hanya dapat mengemukakan rahasia jabatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

D. Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika yang luhur

JAWABAN: C


4. Loyalitas seorang ASN dapat diwujudkan dengan cara melaksanakan dengan sebaik-baiknya kode etik dan kode perilaku ASN. Kode etik dan kode perilaku tersebut dirumuskan dengan tujuan untuk?

A. Meningkatkan produktivitas kerja ASN

B. Menjaga martabat dan kehormatan ASN

C. Menjaga wibawa pemerintah

D. Meningkatkan kualitas pelayanan publik

JAWABAN: B


5. Dalam menjalankan peranannya sebagai pemersatu bangsa, seorang ASN yang loyal harus?

A. Bersikap netral dan adil dan tidak terlibat kepentingan politik dan SARA

B. Bertakwa kepada Tuhan YME

C. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

D. Bersikap adil terhadap sesama

JAWABAN: A


6. Berikut ini adalah lima disiplin yang dikembangkan Peter Senge dalam learning organization, kecuali....

A. Flexible system

B. Shared vision

C. System thinking

D. Self mastery

JAWABAN: A


7. Perilaku tertutup, politis dan birokratis menunjukan organisasi berkarakteristik?

A. Tidak adaptif

B. Adaptif

C. Fleksibel

D. Tidak fleksibel

JAWABAN: A

 

8. Berikut ini adalah termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN ber-AKHLAK?

A. Kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik Negara secara bertanggungjawab, efektif dan efisien

B. Kemampuan melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cekatan, disiplin, dan integritas tinggi

C. Kemampuan menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi

D. Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang beragam

JAWABAN: A


9. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

A. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi dan Negara

B. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

C. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

D. Melakukan perubahan tiada henti

JAWABAN: D


10. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?

A. Pelaksana kebijakan publik

B. Pelayan publik

C. Pengawas kegiatan publik

D. Perekat dan pemersatu bangsa

JAWABAN: C


11. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga Negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip...

A. Akuntabel

B. Berkeadilan

C. Aksesibel

D. Efektif

JAWABAN: A


12. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah...

A. Masyarakat sebagai wajib pajak

B. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

C. Masyarakat sebagai elemen adanya Negara

D. Masyarakat sebagai penerima layanan

JAWABAN: D


13. Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam konteks tersebut adalah...

A. Masyarakat sebagai wajib pajak

B. Masyarakat sebagai pengawas kinerja pemerintah

C. Masyarakat sebagai elemen adanya Negara

D. Masyarakat sebagai penerima layanan

JAWABAN: D


14. Pilihlah pernyataan yang paling tepat:

A. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, dan etika

B. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya

C. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal

D. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok

JAWABAN: A


15. Sesuai Permen PANRB Nomor 38 Nomor 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu:

A. Teknis, kepemimpinan dan sosial kultural

B. Tugas, manajerial dan sosial kultural

C. Teknis, manajerial dan sosial kultural

D. Teknis, leadership dan sosial kultural

JAWABAN: C


16. Sebagai ASN membiasakan belajarlah hal-hal yang benar-benar baru, dan lakukan secara terus menerus, dalam proses belajar yaitu:

A. Learn

B. Unlearn

C. Relearn

D. Self study

JAWABAN: A


17. Berikut ini adalah indikator suasana lingkungan bekerja yang harmonis:

A. Suasana bekerja tidak bahagia

B. Kinerja organisasi rendah

C. Kesempatan belajar dan kontribusi rendah

D. Seluruh ASN suka saling membantu

JAWABAN: D


18. Prinsip nasionalisme bangsa Indonesia dilandasi nilai-nilai Pancasila yang diarahkan agar bangsa Indonesia senantiasa menempatkan persatuan sebagai dasar pembentukan NKRI dituangkan dalam Pancasila yaitu:

A. Sila pertama

B. Sila kedua

C. Sila ketiga

D. Sila keempat

JAWABAN: C


19. Manfaat keanekaragaman bangsa Indonesia yang paling tepat adalah:

A. Adanya pertentangan norma-norma dalam masyarakat sehingga menimbulkan kebingungan bagi masyarakat

B. Membuat Indonesia terkenal dimata dunia berkat keberagaman budaya yang kita miliki

C. Pemberlakuan sanksi terhadap pelanggar atas norma yang tidak tegas atau lemah

D. Tindakan anggota masyarakat yang sudah tidak lagi sesuai dengan norma yang berlaku

JAWABAN: B


20. Secaraa etimologis, istilah “loyal” diadaptasi dari bahasa Prancis yaitu “Loial” yang artinya:

A. Mutu dan sikap patuh

B. Mutu dan sikap taat

C. Mutu dan sikap setia

D. Mutu dan sikap hormat

JAWABAN: C


21. Lagu yang paling tepat menggambarkan keanekaragaman bangsa dan budaya Indonesia berikut ini adalah:

A. Kebyar kebyar

B. Bendera Merah Putih

C. Garuda Pancasila

D. Dari Sabang Sampai Merauke

JAWABAN: D


22. Bagi seorang pegawai negeri sipil, kata loyal dapat dimaknai sebagai kesetiaan terhadap ....

A. Pimpinan

B. Pekerjaan

C. Profesi

D. NKRI

JAWABAN: D


23. Nasionalisme dalam konteks loyalitas seorang ASN dapat dimaknai sebagai

A. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

B. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa pengorbanan terbesar mesti diberikan untuk negara

C. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk organisasi

D. Suatu keadaan atau pikiran yang mengembangkan keyakinan bahwa kesetiaan terbesar mesti diberikan untuk negara

JAWABAN: D


24. Yang tidak termasuk panduan perilaku loyal dalam core values ASN adalah

A. Memegang teguh ideologi pancasila, undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945, setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah

B. Melindungi segenap tumpah darah Indonesia dengan integritas dan semangat juang yang tinggi

C. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan instansi dan negara

D. Menjaga rahasia jabatan dan negara

JAWABAN: B


25. Kebijakan adaptif dikonsptualisasi oleh elemen kapabilitas system dynamic governance berikut ....

A. Thinking a head

B. Thinking a long

C. Thinking a gain

D. Thinking a cross

JAWABAN: A


26. Berikut ini adalah beberapa indikator yang menunjukan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif, kecuali ....

A. Agilitas

B. Status quo

C. Fleksibilitas

D. Responsif

JAWABAN: B


27. Negara bukan menjadi satu-satunya penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip dari konsep?

A. Governance

B. Goverment

C. Welfare State

D. New Public Service

JAWABAN: A


28. Berikut ini adalah konsep yang mengandung prinsip-prinsip governance, kecuali ....

A. Triple Helix

B. Penta Helix

C. Quadruple Helix

D. Colaboration

JAWABAN: D


29. Pernyataan berikut sesuai dengan prinsip governance, kecuali ....

A. Pemerintah tidak menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik

B. Pemerintah menjadi satu-satunya aktor dalam pelayanan publik

C. Civil Society menjadi salah satu aktor dalam penyelenggaraan pelayanan publik

D. “Triple Helix” merupakan salah satu konsep dalam pendekatan governance

JAWABAN: B


30. Berikut ini adalah proses kolaboratif, kecuali ....

A. Face to face dialogue

B. Trust Builiding

C. Win-Win Solution

D. Commitment to Process

JAWABAN: C


31.  Berikut ini termasuk Kode Etik dan nilai dasar Ber-AKHLAK, kecuali ....

A. Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

B. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungjawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi

C. Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan

D. Loyal kepada atasan

JAWABAN: D


32. Dalam peraturan menteri PANRB Nomor 30 tahun 2014, inovasi pelayanan publik dimaknai dengan ...

A. Terobosan jenis pelayanan yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara langsung

B. Terobosan jenis pelayanan yang merupakan adaptasi/modifikasi dari ide inovasi lainnya yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung

C. Terobosan jenis pelayanan baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang diikutkan dalam kompetensi inovasi pelayanan publik

D. Terobosan jenis pelayanan yang merupakan gagasan/ide kreatif oridinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakt, baik secara langsung maupun tidak langsung

JAWABAN: D


33. “Diskersi administrasi menjadi starting point bagi masalah moral dan etika dalam dunia administrasi publik (Rohr, 1989 dan Keban, 2008)”, maksud dari “diskresi” adalah ....

A. Bentuk fleksibel aturan yang berlaku

B. Kebebasan pejabat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sendiri

C. Keputusan yang disepakati bersama antara pejabat ataupun pemberian layanan dengan masyarakat

D. Tidak ada jawaban yang benar

JAWABAN: B


34. Berpikir terbuka, dengan belajar hal yang berbeda adalah gambaran dari seseorang yang melakukan peroses belajar yaitu ....

A. Learn, Unlearn dan Relearn

B. Proses belajar yang aktif

C. Proses belajar yang terbuka

D. Jawaban b dan c benar

JAWABAN: A


35. Salah satu pendorong pentingya ASN selalu meningkatkan kompetensi, antara lain yang paling sesuai, yaitu ....

A. Dinamika perubahan proses kerja instansi

B. Perubahan dinamika dunia VUCA

C. Dinamika arahan pimpinan

D. Dinamika pertentangan global

JAWABAN: B


36. Berikut ini adalah bentuk kode etik ASN yang tertuang dalam UU ASN, kecuali

A. Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin

B. Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

C. Melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

D. Menggunakan kekayaan dan barang milik negara untuk keperluan pribadi

JAWABAN: D


37. Tindakan yang KURANG TEPAT dalam perilaku ASN yang beretika adalah ....

A. Melaksanakan tugasnya dengan cermat

B. Melayani dengan sikap hormat, sopan, dan tanpa tekanan

C. Loyalitas hanya sebatas menyenangkan pimpinan, atau berusaha memenuhi kebutuhan pribadi pimpinannya

D. Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan sejauh tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

JAWABAN: C


38. Tindakan berikut yang dapat dilakukan ASN dalam menunjukkan sikap adil dan netral, yaitu ....

A. Menjaga rahasia negara

B. Tidak diskriminatif dalam melayani

C. Selalu bertindak profesional

D. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

JAWABAN: B


39. PNS menjadi figur dan teladan dilingkungan masyarakatnya, caranya adalah ....

A. Menjadi bagian dari problem solver (pemberi solusi)

B. Menjadi bagian dari sumber masalah (trouble maker)

C. Melakukan tindakan, ucapan, perilaku yang bertentangan dengan norma- norma sosial dan susila

D. Bertindak yang bertentangan dengan agama dan nilai lokal yang berkembang di masyarakat

JAWABAN: A


40. Fondasi organisasi adaptif terdiri atas, kecuali ....

A. Prosedur

B. Lansekap

C. Pembelaharan

D. Kepemimpinan

JAWABAN: A


41. Berikut adalah termasuk alat akuntabilitas?

A. Perencanaan strategis (strategic plans)

B. Kontrak kinerja

C. Laporan kinerja

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: D


42. Pilihlah pernyataan yang paling tepat?

A. Integritas adalah nilai yang dapat mengikat setiap unsur pelayan publik secara moral dalam membentengi institusi

B. Peran integritas individu lebih penting daripada intervensi melalui sistem kebijakan

C. Integritas sistem otomatis akan terbentuk dari integritas individu

D. Akuntabilitas dalam integritas masyarakat juga menjadi unsur penting terbentuknya pelayanan publik yang baik

JAWABAN: A


43. Pentingnya ASN selalu meningkatkan kompetensi, antara lain yang paling sesuai, yaitu ....

A. Sesuai kebijakan hak pengembangan ASN dalam Undang-Undang ASN

B. Sesuai kebijakan pembangunan nasional

C. Sesuai sistem pengembangan ASN

D. Salah semua

JAWABAN: A


44. Dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, adanya hak pengembangan pegawai, yang mengatur jumlah jam pelajaran hak pengembangan bagi pegawai?

A. Sekurang-kurangnya 24 (dua puluh empat) jam pelajaran bagi PNS dan maksimal 20 (dua puluh) jam pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

B. Sekurang-kurangnya 24 (dua puluh empat) jam pelajaran bagi PNS dan maksimal 20 (dua puluh) jam pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

C. Sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) jam pelajaran bagi PNS dan maksimal 24 (dua puluh empat) jam pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

D. Sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) jam pelajaran bagi PNS dan sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) jam pelajaran bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

JAWABAN: C


45. Dengan berlakunya tatanan nilai BerAkhlak, untuk perilaku kompeten?

A. “meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah”

B. Membantu orang lain berpendidikan

C. Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik

D. a dan c benar

JAWABAN: D


46. Berikut pernyataan yang paling sesuai terkait konsepsi kompetensi adalah meliputi tiga aspek penting berkaitan dengan perilaku kompetensi meliputi

A. Aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan

B. Aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan

C. Aspek pengetahuan, keterampilan, dan etika yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan

D. Aspek pengetahuan, pengalaman, dan etika yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan

JAWABAN: B


47. Yang dimaksud dengan modalitas etika adalah ....

A. Pelayanan yang berkualitas

B. Pelayanan yang relevan

C. Jembatan antara norma moral dan tindakan faktual

D. Mempertimbangkan pilihan sarana kebijakan

JAWABAN: C


48. Dalam menjalankan perannya sebagai pemersatu bangsa, seorang ASN yang loyal harus?

A. Bersikap netral dan adil dan tidak terlibat kepentingan politik dan SARA

B. Bertakwa kepada Tuhan YME

C. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

D. Bersikap adil terhadap sesama

JAWABAN: A


49. Loyalitas seorang ASN dapat tercermin dan kemampuannya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada sila ke-3 pancasila dengan cara?

A. Menghargai, mentoleransi dan menseragamkan keberagaman

B. Memberikan pelayanan yang partisipatif, diskriminatif dan prima

C. Membangun rasa kebangsaan dan membangkitkan sentiment nasionalisme

D. Menumbuh kembangkan semangat gotong royong di kalangan tertentu

JAWABAN: C


50. Istilah “asuransi budaya” yang memberikan banyak interpretasi didalam sebuah organisasi, diperkenalkan oleh ....

A. Liisa valikangas

B. Neo dan Chen

C. Peter Drucker

D. Weick

JAWABAN: D


51. Model interaksi yang terjadi dalam governance adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. Voluntary

B. Non Voluntary

C. Kolaboratif

D. Kerjasama

JAWABAN: A


52. Karakteristik adaptif dibutuhkan makhluk hidup untuk, kecuali ....

A. Makan dan minum

B. Menghadapi perubahan

C. Bertahan hidup

D. Mengatasi ancaman

JAWABAN: A


53. Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan dapat menolak memberikan Bantuan Kedinasan apabila dalam kondisi sebagai berikut, kecuali ....

A. Mempengaruhi kinerja Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan pemberi bantuan

B. Surat keterangan dan dokumen yang diperlukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bersifat rahasia

C. Ketentuan peraturan perundang-undangan tidak memperbolehkan pemberian bantuan

D. Belum mendapatkan persetujuan dari DPR

JAWABAN: D


54. Berikut adalah modul umum penipuan di dunia digital, kecuali ....

A. Memberikan identitas toko untuk di review negative

B. Penipuan harga diskon atau produk yang ditawarkan

C. Identitas pelaku usaha atau konsumen fiktif

D. Ketidaksesuaian barang atau produk yang diterima atau dipesan

JAWABAN: A


55. Pengetahuan dasar mengamankan diri di dunia digital adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. Pengamanan perangkat keras

B. Pemahaman informasi valid

C. Pemahaman echo chamber

D. Pengamanan dari scam

JAWABAN: C


56. Pengalaman sila pertama Pancasila dalam lingkup literasi digital dalam lanskap digital adalah ....

A. Non-diskriminatif dalam berinteraksi di dunia digital

B. Menumbuhkan cinta kepada indonesia dengan stop hate speech

C. Memiliki paham multi-perspektif terkait keyakinan users

D. Menerapkan etiket dan berperilaku baik sebagai warga digital

JAWABAN: C


57. Berikut adalah hak-hak digital yang harus kita pahami, kecuali ....

A. Hak untuk mengakses

B. Hak untuk mengatur perangkat

C. Hak untuk merasa aman

D. Hak untuk berekspresi

JAWABAN: B


58. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan, dicontohkan dengan?

A. Mampu, akan dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau pelayanan yang diberikan

B. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat tanpa banyak bertanya

C. Siap sedia 24 jam kapanpun dan dimanapun dibutuhkan oleh masyarakat

D. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang paling pagi dan pulang paling sore

JAWABAN: A


59. Undang-Undang Nomor 25 tentang layanan publik menyebutkan 12 asas pelayanan publik, kecuali ....

A. Kompetitif

B. Kesamaan hak

C. Keseimbangan hak dan kewajiban

D. Kepastian hukum

JAWABAN: A


60. Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga Negara melalui pajak yang mereka bayar adalah prinsip ...

A. Akuntabel

B. Berkeadilan

C. Aksesibel

D. Efektif

JAWABAN: A


61. Pernyataan yang paling tepat terkait akuntabilitas dan integritas adalah, kecuali ....

A. Sebuah system yang memiliki integritas yang baik akan mendorong terciptanya akuntabilitas, integritas dan transparansi

B. Akuntabilitas dan integritas adalah dasar konsep yang menjadi landasan dasar sebuah administrasi negara

C. Akuntabilitas dan integritas saling beriringan

D. Integritas adalah hal pertama yang harus dimiliki sebagai pemimpin/PNS yang kemudian diikuti oleh akuntabilitas

JAWABAN: C


62. Berikut ini adalah unsur dari gratifikasi?

A. Bersifat tanam budi

B. Tanpa kesepakatan

C. Diterima oleh pejabat negara atau pegawai negeri

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: D


63. Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak tersebut adalah ...

A. Akuntabilitas adalah kewajiban

B. Akuntabilitas memiliki sifat fleksibel

C. Akuntabilitas adalah interaksi pertukaran sosial dua arah antara yang menuntut dan yang bertanggung jawabnya

D. Akuntabilitas adalah akumulasi

JAWABAN: C


64. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah:

A. Personal, individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder

B. Personal, individu, kelompok, organisasi, stakeholder

C. Personal, individu, kelompok, organisasi, Negara, stakeholder

D. Personal, individu, kelompok, pimpinan, kelompok, organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder

JAWABAN: B


65. Pilihlah pernyataan yang paling tepat?

A. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri seseorang seperti kejujuran, integritas, moral, dan etika

B. Akuntabilitas individu mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya

C. Akuntabilitas individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal

D. Akuntabilitas keluarga merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok

JAWABAN: A


66. Yang dimaksud dengan modalitas etika adalah ....

A. Pelayanan yang berkualitas

B. Pelayanan yang relevan

C. Jembatan antara norma moral dan tindakan faktual

D. Mempertimbangkan pilihan sarana kebijakan

JAWABAN: C


67. Loyalitas merupakan kualitas kesetiaan atau kepatuhan seseorang kepada orang lain atau (misalnya organisasi) yang ditunjukan melalui:

A. Ide dan pemikiran

B. Sikap dan tindakan

C. Ketaatan dan pemikiran

D. Integritas dan idealisme

JAWABAN: B


68. Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka otomatis ia akan merasa memiliki tanggunga jawab yang besar terhadap organisasinya ditunjukan dengan cara:

A. Berhati – hati dan lambat dalam mengerjakan tugas – tugasnya

B. Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan

C. Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi

D. Loyal terhadap pimpinan

JAWABAN: C


69. Adaptasi dalam business process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut:

A. Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis

B. Mempertahankan dan meningkatkan kinerja

C. Bertahan hidup di tengah persaingan dengan pihak lain

D. Perintah dan mandate dari undang – undang

JAWABAN: B


70. Berikut ini ciri – ciri penerapan budaya adaptif, kecuali:

A. Memanfaatkan peluang – peluang yang berubah – ubah

B. Memperhatikan kepentingan – kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya

C. Mendorong jiwa kewirausahaan

D. Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal

JAWABAN: D


71. A. Pimpinan sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pimpinan yang mampu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya, yaitu:

B. Perubahan teknis

C. Perubahan misi

D. Perubahan adaptif 

JAWABAN: D


72. Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan:

A. Misi

B. Visi

C. Revisi

D. Remisi

JAWABAN: B


73. Apabila merujuk pada definisi dari “Collaborative Governance” yang dikemukakan oleh para ahli, maka dibawah ini adalah kolaborasi actor yang paling ideal apabila menggunakan prinsip governance:

A. Kolaborasi antara pemerintah Daerah, Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian

B. Kolaborasi antara Komisi Pemberantasan Korupsi, Lembaga Administrasi Negara dan Pemerintah Daerah

C. Kolaborasi antara Pemerintah Daerah, Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Komisi Pemberantasan Korupsi

D. Kolaborasi antara Kementerian, Akademisi dan Civil Society

JAWABAN: D


74. Salah satu penguatan infrastruktur backbone untuk percepatan digital di Indonesia adalah:

A. Perluasan kabel serat optik didarat dan laut

B. Perluasan akses dan infrastruktur digital

C. Integrasi pusat data nasional

D. Persiapan kebutuhan SDM

JAWABAN: A


75. Yang dimaksud dengan affoardance dalam konteks digital adalah:

A. Hambatan dalam akses internet

B. Kemudahan fitur e-commerce

C. Kemudahan pada perangkat dan akses internet

D. Hambatan dalam perangkat dan akses internet

JAWABAN: C


76. Konsep kesenjangan digital pada awalnya meliputi hal – hal berikut ini, kecuali:

A. Kemampuan memiliki perangkat

B. Kemampuan pengoperasian perangkat

C. Kemampuan berbagi pesan digital

D. Kemampuan mendapat akses dan perangkat

JAWABAN: C


77. Kegagapan dalam mengoperasikan teknologi digital adalah salah satu ciri dari:

A. Digital immigrant

B. Digital savvy

C. Digital native

D. Digital outlaw

JAWABAN: A


78. Beberapa istilah baru terkait perkembangan ICT terkait model pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali:

A. Webschool

B. E – learning

C. Distance learning

D. User – generated content

JAWABAN: D


79. Pengamalan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indoneia dalam lingkup literasi digital dalam lanskap digital adalah:

A. Non – diskriminatif dalam berinteraksi di dunia digital

B. Menumbuhkan cinta kepada Indonesia dengan stop hate speech

C. Memiliki paham multi – perspektif terkait keyakinan user

D. Menerapkan etiket dan berperilaku baik sebagai warga digital

JAWABAN: D


80. Produksi konten yang berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika setidaknya memenuhi karakteristik:

A. Terlibat dalam komunitas digital atau kampanye digital yang memperoleh jejaring program maupun target sasaran yang beragam

B. Cinta kasih, keselarasan, harmoni dalam keberagaman, demokrasi dan kekeluargaan

C. Penyertaan sikap yang memodifikasi aktivitas digital

D. Jumlah komunitas digital dan atau aktivitas digital dan atau aktivitas digital yang diinisiasi, dikelola dan dipimpin cukup signifikan

JAWABAN: B


81. Ketika seorang pegawai memiliki sikap sesuai dengan makna loyal dan loyalitas, maka otomatis ia akan merasa memiliki tanggunga jawab yang besar terhadap organisasinya ditunjukan dengan cara:

A. Berhati – hati dan lambat dalam mengerjakan tugas – tugasnya

B. Mengerjakan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan

C. Berani untuk mengembangkan berbagai inovasi demi kepentingan organisasi

D. Loyal terhadap pimpinan

JAWABAN: C


82. Berikut ini ciri – ciri penerapan budaya adaptif, kecuali:

A. Memanfaatkan peluang – peluang yang berubah – ubah

B. Memperhatikan kepentingan – kepentingan yang diperlukan antara instansi mitra, masyarakat dan sebagainya

C. Mendorong jiwa kewirausahaan

D. Konsisten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal

JAWABAN: D


83. Pendekatan yang melibatkan sejumlah kelembagaan yang terkait yang relevan dengan urusan-urusan relevan yaitu ....

A. Interagency

B. Interconnection

C. Interrelationship

D. Collaboration

JAWABAN: A


84. Berikut ini adalah termasuk prinsip keterbukaan informasi, kecuali ....

A. Maximum Access Limited Exemption (MALE), prinsip semua informasi bersifat terbuka dan bisa diakses masyarakat

B. Informasi yang dikecualikan adalah informasi yang berpotensi merugikan kepentingan publik dan harus bersifat terbatas dan tidak permanen

C. Permintaan informasi harus disertai dengan “alasan”

D. Informasi harus utuh dan benar

JAWABAN: C


85. Dalam kompetensi Aman Bermedia Digital, ada lima kompetensi yang harus dipahami dan diterapkan, kecuali ....

A. Pengamanan perangkat digital

B. Pengamanan identitas digital

C. Mewaspadai hate speech

D. Memahami rekam jejak digital

JAWABAN: C


86. Berikut ini adalah manfaat kolaborasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, kecuali ....

A. Meningkatkan kinerja penyelenggara pemerintahan

B. Terciptanya integrasi antar kebijakan

C. Menghilangkan silo mentality

D. Meningkatkan kompetisi antar daerah

JAWABAN: D


87. Berikut adalah situasi yang mencerminkan terlaksananya Whole-of- Government (WoG), kecuali ....

A. Kolaborasi dan integrasi antar instansi pemerintah

B. Peraturan perundang-undangan yang harmonis

C. Silo Mentality Aparatur Sipil Negara

D. Implementasi Squad Team lintas kementerian dan lembaga dalam program prioritas

JAWABAN: C


88. WoG juga dikenal sebagai pendekatan ....

A. Interagency

B. Interrelationship

C. Interconnection

D. Collaboration

JAWABAN: A


89. Pendekatan WoG merupakan respon dari paradigma ....

A. New Publik Service

B. New Public Management

C. Old Public Management

D. Public Reform Management

JAWABAN: B


90. Sebuah informasi yang tidak benar. Namun, orang yang menyebarkannya percaya bahwa informasi tersebut adalah benar tanpa bermaksud membahayakan orang lain adalah definisi dari ....

A. Disinformasi

B. Malinformasi

C. Misinformasi

D. Uninformasi

JAWABAN: C


91. Aktivitas membagikan data personal seseorang ke dunia maya adalah bentuk konten negatif ....

A. Cyberstalking

B. Doxing

C. Hoax

D. Revenge porn

JAWABAN: B


92. Sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk mengontrol perangkat secara diam-diam, bisa mencuri informasi pribadi milik kita atau uang dari pemilik perangkat adalah fungsi dari ....

A. Malware

B. Spyware

C. Ransomware

D. Worms

JAWABAN: A


93. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode etik dari nilai berorientasi pelayanan?

A. Menjaga nama baik sesame ASN, Pimpinan, Instansi dan Negara

B. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas

C. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan

D. Melakukan perbaikan tiada henti

JAWABAN: D


94. Budaya berorientasi pelayanan dapat dijabarkan dengan kriteria sebagai berikut, kecuali ....

A. ASN harus memahami sumber daya yang tersedia

B. ASN harus memiliki kode etik

C. Kode etik dapat dijabarkan kode perilaku

D. Prinsip melayani sebagai suatu kebanggaan

JAWABAN: A


95. Suatu hal yang mendasar yang membedakan inovasi di sector publik dengan inovasi di sector swasta adalah ....

A. Penggunaan anggaran yang tidak profit-oriented

B. Pemberi layanan yang sudah diberi pelatihan

C. Transferabilitas inovasi

D. Kemudahan dalam akses teknologi

JAWABAN: C


96. Memberikan layanan melebihi harapan customer ditunjukkan dengan ....

A. Meningkatkan mutu layanan dan tidak boleh berhenti ketika kebutuhan customer sudah dapat terpenuhi

B. Selalu menanyakan dan melakukan survey kepuasan masyarakat

C. Mencari tahu ekspektasi customer di masa yang akan datang tentang layanan apa yang diharapkan

D. Menunggu perintah atasan terkait terobosan baru

JAWABAN: A


97. Dalam suatu kasus yang tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa, ASN dituntut untuk ....

A. Berpasrah dengan keadaan dan mengharapkan bantuan dari pihak lain

B. Melakukan inovasi dan menggerakkan sumber daya yang ada untuk menyelesaikan permasalahan tersebut

C. Memberikan penyelesaian tanggung jawab tersebut kepada pimpinan atau rekan kerja lain yang telah berkompeten

D. Meminta alokasi anggaran yang lebih banyak karena permasalahannya cukup sulit

JAWABAN: B


98. Tujuan utama dari nilai dasar ASN adalah ....

A. Menjadi dasar pembentukan peraturan internal tentang kewajiban masuk kerja

B. Menjadi pedoman perilaku bagi para ASN dan menciptakan budaya kerja yang mendukung tercapainya kinerja terbaik

C. Menjadi pertimbangan pimpinan unit kerja dalam menemukan rekanan dalam proyek strategis

D. Menjadi instrumen pengukuran kinerja ASN oleh masyarakat

JAWABAN: B


99. Untuk mewujudkan organisasi publik yang akuntabel harus mengandung mekanisme berikut?

A. Akuntabilitas kejujuran dan hukum

B. Akuntabilitas proses dan program

C. Akuntabilitas kebijakan

D. Semua jawaban benar

JAWABAN: D


100. Menurut A. Imanto, siklus layanan dimulai pada saat .... dan berakhir pada saat ....

A. Dimulai pada saat konsumen datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen pulang

B. Dimulai saat konsumen menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani

C. Dimulai saat konsumen memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas pelayanan

D. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan service selivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut diberikan


Demikian artikel mengenai Contoh 100 Soal Evaluasi MOOC PPPK lengkap kunci jawabannya, mudah-mudahan bias berguna dan bermanfaat.()


Tag:

soal mooc pppk pdf,

download soal mooc,

soal mooc paket 1,

soal mooc pppk part 2,

materi mooc pppk 2023,

jurnal mooc pppk 2023 pdf,

soal mooc pppk 2023 paket 1,

contoh soal mooc pppk 2023 pdf,

kunci jawaban evaluasi mooc pppk,

Contoh Soal Evaluasi MOOC PPPK,

soal evaluasi mooc pppk 2023 pdf,

soal dan kunci jawaban mooc pppk 2023 pdf,