Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

contoh deskripsi guru, deskripsi guru yang baik, deskripsi diri pppk guru, contoh deskripsi diri pppk guru, contoh deskripsi pekerjaan guru, contoh deskripsi diri seorang guru, contoh deskripsi diri pppk kesehatan, contoh deskripsi diri untuk pppk guru, contoh deskripsi diri pppk guru 3000 karakter, contoh deskripsi pengalaman kerja guru honorer
Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru

CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU - Dalam postingan ini, kami bagikan tips mengenai Contoh deskripsi diri PPPK guru yang dapat menjadi referensi saat akan mengisi bagian riwayat pada pendaftaran seleksi PPPK. 

Didalam menuliskan deskripsi diri harus maksimal karena menjadi pertimbangan bagi panitia pelaksana seleksi dan deskripsi diri merupakan salah satu bagian yang wajib diisi dalam tahap pendaftaran.


Dalam Menulis Deskripsi Diri Perihal Apa Yang Wajib Diperhatikan

Disini terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mengisi deskripsi diri PPPK. Adapun perihal penting yang perlu diperhatikan!

1. Batas Maksimal 3.000 Karakter: Diwaktu mengisi deskripsi diri yang perlu diperhatikan adalah jumlah karakter yang digunakan serta dalam kolom deskripsi diri, batas maksimal adalah 3.000 karakter. Para pelamar harus menggunakan bahasa yang padat dan efektif untuk menjelaskan diri secara lengkap, supaya deskripsi diri tidak melebihi batas maksimal karakter.

2. Jangan Mengcopy Paste: Alangkah baiknya dalam mengisi deskripsi diri langsung menuliskannya di kolom yang tersedia (jangan menuliskannya di aplikasi lain dan copy paste ke kolom deskripsi diri). Karena, untuk menghindari adanya error dan membuat deskripsi diri tidak terbaca, walaupun sedikit merepotkan tentunya meminimalisir risiko akan lebih baik.

3. Dengan Lengkap Mencantumkan Data Diri: Penting untuk mencantumkan data diri secara lengkap, supaya panitia pelaksana dapat mengetahui informasi tentang pelamar selengkap mungkin. Mengenai hal-hal yang perlu dimasukkan ke dalam deskripsi diri PPPK diantaranya, informasi dasar, pengalaman, kelebihan dan prestasi dan motivasi.


CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU TK

[CONTOH 1] 

INFORMASI DASAR: 

Nama Saya Nabila, lahir di Bandung pada 20 Agustus 1996 dan saya adalah seorang guru di TK AL-Akmal.

PENGALAMAN: 

Saya sudah 6 tahun menjadi guru di TK AL-Akmal. Saya telah memahami bermacam karakter siswa yang saya temui selama mengajar.

KELEBIHAN & PRESTASI: 

Saya telah membuat metode pengajaran baru untuk merangsang motorik anak, yang kini diterapkan secara menyeluruh di TK AL-Akmal. Yang mana metode tersebut dianggap mampu memaksimalkan perangsangan motorik pada anak-anak.

Saya juga mampu membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa, sehingga memahami keunggulan dan kecenderungan anaknya serta saya ikut menjalin hubungan baik sesama tenaga pendidik dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

MOTIVASI: 

Menjadi guru TK membuat saya memiliki banyak pengetahuan seputar cara mendidik anak yang tepat serta memiliki teman kecil yang menyenangkan. Guru TK juga dituntut untuk kreatif sehingga hal ini juga terus mengasah kreatifitas diri.


[CONTOH 2] 

INFORMASI DASAR:

Saya Malasari, seorang guru yang mengajar di TK Al-furqan dan sudah mengabdi selama lima tahun. Saya lahir di Medan 7 februari 1996 dan menempuh perkuliahan di Universitas XXX program studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini.

PENGALAMAN:

Sesudah tiga tahun mengajar, saya mendapatkan mendapat kepercayaan penuh dari orang tua siswa dalam mengembangkan potensi anak-anaknya dan orang tua siswa juga melakukan konsultasi dalam menerapkan pembelajaran anak di rumah untuk mengembangkan kepribadian anak.

Saya mampu mengenali berbagai karakteristik dan potensi dari setiap siswa. Sehingga saya terus melakukan evaluasi dan perkembangan dalam setiap proses belajar mengajar.

KELEBIHAN & PRESTASI:

Telah saya lakukan beberapa eksperimen dalam proses mengajar demi mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Bukan hanya itu, penggunaan media yang tepat tetapi juga melihat kecenderungan dalam setiap anak.

Saya berikan beberapa pembelajaran tambahan kepada siswa yang butuh perhatian ekstra sehingga perkembangan siswa tidak ada yang dipaksakan maupun terlambat. Sebab, kemampuan siswa dalam menangkap suatu informasi berbeda-beda.

Misalnya, pembelajaran pengenalan benda-benda ataupun warna, saya mengikuti ritme kemampuan dan kemauan anak didik, supaya pembelajaran bisa maksimal.

MOTIVASI:

Dengan menjadi seorang guru anak usia dini, sudah menjadi cita-cita saya dan kini saya berhasil mewujudkannya sehingga selalu bersemangat dalam menjalani tugas untuk pengembangan karakter penerus bangsa dari usia dini.


CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU SD

[CONTOH 1]

INFORMASI DASAR:

Nama saya Asmara, seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Maju Negeri.

PENGALAMAN:

Saya lahir di Belitung 12 Maret 1996, sudah mengajar di SD tersebut selama empat tahun. Dalam melaksanakan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semangat tinggi dalam mengajar.

KELEBIHAN DAN PRESTASI:

Dalam hal tersebut, langsung dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik dan dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

MOTIVASI:

Dalam Hal ini, saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani dan selama di lembaga, saya juga terus menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama.


[CONTOH 2] 

INFORMASI DASAR:

Nama saya Prasetyo, lahir di Yogyakarta pada 20 September 1995. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Yogyakarta, tepatnya di SDN 2 Yogyakarta.

PENGALAMAN:

Saya telah temui berbagai karakter siswa selama mengajar sembilan tahun SD tersebut. Selama bertugas, saya pernah menjadi wali kelas selama 4 tahun untuk kelas 1 dan 4 tahun untuk kelas 5 dan sisanya sebagai guru biasa, yakni saat awal-awal mengajar di sana, pada 2013 silam.

KELEBIHAN DAN PRESTASI:

Selama mengajar, saya banyak berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul. Salah satu program yang yang kami terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran di alam dengan mengaktifkan media pembelajaran lingkungan sekitar. Dengan tujuan, agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja.

Program Tersebut Sangat membuahkan hasil dengan penilaian formatif dan sumatif, nilai siswa tersebut menjadi lebih baik. Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, yang diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dasar dan mereka bisa bermain sambil belajar dengan cara membaca dan mewarnai hewan kesukaannya.

Lingkungan sekitar sangat mengapresiasi kegiatan ini, mereka juga banyak menyumbang buku bacaan dan buku gambar untuk diwarnai anak-anak. Aktivitas tersebut bisa membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru. Sehingga menjadi lebih terasah dan banyak menemukan ide yang bisa digunakan untuk pembelajaran untuk siswa.

MOTIVASI:

Dengan menjadi seorang guru, saya tidak hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.


CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU SMP

[CONTOH 1]

INFORMASI DASAR:

Nama saya Maria Ulil Albab dan terbiasa disapa Ulil. Saya lahir di Kota Makassar pada 6 Oktober 1998. Saat ini saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 2 Makassar.

PENGALAMAN:

Saya sudah menjabat sebagai guru honorer selama 6 tahun dan masih mengajar hingga saat ini. Adapun mata pelajaran yang saya ajarkan adalah Bahasa Indonesia kelas VIII dan IX.

KELEBIHAN DAN PRESTASI:

Didalam melaksanakan tugas sebagai guru honorer saya selalu berupaya agar bisa menyampaikan materi menggunakan metode dan model pembelajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Apabila siswa mulai merasa bosan dan menurun tingkat belajarnya, saya akan berusaha untuk melakukan proyeksi untuk diri saya sebagai pengajar.

Untuk mengetahui bagaimana perkembangan siswa, terlebih pada materi yang saya ajarkan, saya selalu mencoba menjalin kedekatan yang baik dengan para siswa dengan tujuan agar lebih mudah memahami keadaan mereka.

Bukan hanya sekedar materi pembelajaran, saya bisa memahami karakteristik serta emosional siswa. Sehingga nantinya saya mampu memberikan cara mengajar yang baik dan memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh.

Jika ada lomba yang diadakan di luar sekolah seperti olimpiade atau berpidato, saya selalu mengusahakan agar anak didik saya bisa ikut dan menunjukkan prestasinya. (Bisa menambahkan juara yang pernah diraih)

Selain menjalin kedekatan dengan peserta didik, saya juga menjalin dan membangun komunikasi dan hubungan baik dengan guru-guru lain sebagai rekan kerja. Saya juga tak menyia-nyiakan untuk selalu belajar dari guru-guru berpengalaman di sekolah tersebut.

Dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat. Saya selalu meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan dan partisipasi dalam organisasi masyarakat atau ikut serta dalam kegiatan gotong royong. (Tambahkan kegiatan lagi jika ada)

MOTIVASI:

Dengan menjadi seorang guru, merupakan cita-cita saya dan kini tercapai. Karena guru adalah langkah pertama untuk mencetak generasi penerus yang berkualitas.


[CONTOH 2]

INFORMASI DASAR:

Nama saya Nur Fajri dan terbiasa disapa Nur. Saya lahir di Jakarta pada 11 Oktober 1996. Saat ini saya merupakan guru tenaga honorer di SMP Negeri 3 Jakarta.

PENGALAMAN:

Saya pernah memiliki pengalaman menjadi pengajar selama 8 tahun di SMPN 12 Pagi, SMPN 7 Jakarta, dan SMPN 6 Jakarta.

Delapan tahun mengajar, saya menerapkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tujuannya agar para murid bisa menangkap pelajaran dengan baik. Dengan demikian, mereka dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah.

Bukan hanya mengajar di kelas, ada kalanya saya mengajak para siswa untuk melakukan eksperimen sederhana menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekolah.

Dan metode ini cukup efektif untuk membuat mereka merasa tidak bosan dan tetap memahami pelajaran. Selain mengajar, saya juga pernah mengikuti beberapa pelatihan guna meningkatkan skill dan potensi diri.

KELEBIHAN DAN PRESTASI:

Dalam kehidupan masyarakat, saya tergolong aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di lingkungan tempat tinggal saya. Misalnya ikut kegiatan gotong royong, ikut lomba 17 Agustus dan sebagainya.

MOTIVASI:

Menjadi seorang guru, merupakan cita-cita saya dan kini tercapai. Karena guru adalah langkah pertama untuk mencetak generasi penerus bangsa yang bermutu dan berkualitas.


CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU  SMA

[CONTOH 1]

INFORMASI DASAR:

Perkenalkan Nama saya Azizah. lahir di Malang pada tanggal 16 Agustus 1994, saat ini saya menjadi guru honorer di sekolah SMAN 6 Malang, Kecamatan Indah malang, Kota Malang Provinsi Malang.

PENGALAMAN:

Saya sudah menjadi guru honorer selama kurang lebih 8 tahun dan Alhamdulillah sampai sekarang masih diberikan kesempatan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

KELEBIHAN DAN PRESTASI:

Selain menjalin kedekatan dengan peserta didik, saya juga menjalin kedekatan terhadap sesama tenaga pendidik, bahkan dalam bermasyarakat saya juga memberikan kontribusi saya untuk daerah setempat.

Saya juga mengabdi sebagai Ketua DKM di Kampung halaman saya. Dan saya juga saat ini masih aktif di bidang kepemudaan contohnya ikut gabung di KNPI Tingkat Kabupaten.

MOTIVASI:

Selama saya bekerja, selalu memilah kepentingan pribadi dan kepentingan bersama. Ada dua bagian yang harus digarisbawahi, dalam bidang pekerjaan dan bermasyarakat.


[CONTOH 2]

INFORMASI DASAR:

Nama Saya Azhari, lahir di Jakarta pada 11 Oktober 1996 dan saya adalah seorang guru di SMA Kota Jakarta.

PENGALAMAN:

Ketika bertugas, saya dipercayakan untuk menjadi wali kelas selama 2 tahun untuk kelas XI. Serta saya juga berperan sebagai guru biasa ketika awal bergabung. Menjadi guru, membuat saya bisa mengenali berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SMA tersebut. 

KELEBIHAN DAN PRESTASI:

Saya sejatinya teramat bangga dalam menjalin hubungan baik sesama tenaga pendidik dan berkolaborasi memajukan sekolah menjadi lebih unggul. Bahkan salah satu program yang saya canangkan diterapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran yang memanfaatkan alam sekitar.

MOTIVASI:

Dengan menjadi seorang guru, bagi saya sejatinya adalah profesi yang sangat membanggakan. Selain menuntut diri untuk terus belajar, saya memiliki kepuasan tersendiri apabila melihat anak-anak didik saya berhasil mencapai cita-citanya sesuai keinginan mereka.


Demikian artikel mengenai Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru SD, SMP dan SMA, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat.(*)


Tag:

  • contoh deskripsi guru,
  • deskripsi guru yang baik,
  • deskripsi diri pppk guru,
  • contoh deskripsi diri pppk guru,
  • contoh deskripsi pekerjaan guru,
  • contoh deskripsi diri seorang guru,
  • contoh deskripsi diri pppk kesehatan,
  • contoh deskripsi diri untuk pppk guru,
  • contoh deskripsi diri pppk guru 3000 karakter,
  • contoh deskripsi pengalaman kerja guru honorer