Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam

deskripsi diri pppk guru agama islam,  contoh deskripsi diri pppk guru 2023,  contoh deskripsi diri pppk guru 3000 karakter,  contoh deskripsi diri pppk guru agama islam,  contoh deskripsi diri pppk guru sma 3000 karakter,  deskripsi diri pppk tenaga teknis,  contoh deskripsi diri pppk guru smp,  deskripsi diri pppk kesehatan,  deskripsi diri guru pai,
Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam

CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU AGAMA ISLAM - Berikut contoh deskripsi diri untuk Guru Agama Islam lengkap dengan tips menulisnya. Yuk simak selengkapnya bagi yang membutuhkan.

Seluruh pelamar PPPK Guru 2023, termasuk Guru Agama Islam harus mengisi kolom esai deskripsi diri saat melakukan pendaftaran pada laman SSCASN. 

Adapun Deskripsi Diri PPPK Guru yakni sebuah esai yang menggambarkan diri pelamar PPPK Guru, baik dari segi pendidikan/pengalaman mengajar/prestasi/motivasi hingga kehidupan bermasyarakat. 

Pada halaman deskripsi diri akan ditemukan oleh pelamar, sesudah mengisi biodata hingga formasi saat melakukan pendaftaran pada laman SSCASN.

Dalam mengisi kolom deskripsi diri pada laman SSCASN, calon pelamar tentunya harus persiapkan tulisannya lebih dulu, supaya deskripsi yang dikirim bisa diterima dengan baik. 

Jadi, berikut contoh deskripsi diri khusus untuk Guru Agama Islam serta tips menulisnya yang dirangkum dari berbagai sumber.


Tips Menulis Deskripsi Diri PPPK Guru yang Baik

Baiknya, ketahui dulu beberapa poin yang dapat dicantumkan dalam deskripsi diri, karena karakter deskripsi diri terbatas yakni maksimal 3.000 karakter, maka tidak semua poin harus dimasukkan.

Calon pelamar bisa memilih poin penting yang dapat dimasukkan dalam menulis deskripsi diri. Berikut beberapa poin yang dapat dicantumkan dalam deskripsi diri PPPK Guru:

  1. Identitas diri (nama, tempat, dan tanggal lahir)
  2. Informasi pendidikan
  3. Pengalaman organisasi hingga prestasi
  4. Pengalaman mengajar
  5. Hubungan pelamar dengan peserta didik dan guru
  6. Hubungan dalam bermasyarakat
  7. Motivasi untuk menjadi PPPK Guru
  8. Semua poin tersebut sebaiknya dinarasikan secara runut dengan penggunaan kata yang tepat.


CONTOH DESKRIPSI DIRI PPPK GURU AGAMA ISLAM

Mengenai aturan dalam menulis Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam sama dengan PPPK Guru lainnya. Para pelamar wajib mengisi kolom deskripsi diri dengan maksimal 3.000 karakter.

Inilah beberapa kumpulan Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam, mulai dari Guru Agama Islam SD, SMP hingga SMA:


Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam SD

Nama saya Rizki Saputra, lahir di Bandung 20 Desember 1998. Saya adalah guru mata pelajaran Agama Islam di SDN 03 Bandung.

Sebagai seorang guru agama, saya menyadari betapa pentingnya membentuk karakter peserta didik yang kokoh dan toleran. 

Oleh sebab itu, saya berkomitmen untuk tak hanya menyampaikan konsep keagamaan, tetapi juga mengilhami etika universal seperti empati, kerja sama dan rasa hormat terhadap adanya perbedaan.

Ini akan membantu peserta didik untuk tumbuh jadi individu yang lebih baik dalam komunitas global yang makin terhubung.

Selain itu, saya juga terus berupaya untuk bersosialisasi dan punya semangat tinggi dalam membentuk karakter anak penerus bangsa. 

Dibuktikan dengan kedekatan antarguru atau peserta didik. Dalam mengajar, saya pun berupaya untuk mewujudkan suasana yang menyenangkan dan mudah dipahami sesuai karakteristik peserta didik.

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di lembaga, saya juga terus berusaha untuk menjaga dan memilah antara kepentingan pribadi dan bersama.

Demikian deskripsi diri ini dibuat dengan sebenar-benarnya.


Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam SMP

Saya Sukmawati, lahir di Malang 12 Agustus 1997. Saya guru honorer di SMPN 2 Malang sejak tahun 2018 sampai saat ini.

Saya adalah seorang guru Pendidikan Agama Islam dengan berbagai pengalaman di bidang yang selaras. Dalam mengabdi di SMPN 2 Pangkep, banyak menemukan berbagai karakter siswa yang berbeda-beda.

Setelah mengajar selama 3 tahun di SMPN 2 Pangkep, saya kemudian dipercaya untuk menjadi wali kelas untuk kelas 2, 4 dan 6.

Selama menjadi bagian dari keluarga besar SMPN 2 Pangkep, saya banyak belajar dan melakukan kolaborasi dengan dewan guru yang lain.

Mengajar dengan metode yang tidak membosankan dan banyak berinteraksi dengan siswa adalah salah satu kelebihan saya.

Saya ingin siswa-siswi dapat memahami materi pelajaran yang saya berikan, bukan hanya sekedar menuntaskan kewajiban. Dan saya paling suka jika siswa-siswi banyak melakukan diskusi dengan rekannya.

Pendidikan Agama Islam memang kurang bisa dijelaskan jika hanya dengan materi saja, oleh karena itu saya lebih suka mengajak siswa-siswi untuk praktek bersama. 

Beberapa materi yang biasanya saya berikan secara praktik yaitu shalat berjamaah hingga mengaji dengan tartil.

Tujuannya adalah menanamkan materi agama secara mendalam ke dalam otak dan juga hati siswa-siswi saya. 

Ketika siswa-siswi saya merasa bosan belajar di dalam kelas, saya berusaha mengajak mereka untuk belajar di luar ruangan.

Menurut saya memberikan materi di luar ruangan juga cukup efektif untuk melatih kepekaan siswa-siswi terhadap semua ciptaan Allah.

Sebab saya sebagai seorang guru memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk kepekaan siswa-siswinya.


Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam SMA

Nama saya Rianda seorang guru Agama Islam di SMA 2 Makassar. Menjadi pendidik bagi saya merupakan panggilan hati, terutama untuk membangun karakter anak-anak dan memaksimalkan pemahaman nilai-nilai agama.

Di samping itu, sebagai guru, saya berupaya untuk menghadirkan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran. 

Pendekatan, metode, media pembelajaran yang biasanya saya sampaikan selalu memperhatikan karakteristik materi ajar dan kemampuan peserta didik.

Saya juga selalu berupaya untuk membangun kerja sama yang positif antar pendidik.

Kemudian, sebagai bagian dari masyarakat, saya juga aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, terutama dalam kegiatan dan acara-acara keagamaan.


Demikian Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru Agama Islam untuk Guru SD, SMP dan SMA serta tips menulisnya. SALAM SUKSES***


Tag:

deskripsi diri pppk guru agama islam,

contoh deskripsi diri pppk guru 2023,

contoh deskripsi diri pppk guru 3000 karakter,

contoh deskripsi diri pppk guru agama islam,

contoh deskripsi diri pppk guru sma 3000 karakter,

deskripsi diri pppk tenaga teknis,

contoh deskripsi diri pppk guru smp,

deskripsi diri pppk kesehatan,

deskripsi diri guru pai,