KUMPULAN Contoh Soal Tes PPPK Guru 2023 Pilihan Ganda

soal tes pppk,  soal pppk 2023 pdf,  soal pppk guru 2023,  download soal pppk 2023,  kumpulan soal tes pppk,  bocoran soal pppk teknis 2023,  contoh soal tes pppk guru 2023,  soal pppk teknis pdf,  soal pppk kesehatan 2023,  soal pppk 2023 guru sd,  latihan contoh soal tes pppk,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,
kumpulan contoh soal tes pppk guru 2023 

SOAL TES PPPK GURU - Berikut ini adalah kumpulan beberapa Contoh Soal Tes seleksi PPPK Guru 2023 yang bisa dijadikan sebagai bahan belajar online didalam menghadapi tes seleksi PPPK.

Penting untuk mencermati setiap pertanyaan yang ada kemudian berikan jawaban terbaikmu serta perbanyak latihan soal untuk meningkatkan kemampuanmu dalam bersaing untuk lolos dalam seleksi.

Untuk soal-soal yang dirangkum dalam postingan kali ini merupakan soal atau pertanyaan yang pernah keluar pada tahun-tahun sebelumnya. Ada kemungkinan dari beberapa soal yang ada akan keluar saat dilangsungkan tes seleksi PPPK nantinya.

Yuk simak dibawah ini kumpulan Contoh Soal Tes Seleksi PPPK Guru 2023 Pilihan Ganda dilengkapi dengan kunci jawaban.


SOAL TES PPPK GURU

1. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah….

A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa

E. Membuat produk karya sei rupa dari tanaman panda

Jawaban: E


2. Pada sebuah rancangan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika seorang pendidik akan menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah….

A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output

B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar

C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar

D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan

E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

Jawaban: B


3. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya….

A. Fakta

B. Prosedur

C. Keterampilan

D. Konsep

E. Prinsip

Jawaban: D


4. Perencanaan pembelajaran yang menenkankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka, pilihan strategi pembelajaran yang tepat yaitu….

A. Kooperatif

B. Inkuiri

C. Problem solving

D. Discovery

E. Kontekstual

Jawaban: E


5. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip/hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut....

A. Bagan

B. APE (Alat Permaian Edukadif)

C. Flip Chart

D. Foto

E. Gambar

Jawaban: A


6. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di RPP. Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa, maka jenis evalausi yang tepat dipilih oleh guru adalah….

A. Evaluasi formatif

B. Evaluasi sumatif

C. Evaluasi sele

D. Evaluasi diagnostik

E. Evaluasi penempatan

Jawaban: B


7. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran (RPP), materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran….

a. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator

b. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan

c. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik

d. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

e. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu

Jawaban: A


8. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurangkurangnya....

A. Kompetesi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar

C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes

D. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

Jawaban: E


9. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru 2019 siswa dikelas tersebut diketahui 70% memiliki preferensi belajar kinestetik sehingga mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung, siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru….

A. Kooperatif

B. Project based learning

C. Kontekstual

D. Inqury

E. Discovery

Jawaban: B


10. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan….

A. Naturalis

B. Kinestetis

C. Visual spasial

D. Verbal linguistic

E. Logis matematis

Jawaban: A


11. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu….

A. Penilaian kinerja

B. Penilaian proyek

C. Penilaian portofolio

D. Pertanyaan terbuka

E. Penilaian diri

Jawaban: A


12. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah….

A. Peniaian kinerja

B. Peniaian portofolio

C. Penilaian proyek

D. Penilaian jurnal

E. Penilaian diri

Jawaban: C


13. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu….

A. Daftar cek (check list) 

B. Benar salah (true false)

C. Pilihan ganda (multiple choice)

D. Menjodohkan (matching) 

E. Jawaban bebas (Completion test)

Jawaban: A


14. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu….

A. Soal harus sesuai dengan indikator

B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis

D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama

E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

Jawaban: A


15. Hasil penilaian akhir yang dilakukan oleh guru diketahui beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar dan ada juga siswa yang belum memenuhi kreteria ketuntasan belajar. Mendasarkan pada kasus tersebut guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali…

A. Memperbaiki program pembelajaran

B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah

C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi

D. Mengadministrasikan hasil penilaian

E. Menyusun laporan hasil penilaian

Jawaban: D


16. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek…

A. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

C. Pengembangan kurikulum

D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

E. berkomunikasi pada peserta didik

Jawaban: B


17. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah….

A. Behaviorisme

B. Kognitif

C. Humanistik

D. Sibernetik

E. Kontruktivisme

Jawaban: A


18. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

A. Sibernetik

B. Kognitif

C. Humannistik

D. Behaviorisme

E. Konstruktivisme

Jawaban: E


19. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam....

A. Silabus

B. RPP

C. Silabus dan RPP

D. SKL

E. Lembar penilai

Jawaban: B


20. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkahlangkah pembelajaran, evaluasi secara rinci

Jawaban: A


21. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….

A. Role Playing

B. Inquiry

C. Problem Solving

D. Picture and Picture

E. Kontektual

Jawaban: C


22. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan...

A. Memberikan acuan

B. Melaksanakan tes awal

C. Memberikan bimbingan

D. Membuat kaitan

E. Meningkatkan motivasi

Jawaban: D


23. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....

A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar

B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional

C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas

D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran

E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

Jawaban: E


24. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

E. Ruang yang tersedia

Jawaban: B


25. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena....

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap.

B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain.

C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua.

D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa.

E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

Jawaban: D


26. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…

A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah

B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajarang dengan media

C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.

D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.

E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

Jawaban: C


27. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya

D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

Jawaban: D


28. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah….

A. Menampilkan objek yang terlalu besar

B. Menampilkan obyek yang sulit diamati

C. Membuat konkrit konsep yang abstrak

D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.

E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

Jawaban: C


29. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran....

A. Projek based learning

B. Kontektual

C. Discovery Learning

D. Problem Based Learning

E. Inquiry learning

Jawaban: A


30. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....

A. Project based learning

B. Inquiry learning

C. Discovery learning

D. Kooperatif

E. Problem based learning

Jawaban: E


31. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjuangan ke suatu lembaga, namun sesampai dilembaga tersebut belum ada petugas dan nara sumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu....

A. Waktu belajar cukup banyak

B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik

C. Sedikitnya jumlah guru

D. Ruang kelas yang terbatas

E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran

Jawaban: B


32. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :

(1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,

(2) Mendesain Perencanaan Proyek,

(3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),

(4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),

(5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),

(6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience). 

Urutan yang benar adalah ....

A. 1-2-3-4-5-6

B. 1-2-4-3-5-6

C. 1-3-2-4-5-6

D. 1-3-2-5-6-4

E. 1-2-3-5-4-6

Jawaban: A


33. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

(1) Mengorganisasi siswa dalam belajar

(2) Orientasi siswa pada masalah

(3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

(4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A. 1-2-3-4

B. 1-3-2-4

C. 2-3-1-4

D. 3-2-1-4

E. 2-3-1-4

Jawaban: C


34. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial disekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporkan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan….

A. Discovery

B. Heuristik

C. Pemecahan Masalah

D. Belajar Aktif

E. Projek Based Learning

Jawaban: A


35. Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah…

A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi

C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok

D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis

E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

Jawaban: A


36. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….

A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru

B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa

C. Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru

D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa

E. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

Jawaban: D


37. Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali....

A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

D. Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah

E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

Jawaban: E


38. Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah….

A. Pedoman observasi

B. Kuesioner

C. Tes tulis

D. Pedoman wawancara

E. Tes hasil belajar

Jawaban: A


39. Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....

A. Buku sumber yang digunakan

B. Kurikulum dan silabus

C. Karateristik siswa

D. Indikator pencapaian kompetensi

E. Kemampuan awal siswa

Jawaban: D


40. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi

C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai

D. Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar

E. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soalsoal yang memiliki kesulitan tinggi

Jawaban: E


41. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk….

A. Penilaian proyek.

B. Peniaian kinerja

C. Peniaian portofolio

D. Penilaian antar teman

E. Penilaian diri

Jawaban: B


42. Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu….

A. Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa

B. Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik

C. Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa

D. Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang

E. Agar prestasi sekolah menjadi meningkat

Jawaban: C


43. Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam 

kegiatan berikut….

A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C. Menurunkan standar ketuntasan belajar

D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

E. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

Jawaban: D


44. Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara….

A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa

C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah

D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

Jawaban: D


45. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara....

A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

B. Diberikan bahan ajar berupa modul

C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

E. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa

Jawaban: A


Demikian artikel mengenai kumpulan Contoh Soal Tes PPPK Guru 2023 Pilihan Ganda yang telah dilengkapi beserta dengan kunci jawabannya, semoga berguna dan bermanfaat.()


Tag:

soal tes pppk,

soal pppk 2023 pdf,

soal pppk guru 2023,

download soal pppk 2023,

kumpulan soal tes pppk,

bocoran soal pppk teknis 2023,

contoh soal tes pppk guru 2023,

soal pppk teknis pdf,

soal pppk kesehatan 2023,

soal pppk 2023 guru sd,

latihan contoh soal tes pppk,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,