Contoh Soal PPPK Situational Judgement Test

soal pppk,  soal tes pppk,  soal sjt pppk guru,  soal situational judgement test,  soal pppk situational judgement test pdf,  contoh soal pppk situational judgement test pdf,  soal sjt pppk guru 2023 pdf,  download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,  soal pppk guru 2023 pdf,  download soal pppk guru 2023,  soal observasi pppk guru 2023 pdf,  download soal observasi pppk guru 2023 pdf,  contoh soal situational judgement test,
soal pppk situational judgement test pdf

SOAL SITUATIONAL JUDGEMENT TEST PDF - Halo sahabat pppk ! pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja/PPPK guru untuk Kebutuhan Umum dibuka hingga 9 Oktober 2023. 

Tahun ini, Seleksi CASN untuk kategori PPPK mengalami perubahan, yang dimana pelamar P2 dan P3 akan mengikuti ujian Situational Judgement Test atau situasi kerja sederhana. 


Apa yang dimaksud Situational Judgement Test?

Situational judgement test adalah penilaian yang dirancang untuk mengukur penilaian kandidat dalam setting peran yang relevan atau setting kerja. 

Tes Situational judgement test (SJT) merupakan salah satu jenis tes psikometri atau tes bakat yang menilai kompetensi seseorang. 

Ujian ini akan memberi skenario terkait pekerjaan yang relevan dan pelamar diminta untuk memilih tindakan terbaik dari sejumlah opsi yang disediakan.

Serta hasil ujian Situational Judgement Test akan langsung diumumkan tanpa ada masa sanggah.


CONTOH SOAL SITUATIONAL JUDGEMENT TEST

1. Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada Kompetensi Dasar Bu Dina selalu memperhatikan aspek-aspek dibawah ini kecuali... 

a. jumlah minggu efektif 

b. jumlah dan keluasan KD

c. kedalaman dan tingkat kesulitan KD 

d. tingkat kepentingan KD 

e. jangka waktu penggunaan media 

jawaban: e 


2. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian... 

a. beracuan kriteria dan menyeluruh 

b. beracuan kriteria dan sistematis 

c. akuntabel dan menyeluruh 

d. objektif dan menyeluruh

jawaban: a 


3. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....

a. Project based learning

b. Inquiry learning

c. Discovery learning

d. Kooperatif

e. Problem based learning

jawaban: e


4. Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam penilaian hasil belajar peserta didik kecuali... 

a. menetapkan standar ketuntasan belajar yang harus dicapai peserta didik 

b. menetapkan kriteria kenaikan kelas 

c. menetapkan kriteria kelulusan peserta didik 

d. melakukan penilaian akhir dan ujian sekolah 

e. menjadi panitia pelaksana ujian nasional tingkat satuan pendidikan 

jawaban: e


5. Jika pada silabus terdapat diksi "memecahkan masalah sampah" hal itu terdapat pada komponen... 

a. materi pembelajaran 

b. kegiatan pembelajaran 

c. kompetensi dasar 

d. indikator pencapaian kompetensi 

e. penilaian 

jawaban: c 


6. Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan... 

a. program tahunan 

b. program semester 

c. analisis minggu efektif 

d. kedalaman materi 

e. SKL dan standar isi 

jawaban: c 


7. Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis harus diperhatikan hal hal sebagai berikut kecuali... 

a. materi 

b. bahasa 

c. relevansi 

d. kaidah penulisan 

e. konstruksi

jawaban: c


8. Sekolah wajib menyediakan lingkungan yang ramah bagi siswa agar perbedaan yang melekat pada pribadi siswa tidak menjadi penghalang dalam pelayanannya. Untuk membangun kondisi yang demikian maka tugas guru adalah …

a. Datang di sekolah sebelum pembelajaran

b. Mengajar mata pelajaran dengan baik

c. Membangun semangat kekeluargaan

d. Melengkapi sarana dalam pembelajaran

e. Siswa diistimewakan perlakuannya

Jawaban: c


9. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah….

a. Behaviorisme

b. Kognitif

c. Humanistik

d. Sibernetik

e. Kontruktivisme

Jawaban: a


10. Ada pegawai baru yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah... 

a. ikut bersikap tak ramah dan memusuhinya 

b. ingatkan dengan baik-baik agar lebih ramah 

c. tidak perlu ikut campur karena bukan urusan saya 

d. mendoakan yang terbaik untuk pegawai tersebut 

e. melaporkan pada atasan agar segera ditegur 

jawaban: b


11. Apakah Anda bersedia untuk memperdebatkan sesuatu padahal kelompok Anda jelas-jelas tidak menyetujuinya 

a. saya akan tetap mempertahankan pendapat saya 

b. saya akan menyimak pendapat lain terlebih dahulu

c. saya akan berpikir ulang dan mencari jalan tengah 

d. saya akan mengalah saja 

e. saya akan mengumpulkan teman terlebih dahulu untuk menyuarakan pendapat saya 

jawaban: c


12. Kewibawaan guru akan terpancar dari ketaatannya terhadap aturan yang berlaku, kesepakatan yang telah dibangun bersama. Perwujudan dari ketaatan tersebut dalam tugas kesehariannya adalah ...

A. Menambah waktu pelajaran karena terlambat masuk kelas

B. Memberi sanksi kepada peserta didik yang melanggar tata tertib sekolah

C. Mengurangi nilai peserta didik karena sering terlambat masuk sekolah

D. Melarang peserta didik yang terlambat untuk mengikuti pelajaran

E. Memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu

jawaban: ...


13. Sebagai sebuah sekolah swasta yang sudah besar, SMA Maju Berkembang mempunyai peralatan yang memadai. Laboratoriumnya sudah dilengkapi dengan alat dan bahan yang lengkap, bahkan juga didukung oleh jaringan internet yang baik di semua lokasi di sekolah. 

Atas dasar kebijakan yayasan dengan alasan mengikuti revolusi industri 4.0 sekolah juga sudah menyediakan laboratorium virtual sehingga praktikum juga dapat dilakukan tanpa harus menggunakan laboratorium sebenarnya. 

Berdasarkan kondisi ini pembelajaran yang dilakukan guru sebaiknya ...

A. Merancang pembelajaran yang menyenangkan dengan menyelipkan permainan atau game yang sekaligus berfungsi sebagai alat evaluasi

B. Memperbanyak pembelajaran dengan metode diskusi khususnya jika menemukan hal-hal yang baru pada mata pelajaran

C. Mengajak siswa melakukan kegiatan pemeblajaran dengan menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium untuk menunjang pengalaman belajar siswa secara real

D. Memanfaatkan fasilitas TIKnya dengan membuat presentasi yang menarik pada setiap materi yang disampaikan

E. Memanfaatkan laboratorium virtual sehingga siswa mempunyai keterampilan dan litrasi TIK serta sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0.

jawaban: ...


14. Salah satu cara mendidik adalah dengan pendisiplinan yang menunjukkan sikap berwibawa seorang guru sebagai pembela keadilan. Contoh perilaku dalam pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah …

A. Membuat tata tertib kelas bersama peserta didik demi kebaikan bersama

B. Mengusir peserta didik yang selalu ramai di kelas agar tidak mengganggu

C. Menyerahkan ke guru BK untuk peserta didik yang membolos sekolah

D. Pemberian sanksi fisik yang penting tidak mencederai peserta didik

E. Tidak ada toleransi keterlambatan peserta didik meskipun sedikit waktu

jawaban: ...


15. Bu Nina seorang guru kelas 3 SD menghadapi permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk aspek keterampilan menyimak. Hasil analisis masalah menunjukkan bahwa siswa tidak bisa konsentrasi menyimak ketika guru bercerita.

Ketika diminta menceritakan kembali cerita yang sudah disimak, siswa mengalami kesulitan dan kata-kata yang digunakan terbatas. Selain itu, siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan isi cerita dan kesulitan menyimpulkan isi cerita yang sudah disimak. 

Rumusan masalah di bawah ini yang tidak berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi Bu Nina adalah …

A. Strategi apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa mampu menjawab pertanyaan berkaitan dengan cerita yang disimak?

B. Apakah topik cerita mempengaruhi kemampuan menyimak siswa?

C. Metode apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa bisa konsentrasi menyimak?

D. Bagaimana cara memotivasi siswa agar mau bertanya dan bercerita di depan kelas

E. Media apa sebaiknya yang digunakan guru agar siswa memahami cerita yang disimak?

jawaban: ...


16. Sekolah wajib menyediakan lingkungan yang ramah bagi peserta didik agar perbedaan yang melekat pada pribadi peserta didik tidak menjadi penghalang dalam pelayanannya. Untuk membangun kondisi yang demikian maka tugas guru adalah …

A. Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk menceritakan pengalaman mematuhi aturan agama di sekolah

B. Guru meminta siswa untuk mematuhi aturan agama yang dianutnya di sekolah

C. Guru menunjukkan agama di Indonesia beserta aturan-aturannya

D. Guru mendiskusikan apa yang terjadi jika kita patuh pada aturan agama ketika di sekolah

E. Guru memberikan contoh sikap patuh pada aturan agama di sekolah

jawaban: ...


Itulan informasi apa itu Situational Judgement Test PPPK Guru 2023 dan beberapa contoh soal Tes Penilaian Situasional guna sabagai bahan belajar serta penambah wawasan.


Tag:

soal pppk,

soal tes pppk,

soal sjt pppk guru,

soal situational judgement test,

soal pppk situational judgement test pdf,

contoh soal pppk situational judgement test pdf,

soal sjt pppk guru 2023 pdf,

download kumpulan soal p3k dan jawabannya pdf,

soal pppk guru 2023 pdf,

download soal pppk guru 2023,

soal observasi pppk guru 2023 pdf,

download soal observasi pppk guru 2023 pdf,

contoh soal situational judgement test,