Contoh SOAL Uji Kompetensi Manajerial PPPK dan Jawabannya

soal pppk,  latihan soal pppk,  contoh soal manajerial dan jawaban,  contoh soal uji kompetensi manajerial dan sosiokultural,  soal manajerial p3k,  soal manajerial p3k pdf,  soal kompetensi manajerial pdf,  kumpulan soal p3k dan jawabannya,  download soal pppk kompetensi manajerial,  contoh soal manajerial dan jawaban pdf,
Contoh Soal Manajerial dan Jawaban

Soal Kompetensi Manajerial PDF - Apa kabar sahabat pppk !  Berikut dalam kesempatan ini, kami bagikan beberapa Contoh Soal Manajerial dan jawaban. Guna sebagai bahan belajar secara mandiri.

Kita tahu bersama bahwa, para pelamar PPPK akan menghadapi empat macam Uji Kompetensi yakni:

  1. Uji Kompetensi Teknis, 
  2. Uji Kompetensi Manajerial, 
  3. Uji Kompetensi Pemerintahan, dan 
  4. Uji Kompetensi Sosio Kultural.

Dan salah satu tes yang akan ditempuh bagi pelamar pada seleksi PPPK adalah Uji kompetensi Manajerial yang merupakan tes untuk menilai penguasaan, keterampilan, pengetahuan dan sikap seseorang sebagai pelamar dalam berorganisasi.


Contoh Soal Manajerial dan Jawaban

Tanpa pelu berlama-lama, berikut dibawah ini, kumpulan contoh soal uji kompetensi manajerial PPPK. Yuk simak selengkapnya !


1. Jika anda adalah seorang dosen pembimbing. Salah seorang anak bimbingan anda tidak pemah hadir bimbingan untuk konsultasi skripsi karena memiliki permasalahan tertentu. Yang harus anda lakukan adalah...

a. Menguhubunginya lewat surat elektronik/telpon untuk menyuruhnya datang bimbingan

b. Menghubunginya lewat temannya untuk menyuuruh datang bimbingan

c. Menghubunginya lewat telepon untuk menyuruhnya datang bimbingan

d. Mengabaikannya karena itu bukan tanggung jawab anda

e. Menghubunginya lewat surat elektronik untuk segera menyelesaikan skripsinya

Kunci Jawaban A


2. Dalam suatu kelompok, apa yang selalu anda tampilkan tentang diri anda?

a. Percaya diri yang tinggi dan ramah

b. Menjadi pusat perhatian dan tampil menonjol

c. Pihak yang selalu netral jika terjadi perdebatan

d. Pengamat dan pendengar yang baik

e. Mengikuti alur yang telah ada

Kunci Jawaban D


3. Wak Geng bekerja pada posisi sebagai penjaga yg mengatur antrian boarding pass di bandara. Bandara baru saja mengaplikasikan teknologi boarding pass yang baru dengan menggunakan computer. Saat ini kondisi penumpang sedang penuh sesak mengantri. Lalu, ada ibu-ibu membawa anak 5 tahun ikut antrian dan terlihat kebingungan membawa boarding pass. Tindakan Wak Geng yang tepat adalah..

a. Menyuruhnya ke bagian informasi agar dapat diajarkan cara menggunakan boarding pass terbaru tersebut

b. Mengeluarkan ibu itu dr antran dan mengajarkan cara menggukan boarding pass terbaru tersebut

c. menujukan meja bagian informasi jika kesulitan menggukan boarding pass terbaru tersebut

d. membantunya dan mengajarkan menggukan boarding pas terbaru tersebut dan memanggil teman lain menggunakan alat telekomunikasi untk menggantikan tugas menjaga antrian

e. memanggil teman anda menggunkan alat komunikasi untuk mengganti mengatur antrian sementara anda mengajarkan ke ibu tentang boarding pas tersebut

Kunci Jawaban D


4. Guna menghalau efek negatif dari media sosial yg akan berpengaruh ke pekerjaan, sebagai serang karyawan terbaik apa yg anda lakukan?

a. tidak menggubris apabila yg ada berkata kasar dimedia sosial

b. mempunyai 2 akun media sosial

c. membuat media sosial dengan nama samaran

d. menggunakan media sosial untuk melihat pekerjaan dan silaturahmi, tapi tidak disetting publik

e. menghapus semua media social

Kunci Jawaban D


5. Bang Mamed beserta keluarga baru pulang liburan tadi malam sehingga merasa sangat lelah. Pak Lurah mengajak Bang Mamed untuk ikut kerja bakti memperbaiki jembatan yang rusak. Istrinya melarang Bang Mamed mengikuti kerja bakti. Bang Mamed diminta beristirahat karena besok harus masuk kerja. Jika anda sebagai Bang Mamed, maka anda akan...

a. Mematuhi penintah istri

b. Mengikut kegiatan kerja bakti bersama warga

c. Mencari alasan untuk tidak mengikuti kerja bakti

d. Menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa membantu

e. Memberi makanan sebagai ucapan permohonan maaf pada warga

Kunci Jawaban B


6. Atasan anda hendak memindahkan anda ke cabang yang sama sekali tidak pernah anda kunjungi dan berada di daerah pedalaman, padahal anda adalah karyawan yang sudah lama mengabdi dan berprestasi dan anda cukup dekat dengan atasan...

a. Menolak dengan halus dan mengusulkan yang lain Saja.

b. Mencari alasan karena dekat dengan atasan jadi bisa di negosiasi

c. Bersedia di pindah tanpa membantah.

d. Mengusul kan karyawan yang lain saja kama anda merasa senior dan disegani di kantor

e. Berangkat dengan sangat terpaksa

Kunci Jawaban C


7. Ruang tunggu di rumah sakit tempat anda bekerja sudah tidka mampu lagi menampung pasien. Sebagai kepala bidang pelayanan, yang anda upayakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah...

a. Memecah beberapa tempat tunggu pasien

b. Mencan tempat yang lebih luas untuk menampung pasien lebih banyak lagi

c. Mengatur jam buka masing-masing poli agar tidak ada penumpukan pasien

d. Mendorong tenaga medis agar bekerja lebin cepat

e. Menata ulang bangku tempat tunggu pasien dengan mengedepankan kenyamanan dan daya tampung lebih banyak.

Kunci Jawaban E


8. Pada ujian kenaikan tingkat yang lalu, saya tidak Iolos dan hasilnya tidak memuaskan. Agar kali ini hasilnya baik, saya akan.....

a. Berlatih mengerjakan banyak soal agar terbiasa

b. Rajin berdoa mengharapkan mendapat nilai yang baik

c. Mengubah cara kerja agar mendapatkan hasil yang maksimal

d. Menggunakan cara kerja yang sama dengan sebelumnya

e. Rajin berlatin dan berdoa untuk mencapai nilai yang terbaik

Kunci Jawaban E


9. Roni adalah seorang karyawan yg memiliki dedikasi yg tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari Roni dihadapkan dengan pekerjaan yg sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yg sama. Sebagai karyawan yang profesional apa yang anda lakukan jika di posisi Roni?

a. Menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil asal asalan

b. Memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur

c. Pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja

d. Melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak tersebut

e. Membawa tugas tersebut ke rumah dengan harapan di bantu istri

Kunci Jawaban D


10. di balik kemajuan teknologi, ternyata memiliki dampak buruk, bagaimana sikap anda sebagai bawahan?

a. Wajar teknologi memiliki dampak buruk

b. Perlu memperketat peraturan

c. Perlu membatasi teknologi

d. Tidak mengikuti perkembangan teknologi

e. Mengikuti perkembangan dan tetap _berhati-hati dalam penggunaannya

Kunci Jawaban E


11. Anda di utus oleh pimpinan kantor anda bertugas ke sebuah daerah yang tidak punya fasilitas teknologi informasi yg memadai, dan daerah tersebut memiliki masyarakat yang tidak paham teknologi informasi dan sebagian masyarakat meyakini bahwa pembangunan teknologi informasi belum begitu penting, sementara atasan anda membenkan tugas tersebut kepada anda sebagai tuntutan program yang mesti dilaksanakan, langkah anda adalah...

a. Mengedukasi masyarakat tersebut tentang perkembangan ICT saat ini penting bagi masyarakat indonesia.

b. Berkordinasi dengan kepala desa dan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur meskipun masyarakar masih bingung

c. Membangun infrastruktur IT yang memadai untuk di gunakan masyarakat desa lalu kemudian mengadakan pelatihan pelatihan khusus

d. Menghormati kebudayaan daerah di desa tersebut bahwa bhineka tunggal ika penting, IT di desa tersebut belum terlalu bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

e. Melaporkan kepada atasan kantor anda yang sebenamya bahwa kondisi desa tersebut belum siap untuk dibangun infrastruktur teknologi informasi.

Kunci Jawaban A


12. Anda ditugaskan di daeran yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap anda?

a. Menganggap perbedaan bukan masalah

b. Berusaha memahami perbedaan tersebut

c. Memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas

d. Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelompok

e. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok

Kunci Jawaban E


13. Jika anda ditugaskan dalam pelayanan disuatu daerah yang anda belum terlalu bisa dengan bahasa daerah tersebut dan menemui ada seseorang yang meminta informasi dan anda padahal orang _ tersebut menggunakan bahasa campuran. apa yang anda lakukan....

a. melayani orang tersebut menggunakan bahasa daerah tersebut dengan terbata bata

b. melayani orang tersebut dengan berusaha menggunakan bahasa daerahnya

c. dengan melayaninya menggunakan bahasa resmi negara

d. meminta bantuan staf lain untuk menemuinya

e. melayaninya dengan menggunakan bahasa tubuh atau isyarat

Kunci Jawaban B


14. Jika anda ditugaskan atasan untuk menghadiri rapat yang didalamnya banyak konsultan konsultan yang besar dan anda duduk satu meja bersama mereka, apa yang akan anda lakukan.....

a. duduk sambil berbincang mengenai bisnis yang sedang dilaksanakan dan menukar pengalamannya

b. duduk dan mencoba memahami pembicaraan mereka supaya tau apakan ada celah untuk bekerja sama

c. menunggu sebentar supaya mereka menyapa saya terlebin dahulu agar mereka mempunyai_inisiatif untuk bekerjasama dengan saya

d. mengajak bicara kepada mereka dan langsung mengajaknya untuk bekerja sama

e. mencatat hal hal yang penting supaya pengalaman mereka bisa diterapkan untuk mengembangkan perusahaan saya

Kunci Jawaban A


15. Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadin pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal ini tersebut, saya tidak suka.......

a. Bekerja dengan standar hasil yang tinggi

b. Pekerjaan yang menumbuhkan kreatifitas baru

c. Pekerjaan yang memecah belah kekompakan

d. Pekerjaan yang menantang

e. Bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih

Kunci Jawaban C


16. Saya diperintahkan oleh pimpinan untuk melanjutkan studi di provinsi lain atas biaya kantor. Saat ini saya baru dikaruniai seorang bayi yang masih membutuhkan perhatian saya. Keputusan saya adalah...

a. Menolak penntah tersebut

b. Menerima perintah dengan konsekuensi mengikutkan keluarga merupakan tanggung jawab saya

c. Menerima perintah tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan tambahan biaya hidup

d. Menolak perintan tersebut, tetapi mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya dapat diikutkan

e. Menerima tawaran tersebut dengan berat hati meninggalkan keluarga

Kunci Jawaban B


17. Saya harus menyelesaikan tugas dengan cepat karena tugas tersebut telah dibatasi waktu pengerjaannya oleh atasan di kantor. Beliau memberikan batas waktu, yaitu hari Jumat dalam minggu ini. Saya akan...

a. Meminta perpanjangan waktu sekitar satu atau dua hari apabila ada tugas lain dan kantor yang menumpuk yang dikerjakan dalam waktu bersamaan.

b. Menyelesaikan tepat waktu pada han Jumat, maksimal di akhir jam kerja kantor.

c. Mencoba menyelesaikannya di hari Kamis jika memungkinkan.

d. Menegosiasikan batas waktu yang ditetapkan oleh atasan dengan baik-baik agar tidak terlalu memberatkan dan buru-buru

e. Meminta tolong rekan lain agar tidak terlambat mengumpulkan tugasnya

Kunci Jawaban C 


18. Situasi berikut yang menggambarkan ciri Saya adalah

a. Saya orang dibalik layar.

b. Saya tidak suka memulai konflik dengan orang lain.

c. Saya merasa tidak enak jika harus memotivasi orang lain.

d. Saya selalu bisa menjadi pemimpin bahkan dalam situasi yang baru sekalipun.

e. Saya merasa nyaman jika dapat bekerja tanpa menonjolkan din sebagai pemimpin

Kunci Jawaban D


19. Atasan yang saya sukai adalah yang ....

a. Sangat disiplin dan selalu meminta saya menunggu keputusan yang diambilnya sebelum suatu pekerjaan dilaksanakan

b. Suka menanyakan pendapat dan ide dari bawahan sebagai bahan masukan untuk suatu pekerjaan yang dilakukannya

c. Senantiasa mendelegasikan wewenangnya pada bawahan

d. Tidak terlalu membantu bawahan menyelesaikan tugas, namun sebaliknya berharap saya mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa sering berkonsultasi kepadanya

e. Selalu member petunjuk yang jelas atas pekerjaan yang akan bawahan kerjakan

Kunci Jawaban B


20. Menjelang Hari Raya Idul Fitri supermarket dipenuhi oleh pembeli, sehingga kasir sangat antre. Kebetulan pada saat itu Anda buru-buru dan mendapat antrian ke empat. Pada saat akan tiba giliran Anda ada seorang kakek- kakek yang hanya membeli air mineral dan meminta didahulukan ke kasir karena sedang ditunggu cucunya di luar. Apa yang akan Anda lakukan terhadap kakek tersebut sementara dibelakang Anda masih ada enam orang lagi yang juga mengantri dan si kasir bingung mau berbuat apa ?

a. Membiarkan kakek tersebut dilayani dengan rasa jengkel karena ketidakdisiplinanya

b. Menegur kakek tersebut untuk ikut mengantri di belakang

c. Mempersilahkan kakek tersebut dan memohon pengertian antrian dibelakang Anda

d. Meminta kasir untuk melayani kakek setelah Anda dengan alasan Anda juga buru- buru

e. Meminta kasir untuk melayani sesuai dengan antrian

Kunci Jawaban E


21. Saat anda tugas di luar kota, anda sedang telepon dengan istri Anda . Tiba-tiba ada orang menanyakan arah jalan kepada Anda, maka yang akan Anda lakukan adalah ?

a. Jika sedang berbicara dengan istri, Anda tidak menghiraukan orang lain

b. Menjawab pertanyaan orang tersebut sambil telepon dengan istri Anda

c. Mengecikan volume telepon dan menyimak pertanyaan orang tersebut

d. Membiarkan orang tersebut bertanya kepada orang lain

e. Segera menutup telepon dan menjawab pertanyaan orang tersebut

Kunci Jawaban E


22. Keluarga anda menyarankan pada anda untuk pindah kerja ke perusahaan lain yg memiliki gaji dan fasilitas lebih banyak dibanding dengan perusahaan tempat anda bekerja sekarang. Bagaimana sikap anda jika menghadapi hal tersebut?

a. menuruti saran keluarga

b. menolak dan tetap bekerja disana, karena loyalitas bagi saya adalah hal yg penting

c. menerangkan pada keluarga bahwa saya sudah merasa nyaman dan senang dengan tempat kerja saya sekarang

d. mempertimbangkan terlebih dahulu saran tersebut

e. langsung pindah, karena secara finansial sangat menguntungkan

Kunci Jawaban C


23. Anak anda sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit padahal atasan anda sudah sering menagih pekerjaan yang sudah lewat deadline, maka anda...

a. Meminta pengertian kepada atasan Anda untuk bisa memahami keadaan Anda

b. Meminta pengertian kepada keluarga Anda untuk bisa memahami keadaan Anda

c. Tetap membawa anak Anda ke rumah sakit untuk dirawat sembari menyelesaikan pekerjaan Anda di sana

d. Lembur di kantor dan meminta keluarga Anda yang lain untuk merawat anak Anda yang sedang sakit

e. Meminta rekan kerja Anda yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan Anda

Kunci Jawaban C


24. Hampir setiap minggu anda selalu menjalankan dinas ke luar kota. Pekerjaan anda menuntut anda untuk selalu mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan ketika bertugas, mulai darang barang-barang pribadi sampai ke dokumen penting yang harus dibawah. Kendala yang sering terjadi adalah anda agak sedikit pelupa, terkadang barang bawaan anda bisa tertinggal, belum lagi resiko kerusakan selama perjalanan atau hilang, sikap anda...

a. Menyiapkannya jauh jauh hari agar tidak lupa

b. Selalu membawa dokumen cadangan di tempat berbeda

c. Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja

d. Menyimpan dokumen di dalam hard disk

e. Tetap mempersiapkan seperti biasa yang anda lakukan

Kunci Jawaban C


25. Dosen anda meminta anda untuk ikut dalam sebuah perlombaan yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan oleh universitas tempat anda berkuliah. Dosen anda melihat bahwa anda memiliki talenta sesuai dengan diskripsi dari perlombaan, akan tetapi anda tidak menyadarinya, sikap anda...

a. Berterimakasih kepada Dosen tersebut karena telah memuji anda sebagai seseorang yang bertalenta

b. Menerima dan mengembangkan lebih dalam talenta yang anda miliki

c. Bersedia mengikuti perlombaan tersebut dan meminta bantuan dosen untuk membantu dan membimbing anda

d. Bersedia asalkan dosen anda selalu mau memberikan bimbingan jika nanti menemui permasalahan

e. Menerima dan mengikuti perlombaan tersebut sebisanya

Kunci Jawaban B


26. Dari sekian pegawai di kantor, saya merasa beban tugas terberat ada pada saya dan saya merasa stres karena di kejar-kejar dengan deadline. Respons saya terhadap situasi tersebut…

a. Mengkonsumsi vitamin dan suplemen untuk menambah kinerja saya mengerjakan tugas

b. Mengerjakan semua tugas setengah-setengah saja, yang penting sudah dianggap bertanggung jawab

c. Hanya mengerjakan tugas yang saya sukai saja

d. Mengerjakan semua tugas dengan setengah hati dan tidak bersemangat

e. Mengerjakan semua tugas dengan sepenuh hati dan berusaha memenuhi deadline

Kunci Jawaban E


27. Anda seorang resepsionis di suatu kantor yang bergerak dalam bidang pelayanan. Banyak keluhan yang ditujukan kepada instansi anda, padahal instansi anda terdapat fasilitas kebutuhan online. Maka sikap anda...

a. Menerima keluhan konsumen sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online

b. Menerima dan menanggapi keluhan sembari mengajarkan cara menampaikan keluhan secara online

c. Menerima dan menyelesaikan keluhan konsumen sambil bertanya apakah ada kesulitan dalam menyampaikan keluhan secara online

d. Menyelesaikan keluhan konsumen sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat menampaikan keluhan secara online

e. Mendengarkan keluh kesah konsumen tentang masalahnya dan mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online

Kunci Jawaban B


28. Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Salah satu anggota tim kerja saya ada yang bersikap tidak peduli dan meremehkan tugas yang dibebankan padanya, maka sikap saya adalah …

a. Bekerja sendiri yang penting tugas dapat terselesaikan tepat waktu

b. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius mengerjakan tugasnya

c. Melaporkan pada pimpinan agar diberikan sanksi yang tegas

d. Menasehati mereka agar sadar dengan tugas yang dibebankan

e. Membagi tugas secara adil, memotivasi, dan menegur anggota yang lalai agar segera menyelesaikan tugasnya

Kunci Jawaban E


29. Saya salah satu anggota tim yang baru dibentuk pimpinan rencana kerja dan instruksinya sudah dibuat oleh pimpinan. Saat menjalankan tugas tersebut sikap saya adalah…

a. Berusaha mengerjakannya sesuai rencana dan instruksi yang ada

b. Berpegang teguh dengan rencana dan instruksi yang dibuat dalam keadaan apapun

c. Sering melakukan perubahan sesuai dengan situasi kondisi yang terjadi di sekitar

d. Beberapa kali melakukan perubahan rencana dan instruksi dengan catatan hasil sesuai dengan yang ditetapkan

e. Tidak mengubah rencana dan instruksi tersebut karena bisa mengacaukan rencana awal

Kunci Jawaban D


30. Tanpa penjelasan dari atasan, salah seorang rekan kerja saya dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi dari saya padahal kemampuannya masih jauh di bawah saya. Sikap saya terhadap hal tersebut…

a. Menurunkan semangat kerja

b. Memprotes keputusan tersebut pada atasan

c. Mendiskusikannya dengan teman lainnya dan menyampaikan bahwa cara atasan tersebut tidak baik

d. Berusaha untuk tidak mengambil pusing dengan hal tersebut

e. Berusaha untuk memahami keputusan tersebut dan memperbaiki kinerja

Kunci Jawaban E


31. Suatu hari, Anda sekeluarga bepergian dengan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Dinas. Secara tidak sengaja Anda menabrakkan kendaraan tersebut hingga rusak. Tindakan Anda kemudian adalah …

a. Diam-diam menyimpan kendaraan tersebut agar tidak ketahuan

b. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel diam-diam dan memperbaiknya dengan biaya pribadi

c. Melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman/petunjuk dari pimpinan

d. Membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut pada pimpinan dan menyerahkan segala keputusan pada pimpinan

e. Mencari kambing hitam agar tidak disalahkan

Kunci Jawaban D


32. Anda adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan ritel. Anda memahami bahwa perusahaan Anda memiliki potensi untuk ikut serta dalam perdagangan Internasional. Apa sikap Anda terhadap kondisi tersebut?

a. Mengusulkan pada pimpinan mengenai potensi tersebut agar dapat mengoptimalkan perdagangan.

b. Tidak memberikan usulan pada atasan karena bukan wewenang saya.

c. Saya tanyakan terlebih dahulu kepada rekan-rekan mengenai hal tersebut.

d. Saya masih merasa kurang yakin terhadap potensi perusahaan.

e. Membiarkan saja, sampai ada rekan lain yang mengusulkan

Kunci Jawaban A


33. Anda ditugaskan di loket pengaduan konsumen yang terletak di lantai satu. Pada suatu hari ada seorang difabel menghampiri dan meminta bantuan Anda untuk membantu dalam proses pengurusan administrasi. Loket pengurusan administrasi pengurusan tersebut terletak di lantai dua. Pada saat itu di loket Anda sedang ada antrian panjang sehingga Anda tentu sangat sibuk. Sikap Anda adalah …..

a. Menyarankan kepada orang tersebut untuk meminta bantuan kepada satpam karena satpam lebih mudah untuk dimintai bantuan. Jelaskan juga bahwa saya tidak bisa membantunya ke lantai kedua karena banyak antrian yang akan mengajukan pengaduan

b. Memberi tahu orang tersebut untuk menuju ke loket bagian pengurusan administrasi karena semuanya harus sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Semua pegawai punya pekerjaan masing-masing sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan di luar tanggung jawab dan kewajiban masing-masing

c. Memberi tahu orang tersebut untuk menuju ke loket lainnya di lantai satu yang sedang tidak sibuk melayani pengaduan sehingga bisa membantu dan mengarahkan ke loket bagian pengaduan. Memintanya untuk memahami bahwa saya sedang ada antrian panjang di loket pengaduan

d. Menyarankan kepada orang tersebut untuk mengajak sanak keluarga atau saudaranya yang bisa membantu dalam proses pengurusan administrasi tersebut. Menginformasikan kepadanya bawah pegawai semuanya sibuk dengan pekerjaannya masing-masing

e. Meminta rekan kerja yang lain untuk menjaga loket saya sementara waktu, kemudian saya membantu orang tersebut menuju lantai dua untuk mengurus administrasi di lantai dua. Saya menitip pesan rekan kerja di loket tersebut untuk membantu orang tersebut turun kembali ke lantai satu setelah urusannya selesai

Kunci Jawaban E


34. Menjelang akhir jam istrahat kantor, di beberapa stasiun televisi menayangkan acara live pembacaan keputusan sidang sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi. Beberapa kerja masih di ruang istrahat untuk menonton acara telivisi tersebut. Padahal pekerjaan kantor masih banyak belum diselesaikan. Sikap Anda seharusnya dalam menghadapi kondisi tersebut adalah ….

a. Saya segera kembali ke ruang kerja saya karena harus menyelesaikan pekerjaan yang belum di selesaikan. Bagi saya pekerjaan lebih penting dari menonton acara siaran televisi. Saya tidak terpengaruh oleh rekan kerja lain, mungkin mereka sudah menuntaskan semua pekerjaan mereka sehingga santai

b. Saya segera ke ruang kerja untuk melanjutkan pekerjaan. Saya tidak akan terpengaruh oleh rekan kerja lain yang menonton acara live sidang keputusan sengketa pemilihan presiden karena kurang tertarik dengan isu politik yang sedang berkembang

c. Menasehati rekan kerja bahwa isu politik sekarang tidak begitu penting dan mengajaknya segera ke ruang kerja untuk bekerja seperti biasa. Meyakinkan rekan kerja bahwa tetap harus mengutamakan pekerjaan di saat jam kerja kantor

d. Mengajak rekan kerja kembali ke ruang kerja karena sudah masuk jam kerja. Mengingatkan bahwa selama jam kerja tidak boleh melakukan aktivitas di luar urusan pekerjaan. Hal tersebut sesuai dengan komitmen awal saat pertama kali diterima kerja

e. Saya kurang tertarik dengan isu politik yang sedang berkembang. Namun untuk menjaga solidaritas dan kekompakan dengan rekan kerja, saya ikut menononton sebentar dan beberapa saat ke ruang kerja untuk melanjutkan pekerjaan saya

Kunci Jawaban  D


35. Anda ditugaskan melakukan kunjungan dinas bersama rekan kerja Anda selama seminggu. Pada perjalanan dinas tersebut terdapat banyak agenda kunjungan pada beberapa kantor perwakilan di beberapa daerah. Menjelang dua hari akhir, rekan kerja saya baru mengingat bahwa dia memiliki pekerjaan penting di kantor yang harus diselesaikan dan akan diserahkan pada atasan awal pekan depan. Respon Anda terhadap kondisi rekan kerja Anda ……

a. Menanyakan rekan kerja saya pekerjaan apa yang belum diselesaikan untuk mengetahui tingkat urgensinya, bila sangat penting bisa menyarankan kepadanya untuk meminta rekan kantor lain untuk membantu menyelesaikan. Namun bila harus dia sendiri mengerjakannya, menyarankan dia segera kembali dan saya siap untuk menyelesaikan kunjungan kantor sendirian

b. Memintanya untuk fokus dengan kunjungan kerja ke beberapa kantor perwakilan di daerah. Untuk pekerjaan yang harus dia selesaikan dapat dikerjakan libur akhir pekan sepulang dari perjalanan dinas

c. Menyarankan kepadanya untuk tetap fokus pada perjalanan dinas karena perjalanan dinas juga merupakan tanggung jawabnya seperti pekerjaan yang belum terselesaikan. Selain itu kunjungan dinas ada laporan atas kegiatan kunjungan serta hasil pengawasan di kantor perwakilan

d. Sampaikan padanya untuk memilih antara melanjutkan perjalanan dinas sampai selesai atau segera kembali ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan tertinggal. Meminta kepadanya untuk mengambil keputusan tegas untuk masalahnya sehingga saya bisa mengetahui apakah dia masih bersama saya dalam melanjutkan kunjungan dinas

e. Menyampaikan kepadanya untuk menghubungi atasan untuk memberi kelonggaran atas penyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan awal pekan depan. Sampaikan kepadanya bahwa atasan pasti akan bisa memahaminya karena kami sedang dalam perjalanan dinas

Kunci Jawaban B


36. Pada suatu hari kantor Anda mengadakan lembur kerja sampai malam dikarenakan ada deadline pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu juga. Hal tersebut dikarenakan pimpinan unit Anda ada rapat para pimpinan unit di instansi tempat Anda bekerja sehingga perlu ada laporan yang harus disampaikan oleh atasan pada rapat tersebut. Namun Anda ada pekerjaan sampingan rutin yang sudah terjadwal secara teratur Anda lakukan. Sikap Anda dalam menghadapi kondisi tersebut adalah …..

a. Meminta ijin kepada atasan agar saya tidak lembur karena sudah banyak rekan kerja lain yang bersedia lembur dan menjelaskan bahwa saya ada pekerjaan rutin yang telah terjadwal

b. Menolak untuk kerja lembur dikarena saya ada pekerjaan sampingan rutin yang sudah terjadwal sebelumnya. Saya akan menjelaskan bahwa penolakan tersebut karena permintaan kerja lembur terlalu mendadak. Bila diinformasikan jauh hari sebelumnya, saya bisa mengatur jadwalnya

c. Ikut lembur dan meninggalkan pekerjaan sampingan rutin yang telah dijadwalkan karena perintah atasan dan demi kinerja unit tempat saya bekerja

d. Terima permintaan lembur karena merupakan tanggung jawab sebagai karyawan dan hasil kerja tim merupakan kinerja unit kerja saya

e. Terima lembur sambil melakukan pekerjaan sampingan agar dapat diselesaikan semuanya, namun pekerjaan kantor lebih diprioritaskan

Kunci Jawaban D


37. Saat Anda melakukan verifikasi dokumen administrasi pendaftaran PPPK, ada seorang oknum yang mengaku staf panitia seleksi PPPK menawarkan bantuan kepada Anda untuk lolos ujian seleksi PPPK dengan memberikan sejumlah dana tertentu. Di satu sisi Anda belum memiliki pekerjaan tetap namun memiliki tabungan yang cukup untuk imbalan jasa bagi orang tersebut. Status Anda sudah menikah dan memiliki dua anak sehingga tuntutan kebutuhan hidup cukup besar. Sikap Anda …..

a. Terima tawaran tersebut karena Anda harus segera mendapatkan pekerjaan dan penghasilan tetap untuk menafkahi keluarga. Selain itu persaingan dalam seleksi PPPK cukup ketat dan kesempatan lolos sangat kecil

b. Mempertimbangkan tawaran tersebut karena hal tersebut cukup membahayakan bagi saya karena dapat ditindak secara hukum biaa terbongkar dan kelulusan dapat dibatalkan

c. Melihat dan melihat potensi diri terlebih dahulu sebelum menerimanya, bila masih mampu menjalani semua rangkaian prosesnya tidak perlu lagi berbuat curang seperti itu

d. Menolaknya secara tegas dan menyampaikan kepadanya bahwa hal tersebut melanggar hukum dan ketentuan dalam proses seleksi ASN dan saya ingin menjadi ASN dengan cara yang bersih

e. Menolaknya secara tegas dan menginformasikan kepada panitia seleksi instansi bahwa ada seorang oknum yang menawarkan cara curang dalam proses seleksi PPPK

Kunci Jawaban D


38. Andi adalah seorang Kabag di suatu Dinas di Kabupaten Lumbung, Andi dikenal orang cukup patuh kepada atasan. Suatu hari atasannya yang bernama Yanto pergi keluar kota untuk urusan Dinas yang cukup rahasia. Andi diminta mengawasi pegawai secara ketat, hal ini ditekankan oleh Yanto karena ia mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat datang dan pulang sebelum waktunya. Yanto juga berpesan agar Andi tidak memberitahukan kepada siapapun kemana ia pergi karena tugas yang diembannya sangat rahasia. Andi menyatakan kesanggupannya untukmengawasi karyawan dan memegang rahasia tersebut. Pada hari pertama Yanto pergi, Andi menemukan 5 karyawan yang datang terlambat dan 7 orang pulang sebelum waktunya. Pada hari kedua datang tamu dari provinsi yang mempunyai urusan penting berkaitan dengan tugas, dan harus diselesaikan hari itu juga. Ia memaksa Andi untuk membeitahukan kemana Yanto karena sejak dua hari Yanto tidak dapat dihubungi. Jika anda Andi, tindakan apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi tamu dari Provinsi?

a. Tetap tidak mengatakan kemana Yanto pergi karena sudah berjanji (dapat dipercaya)

b. Memberitahu kemana atasannya pergi mengingat kondisi genting yang terjadi

c. Berjanji akan segera menghubungi Yanto tetapi tetap memberitahukan kemana Yanto Pergi

d. Mengatakan tidak tahu kemana Yanto pergi

e. Mengatakan kepada tamu dari Provinsi diri anda tidak memiliki kewenangan untuk informasi

Kunci Jawaban A


39. Anda adalah seorang pimpinan cabang, suatu ketika ada rapat yg sangat penting tentang permasalahan yg ada di cabang anda. Permasalahan tersebut tentang semakin menurun nya pelanggan dan sedikit nya pemasukan kas cabang. Pimpinan pusat mengharuskan segera di bahas, jika tidak segera di bahas maka akan berdampak buruk kedepan nya untuk cabang anda. Secara bersamaan di hari dimana anda harus rapat anda juga ada test PPPK. maka yg anda lakukan adalah?

a. Meminta salah satu anggota memimpin rapat dan diam-diam ikut tes PPPK

b. Mengabaikan tes PPPK dan fokus terhadap rapat cabang..

c. Rapat cabang sebentar dan meminta anggota untuk melanjutkan lalu ikut tes PPPK

d. Ijin kepada pimpinan pusat untuk tes PPPK

e. Menunda rapat dan mengadakan rapat esok hari nya saja dan tetap ikut tes PPPK dengan konsekuensi kena marah pimpinan pusat.

Kunci Jawaban C


40. Anda adalah bagian dari anggota tim ahli gizi. Anda ditugaskan bersama tim Anda untuk memberikan sosialisasi program makanan bergizi didaerah yang sangat terpencil. Tetapi tanpa diduga, ketika H-1 ada berita bahwa terjadi wabah menular di desa tersebut. Sikap anda?

a. Tetap bejalan sesuai rencana yaitu mensosialisasikan perogram makanan bergizi karena kepentingan umum lebih penting.

b. Menunda keberangkatan hingga wabah berhenti

c. Membatalkan rencana karena pertimbangan rekan-rekan tim akan terkena penyakit menular

d. Merevisi jadwal keberangkatan disesuaikan dengan kabar dilapangan mengenai wabah penyakit menular tersebut

e. Mengubah program dengan menambah program sosialisasi bagaimana mencegah wabah menular

Kunci Jawaban E


Demikian artikel mengenai soal kompetensi manajerial pdf, mudah-mudahan berguna dan bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya telusuri GoogleNews.


Tag:

pppk,

ayopppk,

soal pppk,

latihan soal pppk,

contoh soal manajerial dan jawaban,

contoh soal uji kompetensi manajerial dan sosiokultural,

soal manajerial p3k,

soal manajerial p3k pdf,

soal kompetensi manajerial pdf,

kumpulan soal p3k dan jawabannya,

download soal pppk kompetensi manajerial,

contoh soal manajerial dan jawaban pdf,