Download Lengkap ATP Kurikulum Merdeka Fase E

atp kurikulum merdeka fase e,  contoh atp kurikulum merdeka fase e smk,  download atp kurikulum merdeka fase e,  atp bahasa indonesia fase e kelas 10,  contoh atp kurikulum merdeka fase e bahasa inggris,  atp bahasa indonesia fase e semester 2,  contoh atp kurikulum merdeka fase e bahasa indonesia,  atp bahasa indonesia fase e teks anekdot,  download atp kurikulum merdeka smk,  download atp kurikulum merdeka sma fase e,
Download ATP Kurikulum Merdeka Fase E

ATP Kurikulum Merdeka Fase E - Mari mengenal pengertian dan Contoh ATP Kurikulum Merdeka ! Kurikulum Merdeka merupakan satuan modul ajar intrakurikuler yang disusun lebih fleksibel namun tetap berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan keterampilan peserta didik. 

Tujuannya adalah untuk mewujudkan sistem pembelajaran yang menyenangkan, relevan dan mendalam diperlukan perangkat kurikulum salah satunya dengan Alur Tujuan Pembelajaran. ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) merupakan susunan pembelajaran yang bersifat sistematis dan diurutkan berdasarkan kegiatan pembelajaran dari hari ke-hari. 

Adapun perangkat kurikulum yang satu ini, jadi panduan yang sangat penting bagi guru dan peserta didik supaya bisa memenuhi pencapaian di akhir fase. Lantas seberapa penting ATP ini bagi guru? Simak penjelasannya dari pengertian, cara menyusun dan contoh-contohnya berikut ini.


Apa itu ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)? 

Pada Kurikulum Merdeka, terdapat tiga istilah penting dalam implementasi kurikulum terbaru, seperti Capaian Pembelajaran yang merupakan fase perkembangan yang dimulai dari PAUD sampai SMA, Tujuan Pembelajaran/TP merupakan gambaran untuk mencapai tiga aspek kompetensi serta Alur Tujuan Pembelajaran.

Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi yang diharapkan bisa dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran.

Dengan demikian, bisa disimpulan bahwa APT merupakan rangkaian atau proses pembelajaran sesuai modul yang disusun dan dilakukan secara bertahap sampai fase berakhir. Adapun konsep ATP ini, bisa diuraikan dalam bentuk poin-poin sebagai berikut:

  • Alur menjadi panduan guru dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase.
  • Tujuan pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
  • Guru dapat menyusun ATP masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.
  • Pemerintah akan menyediakan beberapa contoh ATP yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi dan membuat panduan untuk penyusunan perangkat ajar.


Cara Menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Penyusunan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) ialah seorang guru harus mampu menelaah elemen-elemen CP atau capaian pembelajaran yyang stelah dirumuskan sebelumnya, supaya sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. 

Berikut cara menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) seuai dalam buku Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka:

  • Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang akan dipetakan 
  • Identifikasi kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada fase tersebut.
  • Rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Identifikasi elemen dan atau suplemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
  • Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan dari hari ke hari.


Download ATP ATP Kurikulum Merdeka Fase E

Bapak/ Ibu guru SMA bisa langsung mengunduh ATP Kurikulum Merdeka melalui Link Download yang kami sajikan di-bawah ini sesuai dengan mapel yang diperlukan.


Demikian artikel mengenai Link Download Lengkap ATP Kurikulum Merdeka Fase E. Untuk lebih lengkapnya telusuri Googlenews.


Tag:

atp kurikulum merdeka fase e,

contoh atp kurikulum merdeka fase e smk,

download atp kurikulum merdeka fase e,

atp bahasa indonesia fase e kelas 10,

contoh atp kurikulum merdeka fase e bahasa inggris,

atp bahasa indonesia fase e semester 2,

contoh atp kurikulum merdeka fase e bahasa indonesia,

atp bahasa indonesia fase e teks anekdot,

download atp kurikulum merdeka smk,

download atp kurikulum merdeka sma fase e,