SIMPKSG-P3K 2022 Panduan Pembuatan Akun Pengawas Oleh Dinas Pendidikan gurupppk.kemdikbud.go.id

 

SIMPKSG-P3K 2022,  gurupppk.kemdikbud.go.id,  penilaian p3k 2022,  pppk 2022,  penilaian pppk 2022 oleh kepala sekolah,  penilaian pppk 2022 login,  s
SIMPKSG-P3K 2022 Panduan Pembuatan Akun Pengawas Oleh Dinas Pendidikan gurupppk.kemdikbud.go.id

Layarmaya.id - SIMPKSG-P3K 2022 Panduan Pembuatan Akun Pengawas Oleh Dinas Pendidikan gurupppk.kemdikbud.go.id.

Akan diulas diakhir postingan ini, jadi simak sampai tuntas..!

Perlu diketahui, Tahap seleksi Guru ASN PPPK Tahun 2022 kini memasuki tahap penilaian kesesuaian oleh Pengawas, Kepala Sekolah, dan Guru Senior.

Kemendikbudristek menjadwalkan penilaian kesesuaian untuk pelamar P2 dan P3 mulai hari ini, Minggu (27/11). 

Bagi Pelamar P2 dan P3 yang akan mengikuti penilaian kesesuaian tentunya khusus untuk pelamar yang lolos tes administrasi.

Adapun peniliaian kesesuaian tersebut terdiri dari dua sesi, yakni sesi pertama adalah penilaian kesesuaian pelamar P2 dan P3 oleh pengawas, kepala sekolah dan guru senior. 

Serta sesi kedua yakni peniliaian kesesuaian pelamar P2 dan P3 oleh Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).


Dalam penilaian kesesuaian tersebut, pelamar P2 dan P3 perlu memperhatikan 4 poin ini. Berikut diantaranya:

  • Dimensi kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik. Hal yang harus dipertimbangkan adalah linieritas antara bidang tugas atau mata pelajaran dengan kualifikasi akademik S1 atau D-IV, dan/atau sertifikat pendidik.
  • Dimensi kompetensi teknis. Ada 4 hal yang harus dipertimbangkan, yaitu profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian.
  • Dimensi kinerja. Bagian ini juga mempertimbangkan 4 aspek, yakni orientasi pelayanan, komitmen, inisiatif kerja dan kerja sama.
  • Dimensi pemeriksaan latar belakang. Hal yang menjadi pertimbangan terkait dengan perundungan, kekerasan seksual, penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA), serta intoleransi.


Perlu diperhatikan, selain dari 4 poin penting di atas, bagi pelamar P2 dan P3 juga nantinya akan melewati wawancara dengan dua aspek penilaian yakni integritas dan moralitas.


PANDUAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENILAIAN KESESUAIAN SELEKSI ASN PPPK 2022

Adapun, pemilihan platform serta pengembangan aplikasi SIM Penilaian Kesesuaian Seleksi Guru ASN PPPK 2022 v5.4 ini memperhatikan serta mentaati peraturan perundangan UU ITE Pasal 25-34 tentang penggunaan perangkat lunak / keras (termasuk pembajakan). 

dan Surat Edaran Nomor: 05/SE/M.KOMINFO/10/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di lingkungan Instansi Pemerintah.

Juga Surat Edaran Menteri Ristek Nomor: 030/M/IV/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS) 

dan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor SE/01/M.PAN/3/2009 tentang Pemanfaatan Perangkat Lunak Legal dan Open Source Software (OSS).

Dengan demikian, Sistem Pendataan Pendidikan Dasar ini didesain untuk dapat digunakan pada berbagai platform sistem operasi apa saja (Windows, Linux, Unix, Apple dll) tanpa harus terikat pada salah satu sistem operasi komersial, sehingga dapat menghemat biaya.

Sangat disarankan untuk memanfaatkan Sistem Operasi legal baik yang telah termasuk pada pembelian perangkat keras (OEM) ataupun membeli dan menginstall sistem operasi berlisensi. 

Jika hal tersebut tidak memungkinkan, sangat disarankan untuk menggunakan sistem operasi berbasis FOSS (Free/Open Source Software).

Apabila terdapat kendala/masalah lain yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi ini agar menghubungi layanan bantuan Seleksi ASN PPPK Kemendikbudristek melalui call center 1-500-997 atau laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/contact


PRASYARAT PENGGUNAAN APLIKASI

Spesifikasi Komputer

Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kesesuaian Seleksi ASN PPPK 2022 adalah aplikasi yang berbasis web sehingga tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang terlalu spesifik. 

Namun terdapat spesifikasi minimal dan ideal dari komputer yang digunakan agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik.

.Minimal

Komputer Intel Core tm i3

Memory 2GB

.Ideal

Komputer Intel Core tm i5

Memory 4GB

.Koneksi Internet

Minimal 3 kbps

Ideal 10 mbps


PERSIAPAN

Sistem Informasi Manajemen Penilaian Kesesuaian Seleksi ASN PPPK 2022 berjalan menggunakan peramban (browser). Aplikasi ini berjalan dengan baik pada browser Google Chrome.


AKUN

Ada 5 jenis akun dengan peran yang berbeda-beda pada aplikasi SIM Penilaian Kesesuaian Seleksi guru ASN PPPK 2022

  • Dinas Pendidikan, memiliki peran untuk mencetak/membuat akun pengawas sekaligus memberikan penugasan sekolah binaan, serta berperan dalam menilai kinerja pada penilaian kesesuaian.
  • Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) BKPSDM, memiliki peran dalam menilai kinerja pada penilaian kesesuaian.
  • Pengawas Sekolah, memiliki peran untuk mencetak/membuat akun kepala sekolah serta menugaskan dan mencetak/membuat akun guru senior apabila terdapat sekolah yang tidak memiliki kepala sekolah. Pengawas sekolah juga berperan dalam menilai kompetensi dan kinerja pelamar pada penilaian kesesuaian.
  • Kepala sekolah,  memiliki peran untuk menugaskan dan mencetak/membuat akun guru senior Kepala sekolah juga berperan dalam menilai kompetensi dan kinerja pelamar pada penilaian kesesuaian.
  • Guru senior, berperan dalam menilai kompetensi dan kinerja pelamar pada penilaian kesesuaian


PEMBUATAN AKUN PENGAWAS OLEH DINAS PENDIDIKAN

Dinas Pendidikan login di aplikasi menggunakan akun Dinas Pendidikan melalui laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/penilaianPPPK2022/#login.

Setelah berhasil login, maka Dinas Pendidikan akan diarahkan menuju halaman beranda. Pada sebelah kiri halaman beranda untuk Dinas Pendidikan terdapat beberapa menu yaitu:

  • Beranda: Berisikan informasi umum mengenai proses seleksi penilaian kesesuaian
  • Daftar Pengawas: Berisikan halaman pemetaan Pengawas dan sekolah, serta penugasan Pengawas oleh dinas pendidikan.
  • Pelamar: Berisikan halaman penilaian pelamar prioritas 2 dan priortias 3 yang akan dinilai oleh Dinas Halaman ini akan aktif jika waktu penilaian sudah memasuki waktu yang ditentukan.
  • Daftar nilai: Berisikan halaman daftar nilai dari para Pelamar seleksi kesesuaian Guru ASN PPPK 2022.
  • Helpdesk: Berisikan halaman layanan bantuan untuk mengajukan pertanyaan seputar seleksi penilaian kesesuaian.


Itulah sikit ulasan dari Layarmaya.id, Untuk ulasan lengkap lainnya telusuri GoogleNew, semoga bermanfaat untuk anda.


BACA JUGA BERITA PENTING LAINNYA:

SIMPKSG-P3K 2022,

gurupppk.kemdikbud.go.id,

penilaian p3k 2022,

pppk 2022,

penilaian pppk 2022 oleh kepala sekolah,

penilaian pppk 2022 login,

simpkb p3k pppk guru 2022,

sscasn bkn go id,

sim penilaian kesesuaian seleksi guru asn pppk 2022,

sim pkb,