Kisi Kisi Soal PPPK Kesehatan 2022 dan Pembahasannya.

 

soal pppk 2022 pdf,  soal-soal pppk guru,  download soal pppk,  soal pppk pdf,  soal pppk kesehatan,  soal-soal pppk 2022,  soal pppk non guru 2022,
Kisi Kisi Soal PPPK Kesehatan 2022 dan Pembahasannya.

Layarmaya.id - Kisi Kisi Soal PPPK Kesehatan 2022 dan Pembahasannya, simak kisi-kisi dan contoh soal tes PPPK Tenaga Kesehatan 2022, lengkap dengan kunci jawabannya.

Para peserta seleksi PPPK Tenaga Kesehatan 2022, harus mempersiapkan diri untuk mengikuti proses rekrutmen, termasuk mengetahui kisi-kisi dan contoh soal tes.

Sebagai bahan untuk belajar, Postingan tentang kisi-kisi dan contoh soal tes PPPK Tenaga Kesehatan 2022 bisa dipelajari jauh-jauh hari.

Selain itu, kisi-kisi dan contoh soal tes PPPK Tenaga Kesehatan 2022 ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban.

Adapun seleksi PPPK Tenaga Kesehatan 2022 diprioritaskan untuk dua kriteria pelamar.

Keduanya adalah eks tenaga honorer kategori dua yang terdaftar dalam database Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan tenaga kesehatan non-ASN yang terdaftar dalam SISDMK berdasarkan data hingga 1 April 2022.


Berikut Soal Tes PPPK Kesehatan.

1. Seorang anak dirawat di RS karena demam berdarah dengan IgG dan IgM untuk dengue positif. Ahli gizi melakukan monev hasil pemeriksaan laboratorium selain trombosit. Hasil pemeriksaan apa yang dimaksud?

a. Natrium darah

b. Hemoglobin

c. Gula darah

d. Kolesterol

e. SGOT

JAWABAN A

2. Seorang anak dirawat di RS karena demam berdarah dengan IgG dan IgM untuk dengue positif. Hasil pemeriksaan trombosit di bawah normal. Ahli gizi melakukan monev asupan zat dietnya. Asupan zat gizi apa yang perlu diperhatikan pada kasus di atas?

a. Karbohidrat

b. Protein

c. Cairan

d. Lemak

e. Serat

JAWABAN E

3. Tn. B menderita diabetes dan dirawat di RS. Ahli gizi merencanakan diet untuk memenuhi kebutuhan sehat bagi pasien. Bahan makanan apa yang sebaiknya diberikan pada kasus di atas?

a. Daun singkong

b. Daging ayam

c. Labu siam

d. Apel

e. Nasi

JAWABAN D

4. Tn. C dirawat di RS karena penyakit hepatitis A. Seorang ahli gizi melakukan monev warna urine, bilirubin darah. Apa hasil laboratorium lain yang perlu dimonev?

a. SGPT

b. Albumin

c. Kolesterol

d. Gula darah

e. Hemoglobin

JAWABAN C

5. Seorang anak laki-laki umur 15 bulan ditimbang di posyandu Cempaka, berat badan 7,4 kg tinggi badan 74,1 cm, dengan ploting Z-score BB/U (-3SD), TB/U (-2SD) dan BB/TB (-3SD s.d -2SD). Apakah status gizi anak tersebut menurut indeks BB/U?

a. Baik

b. Buruk

c. Lebih

d. Gemuk

e. Kurang

JAWABAN C

6. Ahli gizi akan mempersiapkan belanja untuk besok, salah satu menu VVIP yang akan disiapkan adalah Asem Ikan Patin. Jumlah pasien VVIP adalah 10 orang. Ukuran standar porsi ikan per pasien adalah 75 gram. Jika BDD ikan adalah 75 persen, berapakah jumlah ikan yang dibutuhkan untuk seluruh pasien VVIP?

a. 1000 gram

b. 1500 gram

c. 2000 gram

d. 500 gram

e. 600 gram

JAWABAN B

7. Ny. M didiagnosa dokter mengalami hiperkolesterolemia. Oleh sebab itu, Ny. M datang ke ahli gizi untuk berkonsultasi tentang metode memasak yang sehat, karena dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak. Metode memasak yang disarakankan oleh ahli gizi adalah...

a. Stir-frying

b. Deep-frying

c. Sauteing

d. Shallow-frying

e. Steaming

JAWABAN B

8. Di Rumah Sakit "Sehat", setiap 6 bulan sekali dilakukan evaluasi menu dengan melihat jumlah sisa makanan pasien di piring. Analisis yang dilakukan menggunakan metode Comstock. Apakah nama metode evaluasi yang digunakan?

a. 24 hour recall

b. Plate waste

c. Self reported consumption

d. Visual plate waste

e. Weighed plate waste

JAWABAN A

9. Seorang anak usia 2 tahun dirawat di RS karena dehidrasi berat akibat diare yang dideritanya. Hasil pemeriksaan antropometri, ternyata pasien mempunyai status gizi buruk. Ahli gizi merencanakan dietnya. Apa preskripsi diet yang tepat untuk kasus di atas?

a. Diet fase transisi

b. Diet tinggi energi

c. Diet fase stabilisas

d. Diet fase rehabilitasi

e. Diet untuk tumbuh kejar

JAWABAN A

10. Tn. A mengalami luka bakar grade 2 sebesar 30 persen karena api. Pasien sudah 1 minggu dirawat di RS. Luka terbukanya kelihatan basah dan mengeluarkan air. Hasil pemeriksaan fisik terdapat oedema di kaki dan tangan. Ahli gizi melakukan monev terhadap penyebab oedema. Apa hasil pemeriksaan yang terkait kasus di atas?

a. Trombosit darah

b. Leukosit darah

c. Protein darah

d. Lemak darah

e. Gula darah

JAWABAN B

11. Pasien datang ke apotek dengan hasil lab sebagai berikut: Total kolesterol 250 mg/dl. Pasien diketahui menderita hipertensi dan menggunakan obat antihipertensi. Hasil lab tersebut diperkirakan merupakan efek samping penggunaan obat hipertensinya. Obat hipertensi apa yang menyebabkan abnormalitas hasil lab tersebut?

a. Hidroklortiazid

b. Spironolakton

c. Losartan

d. Propranolol

e. Verapamil

JAWABAN A

12. Seoraang pasien TB menerima pengobatan RHEZ ditambah dengan vitamin B6 dan curcuma. Pemberian vitamin B6 dimaksudkan untuk...

a. Mengurangi efek samping rifampisin

b. Mengurangi efek samping isoniazid

c. Mengurangi efek samping pirazinamid

d. Mengurangi efek absorpsi isoniazid

e. Mengurangi efek absorpsi pirazinamid

JAWABAN B

13. Seorang pasien laki-laki berusia 65 tahun memiliki riwayat DM selama 6 bulan dan hipertensi selama 10 tahun. Selama ini pasien mengonsumsi obat hidroklortiazid, kaptopril dan metformin. Dokter ingin memeriksa efektivitas dari metformin melalui pemeriksaan lab...

a. HbA1C

b. LDL

c. Kreatinin

d. Urea

e. SGPT

JAWABAN A

14. Penderita Community Acquired Pneumonia (CAP) biasanya diberikan terapi tambahan mukolitik. Mukolitik apa yang cocok untuk penderita CAP?

a. Dekstrometorfan

b. Guaifenesin

c. Ambroksol

d. Ammonium klorida

e. Doksilamin suksinat

JAWABAN C

15. Seorang ibu mengalami mulai akibat sedang mengandung. Obat apa yang aman diberikan?

a. Metoklopramid

b. Piridoksin HCI

c. Ondansetron

d. Hyosiamin

e. Domperidon

JAWABAN B

16. Seorang ibu ingin menjalankan ibadah umrah dan berencana untuk menunda menstruasi. Ibu ini pun berkonsultasi ke dokter, dan dokter memberikan terapi dimana terapi tersebut mengandung hormon...

a. Estrogen

b. Progesteron

c. Etinil estradiol

d. Estradiol valerat

e. Oksitosin

JAWABAN B

17. Seorang pasien dilarikan ke rumah sakit kerena nyeri perut. Pasien tersebut diberikan ibuprofen 2x20 mg. Namun rasa nyeri hanya berkurang sedikit. Menurut analisa dokter, nyeri pasien sudah mencapai nyeri nosiseptor skala 5. Kombinasi obat mana yang paling tepat diberikan pada pasien?

a. Parasetamol-ibuprofen

b. Parasetamol-morfin

c. Ibuprofen-morfin

d. Ibuprofen-kodein

e. Tramadol-kodein

JAWABAN D

18. Pasien riwayat osteoarthritis memakai ibuprofen kemudian mengeluh nyeri perut, mual dan kembung. Obat yang diperlukan adalah...

a. Asetosal dan omeprazol

b. Parasetamol dan ranitidin

c. Natrium diklofenak dan simetidin

d. Ketorolak dan ranitidin

e. Ketorolak dan simetidin

JAWABAN B

19. Efek dari keracunan metalobit sianogenik dari singkong adalah...

a. Hipoksia

b. Kenaikan suhu

c. Kekurangan cairan

d. Mual muntah

e. Hipotensi

JAWABAN A

Perlu diingat, ini hanya contoh soal yang sangat mungkin berbeda dengan soal PPPK 2022 yang akan datang.

Untuk informasi lainnya telusuri GOOGLENEWS, semoga bermanfaat.()


BACA JUGA ARTIKEL PENTING LAINNYA:

soal pppk 2022 pdf,

soal-soal pppk guru,

download soal pppk,

soal pppk pdf,

soal pppk kesehatan,

soal-soal pppk 2022,

soal pppk non guru 2022,

soal pppk guru sd,

Kisi Kisi Soal PPPK Kesehatan 2022,

download soal p3k 2022 pdf,

download soal pppk,

tes pppk kesehatan 2022,

download soal pppk guru smp,

pppk kesehatan pdf,

soal pppk 2022,

soal pppk promosi kesehatan,

soal p3k rekam medis 2022,