Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10 Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

pendaftaran guru penggerak angkatan 8,guru penggerak angkatan 8, 910,daerah sasaran guru penggerak angkatan 9,guru penggerak angkatan 7,jadwal guru pe
Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10 Ini Syarat dan Cara Daftarnya!

Layarmaya.id - Salam sahabat Guru, admin akan memberikan informasi penting seputar Rekrutmen ataupun pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10 yang akan segera berakhir pada tanggal 10 Januari 2023.

Jadi, bagi guru yang berminat buruan daftar! karena, hanya tinggal 5 (lima) hari lagi bagi guru yang akan mendaftar menjadi Guru Penggerak

Oleh sebab itu, segera lakukan pendaftaran dan wajib tahu atau lengkapi persyaratannya, yang akan admin bahas dalam partikel ini. Jadi, simak terus sampai tuntas!

PGP (Pendidikan Guru Penggerak) adalah program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupa pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk bisa menjadi pemimpin pembelajaran.

Praptono selaku Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan, Ditjen GTK Kemendikbudristek, menjelaskan, Guru yang dinyatakan lulus mengikuti proses pendidikan, pendampingan dari pengajar praktik, serta pemberian materi dari fasilitator dan instruktur, berhak mendapatkan Sertifikat sebagai Guru Penggerak.

Bagi bapak/ibu perlu diketahui bahwa, Sertifikat Guru Penggerak ini sangat penting sebagai salah satu syarat untuk menjadi Kepala Sekolah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor. 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah menyebutkan poin persyaratan yaitu guru wajib memiliki Sertifikat Guru Penggerak.

Praptono juga menjelaskan, Dengan sertifikat tersebut, sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak, Bapak/Ibu telah memenuhi standar administratif untuk diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah, jelasnya.

Dikutip dari laman resmi sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id, terdapat kuota peserta Program Guru Penggerak angkatan 9 dibuka sejumlah atau sebanyak 20.000 guru dari 304 daerah.

Sementara untuk Program Guru Penggerak angkatan 10, membutuhkan sebanyak 55.000 guru yang berasal dari 484 daerah sasaran.

Dalam Program Guru Penggerak tersebut meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi dan pendampingan selama 6 bulan, selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Mengenai metod pelatihan program PGP itersebut yakni 70 persen kegiatan dilakukan dalam bentuk on-the-job training, di mana guru sebagai peserta tetap bertugas mengajar dan menggerakkan komunitas di sekolah.

Sedangkan, 20 persen kegiatan dirancang dalam bentuk kegiatan belajar bersama rekan sejawat serta 10 persen lainnya dilakukan dalam bentuk pelatihan formal bersama narasumber, fasilitator dan pendamping.

Selanjutnya, apa saja yang termasuk kedalam syarat pendaftaran untuk mengikuti program Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10? Berikut Kriteria umum bagi calon Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10:

1. Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB yang memiliki SK Mengajar.

2. Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS), berstatus definitif dari ASN maupun non-ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB, Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

3. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4.

4. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun.

5. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun atau memiliki usia tidak lebih dari 50 tahun saat registrasi.


Kriteria seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10 sebagai berikut:

1. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid.

2. Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan.

3. Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok.

4. Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi.

5. Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri.

6. Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.

7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain.

8. Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik.

9. Selama mengikuti proses pendidikan, peserta yang lolos seleksi Program Guru.

10. Penggerak akan mendapatkan sejumlah keuntungan, yaitu:

11. Pendidikan Guru Penggerak selama 6 bulan dan pengembangan kompetensi dalam Lokakarya Bersama.

12. Peningkatan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

13. Pengalaman belajar mandiri dan kelompok terbimbing, terstruktur, dan menyenangkan.

14. Pengalaman belajar bersama dengan rekan guru lain yang sama-sama lolos seleksi program guru penggerak.

15. Pengalaman mendapatkan bimbingan/mentoring dari pengajar praktik (pendamping) pendidikan guru penggerak. 

16. Mendapatkan komunitas belajar baru.

17.Mendapatkan sertifikat pendidikan 310 JP dan Sertifikat Guru Penggerak Selama pendidikan dan pendampingan mendapatkan bantuan paket data untuk pelatihan daring (online).

18. Biaya transportasi, konsumsi, dan akomodasi jika diperlukan untuk pelaksanaan Lokakarya (sesuai kebutuhan).


Adapun cara pendaftaran bagi Guru yang berminat menjadi Guru Penggerak:  

1. Kunjungi laman pendaftaran online di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.

2. Selanjutnya Klik pada Menu Pendaftaran.

3. Setelah itu Pilih opsi Guru Penggerak Angkatan 8 s/d 10.

4. Isi data yang tertera di laman dan ikuti tahapannya.

Untuk Lebih jelasnya, Download Surat Edaran Resmi Berikut Klik > DOWNLOAD

Demikian sikit info yang bisa admin bagikan, untuk tahu informasi lebih lengkap lainnya terkait pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dan 10, bisa kalian kunjungi di laman berikut ini:  https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/faq/.


BACA JUGA BERITA PENTING LAINNYA:

pendaftaran guru penggerak angkatan 8,guru penggerak angkatan 8, 910,daerah sasaran guru penggerak angkatan 9,guru penggerak angkatan 7,jadwal guru penggerak angkatan 8,syarat guru penggerak,daerah sasaran guru penggerak angkatan 8,guru penggerak pdf,